Jumat, 21 Desember 2018

Waktunya Hijrah Bersama Sasha Halal Toothpaste


           Bagi saya, rezeki bukan cuma materi. Bisa bersua dengan seseorang yang menginspirasi, itu juga rezeki. Beberapa tahun lalu masjid sekolah anak saya mengadakan pengajian dengan ustazah Peggy Melati Sukma. Wow, rasanya tidak sabar pengin hadir dan mendengarkan langsung kisah hijrahnya! Peggy adalah artis pemeran sinetron Gerhana pada tahun 90-an. Dia kerap berpakaian seksi dan bersikap centil. Bicaranya cepat seperti kereta peluru shinkansen. Peggy mengakui, dulu hidupnya bukan hanya bergelimang harta, melainkan juga bergelimang maksiat. Lalu, kini?
            Kini Peggy telah berhijab rapat dan memutuskan meninggalkan atribut duniawi. Dia disibukkan dengan aktivitas dakwah dari pelosok daerah hingga keluar negeri. Apa yang membuat Peggy merasa inilah #WaktunyaHijrah? Jawabannya, ketika dia mengenal Alquran. Peggy berusaha betul memahami ayat-ayat Alquran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Nikmat sekali. Tak pernah sehari pun dia pengin jauh dari kalam Ilahi. Masya Allah.
            Bicara soal hijrah, hari Minggu lalu saya diundang Hijab Influencers Network untuk menghadiri launching produk Sasha Halal Toothpaste (PT. Kino Indonesia) di The Hook Restaurant, Jakarta Selatan (2/12). Sukaaa, narsumnya idola semua Lulu Elhasbu (fashion blogger & designer) dan Ummu Balqis (parenting & marriage influencer). Saya dkk blogger terlibat dalam diskusi tentang hijrah yang sangat menarik! 

pasta-gigi-siwak
Launching Sasha Halal Toothpaste (credit: @hijabinfluencersnetwork)


            Bagi Lulu, hijrah adalah proses yang terus-menerus kita upayakan untuk menjadi pribadi yang lebih baik sampai akhirnya kita menutup mata dan saat itulah upaya kita selesai. Setuju banget! Sejak kecil, Lulu menempuh pendidikan di sekolah Islam, bahkan pernah mencicipi pendidikan pesantren juga. Akan tetapi, masa itu, Lulu berhijab masih sekadar berhijab, belum tahu apa sesungguhnya maknanya berhijab. Saat kuliah, Lulu malah membuka hijabnya.
            Lulu kembali berhijab setelah pulang umroh dan mulai merintis karier menjadi model muslimah. Sedikit demi sedikit cara berhijabnya diperbaiki dari yang sedikit terbuka menjadi full tertutup, dari yang pendek menjadi panjang, dan dari yang ketat menjadi longgar. “Dalam proses hijrah itu kita butuh terus mencari dan menggali ilmu. Ikut pengajian, hadir di majelis taklim, membaca Alquran, dll. Ya, berhijab juga butuh ilmu, bukan cuma ikut-ikutan tren,” tegas Lulu.
            Pada tahun 2010, bersama beberapa temannya, Lulu mendirikan Zaura Models, manajemen model muslimah pertama di Indonesia. Lulu menekankan pentingnya inner beauty atau akhlak kepada model-modelnya. Secantik apa pun model tersebut, tapi kalau akhlak nol, so sorry they have to say goodbye. Nama baik muslimah dipertaruhkan di sini. Maka, wajar jika pelajaran pertama di Zaura Models adalah soal akhlak, selanjutnya barulah belajar cara berjalan di catwalk. 

Bersiwak untuk kesehatan gigi dan mulut    

            Selain memperbaiki penampilan, Lulu sangat memperhatikan produk yang dikonsumsinya apakah produk tersebut halal atau tidak. Jangan sampai dalam darah kita mengalir sesuatu yang haram. Jangan sampai berkahnya hilang. Naudzubillahi min dzalik. Jadi, untuk pasta gigi, Lulu mantap hijrah ke Sasha Halal Toothpaste karena 100% halal.
            Lebih kerennya lagi, Sasha Halal Toothpaste mengandung serpihan siwak asli (bukan essence) yay! Produk yang mengandung siwak asli, di kemasannya tertulis “Salvadora perisica extract”. Sementara itu, produk yang mengandung siwak essence, di kemasannya hanya tertulis siwak (tanpa nama ilmiah atau kata ekstrak).  Ini yang saya pelajari di kuliah Farmasi dan saya sudah konfirmasi kebenarannya dengan Mbak Danti Nastiti (Assistant Brand Manager Sasha Halal Toothpaste) setelah selesai acara.
            Bersama Annisa Rizki Amalia, drg., Sp.KGA, kami membahas lebih dalam tentang manfaat siwak. Siwak (Salvadora persica) adalah tangkai kayu berwarna putih, berserat lembut, dan wangi. Biasanya siwak tumbuh di Timur Tengah dan Afrika. Kadang siwak disebut juga tongkat kunyah.

Sejak zaman Rasulullah, siwak dipakai untuk membersihkan gigi dan mulut. Berdasarkan penelitian, siwak memang mengandung aneka zat yang memberi perlindungan pada gigi seperti fluoride, antimikroba, flavonoid, astringen, macam-macam mineral, dll.
Perbedaan siwak dengan sikat gigi: dipakai segahar apa pun (((GAHAR))), siwak tetap aman untuk gigi dan mulut karena teksturnya begitu lembut. Kalau sikat gigi, kita harus hati-hati seandainya salah sikat bisa melukai gusi dan dinding mulut. So, tidak heran, World Health Organization (WHO) resmi merekomendasikan siwak sebagai pembersih alami gigi dan mulut. Sekarang Teman-teman percaya kan kenapa bersiwak itu sunnah? Pastinya karena ada begitu banyak kebaikan di dalamnya. Hebat, ya!

        “Bersiwak bagian dari kebersihan mulut dan dan keridhoan bagi Rabb.” (HR. Ahmad 66)
“Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak setiap hendak menunaikan shalat.” (HR. Bukhari 70)
            Ummu Balqis berkata, kebersihan mulut sangat penting dalam ajaran Islam. Jabir bin Abdullah meriwayatkan Rasulullah pernah bersabda, “Barangsiapa memakan bawang merah atau bawang putih, hendaklah ia menjauhi kami atau masjid kami, serta hendaklah ia duduk di rumahnya saja.” See, Rasulullah sudah kasih warning, jangan sampai bau mulut mengganggu khusuknya jamaah shalat dan beribadah lain hehe. Sedemikian pentingnya soal kebersihan mulut ini di mata Rasulullah.  
            Kalau dalam berumah tangga gimana, Um? Wow, apalagi ini yekan. Pasangan suami istri sebaiknya jangan bau mulut, ah. Sungkan mengingatkan pasangan yang bau mulut? Coba cari waktu yang tepat misal, saat couple time. Ngobrol-ngobrol tentang kekurangan masing-masing yang harus diperbaiki. Manfaatkan kesempatan ini untuk memuji kelebihan pasangan terlebih dahulu, lalu lanjut mengkritik sayang (cieee) bau mulutnya sekaligus memberi saran. Suami istri saling terbuka insya Allah keluarga harmonis aman tenteram. Aamiin.   

pasta-gigi-siwak
Narasumber yang kece-kece

Review Sasha Halal Toothpaste

Hadirnya Sasha Halal Toothpaste jadi kabar gembira buat kita karena sekarang bersiwak lebih praktis. Seperti yang kita tahu, siwak sulit didapat di Indonesia. Sasha Halal Toothpaste punya dua varian, yakni Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial mengandung serpihan siwak asli dan ekstrak daun sirih (kemasan emas). Fungsinya membunuh bakteri penyebab plak dan membuat napas segar lebih lama. Sasha Toothpaste Whitening mengandung serpihan siwak asli, lemon, dan garam (kemasan putih). Fungsinya memberi perlindungan ganda dan membuat gigi tampak putih. Semingguan saya memakai Sasha Halal Toothpaste. Berikut reviewnya. 

Kemasan Sasha Halal Toothpaste

            Sudah saya sebutkan di atas, warna kemasan Sasha Halal Toothpaste ada dua sesuai variannya. Di kemasan banyak tulisan Arab gundul. Jangan khawatir, ini translate bahasa Arab untuk tulisan berbahasa Indonesia di kemasan,  bukan semacam tulisan doa yang dilarang dibawa ke kamar mandi. Tanggal kedaluwarsa (expired date) tercantum jelas. Ukuran dua macam; 65 gram dan 150 gram. 

pasta-gigi-siwak
Dua varian Sasha Halal Toothpaste

Kandungan siwak asli dan expired date tercantum jelas

 

Aman dan halal

            Tugas BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) adalah memastikan sebuah produk mengandung bahan berbahaya atau tidak. Contoh bahan-bahan berbahaya antara lain merkuri, formalin, dan rodamin B. Jika aman, BPOM memberikan nomor POM untuk produk tersebut.
            Gimana cara mengecek nomor POM palsu atau tidak? Sila ke web situs pom.go.id. Pilih Daftar Produk dan masukkan nomor POM yang tertera di kemasan. Saya memasukkan nomor POM Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial dan Sasha Toothpaste Whitening. Terbukti kedua produk ini tercatat aman di BPOM.   
Sasha Halal Toothpaste juga sudah mendapat sertifikat halal MUI. Pasta gigi ini tidak cuma mengandung bahan-bahan halal, tapi proses pembuatannya dari hulu ke hilir pula halal. Semua diperbolehkan dalam hukum Islam. Alhamdulillah. 

nomor-pom-aman
Nomor POM di kemasan

Kedua varian Sasha Halal Toothpaste tercatat aman di BPOM


halal-mui
HALAL!

Kesan

             Semingguan saya memakai Sasha Toothpaste Whitening. Gimana rasa siwaknya, saya kurang tahu. Soalnya saya belum pernah bersiwak. Pasta giginya warna putih dan beraroma mint. Tekstur ringan, tidak seperti pasta gigi lain yang berasa tebal/kaku, dan tidak banyak berbusa. Hemat air kumur haha. Lemon dan garam kolaborasi whitening alami. Hanya, hasil putihnya belum kelihatan dong secara baru seminggu. Nanti hasilnya tergantung kebiasaan juga apakah sering merokok, ngopi, dll. Saran drg. Annisa, wajib sikat gigi minimal sebelum tidur malam dan setelah sarapan.
Dulu pernah si bungsu (8 tahun) salah pakai pasta gigi, yang dipakai pasta gigi lama saya. Dia langsung jerit-jerit kepedasan. Kemarin saya minta si bungsu mencoba Sasha Toothpaste Whitening. Katanya, “Enggak pedas, Ummi!” Kadar mint-nya masih bisa ditolerir si bungsu ternyata. Oiya, saya juga mencoba Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial, tapi tidak setiap hari. Warna pasta giginya cokelat muda dan ada butiran sirih. Harum sirih memenuhi rongga hidung (tapi tidak menyengat) saat sikat gigi. Love it! Segaaar! Kalau mau keluar rumah, saya pasti pakai Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial haha. Siwaknya aja udah keren, ditambah lagi sirih. As we know, sirih juga bermanfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut.  So far cocok sama dua varian pasta gigi ini. Insya Allah saya mengikut jejak Lulu hijrah ke Sasha Halal Toothpaste. ^^  

Harga berapa beli di mana

            Harga Sasha Halal Toothpaste cukup terjangkau sekitar Rp12 ribuan. Bisa dibeli di minimarket dan supermarket terdekat. Info lebih lengkap bisa diintip di Facebook Sasha Pancaran Aura Islami dan Instagram Sasha Indonesia.
 Btw, nama Sasha identik dengan nama perempuan, tapi pasta gigi ini untuk semua jender, kok. Dengan segala kebaikannya, Sasha Halal Toothpaste oke banget dipakai oleh kalian yang nonmuslim juga. Saya sendiri sudah merasakan kebaikannya. Bersiwak bareng keluarga, why not?
Last but not least, cerita tentang hijrah memang selalu menarik minat karena banyak orang concerned di sini. Pesan Ummu Balqis, jangan pernah berhenti berproses. Mari berbagi dan dukung teman-teman kita yang pengin berhijrah. Gimana dengan kalian? Apakah punya kisah hijrah yang menyentuh hati? Yuk, share di sini. [] Haya Aliya Zaki

13 komentar:

  1. In sya Allah terus istiqomah ya Mba, terus berproses lebih baik setiap harinya Alhamdulillah ada sasha yang pasti halal dan mengandung manfaat siwak asli :)

    BalasHapus
  2. Saya sedang proses berhijrah, ya tapi gak cepat. Pelan-pelan dna semoga istiqamah. Senang ada Sasha yang menemani saya proses berhijrah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya alon alon asal kelakon. Berproses memang butuh waktu.

      Hapus
  3. Pasta gigi Shasha Ini memudahkan banget untuk kita semua umat Muslim menjalankan sunah rasullullah ya mbak haya. Nggak perlu lagi repot2 cari dan beli siwak asli yang bisa dibilang agak susah. Semoga proses hijrah kita semua ya lancar Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah gak perlu bingung lagi kita cari siwak di mana ya, Amal. Beli aja pasta gigi Sasha.

      Hapus
  4. Produk yang mengandung siwak asli, di kemasannya tertulis “Salvadora perisica extract”. Sementara itu, produk yang mengandung siwak essence, di kemasannya hanya tertulis siwak (tanpa nama ilmiah atau kata ekstrak) >> aku sempet kepikiran apa bedanya dengan produk yang mengandung siwak yang pernah ku tau, ternyata ini bedanya. Waah makin pede aku pakai sasha deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin pede dan mantap ya, Des. Insya Allah.

      Hapus
  5. Saya udah coba juga nih kak. Bener banget kalau pasta gigi ini gak banyak berbusa, malah kayak hampir gak ada gitu menurutku. Pernah coba pasta gigi yang katanya gak ada kandungan detergennya, katanya memang kalau yang berbusa banyak gitu detergennya. Entahlah itu apa ya, yang jelas aku suka banget sih sama Sasha. Seger dan wanginya enak

    BalasHapus
  6. Setelah tau Sasha dari acara ini, aku langsung belanja kedua variannya pas kemarin belanja di supermarket. Suami mendukung kami hijrah dg memakai produk2 halal.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah senangnya ada produk ini, selain halal, jadi makin mudah utk menjalankan sunnah Rasul, udah cobain dua2nya, yg whitening lebih fresh menurutku after taste nyah

    BalasHapus
  8. Harga terjangkau, halal, dan mengandung serpihan siwak asli, mantep hijrah ke Sasha deh nih.

    BalasHapus
  9. Ia mbak haya yang varian gold membuat nafas segar tahan lama, penting juga nih biar lebih pede di depan pasangan yaaa hehehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan