Jumat, 30 April 2021

Kupas Tuntas Bisnis Cat Hotel dan Spa

 

Siapa di antara teman-teman yang sayang sama kucing? Wah, pasti banyak yang ngacung nih he-he. Keluarga saya di Medan adalah keluarga penyayang kucing banget-nget-nget-nget, terutama Mama. Mama kerap trenyuh melihat kucing jalanan. Kalau ada kucing jalanan yang telantar, apalagi dalam kondisi sakit, pasti Mama bawa pulang untuk dirawat dan dipelihara.

Saya ingat sekali betapa telatennya Mama menyuapi susu dengan pipet tetes ke mulut kucing kecil yang kakinya pincang. Kucing kecil itu dimandikan dan dilap hati-hati, lalu diberikan tempat yang hangat untuk bobok. Kata Mama, semua hewan berzikir dan berdoa kepada Allah Swt, termasuk kucing. Di akhirat nanti mereka bakal bersaksi dan jadi penolong kita. Tambahan pula kucing merupakan hewan kesayangan Rasulullah. Jadi makin sayang kan sama kucing? Sekarang Mama masih lanjut dengan hobinya memelihara kucing. Semuanya diambil dari jalanan. Ada sekitar 22 ekor kucing di rumah Mama.      

Hobi Mama ini menular kepada saya dan adik-adik. Meski belum bisa setelaten Mama yang memelihara kucing di rumah, saya berusaha minimal memberi makan kucing jalanan yang saya temui. Ke mana-mana cat food siap sedia di dalam tas. Alhasil setiap keluar rumah, kucing-kucing komplek pada membuntuti saya. Kata salah satu tetangga, “Kalau Mbak Haya jalan, di belakangnya pasti ada barisan kucing.” Ha-ha!                                     

  

BERGURU, mulai bisnis baru dari hobi yang seru

            Ngobrol-ngobrol soal kucing, teman-teman tahu tidak, kita bisa lo “menyulap” hobi memelihara kucing menjadi sumber penghasilan. Enggak percaya? Coba, deh, tonton video YouTube BERGURU dari Ninjaxpress.co tentang bisnis cat hotel dan spa. Oiya, buat yang belum tahu, Ninja Xpress punya banyak konten ciamik di kanal YouTube-nya. Salah satunya konten BERGURU. 

 

 

Sekilas info tentang BERGURU. BERGURU adalah singkatan dari Belajar Ragam Usaha Baru. BERGURU sharing tentang ide bisnis yang berasal dari hobi dan mudah dilakukan dari rumah. Konten BERGURU tayang seminggu sekali dengan topik yang berbeda-beda. Sebelumnya ada topik tentang bisnis cukur rambut (saya pernah mengulasnya di blog), bisnis aquascape (tanaman hias di dalam akuarium), bisnis produksi tote bag dari sampah plastik, dll. Pandemi begini, banyak orang kehilangan pekerjaan dan terimpit masalah ekonomi. Konten-konten BERGURU bisa jadi sumber inspirasi bagi kalian yang ingin membangun bisnis yang berawal dari hobi dan tanpa modal besar.   

 

Bisnis Cat Hotel dan Spa

            Konten BERGURU kali ini mengangkat seluk beluk bisnis Arnamir Cat Hotel and Spa yang berlokasi di Jakarta Selatan. Bisnis ini milik artis Tya Ariestya. Saya baru tahu ada hotel dan spa khusus untuk kucing hi-hi. Menarik. Bukan cuma manusia, kucing pun bisa menginap di hotel dan bermanja ria di spa.  

Lucu dan gemesin kontennya karena Kekeyi dan “pacar” yang jadi host! Mereka mewawancarai Mas Rian, penjaga Arnamir Cat Hotel and Spa. Awalnya bisnis ini dibangun Tya karena Tya sayang sama kucing. Ibu 2 anak ini punya 12 ekor kucing di rumah.  

 




Cat hotel dan spa milik Tya menerima kucing untuk menginap. Kucing yang menginap akan diperhatikan disisir bulunya, dibuang kotorannya, dan dibiarkan bermain. Jam menginapnya sama seperti jam menginap di hotel untuk manusia. Kalau pengin kucing kalian di-grooming sekalian, biayanya beda lagi, ya.

  Modal dari bisnis cat hotel dan spa pastinya adalah tempat. Setelah itu modal untuk membeli peralatan membersihkan kucing dan mainan sekitar 3-4 juta rupiah. Terus, terus, kalian pengin tahu dong berapa, sih, penghasilan dari bisnis cat hotel dan spa? Info dari Mas Rian, omset per bulannya sekitar jutaan sampai belasan juta rupiah. Lumayan banget! Duitnya bisa dipakai untuk biaya hidup kalian dan kucing-kucing kalian. Videonya sila ditonton di bit.ly/Berguru_E15_HA.    

     

Kampanye #ObsesiUntukNegeri Ninja Xpress

Saya sudah sebutkan di atas, konten BERGURU merupakan konten akun YouTube Ninja Xpress. Ninja Xpress merupakan jasa pengiriman paket andalan. Hadir sejak 2015, Ninja Xpress mendukung bisnis UMKM dan brand lokal dengan menciptakan solusi pengiriman yang menjangkau beragam skala bisnis dan berbasis teknologi memadai. 

Salut, Ninja Xpress mendukung UMKM dan brand lokal untuk berkembang. Kampanye #ObsesiUntukNegeri diluncurkan. Isinya program inisiatif Ninja Academy. Saat ini Ninja Xpress juga sedang berkolaborasi melalui konten YouTube bersama kreator lokal untuk mendukung UMKM dan brand lokal menghadapi pandemi. Salah satunya adalah BERGURU. Bukti nyata kalau Ninja Xpress memiliki program yang sejalan dengan pemerintah demi meningkatkan ekonomi negeri.   

Kembali ke topik cat hotel dan spa. Kalian para penyayang kucing tertarik tidak dengan bisnis ini? Kalau menurut saya, modal utamanya adalah harus sayang kucing dan cukup paham dunia perkucingan. Jangan sampai sekadar ikut-ikutan, nanti malah berbisnis sambil ngedumel karena sebenarnya kalian tidak suka kucing dan tidak punya wawasan sama sekali tentang dunia kucing. :)       

Teman-teman jangan lupa tonton terus YouTube Ninja Xpress. Next, topik bisnis apa lagi yang bisa kita pelajari bareng-bareng di BERGURU, ya? Kalian ada usul? Buruan subscribe dan like akun YouTube Ninja Xpress supaya enggak ketinggalan! [] Haya Aliya Zaki

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...