Minggu, 04 November 2018

5 Tip Sehat untuk Ibu Hamil dan Menyusui


          Semasa hamil, terutama hamil anak pertama, pasti banyak banget bisikan-bisikan maut yang menyarankan kita kudu begini kudu begitu. Misal, ibu hamil mesti makan dua porsi (untuk diri sendiri dan untuk janin), ibu hamil wajib minum air kelapa setiap hari supaya kulit anaknya putih bersih, ibu hamil tidak boleh makan pedas, dst. Duh, sampai pusing! Mana yang mitos mana yang fakta?
            Nah, games mitos fakta seputar ibu hamil dan menyusui mengawali acara Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) Bersama Blackmores dan Smart Mama di Padi Restaurant, Puri Denpasar Hotel, Jakarta Selatan (27/10). Seru! Ternyata, sudah banyak ibu-ibu yang tahu mana mitos mana fakta seputar kehamilan dan menyusui tersebut. 


bunda-pas

Alhamdulillah, tiga kali hamil, saya tidak mengalami kesulitan berarti. Makan lumayan enak. Tidur lumayan enak. Ngidam masih bisa ditolerir haha. Bayi lahir dengan berat badan di atas rata-rata. Meski sudah lama tutup buku soal kehamilan, saya tetap senang menghadiri acara dengan topik ini. Bagi Teman-teman yang butuh infonya, cuss simak tulisan saya sampai selesai. Saya merangkum info dari acara dalam bentuk tip supaya mudah dipahami, ya. Berikut 5 tip sehat untuk ibu hamil dan menyusui.

1. jaga asupan cairan

            Hari-hari biasa saja kita tidak boleh kekurangan cairan, apalagi saat hamil. Berasa kan kalau ibu hamil lebih cepat haus? Perhatikan tanda-tanda dehidrasi, antara lain mulut kering, BAK sedikit + warnanya kuning pekat, dan tekanan darah rendah. Dehidrasi berbahaya banget karena dapat menyebabkan penyakit komplikasi, persalinan prematur, bahkan kematian! Jaga asupan cairan dengan minum air dan makan buah-buahan yang mengandung banyak air.

2. hindari stres

            Ibu hamil dan menyusui rentan stres. Hormon, kondisi fisik dan psikis, semua mempengaruhi. Di acara, saya mendapat info tentang stres pascamelahirkan. Postnatal mentally health terbagi 3 (level terendah ke level tertinggi), sbb: baby blues, postpartum depression, dan postpartum psychosis. Pernahkah kalian mendengar tentang ibu yang depresi, lalu membunuh anaknya? Ini kemungkinan sang ibu mengidap postpartum psychosis.       

3. olahraga!

            Siapa bilang ibu hamil cuma boleh diam-duduk-tidur? Ibu hamil juga harus olahraga, lho. Tentu olahraga yang aman. Mbak Adianti Reksoprodjo (Prenatal and Postnatal Trainer) mengajari kami olahraga yang cocok untuk ibu hamil dan menyusui. Gerakan yang paling saya suka adalah gerakan berdiri dengan tangan memegang kursi (kursinya di belakang badan), sementara kaki jinjit bolak-balik. Simpel dan mudah! Gerakan ini merelaksasi otot betis kaki yang sering kram.
Teman-teman juga bisa mempraktikkan sendiri di rumah gerakan senam hamil yang diajarkan oleh rumah sakit. Olahraga yang tepat akan membantu mengurangi stres dan mempermudah proses persalinan.    

talkshow-bunda-pas


senam-hamil

  

4. nutrisi cukup


Nutrisi dibutuhkan terutama pada 1000 hari pertama kehidupan, yakni 9 bulan 10 hari dalam kandungan (270 hari) dan 2 tahun (730 hari). Pada masa janin sampai anak berusia 2 tahun terjadi proses tumbuh kembang yang sangat cepat yang tidak terjadi pada kelompok usia lain.

Di bawah ini tahap perkembangan janin berdasarkan penjelasan dr. Bram Pradipta, SpOG.
Tahap trimester pertama (1–12 minggu), janin seukuran kacang tanah. Sistem saraf mulai terbentuk, dibutuhkan asam folat sekitar 400 mcg untuk membantu perkembangan sistem saraf pusat. Sumber asam folat itu avokad, sayuran hijau, pepaya, dll. Bila perlu, sila mengonsumsi suplemen. Janin yang kekurangan asam folat akan terlahir cacat.
Tahap trimester kedua (13–27 minggu), janin seukuran jeruk nipis. Sendi tangan dan kakinya sudah bisa bergerak secara refleks. Di sini peran kalsium, omega 3, dan omega 6 sangat penting.   
Janin sudah bisa mencicipi makanan yang ibu makan. Menurut dr. Bram, kalau saat hamil ibu senang makanan tertentu, bisa jadi nanti bayinya juga senang makanan tersebut. Wah, pantas si sulung senang banget makan ayam goreng karena waktu hamil saya kalap makan ayam goreng haha. 
Tahap trimester ketiga (28–40 minggu), janin seukuran pisang. Janin bisa mencerna dan panca indera mulai bekerja. Rambut tumbuh. Di trimester ini, zat besi dibutuhkan. Pada 32 minggu, sistem saraf pusat sudah baik. Pada 37 minggu, paru-paru sudah matang.  Pada 40 minggu, janin siap dorooong. Yay!
Terus, benarkah ibu hamil mesti makan 2 porsi? Apakah ibu hamil mesti makan nasi 2 piring, ayam 2 potong, dst? Semua serba-dua? Jawabannya: TIDAK! Ternyata, ibu hamil hanya membutuhkan 500 kalori untuk makan besarnya. Cemal cemil monggo asalkan higienis dan menyehatkan. 
Saya setuju sama pendapat Mbak Catherine Sumitri (mom influencer), ibu-ibu jangan heboh diet, deh. Mending kita menikmati momen dengan makan makanan enak dan bergizi. Hasilnya buat bayi juga, kan. Kalau perlu, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, kita bisa mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold berisi vitamin dan mineral yang komplet untuk ibu hamil dan menyusui.
Blackmores diklaim sebagai perusahaan kesehatan nomor satu di Australia yang didirikan 80 tahun lalu oleh perintis neuropath Maurice Blackmore.
Blackmores hadir di Indonesia pada tanggal 1 September 2016. Hingga Januari 2018, Blackmores telah meluncurkan 41 macam produk. Blackmores Odourless Fish Oil dan Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold merupakan produk yang paling laris.  
            Kali ini Blackmores sedang mengadakan kampanye Bunda PAS untuk mengedukasi ribuan ibu hamil dan menyusui di berbagai daerah di Indonesia. Jangan khawatir, semua produk Blackmores telah mengantongi sertifikat HALAL dari lembaga sertifikasi halal Australia dan sesuai dengan standardisasi halal MUI. Dosisnya pun telah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil dan menyusui di Asia. Info lengkap boleh dicek di web situs blackmores.co.id. Produknya bisa didapat di Guardian, Watson, dll. 

blackmores

blackmores


blackmores-blogger-gathering


5. minta bantuan support system
            Menurut dr. Bram, persiapan mental itu nomor satu. Yuk, bangun support system bersama keluarga, terutama suami. Dukungan dari ibu dan ibu mertua juga cukup penting karena mereka dianggap punya jam terbang tinggi, asalkan yang terjadi bukan sebaliknya ya hoho. Percaya atau tidak, salah satu support system saya adalah tetangga. Ibu tetangga rajin menengok bayi saya di rumah sambil membawakan aneka makanan bergizi. Kini beliau telah wafat, tapi perhatian dan kebaikannya akan selalu saya ingat. Jannah untukmu, Bu. Aamiin yaa Rabb.
Last but not least, semua ibu hamil dan menyusui memiliki perjalanannya sendiri-sendiri, tidak bisa disamakan dengan yang lain. Living a positive life by surround yourself with positive people. Jangan lupa bahagiaaa. Berbanggalah, selalu lakukan yang terbaik untuk diri dan buah hati. [] Haya Aliya Zaki

1 komentar:

  1. sejak ikutan acara bunda PAS ini aku sekarang rajin konsumsi blackmores mba, dan terasa sama aku ASI aku jadi lebih kental :) acara begini emang perlu diadain ya nambah edukasi juga nambah product knowledge yg manfaat banget :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan