Senin, 01 Desember 2014

Resep Produktif Ngeblog dari 5 Blogger Cantik

Mungkin semua orang mengira ngeblog adalah pekerjaan mudah. Hanya menyisihkan waktu sekitar satu jam sehari dan jadilah satu postingan. Tapi, kadang pada praktiknya, tidak selalu demikian, Teman-teman. Sejumlah badai angin topan gempa bumi datang menghadang. *halaaah* Mulai dari alasan kesibukan, nihil ide, sampai terserang virus malas. Awalnya semangat menggebu-gebu, tapi belakangan blog dibiarkan berdebu. Wah, kok bisaaa? Padahal, konsistensi ngeblog inilah yang membuat traffic blog cihuy dan blog punya pengunjung setia. Rezeki? Insya Allah nunut! ^^  

Kali ini saya mewawancara 5 blogger cantik yang terkenal produktif. Biasanya mereka update postingan sehari 1 kali, bahkan sehari bisa 2 – 3 kali! Postingannya pun kece-kece! Hm, udah enggak sabar, kan, pengin tahu rahasia mereka? Yuk!

Diah Didi
            Siapa, sih, yang enggak kenal Diah Didi? Blognya yang berisi resep-resep masakan rumahan sangat menginspirasi, terutama buat ibuk-ibuk yang sering mati gaya di dapur seperti saya. Per hari ini total pageviews blog diahdidi.com hampir tembus 9 juta! Aih, blog laris memang bikin mupeng!

Berawal dari hobi memasak, Diah bergabung dengan berbagai komunitas memasak online serta aneka milis kuliner. Diah sering blogwalking ke blog-blog resep. Lama-kelamaan Diah mantap memutuskan untuk punya blog sendiri dan mengelolanya secara profesional. Tema-nya? Tentu saja tentang masakan hohoho.

Disiplin setiap hari menulis resep masakan di blog, apa tidak berat? Selain menulis, harus repot masak dan jeprat-jepret. Menurut Diah, kalau kita melakukan sesuatu karena passion, kita pasti melakukannya tanpa beban. Selesai ngeblog, baru buka-buka media sosial. Tanggung jawab kepada pembaca dan pihak-pihak yang meminta bantuan Diah untuk mempromosikan produk mereka di blog Diah, ikut memacu semangat.


Diah Didi (foto milik Diah Didi)

“Tak terasa saya sudah menulis lebih dari 1000 resep di blog. Saya mencoba resep-resep yang didapat dari internet, tabloid, majalah, dan kreasi sendiri. Banyak resep yang saya modifikasi hingga menjadi resep baru yang lebih bervariasi,” jelas Diah yang juga menyenangi bidang fashion design dan crafting.

Pernah enggak ngeblog?

My blog is my soul. Saya enggak ngeblog hanya ketika saya sakit atau ada anggota keluarga yang sakit. Kalau mau pergi liburan ke luar kota, misalnya, saya sudah menyiapkan bahan postingan jauh-jauh hari. Jadi, blog tetap update,” Diah berbagi kiat.

Myra Anastasia
Sudah pernah mampir ke blog kekenaima.com? Blog ini bercerita seputar dunia parenting, cerita tentang keseharian anak-anak sang pemilik blog, yakni Myra Anastasia. Nama Kekenaima sendiri berasal dari nama kedua anak Myra; Keke dan Naima. Tentunya sharing berdasarkan pengalaman dan opini Myra. Tak jarang Myra memasukkan pendapat para ahli yang dia ketahui untuk mendukung tulisan di blognya.

            Apa motivasi Myra saat ngeblog?

“Niat yang kuat,” jawab Myra langsung. Perempuan penyuka camilan gorengan ini berniat merekam semua kenangannya bersama anak-anak di blog. Rasanya senang membaca-baca postingan lama. Apalagi, kalau anak-anak ikut baca, kemudian mereka berkomentar, “Wah, Keke/Nai pernah kayak gini, ya?” atau “Oiya! Keke/Nai inget kejadian ini! Lucu banget bla … bla … bla ….” Myra, suami, dan anak-anak pun saling mengenang dan tertawa bersama. So sweet! Dalam kondisi apa pun, Myra selalu menyempatkan diri untuk ngeblog. Biasanya, sih, ketika anak-anak lagi sekolah atau sudah tidur malam.


Myra Anastasia (foto milik Myra Anastasia)

Gara-gara punya blog parenting, Myra jadi lumayan sering menerima e-mail pembaca yang meminta saran untuk mengatasi masalah anak. Saya yang termasuk pernah merekomendasikan pengalaman Myra tentang mengatur waktu tidur anak dalam salah satu artikel saya untuk website parenting. Bagi Myra, rasanya menyenangkan, sekaligus menegangkan! Senang karena ada yang suka dengan isi blog Myra dan ini bikin Myra tambah semangat ngeblog. Bikin tegang karena Myra khawatir ada yang berpikir masukan darinya pasti selalu bisa menyelesaikan masalah. Padahal, yang namanya parenting itu, kan, bukan sekadar teori atau ilmu pasti. Cocok buat Keke dan Nai, belum tentu cocok buat anak lain. Maka, setiap ngeblog tentang parenting atau saat memberi saran, Myra selalu menekankan semua yang dia tulis berdasarkan pengalamannya mengasuh anak-anak.

Bunda Lily
            “Kenapa nama blog Bunda ‘Bunda Don’t Worry’?” tanya saya kepada Bunda Lily yang memiliki blog bundadontworry.wordpress.com.

            Begini, menurut Bunda, biasanya perempuan selalu mengkhawatirkan hal remeh-temeh. Melalui blog, Bunda ingin memberikan sisi pandang lain agar perempuan tidak perlu selalu khawatir. Melalui blog, Bunda ingin puk puk para perempuan di luar sana agar lebih percaya diri dan nyaman melangkah. Ayo berpikir positif! Aaakkk … berasa dipuk puk juga saat mendengar jawaban Bunda. J

            Di usia 50-an, Bunda Lily masih aktif ngeblog. Monster bernama kanker tulang rawan tidak mampu menggerus semangat. Justru blog menjadi sarana Bunda dalam menanamkan optimisme kepada para penderita kanker lain. Fyi, dalam seminggu Bunda bisa 2 – 3 kali update blog. Dan, jangan kaget, Bunda punya 480 draf di dasbor blognya! *speechless*


Bunda Lily (foto milik EviIndrawanto.com)

 “Banyak hal menjadi perhatian Bunda, terutama soal perempuan. Bahkan, status teman di Facebook pun bisa jadi ide satu postingan blog.” Bunda memperlihatkan senyum khasnya. Bunda tetap berusaha menyelesaikan satu per satu draf tersebut. Maklum, Bunda enggak bisa terlalu lama di depan komputer. Tubuh meminta haknya untuk sering-sering istirahat. Atas dedikasi Bunda di dunia blogging, komunitas Kumpulan Emak Blogger memberikan penghargaan Srikandi Blogger Lifetime Achievement.

            Tahun ini Bunda resmi 3 tahun menjadi survivor. Semoga Bunda selalu dikaruniai kesehatan, ya! Semangat sehat! Semangat ngeblog! ^^

Ani Berta
Punya 5 blog dan semua update, ini yang membuat saya salut dengan sahabat saya, Ani Berta. Blognya yang paling saya ingat: anny.blogdetik.com dan duniaspasi.blogspot.com. Ibu satu anak ini senang menulis tentang bermacam hal, seperti reportase, review, dll. Semua tulisan diusahakan mengambil point of view baru. Jadi, meskipun topik yang dibahas sama, tulisan tetap segar dibaca.

Berikut tip ngeblog dari Ani. Monggo disontek. Saat antrean panjang atau bermacet-macet ria, Ani memanfaatkannya dengan membuat draf tulisan. Tidak harus di laptop, pakai gadget pun bisa. Kuncinya optimal memanfaatkan waktu. Tuh, banyak jalan menuju Roma, kan? Eh, banyak cara supaya blog tetap update, kan?


Ani Berta (foto milik Ani Berta)

Sebagai blogger, banyak kesempatan yang didapat Ani. Ani sering diundang icip-icip makanan di resto yang baru saja dibuka, dikasih buku gres yang bakalan mejeng di toko buku, atau menonton film yang belum launching di bioskop. Akses bertemu orang-orang hebat yang menginspirasi, ini yang paling Ani suka. Semakin ke sini, Ani semakin ingin berbuat sesuatu untuk dunia blogging. Meski merasa bukan ‘maestro’ di dunia yang ditekuninya sejak tahun 2008, Ani senang berbagi tentang aktivitas ngeblog kepada teman-teman. Berkat ngeblog, hidup Ani jadi lebih berwarna. Syedaaaph!  

“Produktif ngeblog itu bagus. Namun, sebaiknya, diimbangi dengan kebersamaan yang berkualitas dengan keluarga di rumah. Mari berbagi inspirasi kepada orang lain tanpa melupakan keluarga sendiri. Aktif di dunia maya, bukan berarti tidak bersosialisasi di dunia nyata. Tetap produktif ngeblog, tapi pandai-pandailah menjaga keseimbangan,” pesan Ani bijak.

Alaika Abdullah

Bagi Alaika, ngeblog itu benar-benar sesuatu. Melalui blog alaikaabdullah.com, ide-idenya bisa dibaca orang di seluruh dunia, di belahan bumi mana pun. Semangat ngeblog semakin menyala jika tulisannya bisa mencerahkan. “Contoh, postingan saya yang berjudul Nabi Adam versus Teori Darwin mendapat banyak sambutan positif dari pengunjung setia blog saya maupun ‘pengunjung kiriman’ dari Mbah Google. Atau, postingan saya yang berjudul Iran, Negeri Syiah Sejati. Postingan ini juga diterima baik oleh banyak pihak,” kata perempuan keturunan Aceh ini senang.

Alaika Abdullah (foto milik Alaika Abdullah)

Setiap ada ide melintas, Alaika segera menyimpannya di ponsel. Begitu selo, ide dieksekusi. Kalau belum bisa posting, artikel di-set scheduled post. Semakin banyak draf yang nyangkut di dasbor, semakin oke tentunya.


“Kopdar dengan teman-teman blogger yang biasanya hanya ngubrul-ngubrul di dunia maya adalah hal paling membahagiakan. Boleh percaya boleh tidak, dunia blogging memberikan kekuatan luar biasa kepada saya,” sambung Alaika yang mengaku sering ditemani minuman cokelat saat ngeblog. Jujur, sebagai sahabat, saya juga merasa Alaika sosok yang hangat, baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Nah, itu tadi cerita teman-teman saya. Kalau saya pribadi, saya mengusahakan update blog minimal seminggu sekali. Seandainya butuh sesuatu untuk ditulis di blog, saya tinggal melipir ke daftar ide di folder Bank Ide. Semua ide dicatat di situ supaya tidak lupa.


Ini saiyah! Ini saiyah! (foto milik rayafr.blogdetik.com)

         Berdasarkan hasil interogasi *gubraaak* dengan 5 blogger cantik di atas, saya mencoba menyimpulkan hal-hal dasar yang membuat mereka produktif ngeblog, antara lain niat yang kuat, passion, dan semangat berbagi. Bagaimana dengan Teman-teman? Apa yang membuat Teman-teman produktif ngeblog? Yuk, berbagi di sini! [] Haya Aliya Zaki





78 komentar:

Asep Haryono mengatakan...

Hmmm mana artikelnya ya

Muhammad Lutfi Hakim mengatakan...

Iya, kosong.

donna imelda mengatakan...

Kirain jaringan aku yg lemot. Iya... gak ada artikelnya euy

Dwiex'z Someo mengatakan...

artikelnya kok hilang yaaaa

Ani Berta mengatakan...

Ada kok hihihi
Soulmate saat ngeblog itu UP, bener sekali .....
Foto Bunda Lily di atas keren ih anggun, cantik :)

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Maaf, Teman-teman. Udah diisi, yaaa. :D Monggo. :D

aira abdullah mengatakan...

ehhh emak2 keren muncul disini,TOP!nice sharing mak haya... ^-^,btw.. itu minuman coklat'y menggoda bgt... hi hi...

Napitupulu Rodame mengatakan...

judulnya asyik, ilmunya melimpah dan cokelatnya menggoda :)

Meti Herawati mengatakan...

Keren sangat menginspirasi bagi pemula seperti saya

Fardelyn Hacky mengatakan...

Dari ngebahas 5 blogger cantik, tib-tiba di bawahnya ada promo gerai CNI, xixxixii... :p

bunda lily mengatakan...

Terima kasih mbak Haya sdh diulas di blog istimewa ini ...
merasa bahagia dan menjura... ��disandingkan bersama2 dgn para blogger hebat dan jempolan di postingan yg bermanfaat ini.
Semoga saya bisa tetap konsisten ngeblog...

Salam

suria riza mengatakan...

Mintaaaa coklatttnyaaaa
Tapi bener...aku suka kata mb ani....dunia ngeblog dan keluarga harus sejalan ^^

Nefertite Fatriyanti mengatakan...

infonya bagus, nambah wawasan bagi blogger pemula, makasih mba

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Bwahahaha ayo diklik, bantuin temen. :p

Makara ME mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Haya Aliya Zaki mengatakan...

Monggo dibaca Disclaimer saya, ya. :)

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Makasih udah mau direpotin, Ani. :D

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Hihihi hayuk minum minum. ^^

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Aku makasih juga ya, Bun. :)

MakaraMe mengatakan...

Ihhh.... bikin iri sekaligus nambah motivasi ngeblog setelah vakum lamaa....
Mak, tapi nanya, ini artikel sama buat lomba atau iklan juga ga sih?
Di bagian akhir itu... Hehe

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Kata cokelatnya, "Godain akyu dooong!" Hahaha. *halah*

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Sem-sem, Mbak. Saya pun masih terus belajar. :)

Rini Uzegan mengatakan...

Jadi semangat pengen ngeblog abis baca ini :D

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Iyap, nasihat Bu Ani memang selalu kena qiqiqi. *diketapel Ani*

MakaraMe mengatakan...

Ihh.... keren makss.....
Suka, ga cara advertorial-nya...
Bisa menginspirasi....
Makasih Mak Haya :D

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Sem-sem, Mbak. :)

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Makasih juga dah mampir. :)

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Lha, ini pertanyaan ga sengaja ditik dobel. Jawabannya udah di atas, ya. :D

Santi Dewi mengatakan...

jadi pengen nyoba minuman cokelatnya *eh* :)
ilmu yg bermanfaat, yg bisa dcontek nih.... :)

HM Zwan mengatakan...

Waduh..udah byk yg komen ternyata hehe..maklum naik getwk ke sininya xixixi....
Wakz,,,480 draft??bunda lily....kayak ditampar aja nih saya yg pengangguran g bisa ngedraf hitungan jari. Baiklah mulai besok harus rajin ngedraft yg byk...mak mksh ya sharingnya,mantaphhh (y)

Nayarini Estiningsih mengatakan...

ahhh, jadi pengin ngelarin draft-draft yang menumpuk di dasbor itu! kapan ya bisa posting 2-3 kali sehari lagi kayak dulu, huhu... sekarang 5 kali posting sebulan udah mentok. eh abis baca ini, jadi semangat!!! :-)

momtraveler mengatakan...

480 draft nya bunda lili? Subhanallah...
Aku ngapain aja ya selama ini..masih gini2 aja #ngumpetdibelakangmakHaya :(

Keke Naima mengatakan...

Mak, terima kasih untuk tulisannya, ya *jadi pengen nyeruput dark chocolate :D

Arifah Abdul Majid mengatakan...

Aku paling suka dengan blognya Bunda Lily, soalnya blog beliau udah aku baca sejak aku belum punya blog :) Ah, minuman cokat emang enak mak, apalagi kalau dicampur sedikit kopi, supaya semangat tetap on.

Nurul Zee mengatakan...

Huwaa jadi Semangat nge blog lagi, makasi ya Kak infonya 😍

Ahmed Tsar mengatakan...

Noteed: niat yang kuat, passion, dan semangat berbagi...tiga poin yang membutuhkan proses jatuh bangun menikamati proses itu

Christanty Putriarty mengatakan...

artikelnya emang bahas para blogger caem, cuman ada satu gambar "UP Hot Dark Chocolate, teman saya ngeblog" yang gk keliatan di lepi saya .

dWi mengatakan...

salut bangeeeeeet di usia 50an masi komit dgn passionnya...apalagi kalo bukan ngeblog! smangaaat maaak emak smuanya ^^

Diah Kusumastuti mengatakan...

nambah ilmuuuu :)
btw, iya, kemarin ke sini masih judulnya doang :D

Namora Ritonga mengatakan...

aaaahhhh dahsyat idenya kak haya.. double double thumbs up :)

Nurul Wachdiyyah mengatakan...

produktifnya saya gak ada apa2nya yak sama 5 blogger di atas wkwkwk jauuuh :D hadeuh. moga2 bisa menyusul ah. kalo saya mulai menulis hal2 yang saya suka dulu aja. biar feelnya dapet. biar tulisannya berkarakter. ada kepribadian kita yg nyangkut di situ. selanjutnya baru masalah konsistensi & pengembangan tema.

Dari semua blog di atas, saya selalu baca blognya mba chi :D tulisannya enak dibaca, ceritanya sehari-hari dan sederhana, lucu, dan bisa ditiru tips2nya. hehe

Alaika Abdullah mengatakan...

Ahai, ternyata kita punya temen ngeblog yang sama ya, Hay? Cokelat panas! Rasanya emang bikin happy dan ngeboost mood sehingga ketak ketik menjadi lancar. :D
Thanks sudah diajak mejeng di bog keren ini. Suka deh dg gaya menulis muh, Cikgu!

Uwien Budi mengatakan...

Menginspirasi.

Mak Irits mengatakan...

Waa ada 5 blogger keren, plus penulisnya jadi 6 deh. mengikuti jejak kalian hehehe

Caroline Adenan mengatakan...

5 blogger diatas emang keren2 yaaa ... Bisa jadi inspirasi aku buat yang pemula and masih butuh banyak belajar nih :)
Eh iya. Bagi dong dark chocolatenya :))

Riski Fitriasari mengatakan...

Keren2 semua... :)
Belajar banyak dari artikel ini. Trims Mak Haya...
Itu cokelatnya bisa minta tolong dikirim ke rumah saya. Hehehehe

Riana Wulandari mengatakan...

Simpan di draft. Siap laksanakan!
Keren2 banget para emak yg produktif ngeblog ini :)
TFS Mak Haya
*nyobaincoklatnya*

donna imelda mengatakan...

Hahaha, ini tho yg dimaksud sambil iklan? Tak apalah, sharingnya bermanfaat banget. Diselipin iklan juga gpp

Helda mengatakan...

Banyak cerita di balik perempuan blogger yang hebat dan inspiratif :) makin kenal sama mereka dan bisa ngintip ilmunya juga. Ilmu soft iklan ini juga tentu ;) Thanks Mak

Ima Rochmawati mengatakan...

Makin bangga jadi blogger :)

anto setiawan mengatakan...

maaf numpang komen, sekalian mau tanya, apakah ada KBB (Komunitas Bapak Blogger)...hehe soalnya emak-emak banyak ya....inspiratif lagi isinya....semoga saya juga bisa berbagi di blog-blog sayah.......salam kenal Bu

Nchie Hanie mengatakan...

Mauu donk Mak, produktif lagiih..
Sambil ngos2an cari waktu senggang :v

Setuju, n keren2 semua, bisa ngintip tips dari Blogger2 inspiratif :)

Khalida Fitri mengatakan...

Blogger-blogger kereen dan inspiratif.
Btw pernah cobain coklatnya enyakk hehe

Melly mengatakan...

Aku setuju bgt sama lima blogger diatas yg jadi inspirasi kekuatan untuk terus ngeblog..
dan aku mengenal mereka semua...aahh bahagianya. EH, kecuali mbak Diah Didi. Belum kenal jauh..hehe

Dan hot dark chocholatenya emang enak, mak. akupun sukaaa

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Sebaiknya memang menulis hal-hal yang paling kita suka dan yang paling dekat dengan kita. :)

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Makasih atas waktunya ya, Mbak Al. You are my inspiration. :)

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Makasih udah mau dikepoin sama aku, Mak Myra. :D

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Hihihi *langsung sodorin anduk dan hot chocolate buat tamu jauh* :D

Hilda Ikka mengatakan...

Saya bisa konsisten ngeblog karena: komitmen.
Saya mengaku jatuh cinta pada dunia blogging, jadi saya berusaha untuk tetap konsisten berbagi melalui blog saya. Terlebih inilah passion saya, jadi tak ada alasan untuk menyia-nyiakan. :))

eviindrawanto mengatakan...

Lima perempuan di atas juga jadi inspirasi saya bahwa menekuni blog sebagai hobbi sangat bermanfaat. Tak hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi orang lain...
Kalau saya ngeblog yah mencurahkan rasa sambil berusaha nge-branding..Kal-kali saja bisa nyusul Mbak Haya jadi selebriti blogger hehehe..

Dewi Rieka mengatakan...

keren-keren ya mba haay, menginspirasi bangett...moga bisa niru ketekunan teman2 blogger kece ini..

Haya Aliya Zaki mengatakan...

Kyaaa aku bukan seleb blog, Mbak! Aku warga sipil biasa! :)) *halah* *atuuut*

Nunung Yuni Anggraeni mengatakan...

Waaah...jadi pengin seperti mereka. Mencuri ilmunya...so inspiring...

Uswah mengatakan...

iya niih kaya aku sukanya ngedraft dulu.. giliran mau diposting ternyata sudah out of date topiknya :( akhirnya delete dah :D *alesan

lapakmedan mengatakan...

ibu2 diatas itu benar2 menginspirasi kak sama kayak blog ini.

Geeniuss Dot Com mengatakan...

Wah tulisannya kereennnnn... mau mantengin updateannya ah,,

Indah Wati mengatakan...

kecanduan nge-blog, makin banyak ide, makin banyak peluang dan kesempatan yg dapat diraih, jadi semangat pengen ngeblog terus..

Yuniari Nukti mengatakan...

Mantap resepnya. Mantap Hot Dark Chocolatenya ^_^

astin mengatakan...

Kereeeen, saya ngeblog karena ingin berbagi...

Nadiah Alwi mengatakan...

Kalau baca kayak gini, semangat ngeblog balik lagi. Hua, semoga si semangat gak kabur lagi! *lalutertundukmalu*

Haya Nufus mengatakan...

Kelima bloggers di atas memang keren2 ya mbak..Selain cokelat aku juga suka 'ngopi' buat mancing ide :D

litachan lai mengatakan...

Wah, jadi kepengen kaya mereka :)

Ucu Setiawati mengatakan...

waah artikelnya inspiratif sekali mbak,,terimakasih dudah share :)

Astri Hapsari mengatakan...

baca profil kelima blogger keren jadi booster buat semangat ngeblog terus

Waya Komala mengatakan...

Kereen, blogger-blogger inspiratifnya.
Baca tulisan ini jadi tau kenapa aku suka ilang semangat ngeblog. Ternyata, kudu ditemenin Hot Chocolate UP ya,hahaha.. okesip.

pungky prayitno mengatakan...

480 draf!!! Salut banget sama semangatnya Bundaaa. Aaaak... :')
Cokelatnya bikin pingin betewe. hihihi

Riana Wulandari mengatakan...

Kalo sayah, kena virus riweuh 😁😁😁

jajanan arek Suroboyo mengatakan...

Salam Kenal dan Salam Sukses dari Kami
Jajanan Arek Suroboyo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan