Laman

Sabtu, 22 September 2018

SAVASA, Hunian Minimalis Ala Jepang di Kota Deltamas


Sebelum berangkat liburan ke Jepang bulan Januari lalu, saya benar-benar have no idea hunian di sana kayak apa. Rada surprise juga sepanjang jalan melihat rumah orang Jepang yang minimalis. Saya berkenalan dengan Teh Dewi, muslimah asal Indonesia yang menikah dengan orang Jepang dan tinggal di Takatsuki. Teh Dewi punya usaha menyewakan kimono kepada turis. 

Kebetulan waktu itu saya diajak sepupu main ke rumah Teh Dewi. Rumahnya berdesain minimalis dengan lantai kayu. Saya tekun menyimak sudut demi sudut ruangan. Semua porsi ruangan tampak pas dan optimal dipergunakan. Istilahnya tidak ada ruangan luas yang mubazir. Demikian pula perabot rumah tangga. Salut dengan landasan hidup orang Jepang yang menghindari sesuatu yang berlebihan. Mereka terkenal akan prinsip kesederhanaannya.    

Saya main-main ke rumah minimalis Teh Dewi di Takatsuki, Jepang

Omong-omong hunian ala Jepang, hari Sabtu (15/9) lalu saya dan teman-teman blogger mendapat undangan menghadiri acara Opening Ceremony Marketing Gallery SAVASA Deltamas di Cikarang.
Sinar Mas Land berkolaborasi dengan Panasonic Homes, pengembang hunian Jepang milik PT. Panasonic Homes Gobel Indonesia (Panasonic Homes), membangun proyek hunian SAVASA di Kota Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi dengan membentuk perusahaan patungan PT. PanaHome Deltamas Indonesia.

         Btw, beberapa hari sebelum acara, kami sudah dag-dig-dug-der dalam dada haha! Gimana enggak, kami dikabari kalau Hiroaki Kato (Hiro) bakal jadi salah satu pengisi acara! Hiro ini musisi asal Jepang yang senang membawakan lagu-lagu Indonesia. Dia juga yang menyanyikan lagu Meraih Bintang (Hoshi wo Tsukame) song theme Asian Games 2018 versi bahasa Jepang. Wiiih. Tiati, jangan sampai salah fokus di acara ya, Buibuk! :))

            Acara Opening Ceremony diawali dengan Taiko, semacam pertunjukan seni beduk Jepang oleh Benteng Taiko. Semangat memukul beduk, semangat pula mereka menimpali suara beduk. Riuh! Lalu, pertunjukan angklung Sepanjang Jalan Kenangan oleh adek-adek SMK Mitra Industri, sukses membuat saya hanyut dalam nostalgia tralala. 

SAVASA merupakan proyek pertama Panasonic Homes di Indonesia. Kolaborasi Sinar Mas Land dan Panasonic Homes ini dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang. Selain Indonesia, Panasonic Homes juga sudah melebarkan sayap bisnisnya ke Malaysia dan Taiwan. Misi mereka adalah menghadirkan rumah dengan solusi hidup terbaik bagi pelanggan. 

“Saya sangat berharap proyek SAVASA memperkuat hubungan antara Jepang dan Indonesia. Kami akan berusaha mewujudkan hunian impian masyarakat Indonesia,” Mr. Kazuhiko Tanaka dari Sojitz Corporation menyampaikan dalam kata sambutannya. 

Indonesia negara besar yang pertumbuhan ekonominya di atas 5%. Pembangunan infrastruktur MRT di Jakarta akan diresmikan tahun depan, pembangunan Pelabuhan Patimban kerja sama Indonesia-Jepang, pembangunan kereta cepat Jakarta–Surabaya membuat Pak Rachmat Gobel, Presiden Komisaris PT. Panasonic Gobel Indonesia, cukup optimistis berinvestasi di bisnis hunian.

Rachmat-Gobel
Pak Rachmat Gobel, Presiden Komisaris PT. Panasonic Gobel Indonesia

opening-ceremony-SAVASA
Opening ceremony marketing gallery SAVASA

SAVASA


SAVASA berasal dari kata smart dan vasa. Dalam bahasa Sansekerta, vasa adalah rumah. Jika digabungkan, SAVASA berarti smart home.

SAVASA terletak di atas lahan seluas 37 hektar dan akan dikembangkan secara bertahap. Tahap pertama, pembangunan 811 rumah dan 33 ruko yang terbagi atas 4 klaster: Asa, Niwa, Hana, dan Yuta. 

Lokasi SAVASA strategis. Jaraknya dekat dengan pusat bisnis di Kota Deltamas. Cukup 5 menit dari stasiun kereta cepat Jakarta–Bandung, Stasiun Karawang, dan gerbang tol KM 41,6 yang akan dibangun.

Dengan tagline Smart Lifestyle, rumah dua lantai berbasis teknologi masa depan SAVASA akan mengembangkan Kota Deltamas dengan empat konsep dasar.

1. Smart Township
2. Smart Security
3. Smart Home
4. Smart Community  

Perbedaan SAVASA


Pertama, semua produk elektronik di hunian SAVASA bermerek Panasonic, that’s for sure. Produk elektronik tersebut terkoneksi dengan ponsel melalui aplikasi Home Network System. Semudah kita bisa mematikan lampu di ruang keluarga di lantai bawah dari kamar tidur di lantai atas. Tidak perlu bolak-balik turun tangga. Canggih!  

Kedua, jika penghuni menginginkan, handle pintu bisa dilengkapi sistem keamanan finger print. 

Ketiga, kalau membeli, kita akan langsung mendapatkan 5 devices sbb: 1 digital cordless phone, 1 window & door sensor, 1 motion sensor, 1 kamera CCTV dalam, dan 1 kamera CCTV luar. Uniknya, selain sebagai kamera, kamera CCTV dalam bisa melantunkan lagu nina bobok merdu. Cocok buat menemani ibuk-ibuk yang sedang momong anak. Kamera CCTV luar juga bukan cuma berfungsi sebagai kamera untuk memantau siapa saja tamu yang datang karena kamera CCTV luar dilengkapi speaker. Kita di dalam rumah, bisa bertanya kepada tamu terlebih dahulu melalui speaker sebelum membukakan pintu.

Keempat, SAVASA dilengkapi penyaring udara dan ventilasi PURETECH. Debu, kotoran, dan partikel berbahaya bye bye! Penghuni tidak perlu sering-sering menyalakan AC karena sistem cross ventilation meningkatkan sirkulasi udara. Udara menjadi suwejuuk. Udahalah irit, lebih sehat lagi. Bahagia ibuk-ibuk itu sederhana dan sadar dana.      

Kelima, mirip hunian Jepang, konstruksi semua hunian SAVASA menggunakan teknologi POWERTECH yang TAHAN GEMPA, meskipun Kota Deltamas bukan daerah rawan gempa, ya. Sedia payung sebelum hujan aja, begitu kata pepatah.
 

Tipe rumah SAVASA


Terus, Teman-teman pasti bertanya-tanya, SAVASA punya tipe rumah apa saja? Saya kasih tahu, SAVASA punya 2 tipe rumah, yakni tipe A dan B. 

Tipe A
Luas tanah 66 m2 dan luas bangunan 64 m2. Tipe A terdiri atas 1 living room, 1 dapur, 2 kamar tidur, dan 2 kamar mandi.  

Tipe B
            Luas tanah 84 m2 dan luas bangunan 80m2. Tipe B terdiri atas 1 living room, 1 dapur, 3 kamar tidur, dan 2 kamar mandi.

Hunian SAVASA memang minimalis, tapi dengan penataan yang apik, ternyata ruangannya berasa cukup lega, lho. Cocok buat ditempati keluarga milenial. Oiya, daya listrik per unit itu 2200 watt. Selain 5 devices tadi, pembeli pula akan mendapat lampu-lampu LED nan modern dan cantik. Lampunya irit listrik jugaaa.   














Harga per unit mulai dari Rp978 juta. Cicilan, NUP, atau KPR pelanggan tinggal pilih. Bagi 50 pembeli pertama SAVASA akan mendapatkan hadiah televisi 55 inci, AC, kulkas 2 pintu, dan mesin cuci. Semuanya bermerek Panasonic. Ihiy! Lumayan banget! Rumah tipe A dan B sama-sama dilengkapi carport. 

Peluang investasi SAVASA

 

            Kota Deltamas merupakan kota modern yang terintegrasi, dibangun di atas lahan seluar 3.177 hektar. Menurut Pak Hongky J Nantung, CEO Commercial Sinar Mas Land, ada tiga zona di Kota Deltamas, yakni industrial, komersial, dan residensial dengan aneka fasilitas dan infrastruktur kelas dunia. Luas zona industrial GIIC (Greenland International Industrial Centre) sekitar 1.458 hektar dengan lebih dari 130 industrial tenants (pabrik). Zona industrial menjadi salah satu zona yang dibanggakan karena termasuk area yang paling berkembang di Kota Deltamas. Dua tahun berturut-turut zona industrial dikukuhkan sebagai zona industrial dengan penjualan terbaik se-Indonesia.  

            Zona industrialnya beda dari zona industrial kebanyakan. Di sini adem dan minim polusi! Namanya juga Greenland. Harus serba-hejo dong haha. Kami diajak melihat-lihat tenant Suzuki seluas 130 hektar, tenant terbesar di Kota Deltamas. Ada tenant Wuling seluas 60 hektar, tenant ini menjadi basis produksi untuk ekspor di Asia Tenggara! Wow. Pemasukan yang ciamik buat negara kita pastinya. Ada tenant Mitsubishi Motors Indonesia, AHM (Astra Honda Motor), Kalbe, Kewpie (mayonaise), ritsleting YKK, dll. Sekitar 70% tenant di Kota Deltamas adalah tenant dari Negeri Matahari Terbit.    

            Nah, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, SAVASA sendiri terletak strategis di jantung Kota Deltamas. Daerah sekitarnya memiliki beberapa sekolah dan perguruan tinggi terbaik, seperti sekolah Pangudi Luhur Bernardus, sekolah Vokasi Ananda Mitra Industri Deltamas, kampus ITSB (Institut Teknologi Sains Bandung), kompleks Korea Education, dan Fajar Hidayah. 

            The next AEON Mall juga akan segera dibangun! Luasnya 20 hektar, 2 kali lebih luas daripada AEON Mall yang sebelumnya. Rencananya bakal jadi mal terbesar se-Asia Tenggara. Teman-teman yang hobi shopping, puas-puasin dah. Kota Deltamas memang sedang gencar membangun lebih banyak fasilitas dan infrastruktur yang mendukung life, work, and play.  

Kota Deltamas memiliki akses yang mudah. Jalan tol Jakarta–Cikampek tersedia dari KM 37 gerbang tol keluar Cikarang Pusat. Ini memberi kenyamanan bagi penghuni dan pelaku bisnis di Kota Deltamas.  


Lokasi SAVASA


            Tempo hari saya melihat pembangunan sekolah khusus untuk anak-anak berkebangsaan Jepang di Kota Deltamas, sekolah Jepang kedua di Indonesia setelah yang di Bintaro. Ekspatriat Jepang yang bekerja di daerah Cikarang dan Karawang, anak-anaknya bakal sekolah di Kota Deltamas. So, selain untuk ditempati sendiri, Teman-teman yang membeli SAVASA berpeluang menyewakannya kepada ekspatriat Jepang.
 
Teman-teman pernah mendengar tidak tentang rumah yang segede alaihim, tapi penghuninya cuek satu sama lain? Masing-masing pada asyik menonton teve di kamar, tidak ada komunikasi sama sekali. Meski minimalis, hunian ala Jepang SAVASA menjanjikan kehangatan bagi setiap penghuninya. Rumah jadi tempat berkumpul, bersantai, dan bercengkerama. Penat seharian setelah beraktivitas di luar rumah pun terpulihkan. Ah, senangnya! Rumah yang hangat tentu memudahkan penghuninya untuk mewujudkan rumah yang sehat juga. [] Haya Aliya Zaki

38 komentar:

  1. Rumah ala Jepang kayak gitu ya, simple, minimalis and stylish gitu, baguuss :) plus fasilitasnya lengkaaap bangeeet...

    BalasHapus
  2. That's what I love about Japanese house. Simple, minimalis, but very complete! Semua fungsi ada ya mbaaa. Dan aku sukaaa kimonomu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha makasih, Mbak Indah! Ini kimono ungu, warna favoritmu. 😁

      Hapus
  3. Wuiiih rumah di Savasa ini canggih bangat ya Mba Haya, sampai bisa dikontrol dengan aplikasi lewat smartphone gitu, rumah kekinian bangat ini.

    Saya jadi pengen punya rumah di sini juga nih, supaya selalu bahagia sesuai namanya. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Dek investasi hunian SAVASA. Siapa tahu dapat sekalian tv, kulkas, AC, dan mesin cucinya. 😁

      Hapus
  4. Konsep dan desain bangunannya cakep sekali, cocok banget untuk orang masa kini yang cenderung kurang betah di rumah. Semoga punya kesempatan investasi di sana. Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhaaa aku malah kayaknya betah banget kalau tinggal di SAVASA, Dama. :))

      Hapus
    2. SAVASA memang rumah yg luar biasa karena mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Untuk informasi lebih lanjut boleh chat saya ya bu Haya dan bu Damar.
      WULAN marketing SAVASA :085216537967

      Hapus
  5. Aku pengen punya hunian disitu soalnya aku keluarga millenial kak :)

    BalasHapus
  6. saya suka drngan rumah ala jepang mbak. berbekal tontonan masa kecil seperti doraemon dan sinchan udah kebayang rumah jepang ini unik, minimalis, penggunaan ruangan maksimal dan suasana "hangat" untuk keluarga.

    saya pengen suatu saat punya rumah ala jepang2 gitu.

    wahhhh hunian savasa ini menggiurkan, jd oengen punya 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas. Waktu di Jepang, saya terkesan dengan rumah di sana. Minimalis dan gak ada ruangan mubazir. Dilalah rupanya di sini ada SAVASA. Boleh coba tanya-tanya, Mas. Siapa tahu jodoh dengan SAVASA. :)

      Hapus
  7. Rumah minimalis fitur futuristik ya mba. Smart home jadinya. Berasa jadul pintu rumahku sekarang pakai kunci gembok (((gembok)))) 😂😂

    Kalau kata orang beli rumah itu jodoh-jodohan .Apa aku jodoh punya rumah kayak gini 😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari gini bukan cuma ponsel aja ya yang finger print. Handle pintu juga. Aku baru tahu waktu ke rumah contoh SAVASA. 😂

      Hapus
  8. waah... minimalis dan modern. cocok utk para pasangan muda :)

    BalasHapus
  9. Wah rumah rasa jepang ada di indonesia pasti laku keras

    BalasHapus
  10. Mbaaa, hiroaki kato dtg g mb jadiny xixii hadehhh
    Btw lokasiny deket rumahku mb, aku d cluster elverde

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah, rumahmu di Bekasi ya, Mio. Mungkin mau tambah rumah xixixi.

      Hapus
    2. Mungkin mau pertimbangkan untuk pindah ke SAVASA. Datang hari minggu ini, 11 November 2018 di acara launching cluster pertama SAVASA, yakni Cluster ASA. Selain ada harga perdana utk 50 unit di blok pertama, ada iming2 hadiah gimmick 4 jenis produk Panasonic (AC, Kulkas, TV 55 inch, Mesin Cuci) bagi 50 pembeli pertama, dan bintang tamunya Maestro Gitar Jubing Kristianto, yang menciptakan dan mengaransemen Theme Song nya SAVASA, dan duet dengan Reda Gaudiamo. Jubing juga akan memberikan Guitar Coaching Clinic bagi keluarga pembeli SAVASA.

      Hapus
  11. Minimalis dan "clean" banget ya desainnya. Cocok buat single dan keluarga kecil. Canggih pula euy! Mungkin boleh dicontek nih konsepnya buat rumah di kampung..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha diboyong aja Mamah Dedeh ke SAVASA. 😁

      Hapus
  12. Suka banget aku kalo hunian minimalis seperti ini. Biarpun gak luas tapi cozy dan bersihinnya gak terlalu capek.

    BalasHapus
  13. Haloooo Mbak Haya...

    Ini hunian Savasa Deket banget lho sama kantorku. Keren ya bloggers pada main ke sana, aku yg Deket gini malah ga tahu infonya hahaha.

    Btw Cikarang memang lagi gencar utk membangun hunian minimalis ala Jepang.

    Mudah-mudahan Savasa sukses ya mbak, amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin! Iyaaa ini baru banget launching tempo hari, Mei. Boleh dilihat-lihat kalau dekat. 😁

      Hapus
  14. Kenapa ya rumah ato aprtm di jepang itu bisa bersiiiih dan apik. Kecil tp ga sumpek. Aku tuh udh coba bbrp cara nya yg ngurangin barang2, yg ga perlu aku buang, tp ttp blm bisa seresik itu :p.

    Cakep banget ini hunian barunya.. Bbrp idenya pgn aku contek utk di aplikasiin di rumahku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kagum, Mbak. Rumah orang Jepang itu minimalis, tapi pintar ngaturnya jadi gak berasa sumpek. Aku sedang mencoba menyisihkan barang-barang yang mubazir di rumah.

      Hapus
  15. Aku malah naksir dengan sistem penyaring dan ventilasi udaranya. Teknologi bagus itu :)

    BalasHapus
  16. minimalisnya kerennn, bersih dan apik, pingin punya kek gt

    BalasHapus
  17. Selamat pagi ibu Haya, terima kasih atas postingan yg positif nya tentang Savasa ya, Savasa mengedepankan 2 hal penting yaitu Scure and Healthy, untuk info lebih lanjut bisa hub Sales Executive Savasa dengan Eka Jp 0813-1130-5863/08111-2000-221

    BalasHapus
  18. Hi!!! Ibu Haya, terima kasih sudah menyempatkan waktu dan space blog nya untuk SAVASA, dan terima kasih juga telah menyempatkan waktu untuk menghadiri Acara Opening Ceremony SAVASA Marketing Gallery dan Show Unit kami di Kota Deltamas pada tanggal 15 September 2018 yang lalu. Jika Smart People ingin tahu lebih lanjut tentang SAVASA, silahkan menghubungi Marketing Gallery kami di nomor 021-899-15888 (Greenland Square Blok BA No.1, Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kab.Bekasi) atau lsg ke Sales Supervisor kami, sdr.Andry Heryandi di HP 0813-1842483

    BalasHapus
  19. Hunian yang bikin orang kepengin punya ya mak.

    BalasHapus
  20. Ternyata rumah-rumah di Jepang memang minimalis ya. Yang penting fungsional

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.