Jumat, 01 Juli 2016

Dua Buah Kiwi Zespri® Sehari Bantu Jaga Kesehatan Saat Berpuasa

Bentar lagi Lebaran, tapi tidak ada salahnya saya (lagi-lagi) membahas nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa. Insya Allah tetap bermanfaat, terutama untuk Teman-teman yang kondisinya sedang kurang fit atau sedang sakit.

Di postingan sebelumnya saya menyebutkan bahwa saat berpuasa kita sangat membutuhkan BUAH. Usahakan buka puasa dan sahur makan buah. Kenapa? Yang paling dikhawatirkan saat kita berpuasa adalah terjadi dehidrasi. Nah, buah mampu menahan air lebih lama di dalam tubuh.

Omong-omong soal buah, kali ini saya mau rekomen buah kiwi Zespri®. Boleh cerita dikit asal usul kiwi Zespri® ya. Zespri® mengekspor kiwi dari Selandia Baru. Lebih dari 3000 petani kiwi di Selandia Baru berupaya optimal untuk menghasilkan kiwi yang lezat, bergizi, dan aman dikonsumsi. Penyerbukan kiwi dilakukan secara ALAMI dengan lebah. Tidak ada suntikan pestisida atau bahan-bahan kimia lainnya. Tuh, penting banget ini!


Teman-Teman pernah melihat barcode yang tertera di label kiwi Zespri®? Barcode berguna untuk menelusuri buah kiwi berasal dari drawers mana, ditanam kapan, dipanen kapan, dan seterusnya. Canggih! Jadi, kalau terjadi masalah misalnya kiwi rusak atau apa, Zespri® bisa segera mengetahui penyebabnya.

Ada beberapa macam varietas kiwi, antara lain Zespri® Green dan Zespri® SunGold. Zespri® Green kulitnya berbulu. Biasanya orang Indonesia kurang suka karena rasanya cenderung asam. Tapi, sebenarnya, jika sudah matang betul, rasanya manis, kok. Gimana cara mengecek Zespri® Green sudah matang atau belum? Tekan bagian atas dan bawah kiwi. Kalau sudah lunak, berarti sudah matang.

Jika kiwi belum matang, simpan di dekat pisang atau apel. Jangan simpan di kulkas.

Zespri® SunGold kulitnya tidak berbulu. Kalau dibelah, dalamnya berwarna kuning. Kandungan airnya lebih banyak dan memiliki sifat ”sweeter when softer” (rasanya lebih manis saat buahnya lebih lunak). Teman-Teman suka yang mana, Zespri® Green atau Zespri® SunGold? Saya, sih, lebih suka yang SunGold. :) 

Zespri® Green

Zespri® SunGold

Mungkin tidak ada yang membayangkan kiwi ketika sedang berbicara serat. Faktanya, serat kiwi sangat tinggi, terutama Zespri® Green. Seratnya membantu membuat kenyang lebih lama. Cocok dikonsumsi saat sahur. Serat kiwi juga menjaga kesehatan usus halus dan bakteri baik karena mengandung enzim unik actinidin. Berkat makan kiwi Zespri® BAB suami lancar. BAB yang baik itu sekali sehari. Selama ini pencernaan suami memang selalu bermasalah. Kadang diarelah kadang sembelitlah. Jarang banget keluar dari toilet tanpa keluhan. :p Saya pernah menulis manfaat mengonsumsi kiwi Zespri® buat kami sekeluarga DI SINI   

Selain itu, kiwi Zespri® buah yang kaya nutrisi. Nutrisinya mengalahkan 27 macam buah lain yang populer dikonsumsi. Zespri® SunGold merupakan kiwi dengan kandungan vitamin C tertinggi. Vitamin C-nya 3 kali lebih tinggi dibandingkan jeruk dan nutrisinya 10 kali lebih tinggi dibandingkan apel. Jawara! Kebutuhan nutrisi saat puasa insya Allah terpenuhi, ya. Fyi, Zespri® SunGold memiliki indeks glikemik (peringkat yang diberikan kepada makanan untuk menunjukkan bagaimana makanan tersebut memengaruhi gula darah dan insulin) rendah. Aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena tidak menaikkan kadar gula.  

Mau tahu cara asyik makan kiwi? Ada dua kata: cut and scoop!

Belah kiwi Zespri® jadi dua dan keruk daging buahnya. Nyam! Tidak perlu repot-repot mengupas. Praktis, kan? Gunakan knife spoon khusus. Setiap beli kiwi Zespri®, kita bakal dapat hadiah knife spoon. Saya tidak mengolah kiwi menjadi hidangan macam-macam karena kiwi TIDAK TAHAN PANAS. Kalau terkena panas, long life-nya jadi pendek. Vitamin C gampang sekali rusak oleh panas. Demikian pula kandungan asam folat. Itulah sebabnya kiwi harus disimpan di dalam kulkas (kecuali kalau belum matang). 



Dianjurkan sehari makan dua buah kiwi Zespri®. Kalau sedang puasa, paling pas makannya saat buka puasa dan sahur. Gimana, Teman-teman? Suka makan kiwi atau malah belum pernah makan kiwi? Yang pasti, di suapan pertama segarnya langsung berasa! Saya suka saya suka. 

Yuk, masukkan kiwi Zespri® dalam list belanja bulanan, terutama saat bulan Ramadhan. Dengan semua kebaikannya untuk tubuh, rasanya tidak sia-sia kita mengeluarkan uang sekian rupiah untuk membeli. Bukankah tubuh yang sehat itu investasi? Salam sehat! :) [] Haya Aliya Zaki

24 komentar:

  1. Saya golongan orang yang belum pernah makan kiwi mbak. :D tapi klo disuruh milih antara gold atau green, saya pilih green. Selain karena selama ini yang saya tahu kiwi itu warnanya ijo, tapi juga karena kelihatan lebih seger. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa lebih seger, Wulan. Siang-siang panas gitu enak banget euy makan yang ijo. :D

      Hapus
  2. Aku suka kiwi Zespri® yang green, ada asemnya dikit tapi segeeerr.
    Mb Haya, beli berapa biji kiwi biar dapat hadiah knife spoon? Sudah lama nih nggak beli kiwi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli 4 kiwi dapet 1 knife spoon, Mbak. :D

      Hapus
  3. Kiwi ini kalau jadi jus di restoran, langsung mahal harganya.
    Tapi manisnya memang nikmat....

    BalasHapus
  4. Kenyang lebuh lama cocok buat anak2 puasa ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Buat bekal sekolah anak-anak pas masuk sekolah nanti juga seru kali ya, Lid. :)

      Hapus
  5. wuihhh seger banget kiwinya ya mba Haya. Udah lama gak makan kiwi, baca postingan ini jadi ngiler lagi deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Mbak Zata cuss ke supermarket hehehe.

      Hapus
  6. Entah kenapa aku gak doyan kiwi buah asli ya? Mungkin karena asem kali yah? Kalo udah dijadikan topping di kue atau di eskrim yang aku gak tau, mungkin aku baru mau makan :))
    Aku gak doyan asem sih wkwkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak doyan kiwi buah asli, berarti doyan yang palsu? :)) *garuk-garuk* Udah coba yang SunGold belum, Line? Dijamin manis. Kalo yang Green kadang-kadang asem, tapi itu karena belum matang. Jadi pilihlah yang matang. Udah aku tulis di atas penjelasannya sebenarnya.

      Hapus
  7. Pertama makan kiwi dapatnya yg kiwi green. Setiap jumpa kiwi selalu adanya yg green. Jarang lihat yg sungold di supermarket. Kiwi tuh dagingnya lembut, rasanya seger dan sekarang jadi lebih tahu betapa kaya manfaatnya si kiwi ini. TFS, Mi.
    Eh tapi, kalo dijadikan asupan harian utk anggota keluarga kok jadi kurang ramah di kantong, yak! Hahaha... *lirik dompet*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sepadanlah dengan tubuh yang sehat ya? *kedip-kedip*

      Hapus
  8. Aku suka yang ijo.
    Pricy tapi kalau ingat nutrisinya ya sepadan

    BalasHapus
  9. Aku suka yang ijo.
    Pricy tapi kalau ingat nutrisinya ya sepadan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dan memang kiwi kan buah seasoning. Panennya bulan-bulan tertentu aja. Proses penanamannya panennya penyimpanannya dst juga bener-bener super. Worth it.

      Hapus
  10. Dengan harga yang tinggi, tapi manfaatnya yang tinggi banget, seimbanglah. Sayangnya, susyah bener cari kiwi di Gresik. Hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan ke depannya mudah didapat di sana ya, Say. *puk puk*

      Hapus
  11. Kiwiii kesukaanku banget mak, dimasukin freezer trus diblender. Enak~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku baru tahu nih dimasukin ke freezer sebelum dijus dulu. Tfs ya Win.

      Hapus
  12. Aku suka yang ijo.
    Pricy tapi kalau ingat nutrisinya ya sepadan

    BalasHapus
  13. Cari info sana-sini, ternyata kiwi bagus untuk nurunin kolesterol jahat dalam tubuh #ngemilkiwi

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan