Kamis, 02 Agustus 2018

Kini Berinvestasi Emas ANTAM-LM Lebih Aman Berkat Teknologi CertiCard


“Ulang tahun pengin hadiah apa, nih?” tanya suami.
“Biasa, yang blink blink aja,” jawab saya girang.
Suami ketawa. Dia tahu istrinya menganut pepatah sekali merangkuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Setiap ditanya pengin hadiah ulang tahun apa, saya sering menjawab emas, apakah itu emas batangan ANTAM-LM atau perhiasan, jarang banget saya minta baju, sepatu, gadget, atau yang lain. Soalnya, emas boleh dipakai cantik di badan, boleh disimpan untuk investasi.  
Emas adalah logam mulia yang tidak teroksidasi oleh udara sehingga tidak akan berkarat sampai kapan pun. Zaman dahulu, emas dijadikan alat tukar sejati. Pada masa Rasulullah saw hidup, harga satu ekor kambing sama dengan harga satu koin emas. Kini, setelah ribuan tahun, kita tetap bisa membeli satu ekor kambing dengan modal satu koin emas! Masya Allah, kenapa bisa demikian? Penyebabnya, nilai tukar emas stabil, berbeda dengan uang kertas yang cenderung turun karena tekanan inflasi. 
Hampir setiap bulan saya berusaha menyisihkan pendapatan dan menabung untuk membeli emas. Saya berinvestasi emas bukan karena semata berharap nilainya yang terus naik. Biasanya kenaikan harga emas tidak signifikan kecuali disimpan dalam jangka waktu lama. Saya berinvestasi emas karena emas termasuk investasi non-likuid. Tidak terlalu mudah dicairkan, tidak pula terlampau sulit. Bandingkan dengan tabungan di ATM yang begitu mudah ditarik dan ditransfer ke berbagai penjuru arah mata angin. Halah. Saldo ATM pun dijamin tiwas seketika. Investasi emas setidaknya membuat hidup saya lebih waras, tidak sebentar-sebentar bernafsu membelanjakan uang.   

Cincin emas favorit, hadiah dari suami

Beberapa waktu lalu saya sempat melihat-lihat koleksi emas batangan ANTAM-LM di internet. Saya tertarik dengan emas ANTAM-LM desain batik yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu, tapi belum sempat membelinya. Dilalah saya mendapat undangan untuk menghadiri peluncuran emas ANTAM-LM desain terbaru dengan kemasan baru di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Thamrin, Jakarta Pusat (30/7). Senang banget!  

PT. ANTAM Tbk. (ANTAM) merupakan perusahaan pertambangan yang sukses menggerakkan gerigi kinerja perusahaannya dari hulu hingga ke hilir. ANTAM tercatat sebagai produsen logam mulia terbaik di pasar ekspor dunia. Malam ini, ANTAM meluncurkan produk terbarunya sekaligus merayakan ulang tahun ke-50 atau ulang tahun emas. Selamat!


            ANTAM mengawali kiprahnya pada tahun 1968. Gabungan beberapa perusahaan dan proyek pemerintah ini mengelola emas, nikel, dan bauksit. Tambang emas Pongkor disebut-sebut sebagai penemuan putra-putri Indonesia yang fenomenal. Keberadaan tambang emas Pongkor menjadi portofolio ANTAM yang menjanjikan, selain nikel dan bauksit. Tonggak sejarah ANTAM lainnya adalah perubahan status perusahaan menjadi Tbk. baik domestik maupun global. Pada akhir November 2017, ANTAM menjadi bagian holding industri pertambangan bersama Inalum, PTPA, dan PT. Timah. 
ANTAM boleh berbangga karena kini mereka mendominasi pasar emas Indonesia. Pada tahun 2017, ANTAM berhasil menjual emas sejumlah 13,2 ton. Pada pertengahan tahun ini meningkat menjadi 13,7 ton. Pak Arie Prabowo Ariotedjo selaku Direktur Utama ANTAM, yakin kalau ANTAM mampu menjual emas lebih dari 24 ton pada akhir tahun 2018. Semua berkat kerja sama yang kokoh antar-stakeholders dan kesetiaan kita-kita sebagai customer tentunya.  

Fasilitas pengolahan dan pemurnian ANTAM tersertifikasi Responsible Gold dari London Bullion Market Association (LBMA) yang memastikan pasokan emas perusahaan bebas dari pencucian uang, pelanggaran HAM, dan tidak terlibat konflik.


Emas ANTAM-LM berevolusi dari waktu ke waktu baik dari segi tampilan maupun keamanan produk. Malam ini momen yang pas bagi ANTAM untuk meluncurkan produk terbarunya. Sesuai dengan tagline acara, yakni Gold Reinvented, ANTAM semangat menyambut the golden future.  
Beruntungnya kami, malam ini kami bisa membeli emas ANTAM-LM desain dan kemasan baru dengan harga pabrik! Saya dkk tidak menyia-nyiakan kesempatan, dong. Selesai acara, kami mengantre mengisi form di customer service dan membayar di kasir. Produk terbaru emas ANTAM-LM bikin gemas! 
Desain terbaru emas ANTAM-LM tampak modern dan sophisticated. Dimensinya lebih luas. Kalau diperhatikan sekilas, diameter emas ANTAM-LM 5 gram dahulu sama dengan diameter yang 2 gram sekarang, hanya yang 2 gram sekarang lebih tipis. Nomor seri terdapat pada emas pecahan 10 gram ke atas. Nomor seri ini unik dan tidak berulang pada produk yang lain. Desain belakangnya seperti motif batik! 

Kemasan terbaru emas ANTAM-LM memiliki teknologi CertiCard yang setara dengan emas batangan dari perusahaan emas dunia. Security barcode bisa dipindai dengan menggunakan aplikasi CertiEye. Instal aplikasinya di ponsel. Nanti keaslian emas ANTAM-LM kita bisa dicek melalui aplikasi. Kemasan menggunakan material berkualitas, dijamin kuat dan awet disimpan selama bertahun-tahun.

Launching produk terbaru ANTAM-LM

Lagi mikir mau beli emas berapa puluh gram, ya? *halah*

Desain terbaru emas ANTAM-LM (tampak depan dan belakang)

Desainnya cantik motif batik!


Tip berinvestasi emas

            Berinvestasi emas memang mengasyikkan, tapi tetap ada rambu-rambu yang harus diperhatikan. Berikut beberapa tip berinvestasi emas ala ala dari saya.
1. Jangan tukar semua uang tabungan dengan emas
            Simpan sebagian uang dalam bentuk tunai dan tabungan di ATM. Seandainya (naudzubillah min dzalik sih ya) ada musibah mendadak, uang bisa langsung dipakai. Jujur, saya pernah mengalami. Tengah malam anak sakit, kami bingung membayar biaya cek darah, rontgen, dll karena seluruh tabungan berupa emas. Hendak ke mana menjual emas di tengah malam buta? Sumpah, langsung mules kalau inget kejadian itu! Nasihat abah saya, dana darurat harus selalu ada buat jaga-jaga. 
2. Pantau harga emas sebelum membeli dan menjual
            Beli emas saat harga sedang turun dan jual saat harganya sedang naik. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, investasi emas merupakan investasi jangka panjang. Kalau baru membeli emas, jangan buru-buru dijual jika sedang butuh. Harganya belum naik-naik amat, toh. Cobalah gadai supaya emas tidak langsung lepas dari genggaman. Begitu uang terkumpul lagi, emas bisa ditebus, deh.
Oiya, setahu saya, membeli emas ANTAM-LM lebih untung daripada membeli emas perhiasan. Kadar kemurniannya 99,99%. Kalau dijual kembali dalam waktu dekat, harganya tidak jatuh seperti emas perhiasan. 
3. Hindari membeli emas hanya pecahan besar
            Emas ANTAM-LM punya pecahan emas dari 0,5–100 gram. Kita bisa memilih membeli variasi emas pecahan kecil dan pecahan besar untuk berinvestasi. Hindari membeli emas hanya pecahan besar, 50 atau 100 gram misalnya. Emas pecahan kecil lebih mudah dijual atau digadaikan saat kita sedang butuh.
4. Beli emas di tempat resmi dan tepercaya
              Saya kurang tahu emas ANTAM-LM yang dijual di marketplace itu asli atau tidak. Mestinya kalau ada sertifikatnya sih asli, tapi sebaiknya Teman-teman membeli di tempat resmi dan tepercaya, yakni di Butik Emas ANTAM-LM dan kantor pos besar di seluruh Indonesia. Sebelum membeli, sila cek harga dan stok di website ANTAM
5. Simpan emas di tempat yang aman
            Perhiasan emas dan emas batangan pecahan kecil mungkin cukup aman disimpan di rumah. Gimana kalau emas batangan kita udah gede nilainya? Simpan di rumah bikin deg-degan euy. Bukannya mimpi indah punya investasi, eh, yang ada malah mimpi buruk karena takut emas digondol maling. Nah, ANTAM punya layanan Brankas LM untuk tempat menyimpan emas. Tentu ada biayanya menyimpan emas di sana, tapi biayanya cukup terjangkau, kok.
            Teman-teman tertarik dengan emas ANTAM-LM desain terbaru? Boleh lho dibeli mumpung bulan muda, hitung-hitung sekalian menabung, apalagi kalau kita pencinta batik. Senangnya koleksi batik kita bukan cuma kain, melainkan emas juga. Seru, kan? 

Mumpung bulan muda, yuk belanjakan sebagian gaji untuk investasi emas!

       Pastinya sekarang investasi emas ANTAM-LM bikin kita tambah tenang berkat teknologi CertiCard. Keamanannya berlapis! Btw, kalian punya tip berinvestasi emas selain di atas? Share di sini, yuk! [] Haya Aliya Zaki

15 komentar:

  1. Waah desain batiknya lucu ya Mbak. Jadi pengin beli nih....
    Btw emang enak beli pecahan kecil ya Mbak. Lebih mudah jualnya pas butuh. Pernah ngalamin. Sekarang malah gak punya lagi. Sudah dijual semua pas renov rumah. Hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo beli lagi buat investasi, Mbak. Ada pecahan kecil jadi lebih mudah kita menabung. 😁

      Hapus
  2. Oh... Sekarang ada yang 0.5 gram. Makasih banyak infonya mbak Haya. Insha Allah aku berminat yang 0.5 gram. Tabungan cukup aku mau beli.

    BalasHapus
  3. tipsnya lakukan segeraaa. biar ga telat ky aku. ahhaha

    BalasHapus
  4. Pernah punya LM antam 3, yang 10 gram, 5 gram dan 4 gram, hadiah reward dari kantor suami karena sudah bekerja selama 8 dan 10 tahun, sayangnya udah dijual untuk tambahan melunasi rumah Semarang Demak, nanti punya rezeki jadi pengen investasi lagi ah, apalagi ada model baru batik ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku naksir juga beli motif batik yang lain. Lihat di website-nya kok cakep-cakep semua. 😁

      Hapus
  5. Sayapin termasuk Antam lovers mba. Sayangnya beberapa udah kejual karena kebutuhan, haha. Setuju banget untuk menyisihkan tabungan sebagian bentuk tunai sebagian bentuk emas. Soalnya saya juga pernah lagi butuh malam-malam tapi toko emasnya pada tutup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kaaan toss kita pernah kejadian ya. πŸ˜‚ Jadi pelajaran deh jangan sampai terulang.

      Hapus
  6. Wah punya saya masih design yang lama, itupun hasil menang lomba. Semoga suatu saat bisa kesampaian investasi dari uang sendiri, amin. Makasih infonya ya mba.. salam kenal dari blogger pemula ini. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa segera punya Antam koleksi terbaru ini. Salam kenal. Makasih udah mampir, Mbak.

      Hapus
  7. Sebenernya ngga perlu nunggu ada uang cukup utk beli emas sesuai keinginan k8ta. Bisa dicoba tabungan ato kredit emas ato yg lainnya di pegadaian ato bank2. InsyaAllah ngga kerasa, tau2 udah punya aja setelah beberapa bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bisa walaupun harga emas jadi lebih muihil hihi.

      Hapus
  8. Ngumpulin emas batangan lebih asyik kalo menurut saya dibandingkan perhiasan. Maklum tangan dan leher saya sejauh ini masih polosan dari emas, kayaknya gimana gitu kalau pakai, mungkin karena ga biasa aja sih ya.

    Pakainya cuma kalau kondangan aja biasanya hahaha...

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan