Kamis, 20 Oktober 2016

Kiwi Zespri Itu Sweeter Than You Think


Apa yang terbayang di pikiran Teman-teman kalau saya sebut kata “kiwi”?
ASAM!
Itu pasti jawabannya, kan? Gimana, dong, jadi serba-salah, nih. Pengin makan, rasanya asam. Enggak makan, sayang sayang nutrisinya juara. Betul?
Sering kita berpikir buah jeruk yang paling banyak mengandung vitamin C. Kenyataannya, vitamin C kiwi 3 kali lebih banyak daripada jeruk. Vitamin C merupakan antioksidan yang bagus banget untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Kita-kita yang tinggal di kota rentan sama dua hal ini pastinya. Penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, gagal ginjal, dll menghantui setiap waktu.  

Kiwi Zespri
 
Satu lagi yang paling saya ingat, kiwi mengandung enzim perncernaan yang khas bernama actinidin. Enzim actinidin mampu memecah protein sehingga nutrisi lebih cepat dan lebih mudah diserap oleh tubuh. Konsumsi 2 kiwi sehari dapat mencegah konstipasi, diare, asam lambung naik, dll.  
Kata dr. Fiastuti Witjaksono, MSc., MS., SpGK. (dokter spesialisasi gizi klinik) pada acara gathering blogger Zespri ID di Tanamera Coffee, Jakarta (16/10), kita membutuhkan nutrisi 2 jenis buah dan 5 jenis sayur setiap hari. Seharusnya ada 2–4 porsi buah dan 3–5 porsi sayur di atas meja makan setiap hari. Fakta berbicara, hanya sekitar 7% penduduk Indonesia yang mengonsumsi buah dan sayur. Berbeda sekali dengan Australia, misalnya, yang hampir 50% penduduknya mengonsumsi buah dan sayur. To-wew!   

Hijau-hijau di blogger gathering Zespri ID

Actually, kiwi tidak semenakutkan itu, kok. :)) Kita bisa makan kiwi dengan rasa yang lebih manis. Pilihlah kiwi berkualitas tinggi, yakni kiwi Zespri. Mulai dari proses penanaman sampai pengiriman dilakukan secara alami. Kita bisa menelusuri kiwi yang kita makan berasal dari perkebunan mana petani siapa hanya dengan menyebutkan nomor barcode yang tertempel di kulit kiwi. Canggih, ya? Risetnya berkesinambungan dan tidak tanggung-tanggung. Untuk mendapatkan varian kiwi SunGold aja, mereka riset sampai 10 tahun! Zespri aktif mengembangkan varian baru sesuai keinginan konsumen dengan cara sealami mungkin. Itulah sebabnya perusahaan asal New Zealand ini menjadi market leader dalam pasar buah kiwi di dunia. Fyi, kiwi adalah buah yang hanya bisa tumbuh di negara 4 musim. Musim tanam cukup panjang sekitar 240 hari dalam setahun. Panen pada musim dingin bulan April–Mei. Jadi, musnah sudah harapan menanam sendiri kiwi di pekarangan rumah haha. *lho*       
Anastasia Damayanti (Marketing Manager Zespri Indonesia) berkata bahwa kiwi berasa asam biasanya karena belum matang sempurna. Bagaimana cara menikmati kiwi tanpa harus meringis?
1. Letakkan kiwi pada suhu ruang sampai matang (3–4 hari) dalam wadah terbuka (jangan disimpan di dalam boks tertutup)
2. Dekatkan kiwi dengan buah lain seperti apel dan pisang supaya lebih cepat matang
3. Hindari terpapar sinar matahari langsung karena nanti matangnya menjadi tidak sempurna 
4. Cek kematangan kiwi dengan cara menekan bagian atas kiwi pakai ibu jari dan badan buah pakai jari lainnya, jika lunak berarti sudah matang (kiwi berwarna gelap)
5. Simpan kiwi matang di dalam kulkas.
Anastasia Damayanti (Marketing manager Zespri Indonesia)
 
            Saya paling suka makan kiwi dengan cara cut and scoop. Belah buahnya, keruk dan hap! Selain itu, kiwi bisa dibikin jadi makanan macam-macam. Kami disuguhi aneka makanan olahan kiwi yang menggiurkan di TKP, seperti kiwi croissant, puding kiwi, vietnamese fresh spring roll, salad, dll. Rasa asam kiwi tak ada lagi. Hanya, hati-hati jangan memasak kiwi pada suhu panas karena akan mengurangi nutrisinya.    
Makanan olahan kiwi
 
Bisa dibikin infused water juga!
 
Pada acara ini hadir pula food blogger couple MyFunFooDiary. Mereka sharing tip memotret makanan menggunakan kamera ponsel. Silakan baca selengkapnya di blog Cerita Melalak, ya. Hari gini ke mana-mana udah pada bawa ponsel, kan? Mari kita berdayakan siapa tahu bisa menghasilkan seperti sepak terjang MyFunFooDiary hag hag hag. 
Senangnyaaa setelah selesai acara semua blogger berhak membawa pulang masing-masing satu boks gede (dan beraaattt haha) Kiwi Zespri Green. Udah enggak parno lagi sama asamnya kiwi. Asal tahu caranya, kita bisa makan kiwi dengan rasa yang leeebih manis! :)) [] Haya Aliya Zaki

44 komentar:

  1. Aku sering beli kiwi ini, ga terlalu asem kok, enak banget. Malah Dimas doyan banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga doyan, Lis. Makannya dikeruk gitu aja enak banget.

      Hapus
  2. Segaarrr nian baca postingan Mbak Haya pas jam kritis puasa ini, hihihi. Yang aku tau kiwi suka dikonsumsi sama banyak perempuan kalau lagi mau program hamil karena katanya bagus untuk reproduksi. Cuma aku belum pernah konsisten konsumsi kiwi sih kalo program hamil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aduh moga aku gak dosa ya bikin ngiler pas puasa. XD Bagus untuk organ reproduksi mungkin karena banyak kandungan vit E dan asam folatnya, ya.

      Hapus
  3. Saya jg suka kiwi karena asam-asamnya itu Mba Haya, bikin segar :)

    Wah ternyata kiwi byk juga vitamin C-nya lebih banyak darpada jeruk ternyata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa vit C-nya 3 kali lipat lebih banyak daripada jeruk dan nutrisinya 10 kali lipat lebih banyak daripada apel.

      Hapus
  4. Aku doyan banget ama buah ini. Enak tapi mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harganya mihil karena budidaya kiwi cukup sulit dan risetnya lama + canggih.

      Hapus
  5. Jarang langsung makan kiwi kecuali dicampurin ke kue-kue atau puding... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kebalik sama aku. Justru aku jarang makan kiwi yang udah diolah macam-macam, Mbak.

      Hapus
  6. Aihhhh aku terpesona sama foto2 di atas. Begitu juga dengan khasiat Kiwi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi pengin balik ke Tanamera Coffee ya. XD

      Hapus
  7. Aaaak 7% dibanding dgn 50% ckckckck jauh bangeeet.
    Enak ni buahnya, ternyata cmn bs ditanam hanya di tempat yg punya 4 musim ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak. Kalau di Asia, Cina dan Jepang masih bisa tumbuh. Cuma di sana kiwi gak dibudidayakan sehebring di New Zealand ini.

      Hapus
  8. Hhhmmm...buah kiwi emang lebih bunda sukai ketimbang jeruk. Asemnya kiwi masih bisa dinikmati tapi asemnya jeruk? Ambooi, nyerah deh. Btw, hayooo..dibaca lagi postingannya. #adadeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asam jeruk itu kecuuut banget ya, Bun.

      Hapus
  9. Saya akhirnya bisa konsumsi Kiwi hampir tiap kali belanja ke Indomaret. Disana banyak stok hehehe
    Kapan-kapan aku foto...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Superindo kali ya, Amma? :D Kalau di Indomaret setahuku gak jual. Biasanya di-packing isi 4 gitu.

      Hapus
  10. Satu box kiwi? Wuidih maoooo. Btw, aku suka kiwi. Yang Zespri yang emang manis atau pun yang agak-agak asem. Enyaaaak kata aku mah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10 kg, Buuuk. :)) Zespri udah jaminan mutulah, ya.

      Hapus
  11. Aku doyaannnn... seger dan krenyes2 enak. Cuma ya itu, agak mahal ajah. Tp demi sehat yuks lah makan kiwi yg banyak. Apalagi yg gold. Nyam..nyam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss! Aku juga suka banget banget banget tuh yang SunGold, Yu.

      Hapus
  12. Trims, Hay utk tips mematangkan kiwi.

    BalasHapus
  13. Berkah banget dapat hadir di acara kemarin, dapat Kiwi banyak dengan segala manfaatnya, dan rezeki silaturahminya juga berasa bgt.

    Sukses bikin Alfath mau dan suka makan Kiwi ini, Yeayy, Alhamdulillah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya Han. Seru dapat banyak ilmu hari Minggu lalu. Moga sehat terus sekeluarga. Salam buat Alfath hanteeeng. :*

      Hapus
  14. Kalau yg ada di pikiran saya setiap disebut Kiwi adalah buah mahal. Hehehe... Tapi saya doyan. Duh, jadi kebayang enaknya dan jadi mau beli kiwi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk langsung ke supermarket. 😁

      Hapus
  15. Suka banget aama buah yg asem2 kaya kiwi gini. Swegeerr. Liat ijonya aja udh ngiler hehehheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat ibu hamil cucok banget karena banyak kandungan asam folatnya, Mun.

      Hapus
  16. Seumur hidup baru sekali nyobain buah kiwi, yaitu tahun kemarin di palembang. Itu juga karna pas lagi nyuapin dede bayi tetangga yang makan kiwi + apel. Si dede maunya aku juga ikut makan, jadinya ikut makan juga deh. Ternyata enak ! Coba deh mbak makan kiwinya dicampur sama buah apel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh deh kapan-kapan dicampur sama apel, Tut. Mix and match buah bikin seru warna dan rasa. 😊

      Hapus
  17. iya kiwi yang zespri emang enak. tapi harganya ga enak di kantong, hihihi. makanya belinya ga setiap minggu juga. diselang-seling dengan buah-buahan yang lain. tapi tetep saja anak-anak ga suka ya. emak-emaknya aja yang senang.

    BalasHapus
  18. aku suka kiwi... enak segerrr

    BalasHapus
  19. Waah beneran nggak terlalu asem ini ya mba.. Mau coba deh ntar hehe

    BalasHapus
  20. Duh, selalu ngiler Mbak Haya pamer-pamer kiwi di postingan blog! Saya belum pernah makan kiwi dan semoga bakalan nyicip juga. Ntar nyoba beli , ternyata di Mojokerto juga ada :D Kirain nggak ada.

    BalasHapus
  21. Kiwi itu g asam kalau udah mateng. Hihi...biasanya aku suka beli yang ga dikemas kotak gitu. Jd bisa dirasa teksturnya masih keras atau udah lembek.

    BalasHapus
  22. kalua aku sih lihat wajah mbak haya aja udah manis kok :) kemarin iseng tanay di toko buah dijual satuan 4rb mbak

    BalasHapus
  23. kiwi banyak banget khasiatnya ya mba. Walau harganya agak mahal tapi sesuai dengan manfaatnya ya

    BalasHapus
  24. Wuihhhh...seger. Kalau di tempatku, pengen buah kiwi, mesti ke kota sebelah dulu Mbak. Ha..ha... ndeso tenan ya...

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan