Jumat, 22 Desember 2017

1001 Kebaikan Susu dalam Indomilk UHT 1L

Saya masih amat sangat ingat waktu hamil dan menyusui dulu, dokter kandungan wanti-wanti supaya saya jangan sampai kekurangan kalsium. Jika sumber kalsium kurang, tubuh akan “mencuri” kalsium dari tulang kita. Lama-lama kalsium tulang kita habis.

Nah, Teman-teman pasti udah tahu sumber kalsium yang populer, kan? Yap, SUSU! Saya doyan banget minum susu. :)) Alhamdulillah waktu hamil dan menyusui saya tidak pernah mual jika minum susu. Kesukaan saya akan susu menurun ke anak-anak. Setelah anak-anak disapih ASI pada umur 2 tahun, saya lanjut memberikan susu sapi untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi mereka. Susu UHT jadi favorit keluarga kami.

Susu UHT merupakan susu sapi segar yang diproses dengan pemanasan tinggi atau Ultra High Temperature (UHT) selama beberapa detik untuk mematikan kuman. Jadi, susu UHT tetap aman dikonsumsi meskipun tanpa pengawet. Pemanasan yang super-singkat diklaim tidak merusak vitamin dan protein dari susu. Istilah kerennya: NutriKeep Technology.
Kesimpulan, susu UHT dipercaya memiliki nutrisi lebih baik dibandingkan susu bubuk karena tidak mengalami proses pengolahan yang panjang seperti susu bubuk.

Susu UHT yang saya tahu memenuhi standar kualitas NutriKeep Technology adalah Indomilk UHT 1L. Tua muda sila minum. Anak-anak doyan rasa plain, rasa susu sapinya gurih asli tanpa tambahan garam. Jujur aja saya kerepotan mengarahkan si bungsu, Sulthan, berfoto karena dia selalu tidak sabar pengin menghabiskan susu Indomilk favoritnya. :))

Kemasan susu Indomilk UHT 1L ramping sehingga enak dipegang. Anak-anak bisa dengan mudah menuang ke gelas hingga tetes terakhir, tidak perlu menunggu bantuan kita. Palingan siap-siap kaget aja kalau dalam waktu sekejap susu ini lenyap dari pandangan mata haha.   








Bertahun-tahun susu menjadi pelengkap nutrisi keluarga kami. Setelah tidak lagi hamil dan menyusui, saya tetap rutin mengonsumsi susu untuk menjaga kekuatan tulang. Berdasarkan info yang saya tahu, perempuan lebih berisiko terkena osteoporosis (pengeroposan tulang) daripada laki-laki.

Biasanya saya dan keluarga minum susu sebelum tidur karena pada saat inilah kalsium mudah diserap oleh tubuh. Susu mengandung zat triptofan yang mampu berubah menjadi hormon melatonin, hormon yang membuat tidur kita nyenyak pada malam hari. Saluran pencernaan jadi lancar karena susu membantu usus aktif memperbaiki saluran cerna pada malam hari. Nah, malam-malam daripada nyamil yang aneh-aneh, mending minum susulah yaaa.  

Sayangnya yang terjadi di negeri kita, semakin dewasa seseorang, konsumsi susu malah semakin berkurang. Konsumsi susu di Indonesia masih teramat rendah jika dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Berdasarkan laporan Nielsen RUU Data Tahun 2014, konsumsi susu di Indonesia mencapai 12 liter per kapita per tahun. Jauh tertinggal dari Malaysia 39 liter per kapita per tahun, Vietnam 20 liter, dan Thailand 17 liter. Perbandingan dengan negara maju lebih jauh lagi. Amerika 117 liter dan Irlandia 174 liter. Amboooiii. (marketeers.com, 2014).

Salah satu alasan konsumsi susu rendah karena susu dianggap minuman mewah berharga mahal. Padahal, harga susu Indomilk UHT Full Cream 1L sangat terjangkau! Tinggal bayar Rp15 ribu aja ke kasir dan susu lezat kaya manfaat ini bisa kita bawa pulang ke rumah. Oiya, selain untuk diminum, saya menambahkan susu Indomilk saat membuat omelet, puding, dll. Lebih enak!

Teman-teman suka minum susu juga? Yuk, share cerita kalian di sini! [] Haya Aliya Zaki


4 komentar:

  1. Saya yang termasuk malas minum susu mba :( waktu hamil sih rajin karena mikirin bayik pas sudah lahiran kok malas ya. Tapi memang sering jadi sakit, misal kena flu atau gatal-gatal. Apa busui memang butuh konsumsi susu khusus atau susu uht ya?

    BalasHapus
  2. Aku baru tau kalo minum susu lebih baik sebelum tidur. Makasih banyak mbak Haya buat infonya. 🤗

    BalasHapus
  3. Aku setiap pagi masih minum susu. Cuma susunya susu bubuk. Susu UHT ini biasanya dipake buat bikin oats atau cereal.

    BalasHapus
  4. Aku suka susu. Dulu sih minum susu bubuk, tp blkgan suka susu cair, konon bagus buat tulang abis Olahraga :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan