Selasa, 09 Oktober 2018

Yuk, Belajar Hemat Air dari Games “Make Air”!


         Pada berasa enggak sih kalau belakangan ini cuaca puaaanas-nas-nas? Gersang. Tandus. Kering. Soal air? Beberapa tetangga terpaksa menggali sumur mereka lebih dalam. Air memang vital untuk kehidupan. Enggak makan beberapa hari, kita bisa survive, tapi kalau enggak minum? Mission impossible!
            Sekitar 10% populasi di dunia krisis air bersih. Ethiopia, Madagaskar, India, contoh negaranya. Separuh gaji penduduknya habis untuk membeli air saja  (Boombastis.com, 2016). Musim kemarau begini, kita bersyukur bisa tetap gratis memakai air. Meski begitu, tetaplah bijak menggunakannya. Jangan mubazir. 
        Dalam rangka menyebarluaskan informasi terkait pelayanan penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) meluncurkan games edukasi interaktif air minum di Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang (1/10). BPPSPAM adalah badan yang dibentuk melalui Peraturan Presiden nomor 90 tahun 2016. Secara struktur, BPPSPAM berada di bawah koodinasi Menteri PUPR.

HayaAliyaZaki-BPPSPAM-launching-games-Make-Air
BPPSPAM launching games Make Air, Tirta, dan Petualangan Cika

Berikut 3 games yang diluncurkan, Make Air, Tirta, dan Petualangan Cika. Sila instal games Make Air dan Tirta di Google Play Store (App Store menyusul bulan depan). Sementara itu, games Petualangan Cika berbasis dekstop ada di web situs resmi BPPSPAM.
            Dalam kata sambutannya, Pak Eko Wiji Purwanto (anggota BPPSPAM Unsur Pemerintah) pengin masyarakat memahami penyediaan air bersih dari hulu ke hilir. Harapannya, masyarakat hemat air dan memanfaatkan kelestarian sumber air baku supaya tidak tercemar. 
            Kenapa edukasi melalui games?
            Dulu saya memberikan edukasi hemat air kepada anak-anak melalui buku cerita. Sekarang zamannya gadget, anak-anak familiar banget sama games. Betul? Pastinya ada dua sisi mata pisau dari games; negatif dan positif. Teman-teman sudah pada tahulah ya sisi negatif games kalau tidak ada kontrol dari kita sebagai orangtua. Nah, sisi positifnya, gimana?
Games bisa dijadikan media kekinian yang fun untuk belajar! Si bungsu, Sulthan (8 tahun), belajar bahasa Inggris dari games karena rata-rata games yang diinstalnya berbahasa Inggris. Kadang dia bertanya kosakata yang dia tidak tahu, perbedaan kata yang artinya mirip seperti leap dan jump, misalnya, dll. Nilai bahasa Inggris Sulthan di sekolah selalu sempurna, padahal dia hampir tidak pernah belajar setiap ulangan. *tepok jidat* *jangan ditiru* 

Anak-anak bisa belajar dari games

Menurut Pak Bambang Wahyudi dari PDAM, ketiga games ini terinspirasi peristiwa lima tahun lalu di Australia. Edukasi berupa games diberikan kepada masyarakat Australia untuk menurunkan angka kecelakaan kereta. Dan, hasilnya sangat memuaskan! Pak Bambang mencoba menerapkannya di sini. Kita bisa mengedukasi masyarakat untuk hemat air dengan cara yang fun! Hm, seperti apa gamesnya? Yuk, kita ulik satu-satu.  

Games Make Air


Begitu dikasih tahu ada games Make Air, Sulthan langsung cobain. Dia cuma meminta saya memasukkan username dan email untuk login, selanjutnya dia ngoprek-ngoprek sendiri, tidak perlu penjelasan dari saya haha.
Konten games Make Air berupa edukasi tentang menjaga, menyimpan, dan hemat air. Model permainannya seperti Pac-Man. Tokoh utamanya bernama Alirun, tetes air berwarna biru. Alirun harus menghindari karakter-karakter Boros Air di dalam saluran pipa tanpa kehilangan nyawa. Sekali login disediakan 3 nyawa untuk Alirun.
Setelah itu, bakal ada pertanyaan seputar edukasi hemat air. Ini bagian yang paling saya suka! Selain pertanyaan, ada jawabannya juga. Sulthan belajar, saya ikut belajar. Saya baru tahu, ternyata lebih baik membersihkan rumah dua hari sekali, bukan setiap hari, karena akan menghemat sekian liter air. Skor dihitung berdasarkan titik air yang mampu dilalui Alirun dan pertanyaan yang dijawab benar.   





Games Make Air

   

Games Tirta


Alirun mengajak pemain untuk mengenal info dasar seputar SPAM edukasi 4 K (Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas, dan Keterjangkauan). Di sini kita boleh memilih login sebagai Masyarakat, PDAM, atau Investor. Masing-masing infonya berbeda.
Kalau login sebagai Masyarakat, kita akan mendapatkan edukasi proses untuk mendapatkan air minum yang layak, cara melapor water meter yang bocor, dll. Isu-isunya dari masyarakat, PDAM (penyedia), dan investor (supporter pengembangan PDAM). Kalau login sebagai PDAM, kita berubah menjadi petugas PDAM yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, gimana agar masyarakat dapat menikmati air bersih untuk kebutuhan mereka. Kalau login sebagai Investor, kita belajar tentang bisnis penyelenggaraan dan penyediaan air minum ke masyarakat. Keren, ya, ya, yaaa? Games Tirta lebih cocok untuk orang dewasa daripada anak-anak, menurut saya. 





Games Tirta


Games Petualangan Cika


            Games Petualangan Cika membahas cara menata lingkungan. Contoh, apa yang terjadi jika kita membuang sampah sembarangan. Mudah-mudahan ke depannya bisa dibikin dalam basis mobile. Saya belum mencoba games ini sih. Mungkin kapan-kapan. 


Yay pasti skornya gede nih! :))

            So, selamat BPPSPAM atas diluncurkannya games Make Air, Tirta, dan Petualangan Cika! Tiga games dibuat untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dalam penyediaan air bersih. Jangan lupa diinstal dan dimainkan bersama keluarga, Teman-teman. Konten dikembangkan terus sesuai dengan ide-ide kreatif dan teknologi terbaru. Mari kita bantu menyukseskan program pemerintah. Tanpa air bersih, tidak akan ada kehidupan di dunia. [] Haya Aliya Zaki

4 komentar:

  1. Lucu ya gamesnya, jadi anak-anak lebih mudah diedukasi tentang pemakaian air ya.... Mak Haya anaknya cantik+ganteng deh... Laffff bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah tabarakallah. Makasih, Mez. Resky juga ganteng! Yuk, main games Make Air barengan sama Resky. :D

      Hapus
  2. Waaaa,,, baru tahu klo ada edugames kayak gini, nanti tak coba unduh buat anak-anak... lumayan buat selingan nonton YT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian anak-anak belajar cara menghemat air, apalagi musim kemarau ini, Dzul. :)

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan