Sabtu, 31 Desember 2016

5 Blog Terbaik 2016 versi Saya



Wah, sebentar lagi ganti tahun Masehi, ya. Segala status tentang revolusi teman-teman terpampang manjah dan nyatah di timeline medsos saya. Saya sendiri masih bingung mikir resolusi apaan tahun 2017 nanti. Cuma, poin saya bikin postingan ini bukan mau membahas resolusi. Saya ingin merekam jejak tentang beberapa blog yang berkesan buat saya selama tahun 2016. Tambah lama kenalan blogger tambah banyak. Yang awalnya tidak pernah saya sambangi blognya sama sekali, sekarang rajin saya baca (walaupun tidak selalu komen). Yuk, langsung aja cari tahu siapa mereka. 

            Lupa kapan dan di mana saya kenal Fika haha. Tapi, sejak kenal, saya sering jjs ke blognya. Fika ini blogger Surabaya yang produktif sangat. Mostly post about food, travel, and lifestyle.
Seingat saya, saya  tidak pernah menemui konten “pilih kasih” di blog Fika. Tidak ada konten yang so so. Semua konten berasa full effort. Kalimat-kalimatnya informatif, detail, dan pastinya lengkap dengan foto-foto kinclong (apalagi foto-foto makanannya). Refreshing banget buat mata. Dijamin pada setuju sama saya, terutama followers IG @diarysivika. Fika mengakui bahwa dia lebih suka membidikkan kamera ke tempat yang dia kunjungi, bukan foto selfie. Foto selfie atau foto diri sesekali aja untuk membuktikan travelingnya bukan hoax. :))))


Fika Anaira (foto milik diarysivika.com)

“Saya bikin blog tahun 2010 karena tugas kuliah. Dosen mewajibkan kami memiliki blog,” cerita Fika. “Nah, semakin ke sini kok saya semakin mencintai dunia blogging. Blog merupakan tempat menyimpan memori dan tempat berbagi.”
Tip menulis pengalaman traveling di blog ala Fika: buat catatan traveling di aplikasi note di ponsel, mulai dari jadwal, kegiatan, sampai biaya. Kalau kulineran, jangan lupa potret buku menu, ya. Kita bisa melihat harga dan bahan-bahan makanannya. Lumayan, kan, buat materi tulisan? Selain Fika, saya juga demen “cuci mata” di blog Nurul Noe, Timothy W. Pawiro, Zizy Damanik, Ransel Ahok, aMrazing, dan Evi Indrawanto.

            Saya kenal Kania di acara sebuah brand susu. Kami sama-sama menang lomba foto di IG. Kania ramah, tapi tidak begitu banyak bicara. Postingan di blognyalah yang sungguh-sungguh “berbicara”. Kania seorang beauty blogger dengan dua anak yang lucu-lucu. Postingan di blognya kebanyakan tentang kecantikan dan review make up.
Konten di blog Kania tak pernah luput membuat saya jatuh hati. Saya sukaaa … ekspresi-ekspresi Kania di foto! Tak kalah sama foto model andal. “Kadang-kadang suami yang fotoin kalau dia enggak capek pulang kerja,” ujar Kania tersenyum. Wah, boleh juga kolaborasi suami dan istri kayak begini. :)  

Kania Safitri (foto milik beautydiarykania.com)

Kania lumayan banyak menulis review produk dalam negeri maupun yang langsung dikirim brand dari luar negeri. Demi profesionalitas, dia pernah make up tengah malam dan bikin postingan sampai subuh! “Rasanya kurang enak kalau review produk cuma swatches di tangan. Saya pengin pembaca juga melihat make up look produk yang saya review,” jelas Kania. Berhubung tidak punya ART, Kania sadar diri. Dia harus menyayangi tubuhnya, jangan sampai drop gara-gara rempong sama urusan domestik dan ngeblog. Kania memilih mengurangi jadwal datang ke event blogger. Amanah kerjaan menulis review produk harus selesai dulu, baru bisa ke event blogger. Kudu ditiru nih komitmennya, Teman-teman.     
            Selain Kania, beauty blogger yang mencuri perhatian saya adalah Yonna Kairupan (Mbak Yonna lebih ke vlogger sih sebenarnya ya), Buleipotan, dan Aldila.

            Saya tidak memungkiri, pilihan saya di sini juga tergantung kepada profil si blogger itu sendiri. Kalau si blogger hobinya nyinyir sambil makan roti sisir duduk melipir sepanjang hari, belum apa-apa saya juga udah males baca blognya. :p Mbak Zata tipe blogger yang menyenangkan. Menyenangkan bukan berarti caper bikin senang semua orang, ya. Maksud saya, Mbak Zata ini pandai menempatkan diri di mana pun dia berada. Meski femes, humble-nya jempol. Meski udah ke mana-mana, orangnya low profile aja. 

Mbak Zata dan keluarga (foto milik zataligouw.com)

             Membaca konten blog Mbak Zata seolah menemukan “teman senasib”. Klop sama postingan dunia ibuk-ibuk muda tapi udah punya anak ABG yang beraneka warna. Jadi, kalau baca blog Mbak Zata, tanpa sengaja saya komen dalam hati, “Ini gue banget!” Contohnya, jam me time kami yang sama, yakni pukul 09.00–10.00 wib. Setelah melepas seisi rumah berangkat, kami sarapan, menyeruput kopi, dan menonton serial kesayangan. Persis! *LOL* Berasa happy!   
            Speechless kalau bicara soal blogger yang satu ini. Auranya selalu positif. Beliau ibu dua anak, diplomat, dan pencinta warna ungu yang berdomisili di New York. Meski mengidap kanker payudara, Mbak Indah tidak merutuki hidup. Masa-masa down itu ada, tapi beliau berhasil bangkit. Bahkan sekarang beliau gencar mengampanyekan breast cancer awareness baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris melalui blognya. Mulanya blog dijadikan semacam pelepas penat setelah ngantor, kini blog juga dijadikan “alat” untuk membantu sesama kaum hawa di berbagai belahan dunia. Teman-teman bisa membaca pengetahuan seputar kanker (terutama kanker payudara) di blog Mbak Indah. Terus berbagi pengetahuan, Mbak Indah. Terus berbagi semangat. Allah bless your journey! :) 


Mbak Indah Nuria (foto milik indahnuria.com)

            Nemu blog Mas Teguh tidak sengaja awalnya. Waktu itu googling cari-cari blog review film dan kecantol di ulasanpilem.com. Postingannya update sekali. Info penghargaan film? Ada! You name it, dari Festival Film Indonesia (FFI), Golden Globe Awards, sampai Academy Awards/Oscars. Urutan box office? Ada! Box office berdasarkan jumlah penghasilan sebuah film maupun jumlah penonton. Trailer film terbaru juga ada (sebelum filmnya muncul di Indonesia).

Meski menulis review, story telling Mas Teguh enak dibaca. Kalimat-kalimatnya lugas, tidak bertele-tele. Sesekali pakai curcol. Dan, pastinya berbobot. Saya belajar macam-macam istilah film di sini. Untuk review film Indonesia, Teman-teman bisa main ke blog Raja Lubis. Recommended.     
Selain Mas Teguh, saya suka cara story telling Hoeda Manis, Belalang Cerewet, Eko Nurhuda, Jihan Davincka, Anne Adzkia Indriani, Sitta Karina, dan Erry Andriyati.
            Soal konsistensi, saya menyerap ilmu dari blogger-blogger lama seperti Ani Berta, Lidya Fitrian, Echaimutenan, Pakde Cholik, dan Amril Taufik Gobel. Mereka aktif sejak tahun 2008 dan masih eksis sampai sekarang. Tabik! Kapan-kapan saya pengin nulis tentang mereka.
Punten, blog yang tidak tercantum di sini bukan berarti blog yang tidak baik. Hanya, blog-blog inilah yang saya kenal dan rajin saya sambangi selama tahun 2016. Tahun 2017 saya pribadi tidak punya target yang gimana-gimana di dunia blogging. Penginnya bisa tetap menulis, menulis, dan menulis di blog. Belajar motret dan belajar bikin video insya Allah lanjut. Soal parameter, blogger memang perlu paham Alexa, DA, PA, dll itu, tapi jangan jadi blogger yang desperate saban waktu mikirin parameter tanpa mikirin gimana caranya meningkatkan kualitas konten. Itu sikap kurang realistis, menurut saya. :)
            Akhir kata, selamat Tahun Baru, Teman-teman! Semoga berkah umur dan bisa terus menebar manfaat melalui dunia blogging. Share yuk blog yang menurut kalian inspiratif di kolom komentar ini! Siapa tahu jadi referensi saya juga. Makasih! :) [] Haya Aliya Zaki   


39 komentar:

  1. Wah referensi baru nih mba..mba Haya blogger favorit juga nih..blogger favorit mereview blogger favoritnya hehe

    BalasHapus
  2. Aaah terima kasih mbak Haya...nggak nyangka masuk dalam list. Mmmmuuuuaaaaahhhh <3 <3

    BalasHapus
  3. Aku harus belajar banyak dari tante Haya nih

    BalasHapus
  4. wah, harus banyak belajar dari mereka dan mba Haya :)

    BalasHapus
  5. Lumayan, dapat tambahan blog buat dibaca2 di taun dpn ;)

    BalasHapus
  6. Beberapa sudah jd favoritku, yang lain langsung aku kunjungi. Bisa jadi bahan buat belajar dan nambah semangat buat ngeblog. Semoga tahun 2017 blog kita semua semakin baik dan bermnafaat ya mb Haya :)

    BalasHapus
  7. Saya harus banyak belajar sama para blogger yg luar biasa ini....

    BalasHapus
  8. Terima kasih mba Haya, bisa jadi referensi ni. Selamat tahun baru dan semoga lebih baik semuanya. Aamiinn

    BalasHapus
  9. mba Hayaaaa, makasih banyak, makasih juga udah jadi salah satu mentor terbaik akuhhh.. makin smeangat belajar jadinya nih...

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah mba Haya senang sekali bacanya diawal tahun 2017, you make my day oemjiiii ini beneran padahal aku juga ngefans lho sama mak Haya selalu baik dan memberikan energi positive buat aku :) terima kasih banyak mak Haya semoga makin sukses dan tetap rendah hati, Happy New Year 2017 💖💖💖 Salam untuk keluarga tercinta. 😘😘😘

    BalasHapus
  11. Beberapa blog di atas ada yg pernah aku sambangi juga, Mi.

    TFS, yaa
    Senang bisa belajar dari blogger2 lain.
    Spirit of twenty seventeen! Yay!

    BalasHapus
  12. Kalo mba Zata dan Mba Indah Nuria aku sdh sering mampir ke blognya yg memang keren..

    BalasHapus
  13. Semua yg disebut blognya kece2 kak. Blogger yg jempolan semua. I couldn't agree more

    BalasHapus
  14. Wah, banyak yang aku belum kenal nih. Brb berkunjung <3

    BalasHapus
  15. Saya banyak belajar dari blog Mbak Haya juga selama ini. Terima kasih sudah menginspirasi :)

    BalasHapus
  16. Mba terima kasih jadi kado di tahun 2017 :D

    You rock, mba haya sukses selalu ...

    BalasHapus
  17. 5 blog kece yg menginspirasi memang mbak

    BalasHapus
  18. Met tahun baru juga mbak Haya...
    Eh, selera kita juga sama, aku juga ngefans sama blog teh Erry sama pak dhe cholik. Mas Hoeda juga, ceritanya asik-asik menurutku

    BalasHapus
  19. Pilihan blog nya emang kece2..harus banyak belajar dari mereka n cikgu nih

    BalasHapus
  20. Blogger-blogger kece. Beberapa baru saya tahu dari postingan Mbak Haya. Makasiiih, Mbak :-)

    BalasHapus
  21. Fufufu.... sampe nahan napas baca review Haya. Mesti segera melongok ke blog mereka ini mah....

    BalasHapus
  22. Aih, blogku disenggol ternyata di sini. Jadi malu. Berhubung Kak Haya adalah editor, bayanganku otomatis teringat ucapan redaktur pas masih magang di koran dulu. Waktu itu curi-curi dengar Bapak Redaktur membincangkan tulisanku dengan Redpel. Hihihihi.

    Btw, blogger nomor tiga itu salah satu favoritku. Sepakat sama soal humble-nya. Tulisan-tulisannya juga enak dibaca. Dari interaksi di kolom komentar blog dan Facebook, orangnya asyik. Pengen banget ketemu biar bisa lihat langsung sosoknya, sekaligus minta biar rambutnya dipanjangin lagi. Hihihi...

    BalasHapus
  23. Hayaaaa syukron blogku terukir di blog keren ini :D
    Aku suka sama blog dirimu yang menghibur, walau posting brand selalu asyik dibaca hehehe
    Yg melalak aku suka ketawa2 kalo baca wkwkwkwk. Asli menghibur!

    BalasHapus
  24. ada beberapa blog yang udah aku ikuti juga nih
    alhamdulillah ada tambahan dari mak Haya buat nambah2 pergaulan blog
    terima kasih ya

    BalasHapus
  25. mba Zata dan mba Indah emang keliatan kalo mereka org yg humble :)

    BalasHapus
  26. Review 5 blog terbaik versi Mbak Haya bagus, jadi kita bisa punya bacaan sehat lainnya. Mkasih Mbak Haya. Langsun otw ke rumah mrka. :)

    BalasHapus
  27. banyak yang udah masuk list feedly aku, yang lain...boleh banget dimasukin juga

    BalasHapus
  28. Aku juga ga pengen gimana-gimana 2017 ini. Pengen tetap bisa nge-blog saat udah lahiran nanti aja kayanya udah prestasi. Memperbaiki kontent dan menambah kosakata supaya tulisan makin variatif dan informatif sih pinginnya.

    BalasHapus
  29. Saya jadi unya tambahan referensi blog untuk dikunjungi. Terima kasih, Mbak Haya. Kapan bikin FunBlogging di Jawa Timur? Saya belum pernah ikut biar kecipratan brand, hehe. Saya pun menikmati setiap tulisan Cikgu meski tak selalu komentar sebab BW lewat ponsel. Semoga tahun baru membuka pengalaman baru yang mengasyikkan dan menguntungkan. Salam :)

    BalasHapus
  30. Asik dapat referensi buat perbaikan kualitas ngeblog. Kalau dilihat, yang oke itu blog yang fokus ke satu topik ya? Atau setidaknya ada topik yang dominan, misal travel, food, atau beauty.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak juga. Blog Mbak Zata dan Mbak Indah itu gado-gado.

      Hapus
  31. Waaah aku mau belajar dari blog mba haya dan blog yang mba haya sebutkan di atas, moga 2017 blogku bs lebih bermanfaat bagi pembaca, aamiin 😊

    BalasHapus
  32. Setujuuuuuu, mbak zata mmg humble bgt ya mbak.... ekspresinya gimana gt klo di foto.....

    BalasHapus
  33. mbaa Hayaaa...I feel horrible karena baru mampir ke sini. It was indeed an honour for me to be included in your list :). Huge hugs and kisses mba. Saya masih terus belajar dan belajar lagi dari semua. I love blogging! I really do... Semoga saya bisa selalu semangat untuk memberi yang terbaik dan bermanfaat. Happy 2017 mbaaaaa...

    BalasHapus
  34. Terimakasih, sudah dimention,

    BalasHapus
  35. Yihaa...mampir-mampir dapet blog referensi lagi. Terutama yang ulasan pelem itu. Aha! Semoga di 2017 saya bisa makin asyik lagi ngulas pelemnyaa. Love love love...

    BalasHapus
  36. Wooow, keren nih mba, siap-siap BW ke blog rekomended tadi, makasih mbaa. Siap-siap belajar

    BalasHapus
  37. rekomendasinya kece-kece mbak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan