Jumat, 08 April 2016

Yuk, Diet Kantong Plastik!

“Sekitar 8 juta ton sampah plastik beredar di lautan dunia setiap tahun.” – bbc.com

Jauh sebelum orang-orang heboh soal kewajiban membayar kantong plastik setiap belanja ke supermarket, saya dan keluarga sudah berusaha membawa tas kain setiap belanja. Kadang-kadang kalau lupa bawa tas kain saat belanja, rasanya bersalah banget. Kesadaran ini berawal dari pengetahuan sederhana, yakni sampah plastik baru bisa terurai oleh tanah setelah 1000 tahun!

Ya, kedengarannya memang sederhana, namun efek jangka panjangnya mengerikan. Selama terurai, plastik akan mencemari tanah dan sedulur-sedulurnya. Jika dibakar, asap dari sampah plastik akan melepaskan senyawa dioksin yang membahayakan kesehatan. Penyakit kanker dan hepatitis membayangi kita. Di laut, sampah plastik dapat merusak sistem rantai makanan. Ikan kecil menyangka plastik adalah plankton dan melahapnya. Setelah itu, ikan kecil dilahap ikan besar. Demikianlah, bencana pun terus berlanjut, Saudara-saudara. Ajegilee umur plastik bisa sampai 1000 tahun, sementara kita dikasih umur 60 tahun aja udah luar biasa. Lebih dari itu, anggap bonus dari Allah. Jadi, yang menanggung bencana sebenarnya adalah anak cucu kita nanti. *duh, serius bener bahasannya yak?* *lap keringet jagung*

You know what, toko belanja modern diklaim sebagai toko penyumbang terbesar sampah kantong plastik. Belanja barang-barang kecil aja pasti dibungkus pakai kantong plastik. Kesannya enggak pakai kantong plastik, enggak sopan. Laaah. Belum lagi kalau barang-barang belanjaannya beda kategori. Contoh, belanjaan buah-buahan dan sayur-sayuran segar tidak mungkin disatukan dengan belanjaan kapur barus dan obat pembasmi serangga, kan? Kantong plastiknya mesti beda. Bisa Teman-teman perkirakan berapa banyak konsumsi kantong plastik dalam satu kali belanja, terutama saat belanja bulanan?


Kantong plastik! :(

Nah, belanja pakai tas kain bisa kepentok masalah juga. Berapa, sih, kapasitas sebuah tas kain? Keciiil. Setiap belanja, kudu bawa sampai beberapa. Rempong pastinya. Alhamdulillah, sekarang nemu solusi. Baru-baru ini Transmart Carrefour membuat Trolley Bag. Trolley Bag ini semacam satu paket tas belanja yang terdiri atas 3 tas beda ukuran (merah 56cm x 45cm x 21cm, hijau 50cm x 42cm x 21cm, dan kuning 48cm x 40cm x 21cm). Praktis binti ringkes karena muat banyak belanjaan dan jadi satu wadah yang mudah dibawa ke mana-mana!




Keunggulan lain, Trolley Bag bisa digunakan berkali-kali. Bahan dasarnya dari polyester yang waterproof. Gampang dicuci jika terkena noda. Jahitannya kuat dan mampu menahan berat belanjaan karena tulang penahannya terbuat dari pipa PVC.

Bagi saya, pemakaian Trolley Bag sekalian dalam rangka mendidik anak-anak akan pentingnya melestarikan lingkungan. Kenapa kita harus sayang bumi? Kenapa memakai satu tas ini bisa menghemat banyak sampah plastik? Kenapa makanan anu tidak boleh dicampur dengan deterjen inu? Dst dst dst. Jadi, Trolley Bag seharga Rp199.000,00 termasuk relatif terjangkau, mengingat kemudahan dan manfaat yang diberikan. Teman-teman yang punya kartu kredit Bank Mega dapat diskon lagi 10% lho harga Trolley Bag-nya jadi Rp179.100,00. Trolley Bag tersedia di semua gerai Transmart Carrefour.





Hari Sabtu kemarin saya belanja tengah bulanan ke Carrefour CBD Ciledug. Ceritanya belanja perdana pakai Trolley Bag. Ternyata, oh, ternyata pas celingak-celinguk lagi ada promo barang-barang elektronik dari tanggal 8 – 10 April 2016! Udahlah dikasih harga promo masih ditambah pula diskon 5%. Yang pakai kartu kredit Bank Mega dapat diskon 10% lageee. Btw, setiap wilayah promonya beda-beda, ya. Khusus Jakarta yang lagi promo tuh produk small appliance kayak blender, rice cooker, kipas angin, dll.  Cek info lengkapnya di http://carrefour.co.id/shop/promo_elektronik/.



Balik lagi ke soal diet kantong plastik. Jadikan pemakaian Trolley Bag sebagai gaya hidup. Aksi kecil ini bisa berdampak besar jika banyak orang menerapkannya. Yuk, beraksi sekarang untuk masa depan anak cucu kita 1000 tahun lagi! :) [] Haya Aliya Zaki          

20 komentar:

  1. Waaa ada diskon barabg2 elektronik yaaa. Ke carefoour ahh!

    BalasHapus
  2. Inovasi terbaru dari Carrefour ya Mba.. Jadi inget dapet voucher Carrefour dua minggu yg lalu dari event blogger,jadi pengen belanjainnya ke sana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dibelanjain vouchernya, Mba. Buat beli Trolley Bag juga oke tuh hihi.

      Hapus
  3. Mbak Haya, mini market dekat rumah saya kayaknya ketiban berkah dengan gerakan diet kantong plastik ini. Mereka gak nanya lagi mau dikabtongin atau gak. Pokoknya langsung dimasukkan kresek terus mereka charge. Aku tegur lho mereka hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Etikanya, sih, nanya dulu ya, Mba. Siapa tahu customer bawa tas kain sendiri. Kalo begini judulnya mengambil kesempatan dalam kesempitan. -__-

      Hapus
  4. waahh keren mba Haya, pas banget buat kalau lagi belanja dalam jumlah banyak.. warnanya lucu2 pulak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dijajal, Mba Zata. Cucok buat kantong belanja bulanan. :)

      Hapus
  5. Belum punya nih kantong belanja gini. Soalnya masih belum sering belanja bulanan. Masih mengandalkan tas goodie bag yang bisa dilipet.

    Tapi bagus yaa kantong belanjanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku selama ini juga pake tas goodie bag, Lia. Tapi kalo buat belanja yang banyakan, rempong. Soale kapasitasnya kecil hehe. Terpaksa disupppot pake kardus dah.

      Hapus
  6. kantongnya kreatif
    kalau istri suka bawa kantong eks goody bag hehhe
    salam sehat utk keluarga mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inovasi dari Transmart Carrefour, Mas. Salam sehat juga ya.

      Hapus
  7. kantong plastik yang unik-unik. bisa menemani istri belanja kantong plastiknya.hehe tapi sayangnya belum punya tas ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukan kantong plastik, Mas. Ini set tas lipat pengganti kantong plastik.

      Hapus
  8. Sayangnya diet kantong plastik yang diusung pemerintah kok keknya separo ati ya? Denda 200 bukannya memberatkan konsumen malah menguntungkan si toko. Lah wong belanja apa2 langsung charge 200 ksh kantong plastik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mestinya ditegur tuh Mas kayak komen Mba Evi di atas. Kasir jangan langsung main cas kantong plastik aja. Siapa tahu customer bawa tas kain atau tas lipat sendiri buat naruh belanjaan.

      Hapus
  9. Di Pemalang nggak ada Carrefour, Mbak. Harus keluar kota kalau mau dapet trolley bag itu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Eko, boleh coba tanya ke fanpage Carrefour Indonesia. Mudah-mudahan ada solusi, ya. :)

      Hapus
  10. praktis banget ya mbak, jadi pingin beli. Berarti Alvin gak boleh naik troli lagi udah gede hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktis memang. Cukup satu paket tas untuk muat banyak belanjaan. Kayaknya Alvin juga bisa masuk hihihi.

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan