Senin, 26 Februari 2018

Belajar Asyik Menghafal Alquran bersama Boneka Hafiz Junior

             Apa salah satu mimpi indah kalian sebagai orangtua, Teman-teman? Salah satu mimpi indah saya itu saya, suami, dan anak-anak bahagia berkumpul bersama dalam jannah dengan ridho Allah Swt kelak. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin.

            Saya tahu untuk mendapatkan anugerah anak salih salihah bukan hal yang mudah dan instan pula. Perlu usaha tak berkesudahan untuk mencapainya. Setelah menikah dan hamil, hal utama yang saya lakukan antara lain mengaji Alquran dan mengajak janin mengobrol setiap hari. Menurut para ahli kesehatan, indra pendengaran janin di dalam kandungan telah aktif.

Alhamdulillah, atas izin Allah, anak-anak kami termasuk yang cukup mudah menghafal ayat-ayat suci Alquran. Faruq (14 tahun) langganan juara pentas hafalan Alquran di sekolah. Kini adiknya, Sulthan (7 tahun), hafal beberapa surat di juz 30 dan 99 Asmaul Husna beserta artinya.  


Pulang ngaji, Sulthan main cilukba sama Ummi

Ilmu dipelajari untuk diamalkan. Selain menghafal, kami berusaha supaya anak-anak mempraktikkan makna Alquran di dalam kehidupan mereka sehari-hari dari hal-hal yang paling sederhana seperti menolong teman, menyayangi hewan, menjaga alam, dll.       

Jadi, senang banget rasanya waktu saya mendapat undangan launching boneka Hafiz Junior dari Al Qolam sekaligus menghadiri talkshow Bermain Cerdas dan Bahagia Bersama Buah Hati narsum Bu Belinda Agustya Putri (Psikolog dan Owner el-Skal Indonesia) di Living World Mall, Tangerang (19/2).

Konsep bermain
            Sebenarnya bermain itu apa, sih? Bermain adalah semua kegiatan yang dilakukan dengan tujuan bersenang-senang. Kalau ada anak yang katanya lagi main, tapi wajahnya malah cemberut, itu namanya anak bukan sedang bermain hehe.

Lima ciri anak benar-benar bermain, yakni motivasi bermain dari anak sendiri, anak kelihatan happy, anak yang memilih mainan, anak terlibat dalam permainan, dan permainan sering sifatnya imajinatif (misal, anak jadi dokter, anak jadi peri, dll). Kesimpulan, bermain merupakan tugas anak-anak. Bermain bermanfaat untuk kecerdasan, perkembangan fisik, dan kesejahteraan emosi anak.  

            Kenapa bermain menjadi tugas anak-anak? Pemahaman anak-anak masih bersifat konkret. Mereka memahami sesuatu jika mereka sudah menyentuh, melihat, atau mendengar sendiri. Konsep nasihat atau memberi tahu melalui kata-kata lebih sulit dipahami karena bersifat abstrak.


Talkshow Bermain Cerdas dan Bahagia Bersama Buah Hati di Toys Kingdom

Jadi, kalau Teman-teman pengin memberikan penjelasan kepada anak, tunjukkan benda yang kita maksud, gambar sesuatu, atau berikan contoh nyata berupa perbuatan agar mereka paham. Bu Belinda menambahkan, anak-anak suka bermain karena tubuh mereka bergerak. Tidak ada anak yang tidak suka bergerak, kecuali mereka sedang sakit.

Macam-macam bermain sesuai tahap usia
            Setiap tahapan usia memiliki konsep dan alat bermain yang berbeda-beda. Yuk, kita lanjut dengan penjelasan Bu Belinda di bawah ini.

- usia 0–4 bulan
Usia ini disebut juga tahapan bermain sensorik motorik. Anak-anak fokus bermain ke anggota tubuh mereka sendiri dan belum ada interaksi 2 arah. Mereka tertarik menyimak suara yang menarik. Mainan yang cocok adalah kerincingan, teether, dll.

- usia 7 bulan
Anak-anak bisa memegang 2 benda sekaligus. Mereka senang mengambil mainan, membenturkan mainan, dan menjatuhkan mainan. Mereka belum tahu fungsi mainan itu apa. Coba kasih krayon, pasti langsung dilahap. :p 

- usia 1–2 tahun
            Anak-anak mulai tahu cara memainkan mainan, misal mobil untuk digerakkan, bukan dilempar. Mereka belajar bermain peran, apakah main dokter-dokteran, main masak-masakan, main rumah-rumahan, dll. Buku cerita, puzzle, dan mainan tumpuk sederhana boleh kita berikan.

- usia 2–6 tahun
            Anak-anak semakin senang bermain peran. Kita bisa memberikan miniatur bangunan, boneka tangan, rumah boneka, dll. Pada usia ini anak-anak mau bermain dengan orang-orang terdekat.

- usia 6–8 tahun
            Anak-anak senang bermain sama teman-teman dan memainkan permainan dengan rule tertentu seperti board game.  

Tip bermain yang efektif bersama anak sbb.
1. pilih mainan yang seusai dengan usia anak dan karakter anak
2. kita bisa membantu mengarahkan anak memilih mainan
3. beri ruang kegiatan bermain yang variatif antara indoor dan outdoor
4. bermain boleh secara individual dan kelompok
5. orangtua lebih sensitif pada kondisi anak, perhatikan apakah anak mulai bosan, mengantuk, capek, dll.  

“Usahakan bermain sama anak minimal 5 menit setiap hari. Bermain yang betul-betul bermain, bukan orangtua bermain gadget dan anak bermain sendiri. Bermain minimal 5 menit saja, insya allah tidak sulit.” – Belinda Agustya Putri (psikolog)

Belajar menghafal Alquran bersama boneka Hafiz Junior
            Awal tahun ini Al Qolam kembali meluncurkan mainan edukatif untuk membantu anak-anak kita menghafal Alquran. Namanya Hafiz Junior. Mainan berbentuk boneka ini memiliki kualitas audio yang jernih berisi murottal juz 30, Asmaul Husna, dan 6 lagu islami anak-anak. Tersedia fitur bluetooth juga. Ukuran boneka dan konten Hafiz Junior lebih minimalis daripada Hafiz Doll. Bonekanya pas segenggam tangan.


Hafiz Junior

Tombol-tombol untuk mengoperasikan Hafiz Junior

Boneka Hafiz Junior bisa mengulang ayat per ayat demi memudahkan anak-anak belajar menghafal Alquran. Satu ayat bisa diatur apakah mau diulang 3 kali, 5 kali, 10 kali, atau 20 kali. Setelah itu, bacaan dilanjut ke ayat berikutnya dan kalau mau bisa diulang kembali.

“Siapa yang menghafal Alquran, mengkajinya, dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orangtuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari.” ~ H.R Hakim

Ada 2 karakter Hafiz Junior, yakni Hafiz Junior pilot dan Hafizah Junior dokter. So, Hafiz Junior bukan cuma membantu anak-anak menghafal Alquran, melainkan juga mengenal macam-macam profesi. Tempo hari Sulthan nanyain, “Boneka polisi mana, Ummi?” Semoga next ada Hafiz Junior polisi dan profesi lainnya juga, ya.  
         
Lucunya nih kalau kalian punya 2 boneka Hafiz Junior, kalian bisa mendekatkan boneka-boneka ini dan mereka akan mengobrol! Wah, andai zaman anak-anak kecil dulu saya udah kenal boneka Hafiz Junior, pasti belajar menghafal Alquran jadi lebih asyik! Tapi, enggak apa-apa, sih, siapa tahu info yang saya tulis ini bermanfaat untuk Teman-teman yang masih punya anak balita.

Boneka Hafiz Junior bisa dibeli di Toys Kingdom dengan harga spesial Rp660 ribu bonus mushaf tahfiz Al Qolam (30 juz dibagi 5 mushaf). Bonekanya untuk anak-anak, mushaf tahfiznya untuk orangtua. :) Oiya, khusus beli di Toys Kingdom, kita dapat garansi boneka Hafiz Junior selama 6 bulan, kecuali kalau layar LCD yang pecah itu tidak termasuk garansi. [] Haya Aliya Zaki

Al Qolam (021) 39802267
Jl. Cideng Timur no. 78A Jakarta Pusat

6 komentar:

  1. MasyaAlloh hebat banget kaka Faruq dan Kaka Suthan semoga anak-anakku juga bisa menghafal Al-quran aamiin..
    boneka hafiz ini dah lama banget aku incer pengen nabung dan beli ini boneka karena investasi jangka panjang y mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Tante. Mohon doanya ya, Tan. :) Iya boneka Hafiz Junior anggap aja untuk investasi jangka panjang kita.

      Hapus
  2. Semoga Alfath bisa mengikuti jejak Kakak Faruq dan Kakak Sulthan, pinter bangeeet, Insya Allah Alfath segera punya Hafiz Junior ini, ceritanya hadiah miladnya yang ke-4 23 Feb kemarin. Bagus banget ya Mamaak, makasih share infonya. Kiss kiss

    BalasHapus
  3. Bermain tugas anak-anak Aduh saya jadi kesindir nih, karena saya juga masih suka bermain. Wah harganya tergolong fantastis juga ya?

    BalasHapus
  4. Iya. andai saja zaman saya masa kecil dulu sudah ada boneka Hafiz Junior, pasti masa kecil saya lebih menyenangkan*

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah saya juga udah punya boneka Hafizh ini dirumah :-)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan