Selasa, 12 Juli 2016

Tip Mencegah Anyang-Anyangan Saat Mudik

Kalau cerita anyang-anyangan, pasti ingatan saya balik ke zaman ngekos lagi, nih, Teman-teman. Duh, zaman ngekos dulu itu memang menyimpan segudang cerita! Mulai dari kedatangan Tante Peramal horor yang seharian kerjaannya meramal (ya iyalah masa Tante Peramal kerjaannya jualan warteg-eh itu mah Bu Saenih ya), insiden Mbak ART yang disangka malaikat ternyata tukang sikat (harta anak kos), sampai kasus anyang-anyangan yang berujung ke rumah sakit! Kasus anyang-anyangan bisa dibaca DI SINI. Semua yang saya sebutin tadi beneran jadi trending topic zaman kami ngekos. Cuma meme-nya aja yang enggak ada. Nanti saingan sama meme Valak. -__- Dua cerita pertama udah dibukukan di Anak Kos Dodol Bareng Konco. Dijamin bikin senyam senyum, bukan senyam senyum karena lucu, tapi karena prihatin tak berkesudahan. Halah opo iki malah sempat-sempatnya promosi buku. :p

Mungkin karena di kos-kosan gaulnya sama teman-teman perempuan doang, saya jadi tahu banyak masalah perempuan. Ada yang diet enggak jelas akhirnya sakit. Ada yang misuh-misuh mikirin jerawat melulu. Ada yang demen latah kalau dikagetin (ini kos-kosan anak gadis apa kos-kosan nenek-nenek, sih?).

Teruuus, ada juga yang langganan kena anyang-anyangan setiap bulan Ramadhan. Kenapa, eh, kenapa? Pertama, mungkin karena kurang minum air putih. Kedua, karena takut dehidrasi, jadinya sering nahan-nahan pipis. Masalah anyang-anyangan menjadi lebih serius ketika bakteri E. Coli menginfeksi saluran kemih kita.

Cerita mudik memang udah lewat, tapi tetap saya mau kasih tip mencegah anyang-anyangan saat mudik. Siapa tahu bermanfaat buat Teman-teman yang akan mudik tahun depan. :) Saya pribadi, beberapa tahun belakangan ini memang mudik naik pesawat. Cuma butuh 2 jam perjalanan di udara untuk sampai ke Medan, kampung halaman tercinta. Namun, tahun-tahun awal menikah, saya selalu mudik naik mobil ke kampung halaman suami di Klaten. Jadi, saya pernah merasakan aduhainya mudik berbelas-belas jam (pernah juga 24 jam baru sampai) dan asoynya macet panjang.

1. Konsumsi air putih yang cukup   
Gara-gara takut pipis terus, kita jadi mengurangi jatah minum air putih. Jangaaan! Minumlah air putih sesuai kebutuhan. Fyi, konsumsi air putih setiap orang berbeda tergantung berat badan masing-masing. Orang yang berat badannya 50 kg tidak sama kebutuhan airnya dengan orang yang berat badannya 70 kg. Cara menghitungnya bisa dibaca di postingan saya yang INI.

2. Stop menahan pipis
Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, ada yang takut dehidrasi dan memilih menahan pipis saat puasa. Padahal, saya pernah membaca di Kompas bahwa kantong kemih kita hanya bisa menampung pipis sebanyak 300 ml. Asal tahu, pipis adalah zat limbah dari tubuh. Kebayang, kan, apa yang bakal terjadi jika kita sering menahan pipis? Selain itu, dengan pipis, kuman penyebab anyang-anyangan yang mungkin tadinya ada di saluran kemih bisa ikut terbuang. So, buanglah limbah pada tempatnya secara teratur. Sekali sekala mampir ke pom bensin atuh.

3. Bawa tisu basah ke toilet
Soal pipis, perempuan memang lebih rumit daripada laki-laki. Kalau laki-laki, begitu kebelet, bisa pipis di mana aja walaupun enggak boleh juga, lhooo. Tetap usahakan pipis di toilet, ya! Seandainya Teman-teman khawatir sama kebersihan toilet di pom bensin, bawa tisu basah, toilet seat sanitizer, dan air mineral di dalam botol untuk membasuh area V. Toilet yang tidak bersih berpotensi tinggi menjadi penyebab anyang-anyangan karena E. Coli kumpul di sana.

4. Basuh area V secara benar
Basuh area V dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. E. Coli umumnya berasal dari usus besar manusia yang dikeluarkan melalui kotoran saat kita pup. Anus merupakan salah satu sumber kuman. Kalau kita salah arah membasuh area V, E. Coli bisa menempel di saluran kemih.

5. Rutin konsumsi Prive Uricran
Alhamdulillah sekarang kita terbantu oleh adanya Prive Uricran yang berisi ekstrak buah cranberry. Cranberry bersifat antioksidan tinggi dan kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah anyang-anyangan. Soalnya, cranberry mampu menghambat kuman menempel pada saluran kemih (kumannya jadi kepeleset, istilahnya kena “teflon effect”). Cranberry buah yang kecil, tapi penuh manfaat. Prive Uricran praktis karena tersedia dalam bentuk kapsul. Satu kapsul berisi 350 mg ekstrak buah cranberry. Saya mengonsumsi satu kapsul setiap hari menjelang tidur. Yang emoh minum kapsul, bisa coba bentuk sediaan powder, diminum dengan air dingin rasanya … enaaak! Per sachet berisi 375 mg ekstrak buah cranberry, vitamin C, dan probiotic. Penting ini karena berdasarkan riset 25% perempuan mengalami anyang-anyangan berulang. What surprise me most, lebih dari dua bulan mengonsumsi Prive Uricran, saya tidak lagi merasakan nyeri haid seperti biasa. Apa karena sifat antioksidannya itu, ya? Ada yang tahu? :) Nice to consumed.



Anyang-anyangan bikin nyeriii setiap pipis. Kudu bolak-balik ke toilet, tapi pas di toilet pipisnya juga tidak nyaman dan tidak lancar. Hubungi dokter ya jika sakit terus berlanjut. Jangan sampai jadi parah.

Gimana Teman-teman, siap happy mudik tahun depan tanpa anyang-anyangan? Siap, dong. Teman-teman punya cerita mengalami anyang-anyangan saat mudik Lebaran tahun ini? Atau, punya tip lain mencegah anyang-anyangan saat mudik? Share di sini, yuk! Pastinya bermanfaat buat saya dan readers yang lain. :D [] Haya Aliya Zaki

45 komentar:

  1. Anyang-anyangan emang menyiksa ya mba, apalagi kalo lagi si anyang-anyangan dateng saat kita lagi ayang-ayangan... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah! Hahaha bisa aja si Dewi ini. :p

      Hapus
  2. Makasih tipsnya, Mbak.
    Susahnya kalau pas kejebak macet jauh dari pom bensin. Jadi mesti nahan pipis. Duuh kesiksa banget.
    Mau coba uri-chan solusi buat anyang-anyangan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener. Duh gak kebayang ya Va. Apalagi pas tahu kabar Brexit itu. Naudzubillah jangan sampe deh macet kayak gitu. :(

      Hapus
  3. Duh, udah ngetik banyak di komen ilaaaang :'(
    Mbak yang tersiksa itu pas kejebak macet jauh dari pom bensin, jadi terpaksa nahan pipis :')
    Mau coba uri-chan solusi anyang-anyangan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak hilang kok. Ada tuh di atas hihihi.

      Hapus
  4. Beli Uri-chan ini dimana atuh, tan?
    Aku tiap pulang ke lampung selalu anyang2an, krn cuaca panas dan suka males minum :(

    Nahan pipis iya jg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli di apotek Guardian, Mel. Siap-siap aja sebelum mudik.

      Hapus
  5. Duh... Mau cerita tapi takut Kumat anyang-anyangannya. Soalnya gitu, udah heboh cerita kalau udah sembuh, eh nggak lama Kumat. 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha kok bisa gitu? Ketulah itu namanya? :))))

      Hapus
  6. Obat itu beda ya dengan obat yang mengandung diauretika (tulisan yang benar bagaimanakah?). Kalau barengan minum obat yang mengandung zat yang membuang air seni bagaimana? Boleh kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bener "diuretika". Beda, Mbak. Prive Uri-cran bukan diuretika. Kurang tahu boleh atau gak. Konsul ke dokter aja kali, ya.

      Hapus
  7. Tante Haya, jadi sebenarnya kalo udah kerasa anyang-anyangan itu berarti sudah ada infeksi? Atau baru mekanisme tubuh ngasih tahu kalo kita kurang konsumsi air putih? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kata dokterku waktu itu, anyang-anyangan semacam mekanisme tubuh ngasih tahu kalo kita kurang minum dan atau suka nahan pipis. Kalo dicuekin bakal jadi infeksi saluran kemih bahkan kista ginjal. Gejalanya demam, pipis berdarah, perut pinggang sakit, dst. Seingatku gitu.

      Hapus
  8. Nah, kejadian banget waktu aku pulang kampung kemarin, Mbak Haya. Anyang-anyangan saat macet di jalan tol. gak enak banget. Ternyata bisa minum urichan ya. Belinya di mana ini, mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di apotek Guardian, Mbak. Semoga gak anyang-anyangan lagi, ya. Prive Uri-cran bisa bantu mencegah.

      Hapus
  9. Alhamdulillah, kayanya saya ga pernah kena dan jangan pernah kena anyang-anyangan Kemasan nya praktis ya, enak kalo buat dibawa kemna-mana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa jangan sampe kena, Mbak. Menyiksa banget. Kemasan Prive Uri-cran praktis dan handy.

      Hapus
  10. Aku hobi banget minum air putih, mungkin itu yang bikin aku gak pernah anyang-anyangan ya. Tapi boleh nih kasih saran adikku beli Uricran kalo mudik lagi ke Semarang. Maklum deh anak tiga diurus sendiri, dia sering lupa pipis, hikss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bukan lupa kali ya, Mbak. Saking repotnya jadi nahan-nahan pipis. Nanti nanti gitu, ya.

      Hapus
  11. Aku baru tau kl ternyata anyang2an tuh istilah lain dari Infeksi Saluran Kemih ... aku pikir apaannnn :-/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gejala awal infeksi saluran kemih, Timo.

      Hapus
  12. Tipsnya mantep mba Haya. Pas mudik kemarin saya kena anyang2an neh. Efek maceeet mungkin ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang minum atau toilet kurang bersih juga bisa, Lis.

      Hapus
  13. boleh dicoba nih..dirimu sepertinya lagi senang banget..terlihat dari tulisannya...muach

    BalasHapus
  14. Saya langganan setia gangguan anyang2an ini cikgu.duh menyiksa bgt😠

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dibiarin bisa bahaya, Say.

      Hapus
  15. mba Haya, aku tuh kalo mau jalan jauh paling deg2an sama anyang2an ini, makanya emang penting banget persiapan seperti yg mba Haya tulis di atas. Makasih yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap-siap Prive Uri-cran di dalam tas, Mbak Zata. :D

      Hapus
  16. Saya termasuk perempuan "beser" mbak. Mau ke mana2 kudu pipis dlu. Dulu sering banget anyang2. Dan, nggak enak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo beser banget, ekstremnya pake diapers dewasa, Wulan. Tapi gak nyaman ya pake diapers itu. *_*

      Hapus
  17. Aku dulu sering banget mbak anyang anyangen.Alhamdulilah sekarang dah jarang.Waah enak juga ya sekarang ada obat anyang anyangen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jangan sampai kena lagi, Mbak Yuni. :)

      Hapus
  18. eh beneran lho, anyang-anyangan itu simple tetapi ternyata bisa ngerepotin kalau dibiarkan. saya pernah mengalami beberapa tahun lalu. tiba-tiba ayang-anyangan, lalu karena bosen bolak balik ke toilet akhirnya ditahan biar sekalian pipisnya banyak. udah minum air anget, dan segala macam hal saran tradisional sudah dilakukan tetapi enggak sembuh juga sampai 3 hari. lalu badan mulai berasa demam, pas sore-sore pipis... jreeeeeng ada darahnya! waaak langsung pucet pasi dan segera ke dokter spesial. katanya gara-gara nahan pipis anyang-anyangan itu akhir grup bakteri jahat beraksi, bahkan pas diperiksa ada luka di kandung kemih, makanya berdarah.

    ngok!

    untuk pas diobatin langsung sembuh. gak lagi-lagi deh nganggap enteng anyang-anyangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cowok juga bisa kena, Mas Dolly, walaupun jarang. Aku juga pernah kena yang sampai berdarah itu. Sakitnya ampun-ampunan. Semoga sehat terus, Mas Dolly. :)

      Hapus
  19. Wah mulai sekarang jangan sepelekan kalo kebelet pipis, aku suka nahan2 nih. TFS Haya.
    Btw itu produk Uri-Chan aku mau coba cari. Penasaran sama khasiatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di apotek Guardia, Ani. Bisa beli yang kapsul atau serbuk. Bener, gak boleh sepele. Kalo udah sakit, gak bisa ngapa-ngapain. :(

      Hapus
  20. Ah bener banget Mbak. Aku termasuk yg suka nahan pipis kalo diperjalanan karena males ke toilet umum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Males juga karena seringnya toilet umum gak bersih ya, Mbak.

      Hapus
  21. Tipsnya bagus. Memang yang sering bikin anyang-anyangan adalah sering nahan pipis (kalo saya). Pengalaman saya sering minum air suam-suam kuku juga bagus untuk mengatasi anyang-anyangan.
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sharingnya. Saya juga kena anyang-anyangan waktu itu salah satunya karena nahan pipis.

      Hapus
  22. Kayaknya mamaku aku rekomendasikan ini deh mbak

    BalasHapus
  23. Kalau anyang-anyangan dulu, saya suka naikkin kaki ke tembok atau jempol diiket pake karet. Nanti kalau anyang-anyangan lagi, pakai uri-cran deh :D

    BalasHapus
  24. Nah iya, kok bisa ya dulu wkt kecik disuruh iket jempol pake karet kalo anyang2an. Wkwkkk adfa ajah..

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan