Kamis, 28 April 2016

Selamat Tinggal Anyang-Anyangan!

Teman-teman, kita kaum perempuan mungkin semuanya udah kenal sama yang namanya Anyang-anyangan, ya? Saya kenalnya pas zaman kuliah. Duh, benar-benar perkenalan yang tidak diharapkan. :( Gejalanya, tuh, pengin pipis terus-terusan. Setiap pipis, enggak lancar dan rasanya … SAKIT!

Meski kesiksa sama rasa sakit Anyang-anyangan, saya cuek bebek. Bebek aja sampai kalah cuek. Maklum, pikiran udah penuh duluan sama jadwal kuliah, kegiatan praktikum, bikin laporan, praktik di apotek di RS, dll. Hingga suatu ketika, saya shock waktu lihat pipis saya BERDARAH!

Saya cap cus diantar pacar a.k.a calon suami ke dokter sambil menangis gerung-gerung. Pikiran mengidap penyakit ina inu yang berbahaya berseliweran di kepala. Begitu sampai di klinik, saya sempat aziz gagap mode on saking paniknya.

Saya: “Dok, saya … sa … saya ….”
Dokter: “Kenapa? Hamil, ya?” (senyum-senyum)

Haaah? Saya dan pacar langsung saling pandang. Lha, wong saya belum diapa-apain mana bisa hamil, Dok! *tepok jidat*

Ternyata, setelah diperiksa, saya didiagnosis menderita infeksi saluran kemih berat. Berdasarkan survei, 5 dari 10 perempuan pernah mengalami infeksi saluran kemih. Penyebabnya ternyata adalah bakteri E. coli. Awalnya dari Anyang-anyangan, lalu lanjut ke infeksi level tinggi karena diabaikan huhuhu. Waktu itu saya memang mobile banget. Area V jadi kurang diperhatikan. Bukan cuma dokter yang menasihati supaya saya menjaga kebersihan area V, melainkan juga calon suami! Saya cuma bisa manggut-manggut sambil elap ingus. Kapoook!

Kejadiannya 15 tahun lalu, namun masih sangat membekas di ingatan. Sekarang saya udah enggak punya tampang anak kuliah lagi, sih. Cuma, kegiatan sebagai ibu tiga anak malah lebih heboh. Belum lagi urusan di dunia blogging yang rutin bikin workshop dan sering dapat undangan meliput event segala. Berdasarkan pengalaman pribadi dan saran dokter, berikut beberapa tip mencegah Anyang-anyangan dari saya.

1. Di toilet umum
Sebelum pipis, tarik flush terlebih dahulu. Tujuannya menghindari kuman di air toilet terciprat ke area V kita. Lap dudukan toilet dengan tisu atau semprotkan toilet seat sanitizer. Saat membasuh area V, biasanya saya memakai air baru (tampung lagi dari keran), bukan air yang udah ada di dalam ember di toilet umum.

2. Basuh area V secara benar
Basuh area V dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Kalau tidak, dikhawatirkan kuman dari anus masuk ke area V. Wajib hati-hati soal basuh-membasuh ini karena saluran pipis perempuan lebih pendek daripada milik laki-laki. Kuman lebih mudah masuk dan berkembang biak.  

3. Bawa handuk kecil
Area V kering = nyaman. Area V yang lembap merupakan media yang yummy delicioso buat kuman hidup. Etapi jangan nanya soal cairan pembersih area V ke saya karena jujur saya tidak pernah pakai. :))

4. Siap sedia pembalut di dalam tas
Berhubung jadwal menstruasi saya kurang teratur dari sononya, saya usahain siap sedia pembalut di dalam tas. Harus sering-sering ganti pembalut ketika menstruasi supaya area V tidak lembap. Oiya, satu lagi. Hindari nahan-nahan pipis, deh. Ini salah satu penyebab Anyang-anyangan juga.

5. Pola hidup sehat
Konon pula belakangan ini saya sedang gencar menerapkan pola hidup sehat. Segala jus buah dan sayur hayuk diminum. Dengan syarat, nongula atau gulanya minimalis aja.

Omong-omong soal jus buah, beberapa waktu lalu saya membaca di Kompas.com bahwa Cranberry termasuk salah satu makanan super untuk perempuan. Kenapa? Cranberry bersifat antioksidan tinggi dan kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah anyang-anyangan. Soalnya Cranberry mampu menghambat kuman menempel pada saluran kemih (kumannya kepeleset, istilahnya kena “teflon effect”). Ini bukan asbun, lho, melainkan memang sudah direkomendasikan oleh para ahli. Cranberry buah yang kecil, tapi tinggi manfaat. Konsumsi 2 gelas setiap hari. Penting ini, karena berdasarkan riset, 25% perempuan mengalami Anyang-anyangan berulang.    

Alhamdulillah, sekarang ada Prive Uri-cran yang berisi ekstrak buah Cranberry. Praktis-tis-tis karena dalam bentuk sediaan kapsul. Satu kapsul berisi 250 mg ekstrak buah Cranberry. Sehari konsumsi 1 – 2 kapsul. Ada juga bentuk sediaan powder  sachet, bisa diminum dengan air dingin dan rasanya … enaaak! Per sachet berisi 375 mg ekstrak buah Cranberry, Vitamin C, dan Probiotic. No need to worry karena yang memproduksi adalah reputable company, Combiphar. Sekarang Prive Uri-cran udah bisa ditemuin di mana-mana, salah satunya di apotek Guardian.





Mungkin Teman-teman mau nanya, bumil boleh tidak mengonsumsi Prive Uri-cran? Jawabannya: boleh! Semua bahan Prive Uri-cran alami. Fyi, bumil pastinya lebih sering pipis. Jadi, saat hamil, risiko kena Anyang-anyangan pun bisa jadi lebih besar.

Semoga tip di atas berguna, ya. Jangan lupa banyak banyak minum air putih juga. Sekarang tambah satu lagi benda yang kudu ada di dalam tas saya saat bepergian, yakni Prive Uri-cran dengan ekstrak buah Cranberry. Selamat tinggal Anyang-anyangan! [] Haya Aliya Zaki

77 komentar:

  1. Aku pun pernah Mba Haya. Maklum ya, tukang minum kopi yang ngga suka (rasa) air putih. Jadilah sekali nahan pipis karena terjebak meeting berakhir dengan kujungan ke dokter haha. Ini spertinya berguna. Thanks for sharing ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mba. Kebayang, apalagi kalo meeting-nya lagi alot hihi. Berat mau ninggalin. Harus banyak minum air putih juga katanya, ya. :)

      Hapus
  2. Mba Hayaaaa, makasih banget artikelnya! aku sering banget anyang2an soalnya dan ini sangat mengganggu aktivitasku sbg mama buat 3 anak :(. Dulu, aku bahkan pernah sampe dilarikan ke RS karena demam hebat akibat infeksi kandung kemih, huhuhuuu.

    Beneran deh jadi pengen nyobain si Prive uri-cran ini. Besok langsung mau cari ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah sampe demam ya, Mba? :( Aku waktu itu ga demam, tapi berdarah. Takutnya minta ampun. Boleh cobain Prive ini, Mba. Oke buat stamina. Aku minum.

      Hapus
  3. Aku suka anyang2an nih Kak.. Baru aja 2hr lalu anyang2an lg.. Huhuhu..
    Beneran ini pengen nyobain Prive uri-cran nya.. Mau browsing2 dulu ah.. Thx yah kakakkkk infonya ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak minum air putih, Ye. Kesiksa banget pasti itu. Monggo silakan browsing dulu. :)

      Hapus
  4. Aku kalo anyang2en biasanya kkareti jari jemmmpol kKiku mbak xixixiixi

    BalasHapus
  5. Aku yg sampe k dokter belum pernah mbak.. tapi yg 2-3 harian gtu pernah. Bikin senewen yaaaaa... pipis sakit, ga pipis ttp ngrasa pgn pipis. Zzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa kayak di-PHP gitu, kan, pipisnya. -___-

      Hapus
  6. aku juga pernah anyang-anyangen
    biasanya saya kasih balsem saja di perut mbak
    salamm sehat amin

    BalasHapus
  7. Ingat jaman dulu, sering anyang-anyangen.
    Teman2 ngasih tahu agar ibu jari kaki diikat dengan merang (tangkai padi yang sudah kering) Kok bisa hilang ya anyang-anyangen nya.
    Sekarang lebih praktis karena ada obatnya.
    Terima kasih tipnya
    Salam hangat dari Jombang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena kebetulan antibodinya juga lagi bagus, Pakde. Sama-sama, Pakde. :))

      Hapus
  8. aku pernah mbak,pas banyak jam ngajar pula waktu itu. disaranin sama guru2 banyak minum air hangat..jadi lumayan kegangggu juga ngajarnya, sering izin ke toilet hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus pas ke toilet, ga mau keluar pula ya, Hana. Remfooong jadinya.

      Hapus
  9. Aku juga pas kuliah baru tahu infeksi saluran kemih. Awalnya pake karet diiket di jempol kaki kalau anyang-anyangan. Kabar gembira banget kalau sekarang udah ada obat alaminya. Mari telpon apotek langganan.
    Makasih mba Haya postingannya sungguh merupakan kabar gembira. Peluuukkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah pada banyak yang pake trik itu. Aku baru tahu. Kayaknya mitos, deh, Phal. :)) Aku juga senaaaang. Soalnya mau cari buah Cranberry-nya juga bingung mau cari ke mana. :p

      Hapus
  10. Nambahin tipsnya mba Haya. Dokterku bilang sebaiknya basuh dengan air yang mengalir apalagi kalo di WC umum yg ada bak mandi/ember. Karena tidak dijamin kebersihan ember/bak tsb. Apakah dikuras secara peiodik atau tidak. Semenjak itu, walau kondisi toilet umunya bersih, saya selalu pakai air baru yg mengalir dari kran, ngga pernah pake air bak lagi. Alhmadulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul, Mba. Saya waswas kalo pake air yang ada di ember atau bak. Kondisinya seperti yang Mba bilang tadi. Siyap, makasih tambahan tipnya. :)

      Hapus
  11. Kalau dalam basa Sunda ini namanya jeungjeuriheun. Dulu aku mengira ini hanya karena minum air yang kurang matang atau karena nahan pipis dan kurang minum. Ternyata faktor kebersihan terutama di toilet umum juga bisa menyebabkan anyang-anyangan. Info yang sangat bermanfaat, Tante. :D

    Kayaknya emang harus mulai mengonsumsi Prive Uri-cran supaya menjaga area V dari dalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Ponakan. Iya euy Tante trauma kejadian lagi pipis berdarah ntuh. :(

      Hapus
  12. Kalau anyang-anyangen biasanya, kaki diangkat terus disandarin ke tembok :D Btw, ternyata ada obatnya juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cara yang ini kayaknya aku pernah liat mamaku dulu ngelakuin juga. Sekarang lebih ke ngeliat dari sisi medisnya. :D

      Hapus
  13. Dulu aku pernah kena anyang2an, sampe berdarah juga. Ngeri bangeeet.....terapi nya smp 6 bukan supaya anyang2an ga kumat dan jgn nahan pipis.

    Enaknya skr udah ada treatment herbal kaya gini ya. Perlu di coba nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa sampe 6 bulan, Des?! Ternyata banyak teman senasib. Hiks! Moga ga terulang lagi. Boleh konsumsi Prive Uri-ran ini, Des.

      Hapus
  14. Aku dulu pernah juga sih, dikit2 pingin buang air kecil, nggak sakit sih tapi mengganggu juga kalo bolak-balik kamar mandi. Asyik sekarang sudah ada Prive Uri-Cran ya, sepertinya seger tuh yang bentuk powder diminum dg air dingin.
    Kalo di toilet umum aku sedia tissue biasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga coba yang sasetan bubuk itu, Mba. Segeeer apalagi kalo minumnya pas cuaca panas. :D

      Hapus
  15. tampah segar cranberrynay ya mbak :) meluncur deh ke guardian mau tahu harganya

    BalasHapus
  16. Anyang-anyang itu kadang sakit banget ya Mbak Haya, kata temenku yang sering hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jangan sampe ngalamin, Tis.

      Hapus
  17. Ohhh udah ada obatnya yang alami. Rekomen buat temenku yg hamil ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya, Innayah. :)

      Hapus
  18. wahh, berguna bngt ni penjelasannya

    BalasHapus
  19. Wahhhh thanks ya mba.. Berguna banget infonya.. Bisa dibeli dimana ya ini?

    BalasHapus
  20. Aku rutin nih konsumsi cranberry buah . Krn bagus buat yg punya anemia. Ternyata bagus juga buat kandungan kemih ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba. Aku rencananya pengin konsumsi rutin.

      Hapus
  21. Akhir2 ini sdh 2 kali aku perih kalo pipis.. Apa itu termasuk anyang2an ya Mbs? Tspi gak berdarah pipisnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gejala yang aku alami itu kalo pipis sedikit-sedikit padahal bawaannya kayak masih pengin pipis. Pas pipis, rasanya perih dan panas. Tapi boleh coba cek ke dokter supaya lebih pasti ya, Mba.

      Hapus
  22. Kalau aku ngobatinya pake air yg agak panas, gak panas bgt, lalu d kasih sdikit garam, lalu d minum, airnya dikit aja yah, tar sembuh loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah share pengalamannya.

      Hapus
  23. Ooo, ternyata sudah ada yang praktis ya, siiippp...
    Kalo saya anyang-anyangan biasanya daerah perut agak bawah saya kasih balsam, rasanya panas, ga tahu apa apa hubungannya, tak lama setelah itu sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih share pengalamannya, Mas Akhmad.

      Hapus
  24. Ingat rasanya waktu dulu anyang-anyangen, nyiksa banget, duuh periiih.
    Boleh juga nih, segar dan menyehatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo dicoba, Mba Nefer. Buat stamina juga oke.

      Hapus
  25. beberapa waktu yang lalu saya juga anyang-ayangan Mba Haya, mau pipis rasanya sakit banget dan berdarah. sama seperti Mba Haya, saya juga panik dan nangis takut kenapa-napa mana kejadiannya malam pula. yang saya lakukan hanyalah perbanyak minum air putih sambil menunggu pagi untuk ke dokter..

    ternyata sekarang ada uri-chan yah jadi nggak perlu panik lagi jika terkena anyang-anyangan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya Mbak. Moga kejadian lagi. Sekarang ada Prive Uricran, pas banget buat kita para perempuan.

      Hapus
  26. Aku pernah baca manfaat Cranberry itu mba. Sayangnya di negata kita kan memang bukan buah yang mahfum ditemui yaa.... Sekali nya ada di salad, juga ogah makannya karrna rasanya ajaib wkwkw . Baru tau ada UriCran ini .....hmhh harganya berapa ya mbaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ajaib kenapa hahaha. Aku malah belum pernah coba buah aslinya sekali pun. Tapi yang di Prive Uricran ini enak, sih. Harganya boleh cek di Guardian atau Kimia Farma, Dije. :)

      Hapus
  27. Mbak Haya,
    Ini diminum terus kah? Konsumsi 1-2 kapsul sehari selama berapa lama?
    Beli di apotek mana aja bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sehari 1 - 2 kapsul, Nung. Boleh untuk seterusnya karena sifatnya dia antioksidan tinggi. Bagus buat jaga stamina juga. Bisa beli di Guardian dan Kimia Farma.

      Hapus
  28. Mbak Haya, makasih banget infonya ini.
    Kista ginjal kemarin itu infeksi karena sering nahan pipis dan anyang-anyangan juga. Mau coba UriCran buat pemulihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lekas pulih seperti sediakala, Eva. Makasih share-nya di blog. Jadi pelajaran buat aku juga. *peluk*

      Hapus
  29. Kenapa ya..klo baca anyang2an..jd pingin nyanyi lagunya Dewa Dewi yg Ayang ayangkuhhh..hu uuuu..ayang..ayangkuuu..huhu...

    Hasyah.

    Makasih infonya...smoga ga sampai terjangkit ayang2ku..lah...
    Minum air putih yg cukup...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha aku juga suka lagu itu, Mba Bella. Sehat selalu. :D

      Hapus
  30. Ternyata cranberry bagus ya banget khasiatnya ya cikgu.ntar aku rekomen ini ah buat temenku yg punya kasus sama. Tfs mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya, Muna. Salam buat temennya. :)

      Hapus
  31. wah, aku suka makan buahnya yang segar mba. Baru tau kalau salah satu khasiatnya ini. Suka karena memang segar dan kayak antioksidan. Thanks for the info..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya di Indonesia buah ini belum ada ya, Mbak Indah. Beruntung dirimu yang tinggal di NYC bisa mencicipi. Bener, cranberry kaya antioksidan banget.

      Hapus
  32. aku pernah ngalami hal semcam itu, jika aku lama engga badminton, terus di buat badminton, pasti malamnya itu anyang-anyangan. kenapa ya.... apa karena panas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kenapa, ya. Mungkin bisa konsul ke dokter, apa hubungannya badminton dengan gangguan saluran kemih.

      Hapus
  33. Mbak aku baru tahu loh kalo "anyang-anyangan" itu juga bahasa indonesia :D kirain ada versi indonesianya hihihi dan aku juga baru tahu kalo ada obatnya.

    Biasanya aku kalo anyang-anyangan dengan mijit jempol kaki dan pakai pembalut biar ngga capek ke kamar mandi. Tapi kalo cowok ngga mungkin pakai pembalut ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi kalo cowok pake pembalut, bahaya, Cyiiiin. :D

      Hapus
  34. Aku pernah kena anyang2an parah, sampe2 sakiit bgt klo kebelet pipis jd gk bs nahan. Nah bs sampe nangis deh. Skrg kapok udh gk mau nahan pipis lg. Nanti mauncba beli uri-Cran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogger dan traveller rental kena anyang-anyangan ya, Noe. Soalnya sering pengin nahan pipis kalo lagi ngetik dan jalan-jalan. Sehat selalu, Noe.

      Hapus
  35. Lam kenal mbk... Sayangnya ne obat tak cari muter se salatiga g ada yg jual. Ada yg bisa bntu buat krm ke sy gag...atau ada yg tau jual online di mana. Masak ya harus cuss ke semarang atau solo dulu. Hiksss....thx b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, Mbak. :) Makasih sudah mampir. Prive Uricran bisa didapat di Apt. Vitra Jl. Jend Sudirman no. 1/A1 Salatiga telp (0298) 324144 atau di Apotek Beringin Farma Jl. Diponegoro 1 Tempuran Salatiga. Semoga ketemu. :)

      Hapus
  36. Kalau pipis di toilet umum aku selalu mendak' istilahnya dulu. Jadi semacam ambil pose squad gitu mba biar ngga kena sama pinggiran closet. Trus basuh tissue basah (atau tissue yang udah dibahsahin), baru keringin lagi biar ga lembab. Makanya aku lebih suka closet jongkok. Lebih AMAN. But, thanks for share tth Cranberriesnya. Bisa jadi solusi juga nih untuk menjaga.

    BalasHapus
  37. Ketidaktauan bisa membuat ketakutan ya wkwk, untuk segera pergi ke dokter. jadi gak terlalu panik :p

    BalasHapus
  38. Aku kena infeksi saluran kemih pas hamil. Aduhh... rasanya menyiksa banget. DAn di warn sama dokterku, supaya jangan sampai nyepelein. Katanya, kalau dibiarkan, kumannya bisa nyampe ke rahim dan merusak kantung janinnya, trus merembes deh ketubannya. Hiyyy... atuttt ... wallahua'lam

    BalasHapus
  39. makasih informasinya kak, sayangnya masih sulit mendapatkannya di daerah ya kak, di Padangsidimpuan aja misalnya, gak nemu Prive Uri-cran kak, bahkan di Mataharimall.com juga gak ada, padahal udah niat mau beli online aja tadinya. Semoga kedepannya pemasarannya ditingkatin :)

    BalasHapus
  40. Kalau aku mengobati anyang anyangan dengan meminum ramuan air panas dan garam, langsung tokcer

    BalasHapus
  41. Anyang2an emang bikin tersiksa banget, apalagi kalau toilet jauh, lagi di luar rumah, atau lagi ada kerjaan. Untung sekarang ada solusi simple-nya ya untuk mengobati anyang2an :D

    BalasHapus
  42. Alhamdulillah sudah lama nggak anyang-anyangen lagi... tersiksa bangeeete...keingat dulu kalo lagi anyang2en diangetin di depan tungku

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan