Kamis, 23 November 2017

Basmi Nyamuk Bandel dengan HIT Expert

Apa biasanya yang bikin orangtua super-panik?

Anak sakit!

Bener banget. Dua tahun lalu si sulung dan si bungsu barengan kena demam berdarah dengue (DBD). Awalnya saya pikir hanya demam biasa, namun setelah 4 hari kondisi mereka tidak kunjung membaik. Mereka tetap lesu tidak mau makan. Katanya sendi-sendi terasa ngilu. Saya curiga, jangan-jangan mereka kena DBD. Gejala yang mereka alami adalah badan demam tanpa radang tenggorokan, batuk, pilek, dan diare. Jika dibiarkan, pasien DBD bisa mengalami pendarahan hebat, shock, bahkan kematian!

Saya dan suami memutuskan membawa anak-anak ke RS. Berdasarkan hasil cek darah, benar anak-anak kami kena DBD. Ya Allah, bukan perkara mudah menaikkan kembali nilai trombosit. Siapa yang tega mendengar anak menangis setiap tiba waktu mengganti infus dan mengambil darah? Saban jam saya ketar-ketir mengecek kondisi mereka. Pokoknya, jangan sampai kejadian lagi keluarga kami kena DBD!

Dengue adalah virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes spp. Siapa sangka, berdasarkan data WHO tahun 2016, nyamuk termasuk hewan yang mematikan di dunia karena jadi pembawa (vektor) macam-macam penyakit mematikan. Data dari Kementerian Kesehatan Indonesia, DBD punya andil besar meningkatkan jumlah kasus kematian di Indonesia. Sebanyak 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan 1.585 orang meninggal akibat penyakit itu. Selain DBD, nyamuk juga vektor dari virus berbahaya lainnya seperti zika, malaria, chikungunya, kaki gajah, dan demam kuning.


Nyamuk bandel

Bukannya punah, nyamuk malah semakin bandel!
            Nyamuk termasuk hewan purba karena diklaim udah ada sejak zaman dinosaurus. Bukannya punah, semakin hari nyamuk malah semakin bandel!

Nyamuk pandai beradaptasi di segala cuaca. Pada musim dingin, dia bertelur. Pada musim panas, tubuhnya bertambah kuat. Nyamuk juga cerdas berevolusi.

Ukuran tubuh nyamuk kian kecil dan akibatnya harus menyedot lebih banyak darah untuk mengejar ke ukuran tubuh yang sesungguhnya supaya memenuhi syarat berkembang biak. Jangan heran kalau nyamuk pun jadi semakin “kalap” menggigit manusia!

Tip mencegah gigitan nyamuk bandel
            Prevention is better than cure. Pepatah ini sangat berlaku dalam kasus DBD. Konon pula belum ada pengobatan khusus untuk penyakit DBD. Berikut beberapa tip mencegah DBD.

1. 3M Plus
Sejak anak-anak terkena DBD, saya rutin menguras bak mandi, membersihkan pot tanaman, dan mengecek segala wadah air ember gayung tampungan air dispenser, dll. Soalnya tempat-tempat ini sering jadi tempat nyamuk bertelur. Fyi, nyamuk cuma butuh air 1 cc untuk bertelur. Dikit amat, kaaan? So, hati-hati!

2. cermat memperhatikan rumah dan lingkungan sekitar
            Nyamuk punya banyak tempat untuk dijadikan sarang (bukan tempat bertelur, ya), antara lain kolong sofa, di balik gorden, dan di sela-sela buku. Sekali sekala area ini diperiksa dan dibersihkan, Teman-teman. Oiya, jangan terlalu banyak menumpuk barang bekas juga. Itu sarang favorit nyamuk!   

Sarang nyamuk (credit: infografis HIT Expert)

3. rajin mandi!
Nyamuk suka dengan bau keringat manusia. Menurut Dr. Phil Koehler dari University of Florida, ketika berkeringat, tubuh manusia memproduksi karbondioksida dan asam laktat yang membuat nyamuk suka. Jadi, orang yang malas mandi berpeluang lebih besar digigit nyamuk. Catet!

4. pasang kelambu
            Hmmm ... kayaknya udah enggak zaman bobok pakai kelambu hihi. Dulu kelambu saya beli untuk bayi aja. Solusi yang lain, pintu depan dan ventilasi di rumah dipasangkan jaring kawat untuk mencegah nyamuk masuk.

5. pakai pakaian yang melindungi kulit dari gigitan nyamuk
            Pakai jaket, baju lengan panjang, celana panjang, kaus kaki, sepatu dst terutama jika kita hendak jalan-jalan ke kebun, hutan, sungai, dll untuk melindungi kulit dari gigitan serangga terutama nyamuk. Info ini saya dapat dari teman-teman yang hobi traveling.

Btw, nyamuk lebih memilih manusia yang memakai pakaian warna gelap lho dibandingkan yang memakai pakaian warna terang. Ini dia urutan warna dari yang paling disukai hingga yang tidak oleh nyamuk: hitam, merah, abu-abu, biru, khaki, hijau, dan kuning.    

6. fumigasi (penyemprotan)
Sebaiknya fumigasi sampai ke bagian dalam rumah, bukan cuma di luar. Tutup makanan dan tempat-tempat lain yang dianggap perlu. Harap diketahui, fumigasi mengendalikan populasi nyamuk dewasa aja, bukan telur-telurnya. Jadi, 3M Plus tetap utama dilakukan.

7. gunakan pembasmi serangga
            Ini sih saya yakin hampir di setiap rumah tangga punya pembasmi serangga hoho. Selama ini saya pakai HIT aerosol di rumah. Kalau survei di supermarket, harga HIT relatif lebih murah daripada pembasmi serangga aerosol lainnya. Meski begitu, kualitas HIT tetap jempol.

Terus, kenapa pakai yang aerosol? Bentuk sediaan aerosol mudah digunakan. Tinggal tekan katup dan formula serupa kabut tipis siap membasmi nyamuk bandel. Saya dapat mengatur sendiri banyak sedikitnya formula yang keluar. Wadah aerosol kedap udara sehingga bahan aktifnya terlindungi. Pembasmi serangga jenis aerosol memang paling cocok digunakan di rumah.   

            Minggu lalu saya diundang oleh komunitas Blogger Perempuan ke acara launching HIT Expert di EV Hive D’lab, Menteng, Jakarta Pusat (16/11). Rupa-rupanya pihak Godrej Indonesia pengin membuktikan komitmennya demi memberikan perlindungan yang expert kepada keluarga Indonesia. Acara ini dihadiri oleh kembaran saya, dr. Lula Kamal, narsum sekaligus brand ambassador HIT Expert. Kini HIT Expert hadir dalam wangi baru yang premium, yakni Citrus dan Sweet Flower.     

HIT Expert wangi Citrus dan Fresh Flower

Talkshow HIT Expert

Kelebihan HIT Expert
            Ada beberapa kelebihan HIT Expert. Wangi barunya jelas beda. Tidak bikin tenggorokan sesak. Saya paling suka wangi yang Citrus. Formulanya berupa partikel-partikel mikro, ampuh membasmi nyamuk bandel. Stay di udara lebih lama. Double nozzle (dua lubang semprot) membuat jangkauan semprotan lebih luas. Saya tidak usah jongkok-jongkok lagi untuk menyemprot kolong sofa atau kolong tempat tidur. Semprot secukupnya karena HIT Expert hemat. Desain keseluruhan modern. Desain cap ergonomis, lebih nyaman digenggam dan lebih enak ditekan. Tekan katup secara smooth, tidak perlu pakai tenaga gimana-gimana, dan formula pun menyemprot sempurna.   

Formula partikel mikro

Double nozzle (dua lubang)

Desain cap tampak ergonomis

Cara tepat penggunaan HIT Expert aerosol
            Meski mudah digunakan, hindari asal main tekan katup HIT Expert. Berikut tip dari dr. Lula Kamal.  

1. Kocok
Kocok HIT Expert agar bahan aktifnya tercampur merata sebelum disemprotkan.

2. Pastikan ruangan kosong
“Kosongkan ruangan sebelum menyemprotkan HIT Expert. Meskipun HIT Expert ini wangi, kita harus ingat bahwa HIT Expert tetaplah pembasmi serangga alias insektisida. HIT Expert bukan pewangi ruangan yang bisa bebas begitu aja kita hirup,” jelas dr. Lula Kamal.  
            Jangan sampai makanan dan hewan peliharaan kena semprot juga, yaaa. Tempo hari di acara ada yang nanya, “Apakah HIT Expert aman digunakan di sekitar penderita asma?” Hm, menurut dr. Lula Kamal, banyak pencetus kambuhnya asma, bisa jadi bukan formula yang disemprotkan dari HIT Expert. Masing-masing individu beda pencetusnya. Harus dicari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Kandungan bahan aktif HIT Expert masuk kelas U (Unlikely to present acute hazard in normal use). Selama digunakan sesuai aturan, insyaallah HIT Expert aman.

3. Sebaiknya tidak menyalakan AC
            Kekuatan formula HIT Expert akan berkurang jika AC atau kipas angin dinyalakan. Semprot tempat-tempat yang jadi sarang favorit nyamuk seperti di kolong tempat tidur, di balik gorden, dekat tumpukan baju, dll. Biarkan ruangan selama 1–2 jam setelah disemprot. 

4. Waktu menyemprot
            Dr. Lula Kamal menyemprot pada pagi dan sore hari karena nyamuk Aedes spp aktif pada waktu-waktu itu. Sebagian besar dari kita menyemprot pada malam hari sebelum tidur. Padahal malam hari nyamuk udah ngumpet. Nah, mulai sekarang boleh diubah nih jadwal kita menyemprot nyamuk.  

5. Hindari dari panas dan sumber api
            Poin 5 tambahan dari saya karena ini yang paling saya ingat dari bentuk sediaan aerosol saat masih kuliah di Farmasi. Simpan HIT Expert di tempat kering dan hindari dari panas atau sumber api.      


Ada yang lebih bagus enggak daripada HIT Expert? Yang lebih mahal banyak!

Teman-teman punya tip lain untuk mencegah gigitan nyamuk? Adakah yang udah pakai HIT Expert? Yuk, share pengalaman kalian di sini! :) [] Haya Aliya Zaki

Instagram: @ibuninspirasihit


Referensi

1. Zaki, Haya Aliya. 2017. Apa Perbedaan antara Gejala Infeksi Virus Dengue dengan Zika? Write Your Diary. Diakses tanggal 20 November 2017. http://www.hayaaliyazaki.com/2016/07/apa-perbedaan-gejala-infeksi-virus.html.

2. NN. 2017. Kenapa Nyamuk Lebih Suka Mengincar Anak? Parenting Indonesia. Diakses tanggal 20 November 2017. http://www.parenting.co.id/usia-sekolah/kenapa-nyamuk-lebih-suka-mengincar-anak-.

50 komentar:

  1. Seram bangat emang nyamuk yang membawa DBD itu Mba, anak tetangga kos saya ada yang kena baru-baru ini, kasihan padahal masih kecil.

    Waah ternyata warna pakaian berpengaruh juga ya Mba Haya, saya baru tahu. Noted! Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temannya Shafiyya ada yang wafat karena DBD, Wan. :(( Moga kematian yang disebabkan DBD semakin berkurang.

      Iya, nyamuk senang sama pakaian warna gelap.

      Hapus
  2. Baru tau ya, kalo Mba Lula menyemprotkan obat anti nyamuk pada pagi dan sore. Kalo saya cuma sore atau malam aja. Rupanya karena aktivitas nyamuk aedes jam segitu ya Mba.
    Btw futu model di bawah, cakep bener ya, langsing 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi dan sore itu sesuai dengan waktu aktifnya nyamuk Aedes, Wi.

      *terus pura-pura gak baca kalimat terakhir*

      Hapus
  3. Point nomor empat pake kelambu itu gue banget mbak Haya. 🙊😂

    Tapi, karena suka banyak ponakan main, nyamuk kadang pintar masuk bersamaan saat mereka masuk. Meski depan pintu udah dipasang tirai anti nyamuk, biasanya tetep aja ada nyamuk. 😬

    Kalo udah begitu, biasanya Icha beli Hit bakar. Yang bakar aja udah ampuh. Sejak baca tulisan mbak Haya ini, aku jadi penasaran pengen coba Hit expert. Thanks mbak udah berbagi infonya. Sangat bermanfaat. 😎👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Mas cobain HIT Expert. Aku suka banget karena katupnya enteng ditekan. Dikit aja langsung joss formulanya keluar basmi nyamuk.

      Moga ponakan sehat-sehat ya, Mas. Insyaallah aman kalau udah pake HIT Expert. 😊

      Hapus
  4. Dulu sebelum aku menikah, ibuku selalu pake HIT buat nyemprot ruang tamu, kamar tidur ibuku, kamarku dan kamar kakakku 😂 Kami bukan anak manja tapi memang tiap sore sepulang kami kerja, ibu selalu semprot2 HIT. Kebiasaan itu terbawa sampai sekarang, pas udah menikah dan tinggal di rumah sendiri aku tiap sore semprot kamar dan ruang tamu pake HIT yg natural fragrance green tea 😁 suami benci banget sm nyamuk, dulu pernah masuk RS karna DBB jd sekarang buat perlindungan ekstra ya semprot2 HIT. Senaang klo ada yg baru dari HIT, HIT EXPERT 😍 ...psst, selain bikin nyamuk kabur, Hit ini jg bisa diandalkan buat jadi senjata ampuhku membasmi kecoa 😂👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, berarti Upit dah bener ya nyemprotnya sore-sore. Moga Upit dan suami selalu sehat. DBD memang bikin panik karena pengobatan khususnya belum ada, Pit. Ketar-ketir nunggu trombosit naik. Mending dicegah aja deh.

      Hapus
  5. Aku di rumah pro Hit kak. Wkwkwk.. Tapi gak pake yang semprot sih. Ini aku pake yang dicolok ke listrik yg ada cairannya.. Kalo di kamar ibu pake yg elektrik nyelipin kertas tebel itu.. Wkwkwk...


    Ntar kucoba deh kalo anak2 kucingku dah gede. Biar gak perlu pindah2in pas mau semprot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiiih pasti anak meong itu lutu-lutu kayak kamu ya, Dek. :))

      Hapus
  6. Tips bersih-bersihnya bermanfaat banget. Makasih udah sharing ini Haya. Bikin parno memang kalo nyamuk udah mengusik mengingat banyak sekali kejadian menyedihkan akibat nyamuk jahat ini.
    Aku di rumah pakai Hit yg elektrik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kadang-kadang pakai yang elektrik juga. Makasih dah mampir, Ani.

      Hapus
  7. oh pantesan yang ga mandi suka dikerubung nyamuk ternyata nyamuk suka keringet manusia NOTED banget dan memang kalau lagi pake baju gelap ujug2 nyamuk pada ngumpul gitu dan aku juga kebiasaan nyemprot hit-nya sebelum tidur dimalam hari next siy pagi y mba sama sore..semoga keluarga kita sll terlindungi dari nyamuk nakal aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iya Say nyamuk ini memang cinta kita apa adanya, ya. Bau keringet kita aja dia doyan hahaha.

      Hapus
  8. Aku terpana baca tulisan di sini, banyak yang baru kutahu!

    1. Fakta kalau nyamuk tidak suka warna kuning

    2. Fakta kalau harus .. rajin mandi? Itu bisa ngga diganti pake elap-elap sesekali?

    3. Fakta kalau mbak Haya kembaran dr Lula Kamal

    4. Fakta kalo sekarang langsingan *sigh*
    PS. Resepnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Gak suka bukan karena anti sama partai tertentu ya, Mak.

      2. Gak boleh! Harus mandi betulan pakai sabun dan sampo.

      3. Iya, kembaran beda bapak beda ibu. Tapi, nenek kami sama-sama nenek-nenek.

      4. Nah, ini hoax. :p

      Hapus
  9. Waaahh bener2, musim2nya lagi banyak nyamuk dan ketemu tulisan ini jadi tahu banyak. Artikelnya manfaat kembaran, cuzz beli Hit untuk menjaga keluargaku dari nyamuk2 nakal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HIT Expert ya Say udah ada di supermarket. 😘

      Hapus
  10. Mbaaak,
    Jadi lebih tahu tentang banyak hal seputar per-nyamuk-an nih abis mampir ke postingan ini.

    Aniwey, tapi aku di rumah emang seriusan suka pake hit juga sih mbak, biasanya sih beli yang tutupnya warna ungu itu Lily Blossom, tapi ntar mau nyobak beli yang citrus juga deh, wangi-an yang mana nih hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirimu kalau senang wangi bunga bisa beli yang Sweet Flower, Ry. Tapi kalau mau beli yang Citrus dulu juga boleh hehe.

      Hapus
  11. Aku pakai hit juga di Rumah . Eh orang Yang jarang mandi disukai nyamuk ya. Buru2 mandi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian pake kembang 7 rupa ya, Mak. 😆

      Hapus
  12. Aku baru tau tuh kalau nyamuk ternyata suka dengan pakaian yang sudah menempel di tubuh kita meskipun hanya sebentar. Berarti mesti hati2 ya kalau pakai baju berwarna gelap hehe tapi sekarang sudah ada HIT Expert yang mampu mengatasi nyamuk bandel. Keluarga kita aman deh, ya kan mbak Haya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, pake baju gelap gak apa-apa sekali-sekali karena bikin bodi langsing hahaha. Kan di sekitarnya udah disemprot HIT Expert. 😃

      Hapus
  13. Dulu pernah kena DB,beberapa hari setelah observasi ke sebuah tempat yg kumuh. Duuuh.... Ampun rasanya 😦 Untungnya trombosit nggak drop banget jadi masih boleh rawat jalan. Dan ituuu, bu dokter care banget. Tiap hari nelpon, nanya perkembanganku gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak pasti dokternya khawatir karena efek DBD itu fatal banget. Sehat terus, Mbak Eno.

      Hapus
  14. sehari2 di rumah saya pake hit. tapi yg hit expert ini, saya blm pernah nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada di supermarket, Mbak Santi. Cuss dibeli. 😁

      Hapus
  15. Udah pakai dua lubang, penampakan penyemprotnya sangar banget. Semoga nyamuk lekaz punah, paling gak berkurang. Aku suka gak tenang tidurnya karena nyamuk cm jalan jalan di atas kepalaku aja aku terganggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak pengin nemenin bobok apa gimana ya nyamuk itu, As. :))

      Hapus
  16. Sebelum ada yg expert aq dah langganan hit, karena baunya gak bikin sesek nafas. Tapi nyemprotnya juga cuma malem doang sih, masih gak biasa kalo pagi2 nyemprot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Lid. Aku kok masih kebiasaan nyemprot malam, padahal udah tahu sih nyamuk Aedes aktif pagi dan sore hari.

      Hapus
  17. Informatif banget, Dan dibacanya enak. Aku yang tadinya gak tau sama DBD juga pemicunya Jadi ngeh. Gudlak mbk hayaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, enak dibaca ya Mbak bukan enak dimakan hahaha.

      Hapus
  18. Wah iya bener, aku biasanya mau tidur malam semprotnya, mestinya pagi dan sore ya. Noted! Jangan sampai deh kena DBD, ngerii banget. Anak lanangku tahun lalu kena DBD juga, periksa trombosit sudah bawah banget 28000 huhuhu, langsung deh masuk RS. Sudah parno aja krn aku baca2 trombosit yg 40000 aja udah ada yg nggak kuat tubuhnya, pendarahan dan diinfus sudah nggak bisa, tubuhnya menolak. Syukur waktu itu anakku masih bisa infus dan nggak sampai pendarahan, 4 hari sdh naik trombosit. Kasihan juga, tiap hari di cek darah dua kali, pagi dan sore #eeh malah curcol :D Semoga kita semua selalu dineri kesehatan. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman kita sama, Mbak. Anakku seminggu baru naik trombosit. Deg-degan itu karena belum ada pengobatan khusus untuk DBD. Moga gak kejadian lagi. Aamiin untuk doa Mbak Lianny.

      Hapus
  19. Pantesan nyamuk doyan deket aku soalnya aku males mandi sih hahhaha....
    Tp beneran deh kak musim ujan gini nyamuk makin banyak aja jd harus rajin bersih-bersih rumah dan sedia hit ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muna ketahuan euy jarang mandi. Hemat sabun ya, Mun. *canda*

      Hapus
  20. Teman anakku juga meninggal karena DBD, serem banget yah.. Waktu itu agak terlambat memang penanganannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya serem ih. Temen Shafiyya itu padahal 3 hari demam udah dibawa ke RS. Sehari setelahnya pendarahan paru-paru. :((

      Hapus
  21. DBD memang harus diwaspadai.terlebih saat masuk musim penghujan seperti sekarang. Makasih tips nya ya, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, musim hujan mereka pada balapan bertelur, Say. Makasih udah mampir.

      Hapus
  22. aku juga pake iniii.. apalagi akhir2 ini lg banyak nyamuk di rumah, cucok deh..

    BalasHapus
  23. Aku paling ganisa tidur kalo banyak nyamuk, keganggu sama bunyinya itu loo. Biasanya pakai HIT juga tp yg elektrik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh lebih senang yang HIT elektrik ya, Mi. Aku juga kadang-kadang pakai yang elektrik.

      Hapus
  24. nyamuk emang salah satu sumber penyakit paling berbahaya, di rumah dulu sering pake lotion antinyamuk. tapi sekarang pake HIT elektrik yang terbukti lebih efisien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, ini satu lagi fans HIT elektrik. :D

      Hapus
  25. Informatif sekali mbak Hay. Apalagi jni musim hujan jadi ruangan cenderung lembab trus banyak nyamuk. Di keluarga kami menggunakan yg varian lemon, lumayan bisa mengusir nyamuk :)

    BalasHapus
  26. Aku suka wangi keduanya, dan ampuh basmi nyamuk. Penting selalu stok HIT Expert apalagi di musim kayak sekarang ya Mamak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan