Sabtu, 29 Juli 2017

BCA Rayakan Hari Anak Nasional dengan Gerakan Berbagi Buku untuk Indonesia

           Kalau bicara soal buku, saya pasti teringat masa kecil, masa-masa di mana abah dan mama tetap berusaha membelikan saya buku meski saya tahu kehidupan kami pas-pasan. Saya sangat berterima kasih karena mereka memahami hobi saya, termasuk akhirnya menghargai pilihan saya yang pengin serius terjun ke dunia kepenulisan. :)

            Buku-buku di perpustakaan sekolah kami pula cukup lengkap. Segala novel dari karya Enid Blyton, Agatha Christie, sampai R.L. Stine, saya sikat. Saya beruntung bisa menikmati buku-buku bacaan yang saya suka. Sayang, tidak semua anak-anak Indonesia seberuntung saya dulu. Sekitar 74% perpustakaan bertumpu di Pulau Jawa. Standar UNESCO itu 1 orang membaca 2 buku. Faktanya, di berbagai pelosok Indonesia, 1 buku diantre baca oleh 50 orang anak! Beberapa bulan lalu saya sempat menulis tentang talkshow gerakan berbagi #BukuuntukIndonesia dari Kafe BCA V di gedung Menara BCA, Jl. Thamrin, Jakarta (15/3).

BCA komit menumbuhsuburkan minat membaca anak-anak. Kita bisa berpartisipasi, lho. Tinggal pilih paket donasi yang tersedia. Dana yang terkumpul akan dikonversi menjadi buku. Buku-buku tersebut nantinya disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia.

Sebagai bentuk apresiasi, BCA mempersembahkan kaus kebaikan untuk kita yang berpartisipasi dalam gerakan berbagi ini. Istimewa, salah satu narsum acara talkshow bulan Maret adalah Bang Andy F. Noya, presenter acara teve Kick Andy. Cerita lengkapnya bisa Teman-teman baca di postingan Buku sebagai Jendela dan Inspirasi Kehidupan.

 Naaah, acara sejenis kembali hadir di SD Negeri 7 Gadingrejo, Pringsewu, Lampung pada tanggal 21 Juli 2017. Di sana BCA membagi-bagikan buku bacaan dan mengadakan kegiatan storytelling untuk anak-anak SD. Pak Santoso (Direktur BCA) didampingi Pak Sapto Rachmadi (Senior Vice President Corporate Social Responsibility BCA) dan Pak Soeharjo Moeliadi (Kepala KCU BCA Bandarlampung) menyerahkan secara simbolis beberapa buku bacaan kepada 7 Kepala Sekolah SD Negeri, yakni SD Negeri 7 Gadingrejo, SDN 2 Banjarsari Metro Utara, SDN 3 Bumi Waras, SDN 5 Bumi Waras, SDN 3 dan 4 Sukaraja, dan SDN 4 Gunung Terang di SD Negeri 7 Gadingrejo, Pringsewu, Bandarlampung. Turut menyaksikan di antaranya Pak Sulpakar (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung), Bu Yekti Budi Utami (Ka UPT Pendidikan Bandarlampung), Pak Tri Prawoto (Kepala Dinas Pendidikan Kab Pringsewu), dan Pak Sumarju Saeni (Kepala Dinas Sosial Bandarlampung). Alhamdulillah, ini membuktikan BCA konsisten dengan aksi #BerbagiuntukIndonesia-nya.

Direktur BCA (ketiga dari kanan) di SD Negeri 7 Gadingrejo, Pringsewu, Lampung 

Dalam rangka HUT ke-60, BCA berkomitmen untuk #MenjadiLebihBaik melalui tiga pilarnya Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik, dan Memberi Lebih Baik. Aksi berbagi Buku untuk Indonesia ini salah satunya. Jika minat baca di berbagai pelosok di Indonesia meningkat, terciptalah generasi muda yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia,” ujar Santoso. Aamiin!

Ibarat gayung bersambut, gerakan berbagi Buku untuk Indonesia mengundang partisipasi tinggi dari masyarakat. Periode I terkumpul donasi lebih dari Rp1 miliar. Buku-buku anak didistribusikan ke 104 sekolah di 60 titik di Indonesia. Aksi berbagi yang serempak diadakan di 5 kota di Indonesia ini sekaligus dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional. Kelima kota tersebut adalah Aceh mewakili Sumatera, Singkawang mewakili Kalimantan, Garut mewakili Jawa, Manado mewakili Sulawesi, dan Kupang mewakili Indonesia Bagian Timur.


Giring 'Nidji' Ganesha ternyata jago mendongeng! 

            Teman-teman pengin berpartisipasi? Yuk, gerakan berbagi Buku untuk Indonesia masih lanjut hingga Desember 2017. Sila kunjungi website www.bukuuntukindonesia.com atau cabang BCA terdekat.

Selamat ulang tahun, BCA! Semoga akses buku kepada anak-anak kita semakin luas. Buku dapat membuka wawasan mereka terhadap dunia yang tanpa batas dan menuju kehidupan yang sejahtera. Dengan membaca buku, anak-anak jadi punya keberanian mengubah hidup asalkan mereka mau berusaha. Teman-teman jangan lupa berpartisipasi gerakan berbagi Buku untuk Indonesia, ya! Ditunggu! :) [] Haya Aliya Zaki


3 komentar:

  1. Cara bca merayakan ultahnya sesuatu bgd ya cikgu, suka bgd dan dukung bgd, so aku mau langsung cus ah ke bukuuntukindonesia.com
    Matur nuwun sharenya cikgu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ikut berbagi buku, Mbak. Semoga bisa membantu anak-anak yang tinggal di pelosok. :)

      Hapus
  2. Idenya BCA keren yaa mb. Semoga makin banyak yang tergerak ikut mendonasikan yaa mb.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan