Kamis, 31 Desember 2020

Anugerah Bunda Teladan 2020, Kasih Ibu Membuka Akses Pangan Bangsa

 

Tahun baru 2021 tinggal hitungan jam. Apa yang kalian lakukan jelang tahun baru? Saya lagi-lagi diundang oleh Foodbank of Indonesia (FOI) untuk menghadiri webinar mereka pada tanggal 29 Desember 2020 lalu. FOI adalah organisasi nirlaba yang berdiri pada tanggal 21 Mei 2015 di bawah Yayasan Lumbung Pangan Indonesia.

Webinar FOI kali ini istimewa, yakni acara Anugerah Bunda Teladan 2020, acara untuk mengapresiasi bunda, yanda, dan relawan yang berdedikasi di FOI serta dalam rangka memperingati Hari Ibu juga. Betapa penting posisi ibu dalam ketahanan pangan keluarga. Ibulah pemegang keputusan pangan, produksi pangan, dan penentu pola konsumsi pangan. Oiya, acara Anugerah Bunda Teladan 2020 sekaligus jadi acara penutup kampanye Aksi 1000 Bunda dari FOI. 

 




Salut buat FOI yang konsisten mengangkat isu pangan dan kelaparan anak dalam kehidupan sehari-hari. Hingga saat ini berbagai isu pangan dan kelaparan masih terjadi khususnya pada balita Indonesia.

Sedih, 3 dari 10 balita Indonesia disebutkan menderita stunting. Berdasarkan hasil survei FOI pada Agustus 2020 di 14 titik, sekitar 27% balita berada di sekolah dalam perut kosong karena tidak makan dari pagi hingga siang hari. Di daerah lainnya bahkan mencapai 40-50%. Jajan sembarangan jadi gaya hidup. Pandemi Covid-19 pula semakin menyulitkan kondisi.   

So, bisa dipastikan bahwa peran bunda, yanda, dan relawan FOI sangat besar. Keberadaan mereka sangat berharga karena mereka terlibat langsung dalam pergerakan. Menurut Ibu Lenny Rosalin (Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak), usaha FOI dan tim mungkin belum memperlihatkan sesuatu yang signifikan sekarang. Namun, insya Allah beberapa tahun lagi semua akan membuahkan hasil nyata. 

Dalam kata sambutannya, Pak Hendro Utomo (Founder FOI), bercerita tentang teladan dari keluarga Rasulullah. Rasulullah menjadi yatim piatu pada usia 6 tahun, tapi beliau tetap mendapatkan gizi yang baik berupa ASI dari ibu susu Halimah Sa’diyah. Zaman dahulu perempuan mencari rezeki dengan cara menyusui bayi-bayi. Awalnya Halimah enggan menyusui Rasulullah karena keluarga Rasulullah miskin. Alhamdulillah, atas izin Allah, berkat menyusui Rasulullah, ASI Halimah menderas, demikian pula rezekinya. Masya Allah Rasulullah memang sebaik-baiknya teladan, ya.    

 

Kategori Anugerah Bunda Teladan 2020

1. Bunda Menginspirasi

a. Bunda Menginspirasi (PAUD)

Para bunda dan yanda dapat mencalonkan dirinya sendiri untuk masuk jadi nominee dengan mengirimkan konten atau tulisan yang menceritakan pengalaman, motivasi, dan harapan dalam upaya membuka akses pangan.

b. Bunda Menginspirasi (SADARI)

            Relawan yang memiliki kontribusi besar dalam menyukseskan program Sayap dari Ibu (harapan untuk anak negeri, asa untuk selambai, dan asa untuk anak bahari).

Pemenang

Juara 1 Sri Utami S

Juara 2 Nurhayati

Juara 3 Rini Agustiani

2. Bunda Teladan Relawan

Para bunda yang dianggap memiliki dedikasi tinggi dan kinerja terbaik pada setiap pergerakan yang FOI lakukan.

Pemenang

Juara 1 Srinatin

Juara 2 Evi Hanafiah

Juara 3 Meiki Mulyani

3. Lembaga Teraktif

            Lembaga yang tergabung dalam aksi FOI dan memiliki kinerja yang baik seperti dalam hal pelaporan administrasi dan dokumentasi.

Pemenang

Juara 1 PAUD Taman Firdaus Tebet Jakarta Selatan

Juara 2 TK Iftikhori Huntara Sumur Pandeglang

Juara 3 TPA Baitul Afif Bantul

 

Acara dimeriahkan oleh artis remaja Tanah Air, Danes Rabani. Danes menyanyi dan bermain piano secara live lagu Seperti Dirimu dan Ibu. Mbak Vonny Anggraeni membacakan puisi tentang ibu. Terharu dengan penampilan mereka berdua. 

Pandemi tahun ini memang menyisakan pedih. Namun, FOI dan tim terus berupaya melakukan hal baik. Mereka tim hebat. Di sela-sela kesibukan domestik dan tugas yang bejibun, mereka semua masih menyempatkan diri mengemban misi mulia. Sejak awal komitmennya luar biasa.

Semoga tahun depan diadakan acara Anugerah Bunda Teladan lagi, ya. Semoga acara ini menginspirasi pihak lain untuk ikut membantu membuka akses pangan di Indonesia. Selamat kepada para pemenang Anugerah Bunda Teladan 2020! Semangat terus berjuang bersama FOI. Semangat untuk masa depan merah putih. [] Haya Aliya Zaki

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...