Sabtu, 14 Oktober 2017

Aplikasi RHB TradeSmart with ARO, Sahabat Smart Berinvestasi Saham

Sekitar dua tahun yang lalu saya menghadiri talkshow yang berlokasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jl. Jend. Sudirman, Jakarta. Saya terkesima dengan kalimat narsum Mbak Ligwina Hananto, perencana keuangan kondang. Kata beliau, zaman dulu kita tahunya investasi itu ya menabung uang di bank atau membeli tanah. Nah, sekarang semakin banyak cara berinvestasi. Salah satu bentuk investasi yang bisa ditekuni ibuk-ibuk adalah menabung saham. Berdasarkan sejumlah riset, perempuan terbukti lebih mampu menahan diri untuk tidak menjual investasi sahamnya dibandingkan laki-laki saat harga sedang jatuh. Hasilnya, ketika kondisi berbalik, perempuan lebih untung. Waaah, seriyes? Kirain saham itu ‘mainan’ bapak-bapak pengusaha elite aja!

Meski disarankan seperti itu, saya tidak serta merta mencoba. Sepertinya mission impossible saya duduk dan memantau pergerakan saham setiap saat. Alamak, udah pusing duluan awak membaca teks berjalan yang mencantumkan kode-kode saham. Harap maklum juga namanya kita manajer keuangan rumah tangga pastilah banyak pertimbangan yekan. Orang-orang bilang main saham itu risikonya besar karena input yang didapat nanti juga besar. Hmmm.

Lalu, ingatan saya tentang menabung saham seolah dibangunkan kembali ketika hari Selasa lalu (10/10) saya mendapatkan undangan menghadiri peluncuran aplikasi RHB TradeSmart with ARO di BEI, Jakarta. Aplikasi ini diluncurkan oleh PT RHB Sekuritas Indonesia (RHB Sekuritas), bagian dari RHB Banking Group yang merupakan grup layanan finansial terintegrasi terbesar keempat di Malaysia.


Menclok sekedap di BEI, Jakarta

Aplikasi RHB TradeSmart with ARO (kanan)

Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keungan (OJK), tingkat literasi masyarakat Indonesia akan pasar modal dan tingkat utilitas produk pasar modal masih sangat rendah dibandingkan dengan negara lain di ASIA. Selain itu, data BEI memperlihatkan investor pasar modal yang aktif di Indonesia hanya berjumlah 600.000 SID (pastinya saya tidak termasuk haha). Duh, sedikit banget jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Padahal, 250 juta penduduk Indonesia dan banyaknya jumlah emiten (perusahaan publik yang mendapat dana dari pasar modal) yang terdaftar di BEI menawarkan peluang besar untuk pertumbuhan industri pasar modal. 

Kembali ke acara peluncuran aplikasi. RHB TradeSmart with ARO merupakan aplikasi perdagangan saham pertama di Indonesia. ARO singkatan dari Assisted Robo Optimization. Maskot robot ARO ini lucu, deh. Kita berasa punya sahabat baik dalam berinvestasi. "Masyarakat terutama anak-anak muda didorong untuk berinvestasi saham. Aplikasi ini diluncurkan juga dalam rangka mendukung kampanye Yuk Nabung Saham dari BEI," kata Chan Kong Ming, Direktur RHB Sekuritas.

Mau tahu dari mana ide membuat aplikasi RHB TradeSmart with ARO? Jawabannya, dari sebuah makan siang! Pada sebuah acara makan siang, pihak RHB Sekuritas berembuk untuk menghadirkan produk berbasis teknologi yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada semua kalangan investor, baik investor pemula maupun investor berpengalaman. Biasanya, nih, edukasi investoring terbaik dan tercepat cuma diberikan kepada nasabah yang premium. Apa kabarnya kita para ibuk-ibuk dasteran ini kalau begituuuh? Kita juga butuh mendapatkan informasi yang sama dan pada waktu yang sama. Knowledge  is supposed to be free! Demikian awal pemikiran dari pihak RHB Sekuritas. Kita tidak perlu kursus atau sekolah mahal terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi. Jempol! :)    


Maskot robot ARO

Peluncuran aplikasi RHB TradeSmart with ARO

Gayaneee dikelilingi kode-kode saham ahak ahak ahak

Apa aja keunggulan aplikasi RHB TradeSmart with ARO? Aplikasi ini cukup mudah dioperasikan. Kita bisa menggunakannya di mana aja dan kapan aja selama ada koneksi internet. Infonya bukan sembarang info, semua info real time dan smart. Unsur edukasinya jelas ada. Keunggulan aplikasi sesuai banget sama tagline mereka, yakni Easy. Quick. Smart. 

Perlu diketahui, aplikasi RHB TradeSmart with ARO tidak akan mengancam keberadaan sales, sebaliknya malah saling menguatkan. Para broker saham konvensional jangan khawatir. Meski semua akses dilakukan via online, kita tetap didampingi sales berpengalaman (memberi advis, tanya jawab, dll). Teknologi akan sempurna jika tetap ada sentuhan manusia.

Nama "ARO" ini sebenarnya juga ada kepanjangan lain, lho. A = All, R = RHB, dan O = Officer. Jadi, aplikasi ini merupakan persembahan dari semua staf RHB Sekuritas kepada masyarakat Indonesia. Berikut fitur ARO yang bisa diakses di dalam aplikasi RHB TradeSmart ID.

1. ARO Signal
ARO Signal berisi saham-saham yang pada hari itu menjadi trending di pasar dan mendapat trading signal BULL, HOLD, dan BEAR. Dengan begini kita jadi bisa mengetahui apa yang sedang in di pasar.

2. ARO Library
Indikator dan parameter tambahan yang lebih detail mengenai saham yang mendapat notifikasi. Para trader dan investor jadi punya trading plan lengkap untuk mengambil keputusan bertransaksi.

3. ARO Technical
Parameter tambahan Automatic Support dan Resistance untuk membantu trader dan investor mengambil keputusan terhadap sinyal rekomendasi ARO. Kita jadi punya panduan antrean beli + antrean jual dan panduan harga support atau resistance saham secara otomatis tanpa harus membuka chart yang kompleks. 

Berikut 3 langkah memulai trading.

1. Instal aplikasi 
Instal aplikasi RHB TradeSmart with ARO di Google Play Store atau App Store. Tik kata kunci "RHB TradeSmart ID". GRATIS!

2. Buka rekening
Sign-up dengan mengisi data diri dan scan kartu tanda pengenal melalui kamera ponsel. Yes, Teman-teman harus buka rekening RHB Sekuritas (sesuai dengan aturan dari BEI) dan cukup membayar Rp100 ribu aja. Kita akan mendapat username dan password. Btw, jangan khawatir, uang Rp100 ribu itu tetap jadi milik kita, kok. Dengan Rp100 ribu kita bisa mendapatkan begitu banyak ilmu. 

3. Pilih saham dan trading
            Pilih saham trending dengan ARO Realtime Signal. Trading saham melalui gadget android, iOS, smartwatch, web atau desktop, dan ARO ChatBot. Mungkin supaya lebih gampang memahaminya, Teman-teman bisa menonton video singkat yang saya upload di Youtube.


          
Pada acara ini hadir pula Merry Riana, duta RHB TradeSmart. Saya udah lama mendengar namanya dan tambah kagum setelah menonton kisah hidupnya yang diabadikan dalam film Mimpi Sejuta Dolar beberapa tahun lalu. Semangat dan perjuangan Merry Riana di negeri orang itu luar biasa. Merry Riana mendapatkan 1 juta dolarnya dalam usia 26 tahun. Meski masih muda, beliau udah sukses menjadi pengusaha dan motivator. Salah satu stasiun radio swasta membuat program khusus The Merry Riana Show untuknya. Saya beruntung bisa bertemu dan mendapatkan tanda tangan di buku Mimpi Satu Juta Dolar hahaaayyy.

"Haya pasti bisa!" tulis Merry Riana di halaman depan buku

Guess what, level kekaguman saya naik berlipat-lipat ketika melihat langsung Merry Riana berbicara tempo hari. Public speaking-nya juwarak! Kalimatnya runtut. Bahasanya lugas. Pertanyaan demi pertanyaan dijawab dengan baik. Tidak salah RHB Sekuritas memilih seorang Merry Riana menjadi duta mereka. Semoga sosok Merry Riana mampu membuat masyarakat lebih mengenal aneka manfaat aplikasi RHB TradeSmart with ARO ini.

Menurut Merry Riana, bicara soal investasi di pasar modal, kita bisa mendapatkan hasil yang optimal. Bagaimana dengan risiko? Risiko bisa dimenej. Bertindaklah objektif, jangan emosional. Di sinilah pentingnya faktor DO and LEARN. Pelajari istilah-istilah pasar modal. Buat simulasi-simulasi terlebih dahulu. Berusaha familiar. Cari tahu performa perusahaan yang kita sasar. Lama-lama kita akan punya pengalaman menganalisis.

         Selama ini sebagian besar dari kita hanya berpikir bekerja keras mencari uang, padahal kita juga harus berpikir cara mengelola uang. Aplikasi RHB TradeSmart with ARO disenangi karena ada unsur edukasinya. Dengan belajar, kita bisa memenej risiko itu tadi. Kendalanya cuma dari diri sendiri, kurang action dan kurang belajar.


“Aplikasi RHB TradeSmart with ARO sangat mudah dipelajari dan dipahami. Kita tidak perlu melulu mengamati pergerakan saham karena nanti kita akan mendapat notifikasi antara lain notifikasi pergerakan harga, buying signal, dan selling signal. Tampilan di aplikasi kelihatan seperti bar sinyal ponsel. Mana sinyal lemah, mana sinyal sedang, dan mana sinyal kuat kelihatan. Kesimpulannya, mudah,” jelas Merry Riana. Jadi, sistem kerja ARO ini memberi tahu apa yang sebaiknya kita lakukan, tapi keputusan tetap ada di tangan kita. Apakah kita investor pemula atau berpengalaman, semua infonya sama dan real time. Enggak dibeda-bedakan, investor pemula anak tiri dan investor berpengalaman anak emas, misalnya.  

Pastinya aplikasi RHB TradeSmart with ARO akan memberikan warna tersendiri di pasar modal Indonesia. Sekali lagi, jangan lupa instal aplikasinya di Google Play Store atau App Store, yaaa. Tik kata kunci “RHB TradeSmart ID”. Kita galakkan kampanye Yuk Nabung Saham dari BEI yuk. Kita belajar mengenal dan berinvestasi di pasar modal sama-sama yuk. Berkat aplikasi RHB TradeSmart with ARO, trading saham jadi easy! :) [] Haya Aliya Zaki


45 komentar:

  1. Efisien banget investasi saham gak serumit yang dibayangkan.
    Eh aku galfok sama foto yang semampai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha napa Buuuk efek baju itu, ah. :p

      Hapus
  2. Do & Learn. Oke fix, aku catet, sudah download dan lagi menjelajah nih, belajar nganalisa naik-turunnya. Hehhe seru ternyata ya main saham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar pelan-pelan ya, Dek. Kata Merry Riana harus langsung action. Learning by doing. :D

      Hapus
  3. Aku pikir kalau investasi saham itu berjuta-jutaa ternyata buka rekening cukup 100 ribu aja.

    BalasHapus
  4. Ini asik banget appsnya bisa liat2 perkembangan saham di hp aja, nggak usah mumet2 buka2 laporan keuangan pula. Keren :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teknologi makin canggih. Sisi positifnya ya ini. :D

      Hapus
  5. Aku kurang suka bahasan tentang saham, soalnya pasti butuh modal gede hehe. Ternyata dugaanku salah. Ternyata hanya dengan 100 ribu rupiah sudah bisa buka rekeningnya ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa memang untuk investor pemula juga ini, Nov. Jadi gak berat-berat. :D

      Hapus
  6. Itu pas moto, kacamata gak dipake Omaak, sampe segitunya liatin hp wkwkw *kabooor...
    Btw, ARO emang keren nih, bisa mandu pemula buat belajar bertransaksi saham :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ketahuan mata plusnya, ya. Ayok, belajar sama ARO, Wi. :)

      Hapus
  7. Dutanya Merry Riana. Bikin makin termotivasi untuk belajar Saham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di film "Mimpi Sejuta Dolar" juga diceritain Merry Riana jago main saham.

      Hapus
  8. aku gak gitu paham sama saham mbak.

    BalasHapus
  9. Wah, Merry Riana sosok yang menginspirasi. Belajar saham bisa via smartphone dan ada aplikasinya ya, era digital ini memudahkan sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap doi inspiratif banget dan jago main sahamnya. 😁

      Hapus
  10. Jadi mau juga belajar investasi saham,udah download juga....mkch infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung aja, Ci. Namanya juga ikhtiar yekan.

      Hapus
  11. enak ya skarang ada aplikasinya...dulu pernah juga kerja model ginian...

    BalasHapus
  12. ternyata, saham itu ga serumit yang kita kira ya tante haya
    yang penting ada kemauan buat belajar, salah satunya via aplikasi RHB TradeSemart with ARO ini :)

    dulu, dulu banget, sebelum ada aplikasi ini, buat liat naik-turun pergerakan di bursa harus cek situsnya atau liat koran pagi, sekarang tinggal buka aplikasinya aja. signalnya lengkap, tinggal kalkulasi aja deh mau yang mana. lebih simpel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa zaman dulu lihat di koran juga ya, Roel. Sekarang yang baca koran udah bisa dihitung sama jari hihi. Pindah mantengin gadget aja.

      Hapus
  13. Jadi pengen nyoba kaya gimana nabung saham, jd gak takut salah, apalagi ditemenin si Aro hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, Mbak. Langsung instal aja aplikasinya. :D

      Hapus
  14. Investasi saham semakin mudah ya Mba Haya dengan aplikasi RHB ini, bisa mobile sehingga sangat praktis ya :)

    BalasHapus
  15. Mamak Haya mau nabung saham juga ya di ARO, beli APple yuuk. Kece tuh sahamnya.
    Aplikasi ARO ini memudahkan banget ya.

    BalasHapus
  16. Beberapa waktu lalu menghadiri workshop ttg Investasi dan ternyata saham yang memiliki keuntungan paling tinggi.

    Apalagi dengan adanya aplikasi seperti ini, semakin memudahkan banged buat yg memiliki investasi dlm bentuk saham.

    Kita, emak2 berdasteran juga bisa ikut main saham ya Mba.. 😊

    BalasHapus
  17. Jadi penasaran nih apakah sekuritas yg aku apply juga punya app kayak RHB ARO ini.
    Ini sih app keren super kece. Segala info buying selling ada di genggaman mata.

    Ummi udah nabung berapa lot nih?
    *kepo, terus disamber gamis fantastis di atas*

    BalasHapus
    Balasan
    1. *baca ulang komen sendiri di atas*

      Ya Tuhan, sejak kapan mata bisa menggenggam?

      Gara2 salfok liat gamis plus hijabnya Ummi neehhh ...
      Hayooo tanggung jawab!
      Beliin, Miii ...
      Beliin lipstik kayak yg dipake Merry Riana.

      Hapus
  18. Terobosannya bagus ya, Mbak.
    Teknologi bersinergi sama broker saham. Jadinya gak akan muncul protes sana-sini.

    Emak-emak biasanya lebih suka investasi di emas. Tapi kalau dikasih edukasi tentang saham gini bisa jadi malah tertarik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya katanya perempuan malah lebih jago investasi saham lho, Eva. Karena mereka gak gengsian belajar. Bisa kali kita coba. :D

      Hapus
  19. pengen lah belajar saham, mumpung ini bisa modal cepek ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dek gak mahal-mahal, kok. 1 inpois cair aja udah bisa itu buka rekening hehe.

      Hapus
  20. Di aplikasinya ada produk reksadana nggak Mbak? Soalnya kalau saham kan mainan uangnya gede 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada reksadana, Ika. Reksadana beda lagi. Main saham gak harus gede, katanya. Modal awal Rp100 ribu aja.

      Hapus
  21. ihiy.. makcik 11 12 deh caem ny sama miss merry :*

    BalasHapus
  22. ini pengalaman seru bangeeet ya mba..dan ada Merry Riana lagi! Bisa ikutan mimpi sejuta dollar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Minimal dapat positive vibe dari semangatnya, Mbak Indah. :D

      Hapus
  23. Aplikasi ini penyemangat banget bagi yang ingin Investasi atau trading saham, terutama untuk Pemula ya Mamak.

    BalasHapus
  24. Wah betul banget tuh, kesempatan minta tandatangan sekaligus jadi role inspirasi kalau pakai app ini nanti bs juga meraih mimpi

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan