Kamis, 25 Juni 2020

[Resensi Buku] Menumbuhkan Kepedulian Anak terhadap Bumi


(Kedaulatan Rakyat, 23 Juni 2020)

Judul: Tanya-Jawab Seru: Merawat Bumi
Penulis: Camilla de la Bedoyere
Ilustrator: Richard Watson
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer
Cetakan: I, 2020
Tebal: 32 halaman
ISBN: 978-623-216-884-8





Apa yang pernah anak-anak tanyakan kepada orangtua tentang hal sekitar? Kenapa bumi semakin panas? Ke mana perginya semua kotoran di toilet? Bisakah kita hidup tanpa sampah? Pertanyaan-pertanyaan unik dan menggelitik ini mungkin membuat kening orangtua berkernyit. Padahal, sesungguhnya, bentuk rasa keingintahuan anak berperan penting dalam perkembangan intelektualnya. Orangtua jangan membatasi, apalagi sampai memadamkan rasa ingin tahu anak. Salah satu alternatif bagus adalah mencari jawabannya sama-sama melalui buku.

Buku Tanya-Jawab Seru: Merawat Bumi membantu menjelaskan segala sesuatu tentang Bumi. Penjelasan diawali dari yang paling sederhana, seperti apa itu udara, kenapa laut menjadi kotor, hingga mengapa kita memerlukan hutan. Ada juga penjelasan tentang aksi sederhana merawat Bumi yang bisa dilakukan anak-anak.

Aneka fakta mencengangkan di dalam buku bakal membuat anak penasaran. Contoh, sapi-sapi mengeluarkan gas rumah kaca ketika mereka kentut dan serdawa (hal. 8), setiap tahun orang Jepang menghabiskan 90 ribu ton sumpit kayu (hal. 14), perjalanan satu buah pisang untuk bisa tiba di atas meja makan kita ternyata bisa sampai ribuan kilometer (hal.18), dan masih banyak lagi. Aneka fakta disampaikan secara padat dan mengasyikkan. Ilustrasi cantiknya membuat anak tidak bosan mengulang-ulang membaca.       

Memuaskan rasa ingin tahu anak tentang hal sekitar akan memberikan manfaat jangka panjang. Anak jadi lebih peduli terhadap Bumi dan sesama makhluk hidup. Selama ini ketidakpedulian manusialah yang menyebabkan kerusakan Bumi. Ada sekitar 7,7 miliar manusia yang hidup di Bumi. Kita semua punya tugas untuk menjaga dan melestarikannya. [] Haya Aliya Zaki, penulis dan pemerhati cerita anak 


Cara mengirim resensi ke koran Kedaulatan Rakyat
1. Buku yang diresensi harus baru (tahun 2020).

2. Jenis bukunya boleh apa saja, termasuk buku cerita anak.

3. Tulis resensi maksimal 250 kata. Kalau lebih dari 250 kata, resensi akan dipotong redaktur. Kalimat berwarna merah di atas adalah kalimat saya yang dipotong redaktur.

4. Kirim resensi ke rubrik PUSTAKA dengan email resensikrm@yahoo.com dan redaksi@krjogja.com.

5.  Lampirkan naskah resensi, scan cover buku, scan halaman keterangan buku (setelah cover), scan KTP, dan foto diri. Ingat, harus komplet lampirannya, ya. 

6. Sertakan biodata, pendidikan terakhir, dan nomor rekening bank di naskah dan badan email.

7. Resensi di atas saya kirim 11 Mei 2020 dan dimuat 23 Juni 2020 (masa tunggu 1,5 bulan).

8. Resensi terbit setiap hari Selasa (seminggu sekali). Silakan pantau melalui e-paper gratis daftar di epaper.krjogja.com.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan