Jumat, 25 September 2020

5 Keuntungan Menggunakan Rice Cooker

 

Rice cooker adalah salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang penting untuk memasak nasi. Nasi merupakan makanan pokok di Indonesia dan keberadaan rice cooker untuk memasak nasi pastinya familiar di kalangan ibu rumah tangga.

Sebagian orang masih ada yang memasak nasi dengan peralatan jadul. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, rice cooker semakin terkenal dan mulai menggeser aktivitas memasak nasi dengan dengan cara tradisional.

 

Rice cooker

 

Sekarang yang menjadi pertanyaan, apa keuntungan menggunakan rice cooker dibandingkan memasak nasi dengan peralatan jadul? Yuuuk, simak terus artikel ini, ya.

1.  memasak nasi lebih cepat

Saat memasak nasi dengan cara tradisional, teman-teman harus mengeluarkan waktu dan tenaga lebih. Setelah dicuci, beras dimasukkan ke panci berisi air mendidih, lalu aduk-aduk lama hingga nasi matang.  

Berbeda jika kita memasak nasi dengan rice cooker. Kita hanya perlu mencuci beras, memasukkan beras ke rice cooker, lalu tekan tombol “cook”. Tunggu nasi matang. Intinya, memasak nasi dengan rice cooker itu cepat dan menghemat tenaga.

2. nasi lebih tahan lama

Ternyata nasi lebih tahan lama jika dimasak dengan rice cooker karena rice cooker punya fitur penghangat yang praktis. Kalau menggunakan peralatan jadul, kita tidak bisa memasak dan menghangatkan nasi secara bersamaan. Nasi yang dimasak harus dipindahkan terlebih dahulu ke dalam termos nasi supaya tetap hangat dan tidak basi.

3. mampu mengolah berbagai variasi makanan

Sudah pada tahu kan kalau rice cooker zaman now semakin canggih? Dengan bermodalkan rice cooker saja, kita bisa memasak berbagai variasi makanan yang kita suka, dari mi instan, telur goreng, sayuran, sampai aneka kue!

Salah satu resep nasi andalan yang bisa dimasak dengan rice cooker adalah nasi uduk dan nasi kuning. Cemplung saja bahan-bahan ke dalam rice cooker dan tunggu hingga nasi matang. Mudah, kan?

Rice cooker juga bisa memanggang makanan, contoh roti. Memanggang roti di rice cooker caranya cukup sederhana. Oleskan mentega pada roti dan taruh di dalam rice cooker. Biarkan roti berubah kecokelatan, lalu balik untuk mematangkan permukaan lainnya. Setelah semuanya rata kecokelatan, roti panggang siap dihidangkan. Oiya, gunakan pencapit khusus supaya kalian terhindar dari hawa panas dan lelehan mentega saat memanggang roti.

4. bisa memasak air dan menghangatkan lauk

Khusus untuk teman-teman pencinta kopi dan teh, silakan membuatnya kapan pun dan di mana pun selama kalian memiliki rice cooker. Selain untuk menyeduh kopi dan teh, air panasnya juga bisa dipakai untuk membuat oatmeal.

Rice cooker sebagai penghangat lauk? Masukkan lauk yang sudah dimasak ke rice cooker untuk menjaga lauk tetap hangat.

5. oke dibawa traveling

Bagi kalian yang hobi traveling terutama traveling ke mancanegara dan tetap pengin makan nasi, kalian bisa lo membawa rice cooker mini. Biasanya rice cooker mini dilengkapi tempat penyimpanan kabel di bagian bawahnya. Jadi kita tidak direpotkan oleh urusan perkabelan, semua rapi dan aman. Siapkan saja beras secukupnya dari rumah. Sebagian jamaah haji dan umroh juga membawa rice cooker mini untuk memenuhi kebutuhan perut mereka.     

Catatan

Rice cooker memang punya banyak kelebihan, antara lain mampu memasak nasi lebih cepat, menjaga nasi tetap tahan lama, bahkan bisa mengolah berbagai variasi makanan. Namun, rice cooker juga punya kekurangan. Perawatannya dianggap cukup rumit. Selain itu, rice cooker dengan bahan teflon diklaim mengandung zat kimia berbahaya. Bila terkelupas, teflon akan memicu munculnya berbagai macam penyakit seperti kanker, kerusakan organ hati dan ginjal, penyakit tiroid, dan lain-lain. Usahakan memilih rice cooker yang bahannya aman dan jaga teflon rice cooker tetap mulus dan tidak tergores.

Demikian keuntungan menggunakan rice cooker. Semoga teman-teman menemukan rice cooker yang cocok dan sesuai kebutuhan, ya. []

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan