Selasa, 08 Juni 2021

Yogya dan Surabaya yang Bikin Jatuh Cinta!

 

Lebaran tahun ini apa kabar, Teman-teman? Ada yang sudah berani mudik atau masih memilih di rumah saja? Kami sekeluarga masih memilih di rumah saja. Biasanya hampir tiap tahun mudik ke Yogya, tepatnya ke Condongcatur, kampung halaman suami.      

Pandemi begini, prosedur mudik Lebaran lebih ribet. Ini semua demi kebaikan bersama. Sebenarnya mudik sih dilarang oleh pemerintah, ya. Meski begitu, ada kelonggaran kalau kita hendak keluar kota dengan alasan tertentu. Syaratnya, harus membawa surat keterangan sehat berupa hasil rapid test yang menyatakan kita negatif Covid-19. Meanwhile, tempat wisata tetap dibuka. Masyarakat boleh berwisata asal ekstra hati-hati dan taat pada protokol kesehatan. Kami pribadi kalau keluar rumah selalu pakai masker dan siap sedia masker cadangan + hand sanitizer di dalam tas. Perlengkapan ibadah mukena kudu bawa sendiri, no pinjam pinjam club.  

Kembali ke topik Yogya. Hm, siapa yang enggak kangen Yogya? Yogya sebagai Kota Wisata punya sejuta pesona. Setiap mudik ke Yogya, mustahil saya melewatkan aneka kulinernya. Berhubung saya fans berat dunia perkambingan, so pastilah sempat tak sempat saya sempatkan singgah ke warung makan sate klathak ha-ha! Fyi, sate klathak adalah hidangan sate dari daging kambing muda. Tekstur dagingnya lembut dan juicy. Ukuran daging satenya tiga kali lebih besar daripada sate ayam. Bumbunya sederhana, tapi rasanya itu lo nendang pol. Unik, tusuk satenya bukan dari bilah bambu seperti tusuk sate biasa, melainkan dari besi jeruji sepeda! Kalian sudah pernah coba makan sate klathak di Yogya? Cobain, deh. Bisa sekalian pesan tongseng dan gulai kambing juga. Rasanya aaah ... mantap.                                     

BEDAH, info kerennya produk-produk lokal

            Kalian yang kangen liburan setelah Lebaran ke Yogya, boleh coba nonton konten BEDAH di channel YouTube Ninjaxpressco yang judulnya Jogja Istimewa! Fashion dan kulinernya Ndak Usah Ditanya! bareng dua host gokil Fico dan Praz dengan bintang tamu dokter sekaligus influencer dr. Tirta. Oiya, buat yang belum tahu, Ninja Xpress punya banyak konten ciamik di kanal YouTube-nya, contohnya: BEDAH.

Sekilas info tentang BEDAH. BEDAH adalah singkatan dari Berita UMKM Daerah. BEDAH sharing tentang produk UMKM lokal yang dapat bersaing dari sisi kualitas dan gaya. Konten BEDAH tayang seminggu sekali mengulas macam-macam produk UMKM dari daerah yang berbeda-beda.  

 

Ada apa saja di Yogya?

            Dokter Tirta didapuk (((DIDAPUK))) jadi bintang tamu karena doi gede di Yogya dan kuliah di Yogya. Jadi pahamlah ya lokasi yang menjual produk UMKM yang hits maupun hidden gems di Yogya. Doi juga punya bisnis perawatan sepatu Shoes and Care di Yogya. Ide membuat bisnis Shoes and Care ini tercetus karena dr. Tirta hobi mengoleksi sepatu dan kesulitan merawat sepatu-sepatunya. Benar kata pakar, ide bisnis bisa didapat ketika kita melihat masalah yang dihadapi orang banyak dan kita berusaha mencari solusi dari masalah tersebut.

            Yogya Kota Pelajar, selain sibuk menimba ilmu, anak muda Yogya aktif membangun bisnis. UMR yang rendah juga menjadi pemicu mereka terjun ke industri kreatif. Bisnis fashion laris manis di Yogya. Beberapa fashion yang hits antara lain Starcross, Ouval Research, dan UNKL347. Menurut dr. Tirta, kaus adalah fashion yang abadi. Bisnis kaus tetap eksis dari dulu hingga sekarang.

            Soal kuliner, Yogya memang gudangnya kuliner sedap. Favorit saya sate klathak Pak Pong yang legendaris. Kalau gudeg, semua mungkin udah pada tahu ya, gudeg kuliner andalan Yogya. Dokter Tirta merekomendasikan Gudeg Bu Tjitro, Gudeg Yu Djum, dan Gudeg Hj. Amad. Kalau belum bisa liburan ke Yogya karena pandemi, obati saja rasa kangen kalian dengan memesan gudeg kaleng. Tenang, nanti paket gudeg kaleng diantar oleh kurir Ninja Xpress ke rumah ... ihiy! Pengin tahu semua fashion dan kuliner rekomendasi dr. Tirta? Dari batik cantik sampai ayam geprek terenak ada! Bikin jatuh cinta! Langsung cuss nonton videonya di bit.ly/Bedah_E9_HA. Ampun dah nih ah sepanjang video dr. Tirta ngomongnya medok marah marah, tapi kok bikin ngakak terus! Mending kalian nontonnya sambil pakai headset biar orang-orang di sekitar kalian enggak geger. :))

 


  

Surabaya kota tercinta

Selain fashion dan kuliner Yogya, saya juga mau mengulik info kuliner Surabaya, yakni sambal. Orang Indonesia jelas fans berat sambal. Kita makan kalau tanpa sambal rasanya seperti belum makan. Hidangan sekomplet apa pun di atas meja makan kalau belum ada sambal rasanya ya belum komplet. Betul apa betul? Hi-hi. Itulah kenapa negeri kita kaya akan bermacam-macam sambal. Di keluarga kami, si sulung yang paling doyan makan sambal, terutama sambal bawang. Favorit kami sambal bawang Bu Rudy.

Teman-teman pasti familiar sama sambal bawang Bu Rudy, kan? Sambal merupakan kuliner khas Surabaya yang selalu dicari, salah satunya sambal bawang Bu Rudy. Pedasnya sedap menggigit dan aroma bawangnya itu lo ... menggugah selera nian! Kalian yang masih libur Lebaran di Kota Surabaya, wajib bawa oleh-oleh sambal!      

            Sambal Bu Rudy bukan the one and only sambal sedap asal Surabaya. Pengin tahu rekomen sambal yang lain? Coba deh tonton konten BEDAH di channel YouTube Ninjaxpressco yang judulnya Sambal Surabaya yang Bikin kelenger Bersama Arief Alfiansyah bareng dua host gokil Fico dan Praz dengan bintang tamu komika Arief Alfiansyah. 

 

Sambal Surabaya selalu dicari

            Pas banget memang Arief Alfiansyah yang diundang jadi bintang tamu membahas dunia persilatan sambal Surabaya. Doi wong Surabaya tulen dan hobi menjajal segala sambal di Surabaya. Arief sedikit bercerita tentang lahirnya sambal Bu Rudy. Dulu Bu Rudy berdagang di Pasar Turi, tapi kurang laku. Lalu, beliau mencoba membuat sambal bawang. Tidak diduga, sambal bawang Bu Rudy laris manis dan eksis. Kini Bu Rudy punya swalayan yang menjual sambal dan aneka kuliner lain sebagai oleh-oleh. Arief membawa beberapa botol sambal Bu Rudy ke studio supaya Fico dan Praz bisa icip-icip. Sambalnya saja, yaaa, kalau Bu Rudy sih tidak ikut diangkut ha-ha!   

Arief rekomen sambal lain yang tidak kalah sedap, yakni sambal Bogajaya. Kalian belum bisa main ke Surabaya? Jangan khawatir, sambal-sambal ini bisa dikirim ke rumah kalian by kurir Ninja Xpress. Saya rutin order sambal bawang Bu Rudy dan mungkin akan order sambal Bogajaya juga. Penasaran sama rasanya. 

Okelah, sambal Bu Rudy dan sambal Bogajaya cukup populer di Surabaya. Banyak yang sudah tahu. Mungkin kalian bertanya-tanya, ada enggak sambal hidden gems di Surabaya?

Arief rekomen 5 kuliner hidden gems di Surabaya. Selain sambal, di Surabaya ramai dijual sego sambal a.k.a nasi sambal. Ada Sego sambal Mak Yeye, sego sambal Ponorogo, sego sambal Mbak Nur, sego sambal Bu Nur, dan sego sambal Bu Mega. Di antara semua sego sambal itu, Arief mengaku paling tidak kuat melahap sego sambal Ponorogo. Pedasnya berasa dari lidah sampai ke perut. Minta ampun! 

Yang paling bikin salut, semenjak lokalisasi prostitusi Dolly ditutup, pemerintah dan mahasiswa bekerja sama memberdayakan masyarakat setempat untuk membuat bisnis UMKM, seperti batik tulis, telur asin, sambal, dll. Sambal dari kawasan Dolly yang terkenal enak adalah sambal Herdi. Keren, jadi pemerintah bukan asal menutup lokalisasi prostitusi Dolly, melainkan juga memberikan lapangan pekerjaan supaya masyarakat di sana bisa hidup layak. Kita bisa support dengan cara order produk-produk UMKM mereka.  

   



Teman-teman pengin tahu di mana lokasi penjual sambal dan sego sambal di atas? Psssttt ... saya kasih tahu, di Surabaya ada sego sambal yang harganya super-ramah di kantong, lo. Bayangkan, kata Arief, tahun 2015, sego sambal ini menjual nasi sambal dengan lauk ayam, telur, tahu, tempe, dan es teh hanya seharga lima ribu perak! Sekarang mungkin harganya naik jadi sekitar sepuluh ribuan saja. Btw, ini sedekah apa jualan ha-ha! Cuss tonton langsung di bit.ly/Bedah_E4_HA. Tiga orang ini asli kocak abis! Kirain video durasi hampir satu jam itu panjang, tapi ternyata enggak berasa, lo. Perut kita dikocok terus dari awal sampai akhir! Infonya dapet, hiburannya dapet. :))

 

Kampanye #ObsesiUntukNegeri Ninja Xpress

Ninja Xpress merupakan jasa pengiriman paket andalan. Hadir sejak 2015, Ninja Xpress mendukung bisnis UMKM dan brand lokal dengan menciptakan solusi pengiriman yang menjangkau beragam skala bisnis dan berbasis teknologi memadai. 

Salut, Ninja Xpress mendukung UMKM dan brand lokal untuk berkembang. Kampanye #ObsesiUntukNegeri diluncurkan. Isinya program inisiatif Ninja Academy. Saat ini Ninja Xpress juga sedang berkolaborasi melalui konten YouTube bersama kreator lokal untuk mendukung UMKM dan brand lokal menghadapi pandemi. Salah satunya BEDAH. Bukti nyata Ninja Xpress memiliki program yang sejalan dengan pemerintah demi meningkatkan ekonomi negeri.       

Teman-teman jangan lupa tonton terus YouTube Ninja Xpress. Next, produk UMKM dari daerah mana lagi yang bakal kita bedah bareng-bareng di BEDAH? Kalian ada usul? Buruan subscribe dan like akun YouTube Ninja Xpress supaya enggak ketinggalan! [] Haya Aliya Zaki


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...