Kamis, 16 Juni 2016

Sehari di Sinarmas World Academy

Ketika Anazkia mengajak saya ikut tur sekolahan “Sinarmas World Academy” (SWA), kening saya mengernyit. Wah, akademi apa lagi, nih? Pikiran pun langsung melayang ke acara-acara audisi yang marak muncul beberapa tahun belakangan. Apakah ini semacam sekolah untuk kepentingan audisi atau apa, ya? Namun, pertanyaan itu hanya saya simpan dalam hati. Sepanjang perjalanan menuju TKP, saya biarkan pikiran saya bebas berkelana.

Sejam kemudian, saya, Anaz, dan teman-teman blogger lain sampai. Kami disambut ramah oleh Miss Sofia Tanuwaty dan Mbak Emmy. Wah, ternyata SWA itu sekolah formal toh. Lokasinya mudah dicari, tapi agak tersembunyi. Meski cukup sering lewat daerah BSD, saya belum pernah sekali pun melihat SWA.

Spoiler, begitu masuk ke SWA hingga akhirnya kami selesai, lidah saya terus berdecak. Yang pertama, kagum sama luas sekolahnya. Mau tahu berapa? Sekitar 5,2 hektar, Saudara-saudara! Jelas butuh waktu seharian untuk kelalang keliling di sini. Itu pun tidak semua area bisa dijabanin. Kutak sanggup, Kakaaa. :)) Pastinya pada keringetan, hitung-hitung utang olahraga Rabu langsung lunas hihihi.  

Sekolahnya dikelilingi taman

Ruang kelas IT

Saya pikir ada Captain America, rupanya itu gurunya! :o

Miss Sofia diapit admin Fun Blogging yeaaay

SWA dibangun tahun 2007. Berhubung istilah “sekolah internasional” sudah tidak ada lagi, maka istilah untuk SWA adalah Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK). Konsepnya, sih, membuat sekolah laksana “rumah” bagi murid-muridnya. Misi dan visinya Embracing the Future Embracing Asia. Jenjang pendidikan TK – SMA. Murid-muridnya bervariasi, lokal maupun luar. Demikian pula guru-gurunya. Berhubung sekarang udah era MEA, bahasa pengantar pakai bahasa Inggris, dong. Selain itu, murid-murid juga belajar bahasa Indonesia, Mandarin, dan Korea. Fyi, pendidikan agama di SWA ada beberapa antara lain Islam, Buddha, Kristen. Setiap pelajaran agama, murid-murid berpisah mengikuti kelas pelajaran agama sesuai kepercayaan mereka. Hingga sekarang udah ada 5 angkatan lulusan SMA.

Perpustakaan
Apa jadinya jika kita para penggemar buku diajak ke perpustakaan? Senang bangetlah, berasa di “surga”, yaaa. Itu yang saya rasakan waktu kami diajak ke perpustakaan SWA! Perpusnya besar dan apik! Ribuan buku berjejer rapi di sana. Ruangan perpus untuk Kidergarten dibikin terpisah. Dijamin gemes melihat buku cerita anak yang lucu-lucu. Eh, eh, selain itu ada rak buku khusus guru juga! “Justru guru mesti  banyak membaca. Guru tidak hanya butuh satu referensi untuk mengajar. Kami berusaha menyediakannya di sini,” kata Miss Sofia, tersenyum.   


Ruang pertunjukan (theater)
Mata saya melatat melotot ketika masuk ke ruang pertunjukan Trini Dewi Theater. Mirip bioskop, tapi kapasitasnya untuk 400 orang. Ruang pertujukan ini tampak berkelas. Anak-anak yang ingin pentas, wisuda, dll, beraksi di sini. Oiya, disewakan untuk umum juga, lho. Berminat?


Laboratorium
Seperti sekolah lainnya, SWA punya lab science, yakni lab biologi, fisika, dan kimia. Yang luar biasa, tersedia juga lab workshop metal dan wood (dua lab terpisah). Maksudnya, lab ini dibuat untuk kegiatan yang memakai bahan metal dan wood. Bisa sampai sebegitu spesifiknya, ya!


Kelas Musik
Musik jadi salah satu pelajaran wajib murid-murid SWA. Yang mau belajar lebih intens, monggo ikut eksulnya. Di ruang musik tersedia ragam alat musik mulai dari yang modern sampai tradisional. Di sebelahnya persis ada ruangan dengan fasilitas komputer. Di ruangan ini anak-anak bisa membuat musik kreasi sendiri melalui program komputer. Seru dan fun!


Kelas memasak
Kalau mampir ke kelas memasak, saya langsung inget acara memasak di teve. Kayaknya kelas memasak di SWA cocok, deh, buat dijadikan lokasi syuting hahaha! Segala kompor, microwave, lengkap dengan range hood canggih, ada. Orangtua murid sering berbagi resep dan melakukannya di kelas memasak ini. Contohnya di bulan Ramadhan, para orangtua berbagi resep sahur dan berbuka puasa. Kadang pihak sekolah mengundang chef dari luar untuk menambah wawasan anak-anak.  


Fasilitas olahraga
Jujur, saya angkat topi pada sekolah yang memperhatikan fasilitas olahraga untuk murid-muridnya. Hari gini ya, kan, anak-anak lebih interest ke gadget dan males bergerak. Nah, kalau melihat semua fasilitas olahraga di SWA, dijamin Teman-teman langsung ngiler. Ada dua kolam renang berstandar olimpik yang airnya biru jerniiih. *fatal kalau puasa-puasa ngeliat ini hahaha!* Ada 2 lapangan futsal, 2 lapangan basket, 2 lapangan voli, dan 8 lapangan bulu tangkis (indoor). Daaaan, ada satu lapangan sepak bola nan hijau memesona (outdoor). Gedenya ampun-ampunan!   


Keamanan
Menurut Miss Sofia, semua yang mau masuk ke sekolah harus melewati pemeriksaan ketat, termasuk guru. Guru dan pegawai sekolahan yang bawa kendaraan wajib menempelkan stiker khusus di kendaraannya. Pernah kejadian, lho, Miss Sofia tidak diizinkan masuk oleh sekuriti karena mobilnya belum ditempeli stiker itu. Padahal, hari-hari Miss Sofia mengajar di sana. Well, peraturan tetap peraturan dan harus ditegakkan. Setuju? Satu lagi, toilet untuk anak-anak TK berada di dalam ruangan kelas. No need to worry kalau anak-anak pada mau pee or pup. Mereka dibimbing wali kelas masing-masing.     

Didukung tenaga pengajar dan fasilitas yang kecenya tak tertahankan ini, murid-murid SWA sarat prestasi. Mereka aktif mengikuti pertukaran pelajar. Sebagian pernah memenangi olimpiade sains.


Murid-murid SWA juga kerap meraih beasiswa kuliah di luar negeri. Menarik, penilaian dari pihak luar negeri ternyata tak melulu berkutat di angka akademis. Murid-murid yang punya pengalaman terjun ke masyarakat, berinteraksi secara sosial, dan berkarya dianggap memiliki nilai yang berharga. Dan, SWA mengajarkan itu. Salah satu contoh, murid-muridnya punya pengalaman magang di NGO yang melibatkan proyek kemanusiaan.

Salut! Yang paling saya ingat prestasinya adalah murid SWA bernama Christy Zakarias. Dia orang Indonesia pertama yang mendapatkan penghargaan internasional Diana Award (penghargaan dari Inggris untuk mengenang almarhumah Putri Diana) karena kiprahnya mengajar bahasa Inggris ke anak-anak SD tak mampu di pinggir Sungai Cisadane. Kebayang enggak, sih, pulang sekolah anak-anak remaja bawaannya pada capek terus penginnya bobok bobok cantik aja? Nah, Christy beda. Bersama teman-temannya, dia semangat membentuk proyek mulia Riveria. So, this is the true meaning of education, right? Intelligence and character. Sekarang Christy tengah melanjutkan kuliahnya di sebuah universitas bergengsi di London.

Duh, maksud hati, sih, pengin banget nampilin semua foto dalemnya SWA di sini. Cakep-cakep! Tapiii saya harus memilih hihihi. Apakah SWA termasuk sekolah yang sedang Teman-teman cari? Buat referensi memilih sekolah di tahun depan mungkin? Biasanya ibuk-ibuk udah mulai hunting sekolah baru sekitar bulan November atau Desember. Silakan hubung kontak di bawah untuk info lebih lengkap.   

Perjalanan kami ke SWA minggu lalu sangat berkesan. Semoga semakin bertambah jumlah sekolah seperti di SWA ini. Jadi pengin balik ke zaman Galih dan Ratna sekolah. Negeri kita butuh banyak bibit unggul taiye. Pastinya edukasi bukan cuma tanggung jawab pihak sekolah. Faktor keluarga dan lingkungan juga penting. Hayuk bekerja sama! Hmmm … besok-besok tur ke sekolahan mana lagi, ya? Ada yang mau ngajakin? :) [] Haya Aliya Zaki

Sinarmas World Academy
Jl. TM Pahlawan Seribu CBD Lot XV
BSD City, Tangerang
Website: www.swa-jkt.com
Telp: (021) 53161400
E-mail: info@swa-jkt.com


24 komentar:

  1. Pengen mba masukin Raffi kesana,sering lewat kayaknya keceee. Tapi aku percaya seh kualitase sekolahan ini patut diacungin jempol *mecahin celengan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah baru tahu sekolah ini, Cha. Luas banget, Bok. Komplet kabeh fasilitase. Piye, Raffi nanti ndak mau pulang kamping di sekolah aja wkwkw.

      Hapus
    2. sama, sih. Baru tahu juga ada sekolah ini

      Hapus
    3. Toss! Begitu tahu, langsung terbelalak. :))

      Hapus
  2. Wah..lengkap sekali fasilitasnya.. semoga sekolah lokal kita mampu seperti itu ya.. #semoga bukan mimpi



    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha, ini sekolah lokal kita, Pak. :D

      Hapus
  3. AKu jadi pengen sekolah lagi. Apik banget, moga buka cabang di Semarang hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Mudah-mudahan segera ada di sana ya, Mi.

      Hapus
  4. betah berlama-lama di perpustakaannya,kalo sekolah di sini gampanglah ya nyariin saya di mana 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeerrr ... di kolam renang maksudnya? *digaplok*

      Hapus
  5. Pernah ngelewatin nih, dari luar emang keliatan luas ya. Ternyata ada kolam bertaraf Olympic segala :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dua kolam renang pulak, Timo. :o Aku cuma motret satu ini.

      Hapus
  6. Ya Allah, sekolah cakep amaaaat.. bayarnya pasti juga cakep ya, hihi.
    Semoga ya Allah........ *banyak doa di bln Romadhon

    BalasHapus
  7. Fasilitasnya banyak dan komplit ya mba :D sayang jauh dari SUrabaya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera buka cabang di Surabaya, ya. :)

      Hapus
  8. Semoga alumni anak-anak yang sekolah full fasilitas dan minim fasilitas bisa bersinergi. Mereka bisa membangun Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Harapan kita semua, Mbak.

      Hapus
  9. lengkap banget fasilitasnya yah Mba :)
    anak-anak pasti betah deh seharian di sekolah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya. Semua aktivitas difasilitasi. :)

      Hapus
  10. kalau gurunya begitu, kayaknya saya betah berlama-lama di kelas hahaha. Pengen banget anak-anak saya bisa sekolah kayak gitu. Duh, kapan ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bwakakak ini malah omaknya yang gak mau pulang. :p

      Hapus
  11. Itu captain amerika ato Ameriki Mba hehehe, kalo tiap hari ngelilingin sekolah kayaknya bisa jadi kurus hehehe

    BalasHapus
  12. Keren banget sekolahnya, semoga saja semakin banyak sekolah2 di Indonesia yang seperti itu khususnya untuk sekolah2 umum :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan