Selasa, 04 September 2018

Tip Mempersiapkan Makanan Sebelum Berangkat Traveling


          Apa yang paling Teman-teman pikirkan saat akan traveling? Pastinya mencari tiket promo dan pesan hotel yang murah meriah ya khaaan? Toss, kita sama haha! Kalau yang dua itu sudah dapat, rasanya senang bukan main. Separuh beban traveling seperti terangkat.
Pilihan makanan saat traveling jadi prioritas kesekian, apalagi saya sudah tidak punya baby. Saya pikir, kami sekeluarga bisa makan apa saja di mana saja asalkan halal. Pengalaman kulineran paling berkesan itu ya waktu kami liburan ke Jepang bulan Januari lalu. Bukan karena kami bisa makan yang enak-enak di sana, bukaaan! Justru sebaliknya. Pernah kami keluar masuk resto ramen dengan perut keroncongan dan tubuh kedinginan. Betis jangan ditanya, kondean paripurna. Maklum, seharian jalan-jalan. Dilalah keliling sampai malam, ramen halal tidak kunjung jumpa. Di sana semua kaldu ramen terbuat dari rebusan daging dan tulang pork.    
Sebenarnya saya berniat membeli mini rice cooker dan membawa beras ke Jepang sesuai saran beberapa travel blogger di blog mereka. Jadi di Jepang bisa masak-masak sekalian berhemat. Entah kenapa saya bimbang dan membatalkan niat. Akhirnya, muncul pepatah baru: bimbang pangkal perut berdendang. Halah.
 Tempo hari saya sudah lupa soal mini rice cooker sampai saya mendapat undangan acara Travel Hacks with Cosmos Mini Rice Cooker dari Cosmos di Soeruni Restaurant, Lippo Mall Puri, Jakarta (29/8). Voila! Keingetan susahnya kulineran di Jepang, saya pun semangat ’45 datang. Kebetulan beberapa bulan lagi kami sekeluarga liburan ke Eropa hampir dua minggu lamanya. Ini info yang saya butuhkan banget!

HayaAliyaZaki-mom-blogger-gathering
Mungil banget ya mini digital rice cooker Cosmos ini?

HayaAliyaZaki-mom-blogger-gathering

mom-blogger-gathering
Mom blogger gathering

Cosmos adalah salah satu brand elektronik perlengkapan rumah tangga Indonesia pertama yang memegang teguh komitmen terhadap standar tinggi dalam hal teknologi dan mutu. Local brand, global quality. Cosmos sudah menjadi bagian dari keluarga Indonesia selama 42 tahun, lho! Luar biasa.     
            Balik lagi ke soal traveling. Hari gini traveling semakin gampang. Tiket promo di mana-mana. Terus, selain hotel, kita punya pilihan menginap di Airbnb yang harganya terjangkau. Soal makanan, biasanya kita bawa yang instan. Betul? Toh nanti di tempat tujuan juga banyak orang jualan.
Sering kita menganggap remeh soal makanan saat travelling, padahal justru makananlah yang bikin travelling kita BERKUALITAS. Percaya enggak?     

Gimana sih kondisi tubuh kita saat travelling? Pastinya happy, tapi capek kan. Selain itu, tubuh harus menyesuaikan diri dengan kondisi baru di destinasi tujuan, misalnya suhu dan cuaca. Kalau salah makan, semua bisa berabe. Jangankan happy, kacau yang ada. 

Fakta saat travelling


“Data menunjukkan sekitar 30% traveller memiliki masalah pencernaan seperti alergi, diare, kembung, dst. Ini harus diwaspadai,” kata Ibu Pafitri, SKM., RD, Nutritionist yang juga anggota dewan pengurus pusat Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) ini.    
So, makan sekadar kenyang sudah tidak zaman. Persiapan travelling menentukan kualitas travelling kita. Catet! Selama ini kita sudah komit makan makanan sehat, maka tidak ada alasan melanggar komitmen itu saat travelling.  
Tubuh terdiri atas lemak, otot, dan air. Bukan sulap bukan sihir, banyak traveller yang timbangannya naik setelah traveling. Lemak bertambah, sementara massa otot mengecil. Kalau kita makannya enggak bener, inilah yang terjadi. Seharusnya, massa otot dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Konsumsi makanan yang mengandung protein lemak rendah ketika traveling.
Ah, makanan sehat di resto kan, mahal?
Lho, siapa bilang harus makan makanan sehatnya di resto? Kita bisa menyiapkan sendiri. Enggak begitu repot, kok. Ini dia tip seputar makanan saat travelling dari Ibu Pafitri. 

Persiapan travelling


1. konsumsi makanan segar
            Lupakan mindset traveling berarti makan makanan instan. Kalau darurat a.k.a kepepet sih bolehlah. Sayur dan buah segar dimasukkan ke wadah kedap udara. Wortel dan brokoli biasanya makanan favorit di perjalanan. Semakin berwarna warni sayuran semakin bagus karena berarti kandungan antioksidannya semakin cakep. Setengah porsi makanan kita dalam sehari mestilah buah dan sayur. Boleh bawa telur, tapi telur rebus (jangan dikupas). Potongan-potongan daging yang sudah dimasak juga oke dibawa.              
2. bawa makanan yang awet
            Orang Indonesia kayaknya enggak afdal kalau traveling enggak bawa sambel dan teri kacang. Ini termasuk makanan awet, silakan dibawa. Biskuit? Boleh. Biskuit oats yang rendah kalori lebih bagus. Buah kering? Monggo. Tapi, buah keringnya yang tidak diawetkan pakai gula, ya. “Biasakan lidah kita mengonsumsi gula dan garam dalam jumlah minimalis,” saran Ibu Pafitri.     
            Hanya, saya pengin menambahkan, saat traveling keluar negeri tidak semua makanan yang kita pengin, bisa kita bawa dari Indonesia. Cek makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa sesuai peraturan negara tujuan. Tempo hari saya dicegat petugas bandara Hong Kong karena membawa dua lusin telur asin dari rumah. LOL. Teman-teman googling dulu peraturannya sebelum mempersiapkan segala sesuatunya dan berangkat.
3. perhatikan kebersihan
            No wonder ada traveler yang diare. Kebersihan merupakan faktor penting saat traveling, terutama kalau traveling bareng anak-anak. Jadi ingat suami saya yang langganan diare setiap pulang dinas dari India. Soalnya di sana makanannya rawan banget. Yah you knowlah enggak usah dijelasin lagi. >.<  
            Tip dari Ibu Pafitri, sebelum mengolah sayuran, cuci dengan air mengalir dan tambahkan sedikit garam. Sayuran jangan direndam karena nanti vitaminnya larut di dalam air. Pastikan peralatan makan bersih-sih-sih. 
4. makan sering, tapi sedikit
Pengakuan dosa, tempo hari liburan di Singapura kami bolak-balik makan laksa dan nasi kari ayam di Encik Tan resto sampai perut begah. Mumpung traveling gitu lho. >.<
Kenapa tidak boleh makan sekaligus banyak? Kasihan lambung kita. Tidak cuma kurang makan yang bikin asam lambung naik, kekenyangan makan juga. Satu lagi, hobi makan banyak dijamin sukses bikin lambung melar. Lemak pun menumpuk. Memang sudah paling betul ajaran Rasulullah: makanlah saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang.  
5. perhatikan asupan air
Jangan sampai tubuh dehidrasi. Otak bentuknya mirip agar-agar. Bayangkan kalau kita kekurangan air, otak akan seperti agar-agar beku. Ini pengaruh ke kondisi tubuh, emosi, dan pikiran. Tubuh mudah lelah. Bahaya stres dan lemot mengintai. Traveling jadi enggak asyik lagi! 

Baca juga: 10 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Liburan Musim Dingin di Jepang

 
6. siapkan perlengkapan makan yang praktis
            Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, banyak travel blogger menyarankan membawa rice cooker saat traveling, terutama traveling jauh. Hidih, rice cooker kan gede, mau ditaruh di mana? Berat pula!
            Saya kasih tahu, sekarang ada mini digital rice cooker CRJ 1031 dari Cosmos. Rice cooker ini cocok dibawa traveling. Yuk, kita simak apa saja kelebihannya.

Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031


1. ukurannya mini dan menggemaskan! 
Desainnya cantik dan kekinian. Tidak butuh space luas kalau pengin membawa rice cooker ini. Gampang ditenteng ke mana-mana. Kapasitasnya 0,3 liter beras.
2. multifungsi 4in1
Kita bisa memasak cepat (lebih cepat 20%), memasak nasi, memasak mi instan, dan menghangatkan. Guess what, bisa buat memasak mpasi juga! Surgaaa buat teman-teman yang punya baby.
3. tempat penyimpanan kabelnya
            Tempat penyimpanan kabelnya di bagian bawah rice cooker. Rapi dan aman. Pokoknya kita enggak belibet sama urusan perkabelan.
4. panci anti-lengket
            Selain panci anti-lengket, ada gelas takar, pengukus serba-guna, dan sendok nasi.
 5. watt rendah
            Hasil masak dengan menggunakan mini digital rice cooker CRJ 1031 optimal, tapi urusan daya cukup 180 watt saja. Irit! Pada umumnya rice cooker butuh daya 400 watt untuk memasak.
Mini digital rice cooker CRJ 1031 dari Cosmos bisa dibawa saat perjalanan umroh atau haji. Oiya, porsinya pas buat kantong mahasiswa kos-kosan. Jadi, rice cooker ini bukan cuma bisa dipakai sekali-sekali untuk traveling, melainkan setiap hari. Garansi satu tahun, tapi servis kerusakan berlaku seumur hidup. Mantap!

Di bawah naungan PT. Star Cosmos, produk–produk Cosmos dirancang dan diproduksi untuk selalu menjadi inovator dan pelopor dalam industri produk perlengkapan rumah tangga. Rice cooker termasuk produk unggulan Cosmos dan menduduki peringkat nomor satu di Indonesia. Terbukti berbagai penghargaan secara konsisten diraih seperti Indonesia Good Design dan Top Brand Awards pada tahun 2003–2017. Selain rice cooker, Cosmos punya produk rice container, blender, coffee maker, oven, kipas angin, ice cooler, dll. 

Acara mom blogger gathering diramaikan dengan demo masak dari mom chef selebgram Kushandari Arfanidewi (IG @kelincitertidur). Mini digital rice cooker CRJ 1031 dipakai untuk memasak nasi kuning rempah. Caranya mudah! Bumbunya tinggal cemplang cemplung. Ayam kampungnya juga langsung dicemplung, tidak perlu direbus terpisah. Hasilnya semua indah dan matang di dalam rice cooker pada waktunya. :)) Teruuus, saya juga coba memasak sendiri di rumah. Berhubung saya orang Medan bah, saya memilih memasak nasi liwet teri Medan pakai mini digital rice cooker CRJ 1031.


narasumber-nutritionist
Narsum Ibu Pafitri, SKM., RD

Demo masak pakai mini digital rice cooker CRJ 1031 bersama @kelincitertidur

Nasi kuning rempah

Mom blogger beraksi (credit: @unicornadcom)


Bahan nasi liwet teri Medan


-       2 gelas takar beras
-       4 gelas takar air (boleh 3 gelas takar tapi saya khawatir nasi kurang tanak)
-       ½  genggam teri Medan
-       3 cabe merah diiris panjang
-       3 siung bawang merah diiris
-       2 siung bawang putih diiris
-       2 lembar daun salam
-       1 batang daun sereh
-       margarin secukupnya.

Cara membuat nasi liwet teri Medan


-       tumis teri sampai berwarna keemasan, sisihkan
-       tumis cabe merah, bawang merah, dan bawang putih pakai margarin, sisihkan
-       masukkan beras dan air ke mini rice cooker
-      cemplung cemplung sambil merem tumisan teri, tumisan cabe merah bawang merah, daun salam, dan daun sereh ke dalam rice cooker
-       tekan tombok Cook
-       tunggu nasi liwet teri Medan matang selama 30 menit sambil cuci piring dan beres-beres

Harum dan lomaknyaaa nasi liwet teri Medan ini! *muji masakan sendiri hihi* Teman-teman boleh menambahkan sedikit garam dan kaldu, tapi buat saya begini saja sudah enak! Teri Medan otomatis bikin nasi jadi gurih. Kalian yang suka pedas, tinggal menambahkan cabe rawit. Nah, bahan-bahannya tidak banyak, kan? Berkat mini digital rice cooker CRJ 1031, semua jadi mudah! Kita juga bisa masak mi instan, mpasi, bubur kacang hijau, dll. 


mini-rice-cooker-Cosmos
Mini digital rice cooker CRJ 1031

nasi-liwet-teri-Medan

nasi-liwet-teri-Medan
Nasi liwet teri Medan harum dan lomak!

Tahun depan siap-siap traveling ke Eropa bawa mini digital rice cooker CRJ 1031!


Teman-teman bisa membeli mini digital rice cooker CRJ 1031 di Belanja Cosmos seharga Rp348.000,00. Kalian akan mendapatkan diskon 20% (harga jadi Rp278.400,00) kalau memakai voucher COSMHAYAALIYAZAKICRJ dan diskon 15% untuk pembelian produk Cosmos lainnya kalau memakai kode voucher COSMHAYAALIYAZAKI. Periode 31 Agustus - 16 September 2018.

Wew, selama ini saya pikir, saat travelling kita boleh makan suka-suka, ternyata salah besar, ya. Keren banget tip dari Ibu Pafitri. Selain sehat, kita juga berhemat. Bujet kulineran dialokasikan buat beli oleh-oleh lucu! Semoga saya bisa mempraktikkannya saat traveling bersama keluarga ke Eropa nanti. Pastinya mini digital rice cooker CRJ 1031 dari Cosmos juga memudahkan tugas saya sebagai ibu.
Kalau makan makanan yang sehat, tubuh bakal bugar, ide-ide kreatif saat traveling pun muncul. Seru, kan? Gimana, gimana, kalian punya cerita seputar makanan saat travelling? Pernah membawa mini rice cooker juga enggak? Hihi yuk share di sini! [] Haya Aliya Zaki


21 komentar:

  1. Enak banget kayanya nasi liwetnya mba haya. Aku mau coba ah dirumah :) asiik mba haya mau ke europe ikoott

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa enak banget dan mudah bikinnya, Witha. :D Yuuuk, kita ke Yurop bareng. :D

      Hapus
  2. Watt nya rendah wah bisa jadi pilihan buat masak makanan baby ku nih mbak, gampang lagi ya cara pakainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Watt rendah jadinya irit ya, Inka. Bisa buat bikin mpasi juga. :D

      Hapus
  3. mantap kali nasi liwet teri Medannya mba Hay, aku pasti akan coba bikin juga !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap! Kabar-kabari ya kalau udah jadi, Mbak. :))

      Hapus
  4. wah kece nih rice cooker mini nya bisa diajakin travelling yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaaa. Imut dan mudah bawanya kan.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Ayok, bikin pakai mini rice cooker kita, Mia.

      Hapus
  6. alamak sodap kali ah kutengok nasi liwet teri medan kakak, jadi nak balek medan awak beli teri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli di pajak dekat rumah aja, Kak. Pasti ada itu mereka jual teri Medan. :D

      Hapus
  7. Wah mini rice cooker. Enak bgd ini dibawak buat travelling ya Cikgu. Bs makan nasi kemanapun tujuan travelling #penggemarnasi. *hahay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaay selain bikin nasi, rice cooker ini juga bisa bikin aneka bubur, mi instan, dll. Multifungsi pokoknya. 😁

      Hapus
  8. Siapkan masak sendiri saat traveling, pilihan tepat.
    Sedikit ribet sebelumnya, tapi makanan dijamin bersih dan sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai rice cooker ini insya Allah gak ribet, Mbak. Tinggal cemplang cemplung terus duduk manis menunggu, deh.

      Hapus
  9. aku biasanya males ribet bawa rice cokker. tapi kalau ke neneri negeri dimana masakan halal sulit ditemukan, pasti bawa rice cooker mini. tinggal bawa tempe kering, dendeng dan abon. hehehe tapi tetep cari makanan halal, biar isa jajal kuliner setempat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, tinggal bawa lauk kering, ya. Klop!

      Hapus
  10. Mbak Haya, kami di rumah juga mengandalkan Cosmos buat menanak nasi. Sbeleumnya yang rusak juga Cosmos, bahkan ke Tanah Suci pun ibu bawa Cosmos mini, lupa apa serinya. Praktis dan sangat membantu sih. Pas belum ada rice cooker lagi, saya sering membakar pantat panci gara-gara kutinggal nulis pas lagi liwet heh.
    Duh, enak tuh nasi rempah dan teri medan. Cobain ah ma Bunda. Makasih rresepnya.

    BalasHapus
  11. Aku juga pakai cosmos dong, tp rice cooker yg gede sih ahahha, pengen punya yg kecil juga, lebih praktis

    BalasHapus
  12. Ya ampun mini banget yaah. Kayaknya aku bakalan butuh juga deh ini sama si COsmos CRJ 1031.
    Eh iya itu nasi liwetnya, boleh lah kucoba buat besok. Kok enak kali nampaknya ya. Sodap lah pasti.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan