Senin, 21 Juni 2021

Icip-Icip Kuliner Juwara dari Medan dan Lampung

 

Kalau menelaah berita akhir-akhir ini, bukannya semakin berkurang, kasus Covid-19 malah semakin tinggi saja. Duh, padahal jiwa melalak aku ini sudah meronta-ronta! Tahun lalu kami absen mudik ke Medan, kampung halaman saya. Tahun ini pun sama hu-hu.

Saya lahir dan besar di Medan, kemudian merantau kuliah ke Jakarta. Selesai kuliah tahun 2001, saya sempat sekian tahun tidak mudik karena lanjut kerja di Jakarta. Begitu mudik, wow, saya terpesona, Saudara-saudara. Kota Medan banyak berubah, kian shining shimmering splendid dengan gedung tinggi dan kelap-kelip lampu di sepanjang jalan. Bangga melihat Kota Medan yang terus berbenah. Setelah menikah, saya usahakan setiap tahun mudik ke Medan. Tidak pernah bosan kami main ke Medan, selaaalu rindu!    

 

BEDAH, info kerennya produk-produk lokal

            Kalian yang sama seperti saya sudah rindu balik ke Medan, boleh coba simak konten BEDAH di blog Ninjaxpressco yang judulnya Makanan Khas Medan yang Wajib Dicoba, Rekomendasi Bang Mpin! bareng dua host gokil Fico dan Praz dengan bintang tamu food vlogger Melvin Alveoulus atau akrab disapa Bang Mpin. Oiya, buat yang belum tahu, Ninja Xpress punya banyak konten ciamik di blognya, contohnya: BEDAH.

Sekilas info tentang BEDAH. BEDAH adalah singkatan dari Berita UMKM Daerah. BEDAH sharing tentang produk UMKM lokal yang dapat bersaing dari sisi kualitas dan gaya. Konten BEDAH tayang seminggu sekali mengulas macam-macam produk UMKM dari daerah yang berbeda-beda.  

 



 

Kuliner Medan lomak nian!

 Kalau mudik ke Medan, so pasti kuliner Medan yang saya cari. Kuliner Medan kaya akan bumbu rempah-rempahnya. Tidak pernah bosan rasanya melahap lontong Medan. Lontong Medan beda dengan lontong sayur pada umumnya. Ada bumbu tauco yang khas dan taburan serundengnya itu lo ... lomak nian!   

Begitu tahu blog Ninja Xpress menayangkan video kuliner Medan, saya langsung semangat ’45 nontonnya. Sang narsum, Bang Mpin, memang tidak berdomisili di Medan, tapi doi kerap wira wiri ke Medan. Saya jadi bernostalgia ketika Bang Mpin bercerita tentang rempah andaliman. Andaliman sering disebut mericanya orang Batak. Sebagian masakan Medan menggunakan rempah andaliman. Rempah andaliman istimewa karena selain membuat masakan tambah sedap, rempah ini pula memberikan sensasi getar di lidah!      

Lalu, Bang Mpin sharing tentang kuliner Medan favoritnya, yakni rujak kolam Deli, kari bihun Tabona, nasi cumi Warung Babe, nasi ayam Mama Koki, dan es pokat kocok. Sayang, sampai sekarang saya belum dapat kesempatan icip-icip kari bihun Tabona. Soalnya saya selalu mudik saat Lebaran, sementara RM Tabona tutup saat Lebaran hu-hu. Penampakan bihun kuah kari dengan campuran daging sapi, daging ayam kampung, telur rebus, dan kentang rebus ini memang menggugah selera. Katanya kari bihun Tabona merupakan kari bihun the best di Medan. Semoga tahun depan ada rezeki saya icip-icip kari bihun Tabona.  

Apa lagi ya kuliner yang wajib icip di Medan? Di mana ya tempat nongkrong yang asyik di Medan? Yuk, cap cip cuss ke https://bit.ly/nxblog_bedah_e2_ha. Sekadar saran, kalian bisa coba jajal kuliner di Tip Top Restaurant yang berlokasi di Jl. A. Yani, Medan. Restonya unik karena bernuansa tempo doeloe, dibangun pada 1929. Menu makanannya beragam dari Western, Chinese, sampai Indonesia. Menu favorit saya adalah uitsmijter lidah, roti tawar isi lidah sapi beraroma smokey dan telur ceplok setengah matang. Kita bisa menikmati makanan sambil menonton live music. Bule-bule pada kepincut resto yang satu ini.      

 

Kuliner Lampung bakso Sony

Setelah Medan, mari kita ulik kuliner Lampung. Saya ke Lampung tahun 2018 dalam rangka meliput event salah satu provider internet seluler Indonesia. Di Lampung, saya langsung diajak teman icip bakso Sony. Saya bingung, kenapa harus bakso toh di Jakarta juga banyak bakso? Ternyata, eh, ternyata bakso Sony bukan bakso sembarang bakso. Sedapnya pol! Kenyalnya bakso pas banget di lidah. Selain rasa, saya pikir, tekstur bakso yang bikin bakso Sony spesial. Harganya pun cukup bersahabat.  

Kalian pencinta kuliner Lampung, coba deh simak konten BEDAH di blog Ninja Xpress yang judulnya Ini yang Buat Keripik Pisang Lampung Jadi yang Paling Enak bareng dua host gokil Fico dan Praz dengan bintang tamu komika Hifdzi Khoir. Hifdzi lahir dan besar di Lampung. Yang namanya kuliner Lampung sih doi sudah khatamlah, ya. Hifdzi bahkan mengklaim kalau bakso Sony adalah bakso terenak di dunia. Jadi, kalau kalian main ke Lampung, jangan lupa makan bakso Sony!       

 


  

Keripik pisang Lampung top!

            Oleh-oleh kuliner Lampung yang saya suka adalah keripik pisang cokelat. Menurut Hifdzi, keripik pisang Lampung memang top! Biasanya pisangnya itu pisang kepok. Keripiknya tebal. Kalau digigit kres kres gitu. Serbuk cokelatnya melimpah. Hifdzi menyebutkan brand keripik pisang laris manis asal Lampung, yakni Aneka Yen Yen dan Suseno. Kalau kalian mau yang agak beda, coba main ke Gang PU (Pemakaman Umum). Di sana ada keripik pisang Askha Jaya, Ibu Merry, dan Shinta. Varian rasanya lebih banyak, bukan cuma cokelat.    

            Selain keripik pisang, Hifdzi rekomen Pie Pisang Yussy Akmal dan Banana Foster Lampung. Yuk, cap cip cuss ke https://bit.ly/2TXOCdT. Hifdzi bakal bongkar semuanya! Duh, ini asli saya ketawa terus nontonnya. Hifdzi memang komika jempolan. Apa saja yang keluar dari mulut dia kok jadi lucu! Durasi konten 45 menit saya sikat tanpa skip. Isinya separo banyolan separo info kuliner Lampung. Hiburan gratis ha-ha!

Sekarang masih pandemi sedianya kita belum bisa ke mana-mana, tapi bukan berarti kita tidak bisa menikmati oleh-oleh asal Medan dan Lampung, lo. Kalian pengin bolu Meranti atau keripik pisang Suseno? Tinggal pesan online! Nanti kurir Ninja Xpress yang anterin sampai ke rumah. Cakep, kaaan.  

 

Kampanye #ObsesiUntukNegeri Ninja Xpress

Ninja Xpress merupakan jasa pengiriman paket andalan. Hadir sejak 2015, Ninja Xpress mendukung bisnis UMKM dan brand lokal dengan menciptakan solusi pengiriman yang menjangkau beragam skala bisnis dan berbasis teknologi memadai. 

Salut, Ninja Xpress mendukung UMKM dan brand lokal untuk berkembang. Kampanye #ObsesiUntukNegeri diluncurkan. Isinya program inisiatif Ninja Academy. Saat ini Ninja Xpress juga sedang berkolaborasi dengan kreator konten lokal untuk mendukung UMKM dan brand lokal menghadapi pandemi. Salah satunya dengan membuat konten BEDAH. Bukti nyata Ninja Xpress memiliki program yang sejalan dengan pemerintah demi meningkatkan ekonomi negeri.       

Next, produk UMKM dari daerah mana lagi yang bakal kita bedah bareng-bareng di BEDAH? Kalian ada usul? Pantengin terus blog Ninja Xpress supaya enggak ketinggalan! [] Haya Aliya Zaki


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...