Jumat, 26 Januari 2018

Peran L-Arginine untuk Pencegahan dan Penanganan Penyakit Jantung, Stroke, dan Diabetes (Jastrobet)

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis bahwa sekarang ini Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti penyakit jantung, stroke, diabetes (disingkat: jastrobet) bukan hanya penyakit orang tua atau proses degeneratif, melainkan juga penyakit orang muda. Masih ingat dengan artis Ricky Jo dan Adjie Massaid yang wafat karena serangan jantung? Kemarin banget Rama (kakak Dhea Imut) wafat karena serangan jantung pada usia 29 tahun. Data menunjukkan bahwa penyakit jastrobet menjadi penyebab utama kematian di Indonesia bahkan di dunia. Persentasenya lebih tinggi daripada AIDS dan kanker. Penderitanya tersebar di kota dan di desa. Suprisingly, paling banyak dari ekonomi menengah ke bawah.

Baca: CERDIK dan PATUH, Dua Tip Jitu untuk Menjaga Jantung Sehat

Berusaha update macam-macam masalah medis pastinya jadi hal penting. Bukan sekadar update, ya. Kita sekalian belajar cara pencegahan dan penanggulangan penyakit tersebut, Teman-teman. Siapa tahu kita juga bisa membantu orang-orang di sekitar kita. Maka, ketika digelar acara seminar kesehatan berjudul Suplementasi Nutrisi L-Arginine dalam Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Jantung, Stroke, dan Diabetes, saya langsung memutuskan ikut. Acara seminar kesehatan yang berlokasi di Raffles Hotel, Jakarta (18/1) ini diselenggarakan oleh SIETA Merah Putih bekerja sama dengan SYNERGY Worldwide Indonesia dan didukung oleh Perdossi Jaya dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 



SYNERGY Worldwide Indonesia (SYNERGY) merupakan perusahaan pionir untuk penjualan L-Arginine di Indonesia. Produknya ProArgi-9+. Banyak kesaksian positif dari distributor SYNERGY soal manfaat ProArgi-9+. Amerika dan Jepang sudah lebih dahulu memanfaatkannya.

Penyakit kardiovaskuler
            Mungkin sebagian Teman-teman awam soal penyakit kardiovaskuler. Kardio = jantung. Vaskuler = pembuluh darah. Jantung adalah organ yang memompa darah yang membawa oksigen ke seluruh jaringan di dalam tubuh.

            Penyakit jantung sebenarnya banyak jenis, yakni lemah jantung, penyakit jantung karena rematik, radang di selaput pembuluh darah jantung, dll. Penyakit jantung yang berhubungan langsung dengan L-Arginine adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh adanya penyumbatan.

Tingkat penyumbatan pembuluh darah jantung berbeda-beda. Fyi, pembuluh darah jantung itu kecil-kecil banget, yakni sekitar 3 mm. Kebayang kalau ada penyumbatan 1 mm aja berarti 33% jalur keluar masuk oksigen terhalang. Jika penyumbatan semakin banyak, pembuluh darah bisa robek dan terjadilah serangan.

Apa gejalanya? Mual, serdawa, nyeri dada, sesak napas, irama jantung tidak teratur, pingsan, atau meninggal mendadak. :( Jika Teman-teman pernah mengalami nyeri dada bahkan sampai beberapa kali, sebaiknya lakukan tes pembebanan (treadmill) untuk mengetahui. Proses penyembuhannya jangka panjang. Pencegahan lebih baik. Jangan menunggu sampai parah. Perhatian, ini bukan nyeri dada yang disebabkan oleh mantan yang lewat bersama pacar barunya di depan kita.

L-Arginine
L-Arginine adalah komponen asam amino (semi essential asam amino) which means asam amino ini didapat dari luar. Sebenarnya tubuh dapat memproduksi L-Arginine, namun dalam kondisi khusus dibutuhkan suplementasi dari luar.

Kondisi khusus seperti apa? Salah satunya adalah kondisi pasien yang mengidap jastrobet. L-Arginine udah cukup lama ditemukan. Makanan yang mengandung L-Arginine antara lain kacang-kacangan, tuna, salmon, dan telur.

L-Arginine merupakan sumber nitrit oksida (NO). Partikel NO seperti gas dan berfungsi memperbaiki keadaan sel endotel. Sel endotel adalah lapisan terdalam dari pembuluh darah. Sel endotel ini tipis-pis-pis. Di luarnya terdapat otot. Sel endotel berperan dalam mencairkan dan membekukan darah.

Bagaimana persisnya efek pada sel endotel setelah diberikan L-Arginine? Yuk, simak.

- menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik (tidak mudah menurunkan tekanan darah, lho, terutama yang diastolik)
- menurunkan kekentalan darah sejumlah 20%
- menurunkan gula darah
- menekan peradangan pada pembuluh darah
- aliran darah membaik
- mengurangi oksidasi kolesterol LDL
- memperbaiki sensitivitas insulin pada pasien obesitas
- meningkatkan vitalitas

Hasil ini udah teruji dan terbukti secara ilmiah berdasarkan aneka studi di dalam dan di luar negeri. Menurut dr. Badai Bhatara Tiksnadi, SpJP(K)., MM, sel endotel di dalam tubuh kita diperbaiki oleh NO jauh sebelum penyakit terjadi dan kinerja ini mungkin tidak bisa digantikan dengan obat. Biasanya obat spesifik bekerja pada otot, bukan sel endotel. Peranan L-Arginine sangat besar dalam pencegahan dan penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah.   

dr. Badai Bhatara Tiksnadi SpJP(K)., MM

Seluruh narsum acara 

ProArgi-9+
            Suplemen yang mengandung L-Arginine adalah ProArgi-9+. Lain daripada yang lain, bentuk sediaannya oral, bukan suntikan. Kemasannya handy gampang dibawa ke mana-mana. Satu sachet ProArgi-9mengandung 5 gram L-Arginine murni. Formulasi kompletnya adalah L-Arginine, l-sitrulin, resveratrol, vit B6, vit B12, vit C, vit D3, asam folat, ekstrak kulit buah anggur, dan xylitol (pemanis). Kita memang senang yang manis-manis meski udah berwajah manis. Xylitol dimasukkan untuk menetralisir rasa L-Arginine yang pahit (bersifat basa). Formulasi ini terdaftar di Physician's Desk Reference (PDR) USA dan memiliki nilai lebih dari sekadar L-Arginine.  Suplementasi ProArgi-9+ akan meningkatkan NO di dalam tubuh, baik bahan bakunya, kadarnya, maupun aktivasinya.

            “L-Arginine dalam ProArgi-9+ suplemen berbeda dengan L-Arginine di pasaran yang kadang-kadang sifatnya sintetis (bukan murni). L-Arginine sintetis dicampur dengan HCl (asam klorida),” kata Pak Hendri Priadi (nutrisionis SYNERGY).

            Cara minum ProArgi-9so simple. Campurkan 1 sachet dengan air dingin (kadar oksigen air dingin lebih tinggi) dan minum setengah jam sebelum tidur malam. Rasanya citrus berry. Enak tenan.

Tungguin ya sebentar lagi SIETA Merah Putih akan launching aplikasi SIETA (SYNERGY Indonesia Eagle Training Assistance). Apa aja benefit dengan menjadi member SIETA? Free member 3 bulan pertama, promosi dibantu melalui media sosial SIETA, ikut dalam macam-macam kegiatan eagle system, terhubung dengan stokis SIETA di seluruh Indonesia secara digital (pembelian dan stok barang bisa dilihat di aplikasi), and many more.    
     




Total peserta acara sekitar 150 orang dari kalangan umum, medis, mahasiswa, dan media. Kegiatan ini telah diakreditasi oleh IDI. Alhamdulillah, sertifikatnya bisa buat nambah-nambah nilai kredit SKP hehe. Senangnya, di acara saya bertemu dengan Mbak Leni dan Mbak Anas dari Papua. Mereka jauh-jauh datang ke Jakarta untuk menimba ilmu dan ilmu ini nantinya dibagi kepada teman-teman mereka di Papua.

Teman-teman member SIETA Merah Putih, jangan lupa nanti instal aplikasi SIETA di ponsel kalian. Banyak benefit yang bisa kita dapat dengan menjadi member SIETA hanya dalam satu genggaman. Salam sehat! :) [] Haya Aliya Zaki


8 komentar:

  1. Nggak ada yang lebih berharga daripada kesehatan. Makanya sebisa mungkin dijaga dan dirawat ya Mba.
    Konsumsi ProArgi-9+ bisa jadi salah satu cara untuk menjaga tubuh kesehatan peredaran darah dan jantung ya Mba, karena mengandung L-Arginine :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, lebih baik mencegah daripada mengobati, Wi. :)

      Hapus
  2. Oh ternyata manfaat L-Arginine banyak banget ya, pernah baca ingredient suplemen, kirain hanya buat stamina aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak dan udah terbukti secara ilmiah, Mbak.

      Hapus
  3. Aku kemarin lihat IG Story mba Haya yang tentang akses kesehatan minim banget di Asmat, lalu baca postingan ini semacam wake up call banget buat aku supaya lebih semangaaattt jaga kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangaaattt. Kita kudu bersyukur dengan segala fasilitas kesehatan dan kemudahan di sini, Nurul. Di Papua semua serba-terbatas. Sediiihhh.

      Hapus
  4. Kok penyakit jantung ternyata lebih byk ya drpd kanker. Dikira kanker yg paling byk.
    Tapi penyakit jantung emang gak mandang umur ya mba. Serem bgt..
    Tentunya jaga pola hidup sehat, olahraga dan mengonsumsi vitamin pro argi 9+

    BalasHapus
  5. Yang menyebabkan penyakit jantung lebih banyak ketimbang penyakit lainnya mungkin karena gaya hidup sekarang ini. dari yang masih mudah sampai yang sudah usia lanjut bisa terserang penyakit ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan