Minggu, 12 November 2017

Ini Dia Semua Info yang Pengin Kamu Tahu tentang Registrasi Kartu Prabayar


Dua minggu ini beredar screenshot-screenshot lucu di dunia maya seputar registrasi kartu prabayar. Lumayan buat hiburan. Yang selalu sukses bikin saya ngakak adalah screenshot yang menera nama Papa Setnov (ampun Pa saya jangan dipolisikan wekekek). Soal registrasi ini, ada yang pro ada pula yang kontra. Ada yang buru-buru daftar ada pula yang slow motion. Berita hoax pun seketika muncul dan beredar lebih cepat daripada lari seekor cheetah.

Apa urgensinya registrasi kartu prabayar? Beda waktu tahun 2006. Pelanggan kartu prabayar biasanya input data-data mereka yang sebenarnya. Sekarang udah pada berubah. Sebagian orang membeli banyak kartu prabayar untuk melakukan ragam hal tak patut. Di operator tersimpan 360 juta lebih nomor aktif. Apakah semua data yang diinput di sana benar? Ketika dicek, ada yang cuma memasukkan nama “1”, “2”, “3”, dll, bukan nama asli. Data-data lainnya juga antah-berantah. 

Nah, kebetulan saya mendapat undangan dari Forum Merdeka Barat 9 untuk hadir dalam bahasan topik Kontroversi Registrasi Kartu Prabayar yang bertempat di Ruang Ruslan Abdul Gani lantai 1, Gedung Depan Kominfo RI, Jl. Medan Merdeka Barat No. 9, Jakarta Pusat (7/11). Sehari sebelumnya, saya membuka pertanyaan kepada teman-teman di media sosial untuk dititipkan di acara. Kira-kira apa kesulitan mereka saat registrasi, adakah keraguan, dst. Sesuai dugaan, saya mendapat respons lumayan banyak. Berikut saya rangkum infonya dalam bentuk tanya jawab supaya lebih mudah dipahami, ya.  


Hmmm ... registrasi enggak, ya?


Para narsum siap sedia menjawab pertanyaan 

1. Apa tujuan registrasi kartu prabayar?
Semua calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar wajib melakukan registrasi dengan validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) sesuai Peraturan Menkominfo No. 12/2016. Tujuannya untuk melindungi masyarakat dari penyalahgunaan nomor kartu prabayar. Kalau udah registrasi, semua identitas pelanggan menjadi jelas. Harapannya kita tidak lagi mendapat kiriman SMS mama minta pulsa, penipuan berkedok undian berhadiah, dll. Aksi penyebaran berita hoax yang meresahkan dapat dibendung.  

2. Apakah registrasi dilakukan untuk kartu prabayar aja?
Benar. Registrasi dilakukan untuk kartu prabayar aja karena kartu ini mudah sekali diganti-ganti, beda dengan kartu pascabayar. Lagi pula, pelanggan kartu pascabayar udah input NIK KTP segala saat membeli.

Satu pelanggan boleh melakukan registrasi sampai 3 nomor kartu prabayar. Pengin lebih? Boleh! Tidak dibatasi, tapi registrasinya harus di gerai. Tetap gunakan NIK dan KK sendiri, bukan milik orang lain.  

3. Rentang waktu registrasi?
31 Oktober 2017 – 28 Februari 2018. Jadi, berita yang beredar bahwa registrasi dilakukan paling lambat tanggal 31 Oktober 2017 itu hoax. Justru tanggal 31 Oktober 2017 registrasi baru dimulai. Surprais, apresiasi masyarakat cukup baik. Info dari Pak Ahmad M Ramli (Direktur Jenderal PPI Kominfo), pada hari pertama aja tercatat ada  20 juta pelanggan yang berhasil melakukan registrasi.     




4. Apakah dikenakan biaya?
TIDAK. Registrasi kartu prabayar merupakan bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Tidak dikenakan tarif alias GRATIS! Tempo hari ada yang bilang bahwa registrasi kudu bayar sekian ratus perak, kemudian sekian ratus perak dikalikan dengan ratusan juta jiwa penduduk Indonesia. Jumlahnya pastilah W-O-W. Duitnya buat bla bla bla. Sini tak kandani, hoax itu semua!  

5. Gimana cara registrasi?
Kirim SMS ke 4444. Nomor 4444 ini nomor resmi yang dibuka oleh semua operator untuk aktivasi nomor pelanggan baru. Sekarang nomor 4444 dipakai untuk registrasi kartu prabayar dengan validasi NIK dan KK tadi. Beda operator beda pula caranya, Teman-teman. Perhatikan benar-benar formatnya supaya registrasi berhasil.

Cara registrasi kartu prabayar

6. Kenapa registrasi harus pakai nomor KK?
Kenapaaah??? Kenapaaah??? Kenapa pakai NIK aja tidak cukup??? Ini menjadi pertanyaan besar saya dan mungkin pertanyaan teman-teman juga. Kata Pak Zudan Arif Fakrulloh (Dirjen Dukcapil Kemendagri), data NIK belumlah memadai. Pasalnya, KTP kita beredar di mana-mana untuk macam-macam keperluan. Harus ada data tambahan, apakah nama ibu kandung atau nomor KK. Pilihan jatuh pada nomor KK karena ternyata tidak semua penduduk mencantumkan nama ibu kandung mereka di KK.

“Kewajiban registrasi kartu prabayar punya dampak positif lain, yakni meningkatkan awareness masyarakat akan dokumen kependudukan,” sambung Pak Zudan. Hoho jadi yang selama ini lupa naruh KTP dan KK di mana, langsung pada kelimpungan mencari. Faktanya, banyak juga masyarakat yang belum update KK mereka. 

Kabar baik, Indonesia selangkah lagi menuju national single identity number. Slogannya Saya adalah Saya. Satu orang haram hukumnya punya lebih dari 1 KTP dan lebih dari 1 KK (beridentitas ganda).

7. Perlukah memasukkan nama ibu kandung juga saat registrasi?
TIDAK. Udah ada jawabannya di atas, ya. Sesuai Peraturan Kominfo No. 12/2017, TIDAK ADA lagi permintaan pengisian nama ibu kandung saat registrasi.   

8. Bisakah saya tahu kalau NIK dan KK saya disalahgunakan orang lain?
“Paling lambat tanggal 13 November 2017 semua operator akan menyediakan fitur cek nomor,” kata Pak Ramli. Teman-teman yang ingin tahu NIK-nya digunakan oleh berapa nomor, sila kirim SMS ke nomor telepon tertentu (menyusul) dengan format tertentu. Nanti ketahuan apakah ada nomor siluman. Seandainya ada, bisa di-unreg di gerai terdekat. Kita tidak bisa unreg sendiri. Kalau ada fitur unreg sendiri, salah-salah si nomor siluman yang unreg nomor kita duluan. Berabe taiye. 




9. Apakah WNA atau turis yang tinggal sementara di Indonesia juga wajib registrasi kartu prabayar mereka?
Tidak. Kalau ingin mengaktifkan kartu prabayar, mereka menyerahkan paspor aja.

10. Saya belum punya e-KTP, apakah saya bisa melakukan registrasi?
BISA. NIK KTP lama dan NIK e-KTP sama kok. NIK tidak berubah-ubah seperti nomor KK. Jadi tidak masalah bila kalian registrasi pakai NIK KTP lama.

11. Apa sanksi bagi yang sembarangan menyebarkan NIK dan KK di dunia maya?
Seperti yang kita tahu, kita menggunakan KTP dan KK untuk banyak urusan. Check in hotel dimintai KTP, nagih fee kerjaan menyertakan scan KTP, daftar sekolah pakai KK, bikin BPJS persyaratannya KK, dst. Di dalam UU No. 23/2013 disebutkan bahwa orang yang menyebarkan maupun menyalahgunakan NIK dan KK akan dikenai sanksi pidana maksimal 10 tahun. Denda Rp1 miliar. Sanksi pidana dan denda ini jelas nyata adanya. Bagi instansi, izin bisnisnya dicabut oleh negara. Usah ragu, pemerintah melindungi keamanan data-data kita. Yang berniat iseng atau bertindak kriminal, mending mikir 1001 kali, deh.

12. Saya gagal registrasi karena NIK dan KK tidak sinkron, solusinya?
Jumlah gagal registrasi sekitar 20% lebih. Tinggi, ya. Sebagian karena salah format. Jangan menulis kata “NIK” lagi saat registrasi, langsung aja angkanya. Sebagian lagi karena pelanggan beridentitas ganda.

Registrasi seyogianya menggunakan nomor KK terbaru. Jika NIK dan nomor KK tidak sinkron, kemungkinan nomor KK kalian yang bermasalah. KK dibuat di kantor Dinas Dukcapil masing-masing. NIK sifatnya tetap, sementara KK kerap berubah-ubah setiap ada anggota keluarga yang lahir atau meninggal. Solusinya, Teman-teman datang ke gerai. Operator akan membantu membukakan data yang udah dikonsolidasi. Ketik NIK, nomor KK yang sesuai akan keluar. Alternatif lain, datang ke Dukcapil untuk mengecek (wilayah Jakarta bisa datang ke kelurahan).

Teman-teman yang hanya bisa mendaftar pakai nomor KK lama (pakai nomor KK baru gagal), juga sebaiknya melapor. 

Please be noted, jangan gemar mengubah-ubah identitas demi kepentingan sesaat. Bakal repot belakangan.

13. Benarkah kewajiban registrasi kartu prabayar ada hubungannya dengan pilpres?

Tidak ada. Setahu Pak Zudan, pilpres itu dukungannya dari partai politik dan atau gabungan partai politik. Kalaupun presiden butuh data, ngapain capek-capek minta ke operator. Tinggal minta ke Dirjen Dukcapil. Beres.   

14. Setiap bulan saya gonta-ganti nomor modem (tergantung promo kuota), apakah nomornya perlu registrasi juga?
YA. Semua yang berbau-bau kartu prabayar wajib registrasi, termasuk nomor modem. Tidak ada pengecualian.  

15. Kartu yang telah diblokir, apakah bisa dipulihkan kembali?
Menurut Pak Merza Fachys (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia), ada beberapa tahap sebelum pemblokiran paripurna. Pemerintah tidak asal main blokir aja gitu. Tahap-tahapannya sbb.

- kalau sampai tanggal 28 Februari 2017 pelanggan belum registrasi, akan diblok outgoing-nya (tidak bisa SMS dan menelepon), tapi nomor masih aktif, masih bisa diisi ulang, masih bisa akses internet, dan masih bisa menerima SMS + telepon

- setelah 30 hari belum registrasi juga, akan diblok outgoing dan incoming-nya selama 15 hari, tapi nomor masih aktif, masih bisa diisi ulang, dan masih bisa akses internet

- data diblok, tapi nomor masih aktif dan masih bisa diisi ulang. Nomor bisa diaktifkan kembali

- jika masa aktif terlewat (kita tidak isi ulang), kita diberi masa tenggang. Jika dalam waktu 30 hari kita isi ulang, nomor aktif. Belum registrasi? Status blocking. Setelah ini wassalam. Berarti kita dianggap tidak serius memakai nomor seluler tersebut.


16. Saya masih bingung, ke mana harus bertanya?
Baiklaaah, kalau kalian masih bingung juga, monggo telepon ke layanan “Halo Dukcapil” di 1500537. Dukcapil = Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil. Insyaallah pertanyaan kalian akan dijawab sampai tuntas-tas-tas-taaas!

Yay saya udah registrasi kartu prabayar! Kalian kapan? :)

            Oke, rasanya cukup sekian ya, Teman-teman. Feel free to share, but please NO COPY PASTE. Setop khawatir. Jangan mudah diprovokasi oleh berita hoax. Jangan mudah memainkan jempol secara membabi manja, menyebarkan info sana-sini tak jelas. Teliti dulu kebenarannya. Cari tahu dari sumber tepercaya. Ojo manja. Sekali lagi, registrasi kartu prabayar berguna demi kepentingan national single identity number, keamanan, dan kepastian hukum masyarakat. Ini momentum bagus untuk membangun tata kelola pemerintahan yang lebih tertib. Selamat melakukan registrasi kartu prabayar! :) [] Haya Aliya Zaki


21 komentar:

  1. Beuuuwh.... Nomor sekali pakai buat modem teteup mesti registrasi ya. 😣 Yah, kalo tiap bulan mesti registrasi nomor baru ke gerai, semoga CS-nya seganteng babang paspamres.

    Btw, makasih ya, Hay.

    BalasHapus
  2. Data udah benar dr awal beli kartu, harus registrasi ulang juga kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartu prabayar? Tetap harus registrasi lagi.

      Hapus
  3. Nah, ini penjelasannya sudah gamblang. Pada intinya, yang gagal regist sendiri mesti ke gerai ya hehehe..makasih infonya kakak 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke gerai atau kelurahan (Jakarta), ya.

      Hapus
  4. Aku juga udah registrasi ulang yes jadi tenang.Amel sih dukung banget dengan registrasi ulang soale lebih ketat yes jadi orang-orang yg mau nipu "Mama minta Pulsa atau Undian hoax" bisa mikir ulang .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasyeeekkk toss dong, Mel. Udah jelas identitas kita berarti. Omak-omak cantik menik menik. 😆

      Hapus
  5. lengkap banget postingannya mba, jadi mantap mau registrasi ulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, registrasi. Gak usah nunggu sampe tanggal 28 Feb.

      Hapus
  6. Timelineku masih ada yang sebarin hoax suka kesian ini itu segala dikaitkan entah mereka kurang piknik atau ga mba :D
    Dan aku belum regis ulang, lupa terus *alasan :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yang sering bikin berita hoax itu kita ajak ikut lomba mengarang indah aja, ya, supaya auranya jadi positif dan bakatnya berkembang wekekek.

      Hapus
  7. Aku support full ni buat programnya, tp kemarin tu reg ulangnya gagal, dg keterangan no KK tidak valid. Jd harus ke disdukcapil dlu ya mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ke gerai atau ke kelurahan (wilayah Jakarta). Kalau wilayah lain ke Dukcapil.

      Hapus
  8. Nah, lho! Hayo siapa yang masih bilang ini hoax? Kalo sudah ada penjelasan panjang begini dan masih ada yang bilang hoax, kayaknya harus digantung itu orang. 😀

    Terimakasih sharenya mbak,ini sangat bermanfaat bagi saya yang beberapa waktu lalu sempat dibuat kzl sama penyebar hoax.

    Salam hangat dari Bondowoso.. 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah mampir, Mas. Semoga bermanfaat. 😊

      Hapus
  9. Mantap nih, artikelnya lengkap dan rinci.

    Tapitapi ... Tapiiii ...
    Tgl 5/11/17 aku coba registrasi malah dijawab begini:

    Registrasi gagal 5x.Utk Aktivasi/Pembaruan data balas dg format NIK#NamaLkp#Alamat#TmptLahir#TglLahir#NoKK# Keabsahan data & akibat hukum menjadi tg jawab Anda.

    Udah aku balas, Mi.
    Njur aku kudu piye??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung ke gerai atau Dukcapil aja, ya.

      Hapus
    2. Siap!

      Makasih banyak ya, Mi.
      Sudah tercerahkan berkat baca artikel ini.

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan