Sabtu, 18 Juni 2016

Hadirkan CJR, Adaro Grup Berbagi Senyum Ramadhan kepada 1000 Anak Yatim

Dalam Alquran setidaknya ada puluhan kali kata “yatim” disebutkan. Which means Allah amat sangat menghendaki sekali kita untuk memelihara anak yatim, baik dari sisi ekonomi dan sosial. Jangan sekali-kali pula kita menghardik mereka.
 
Bapak Garibaldi Thohir, Presiden Direktur PT. Adaro Energy, Tbk (Adaro) sadar betul akan kalam Allah ini. Ramadhan tahun 2016, Adaro kembali mengadakan buka puasa bersama bareng 1000 anak yatim di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta (17/6). Saya pernah menulis reportase event tahun lalu di Adaro Grup Berbagi Bersama 1000 Anak Panti Asuhan di Bulan Ramadhan. Yuk cap cus dibaca, Teman-teman. Selain reportase, ada obrol-obrol santai tentang falsafah hidup keren dari pria yang akrab dipanggil Boy Thohir tersebut juga.





Adaro merupakan perusahaan pertambangan batu bara di Kalimantan Selatan yang di-handle oleh lima keluarga pengusaha, yakni Soeryadjaya, Thohir, Subianto, Rachmat, dan Sandiaga Uno. Btw, semalam Pak Sandiaga Uno hadir, lhooo. Aslinya lebih ganteng dan mudaaa haha! *digetok sendok* Adaro masuk dalam daftar 50 perusahaan terbaik di Asia versi majalah Forbes Asia. Para pemiliknya tercatat sebagai jajaran orang kaya dunia versi Forbes. Kini bisnis mereka tak lagi seputar penambangan batu bara, namun juga jasa perdagangan, infrastruktur, dan jasa kontraktor penambangan.  

Yang membuat saya kagum, orientasi bisnis Adaro bukan sekadar profit, melainkan juga kemanusiaan dan perbaikan lingkungan. Adaro pernah mendapat penghargaan International Apple Awards 2014 kategori Best Environment Practice. Berkat Sustainable Clean Water Program, Adaro dinilai bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Selain itu, Adaro masih punya macam-macam program sosial, antara lain mendirikan Tabalong Islamic Centre (TIC), program 1000 buku untuk anak-anak, dan pembangunan sekolah-sekolah.      

Semalam GOR Soemantri Brodjonegoro tumpah ruah oleh kehadiran anak yatim dari 16 panti asuhan di Jabodetabek. Senangnya melihat anak-anak sebanyak itu lagi! :) Jelang azan magrib, kami mendengarkan siraman rohani dari Ustaz Kang Rashied. Beberapa poin dari Ustaz yang paling saya ingat adalah manusia harus selalu PIKIR dan ZIKIR. Jangan mudah terjerumus godaan duniawi. Kalau dianugerahi cobaan kesedihan, urung putus asa. Cobaan merupakan ujian “naik kelas”. Ibarat kelapa, makin diperas makin mantap santannya. Betul juga perumpamaannya, ya? Hihi. Di rumah, saya penasaran, cari-cari video tausiyah Ustaz Kang Rashied, ah, di Youtube. Alhamdulillah ketemu dan mencerahkan banget.


Dengerin tausiyah bareng temen-temen blogger (foto punya Simbok)

Dalam sambutannya, Pak Boy Thohir mengajak kita untuk selalu memuliakan anak yatim. Meski bisnis lagi seret, misalnya, jangan berhenti menyantuni anak yatim. Siapa tahu, melalui mereka, rezeki kita dipanjangkan Allah. :) Kalau saya lihat, bulan Ramadhan begini mungkin banyak korporat yang mengadakan acara buka bersama bareng anak yatim. Sayangnya, kehadiran anak yatim jadi "pemanis" aja. Mereka diperlakukan seadanya dan hanya diberi makanan sisa. Hiks! :( Namun, acara Adaro berbeda. Anak-anak yatim benar-benar diperhatikan. Bahkan, demi menyenangkan hati anak-anak, kakak kandung Erick Thohir ini menyiapkan sebuah kejutan. Hmmm … kejutan apakah gerangan?


Presiden Direktur PT. Adaro Energy, Tbk, Garibaldi Thohir (Boy Thohir)

Sekian menit deg-degan menunggu, akhirnya terungkap sudah. Kehadiran band kondang CJR bikin suasana di GOR seketika pecaaahhh! Begitu CJR muncul, anak-anak langsung ramai-ramai menghambur ke panggung! Mereka ikut bernyanyi meluapkan kegembiraan, namun tidak berlebihan. Eits, jangan salah, meski lagu-lagu Backstreet Boys dan Tommy Page abadi di hati para om-om dan tante-tante seperti kami, kehadiran CJR tak luput bikin kami ikut bergoyang haha! Mulai dari lagu #Eeeaa sampai Demam Unyu Unyu. Apalagi ketika lagu jadoel Cantik Kahitna dinyanyikan oleh trio Iqbaal, Aldi, dan Kiki ini. Tante terharuuuw! *nyanyi sambil ngaca* Singkat cerita, Pak Boy Thohir memang kekinian abis. Tahu aja band favorit ABG sekarang haha!





Horeee pulang bawa oleh-oleh perlengkapan sekolah dan amplop! :) 

Your happiness is our happiness :)

Guess what, sampai sekarang, twitpic CJR #BukberAdaro milik saya dan teman-teman blogger lain belum berhenti di-like dan di-retweet oleh ABG dari barat sampai timur nusantara. :)) Luar biasa para fans CJR ini! Acara ditutup dengan pembagian oleh-oleh  perlengkapan sekolah dan amplop untuk anak-anak. Semoga tahun depan kita semua bisa kembali bertemu Ramadhan dalam suasana yang lebih menyenangkan lagi, ya. Aamiin! [] Haya Aliya Zaki

20 komentar:

  1. Terus terang aku baru kali ini menikmati acara bukber bersama anak yatim yg beda atmosfirnya.
    Semoga kenangan akan CJR menjadi ingatan yg indah di hati anak2 yatim itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga ya, Mas. Ikut senang melihat anak-anak senang. :)

      Hapus
  2. kebayang histeria anak2 ketemu CJR...salu sama peusahaan Adaro yang banyak program csr smg makin barokah perusahaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om-om dan tante-tante juga histeris. :)))) Aamiin, semoga berkah, Mbak Rina.

      Hapus
  3. Acara seru amat buat anak-anak. Ketemu idol. Biasanya kan acara bukber kalem-kalem gitu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bukber yang ini memang beda, Fah. :D

      Hapus
  4. Terharu melihat kebahagiaan dan kegembiraan anak-anak itu. Semoga mereka selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin! Btw, dirimu gak terharu lihat aku bahagia nonton CJR? *digaplok angpau THR*

      Hapus
  5. kalau saya di sana juga pasti heboh deh bareng anak-anak hehe, saya suka mbak sama perusahaan yang aware terhadap kemanusiaan apalagi lingkungan, karena berarti memikirkan masa depan yang tidak melulu uang tujuan utama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, Ev. Mudah-mudahan perusahaan kayak gini berkah, ya.

      Hapus
  6. aku ketawa ngikik baca caption fotonya tante ini di sosmed bbrp waktu lalu.. trus dicium ga mbaa, sama CJR??? *digetok duit*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bwakakak ndak boleee. Bukan mahram. :p

      Hapus
  7. Acaranya meriah banget ya mbak, salut dgn org kaya yg dermawan, iri. Oiya bpk Unonya mana? hihi huhuy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku gak dapet kesempatan moto Pak Uno. Temenku nih yang dapet Mbak. Ini link blognya http://bit.ly/28Ileg4.

      Hapus
  8. Setuju sama kata-kata pa Boy, walau bisnis/rezeki seret tetep harus berbagi. Kadang itu yang masih terlupa, bahwa ada hak mereka di rezeki kita. Hiks.. jadi sedih. Sadar kalau masih kurang berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi reminder buat kita semua ya, Ciii. :)

      Hapus
  9. senang melihat senangnya anak-anak itu pas CJR muncul..senang juga ternyata ada emak-emak di samping saya yg joget pas mereka nyanyi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih siapa enak-emak itu, ya? Kenalin dong? *muka tak senonoh, eh, tak berdosa*

      Hapus
  10. Alhamdulillah banget mba bisa berbagi kebahagiaan bersama mereka ya mba

    BalasHapus
  11. Fans CJR memang belum mati yaa.. banyaaakkkk...

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan