Senin, 04 Januari 2016

Nutrisi Terbaik untuk Sahabat Terbaik

Apa senangnya punya anak perempuan? Jawaban saya … bisa didandanin! Hahaha! Setelah lahir si sulung, Faruq, saya pun mengkhayal punya anak perempuan. Hmmm … bisa dipakein aksesori yang girly. Ke mana-mana motif bajunya samaan. Barengan pakai jilbab pink kayaknya juga lucu!

            Alhamdulillah, doa saya dikabulkan, Teman-teman. Beneran, punya baby Shafiyya bikin saya tambah banyak mau. Enggak bisa lihat perlengkapan bayi yang imut-imut dikit. Untung ada suami yang jadi reminder supaya dompet enggak bocor lebih dalam. Jangan sampai bocornya ngalah-ngalahin ember di rumah.        

            Semakin hari saya semakin amazed dengan pertumbuhan Shafiyya, terutama kemampuan verbalnya. Ceritanya sudah ada di postingan sebelumnya, ya. Selain itu, ada yang lebih istimewa. Lama-lama kami jadi seperti … sahabat! Mestinya tidak mengherankan. Toh, saya dan Mama juga seperti sahabat. Tempat curhat saya, ya, Mama. Nasihat yang paling saya percaya, ya, nasihat Mama. Suporter saya yang tidak pernah lelah, ya, Mama. Tapi, yang ini rasanya tetap emejing emejing hore. Kebayang enggak, sih, seseorang yang kita asuh sejak bayi pelan-pelan menjelma menjadi gadis kecil dengan semua keunikannya? *kasih waktu dua minggu buat ngebayangin* *kelamaan!* Shafiyya senang memperhatikan sikap saya, antusias setiap bercerita ini itu, dan mulai bisa mengajak saya bertukar pikiran, lho. She’s my new best friend!     

            Sehari-harinya Shafiyya senang beraktivitas, terutama menari dan berenang. Menari dan berenang baik untuk fisik. Fungsi otak kanan dan otak kiri jadi seimbang. Keduanya aktivitas yang membutuhkan konsentrasi. Pastinya Shafiyya butuh unsur penting untuk perkembangan dan fungsi otaknya, yakni DHA dan EPA. DHA dan EPA adalah asam lemak Omega-3 tak jenuh ganda yang ditemukan secara alami dalam minyak ikan dan sebagian buah serta sayuran. So, jangan salah, perkembangan otak bukan hanya ditentukan oleh faktor genetis, melainkan juga nutrisi dan aktivitas anak.

Shafiyya dan aktivitasnya

            Macam-macam makanan sumber DHA dan EPA, yakni makanan laut (tuna kalengan, kerapu merah, kakap putih, kepiting biru rebus, udang galah, simping tepung besar, sashimi tuna, makerel saba, salmon panggang), daging (daging domba dan daging sapi panggang), susu dan unggas (kalkun, ayam goreng paha bawah, ayam panggang paha bawah, telur, susu), dan sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian (kentang lumat, jagung manis rebus, kacang panggang, kacang pecan, kenari mentah, kacang hazel, rasberi, zaitun hitam).

Soal nutrisi, waktu bayi, Shafiyya termasuk rakus minum ASI. Pipinya gembil. Pahanya sampai lipat-lipat mirip roti tawar hahaha! Sebagai ibu, tidak ada yang saya khawatirkan. Namun, semakin ke sini, Shafiyya semakin picky soal makanan. Beda sama Faruq dan Sulthan yang “pemakan segala”. Shafiyya senangnya makan nasi goreeeng melulu. Sayur kurang suka. Buah cuma demen pepaya atau mangga. Ditawari macam-macam makanan, Shafiyya lebih banyak menggeleng daripada mengangguk. Duh!

Saya memberikan Scott’s Emulsion bila perlu. Jadi ingat zaman masih kecil. Konsumsinya juga suplemen ini. Udah turun-temurun. :)) Hanya, kemasan yang sekarang lebih travel friendly. Mudah dibawa-bawa. Ringan dan anti-pecah. Oiya, satu sendok makan (15 ml) Scott’s Emulsion dapat memenuhi 100% jumlah DHA dan EPA harian yang dianjurkan untuk anak-anak.

Scott's Emulsion rasa jeruk

Menurut WHO, jumlah Omega-3 (DHA dan EPA) yang cukup per hari adalah sebagai berikut:


            Nah, biasanya rasa dan bau minyak hati ikan cod yang paling sering dikomplain. Maka, pada tahun 1873, Alfred B. Scott dan mitranya, Samuel W. Bowne bereksperimen guna menghasilkan ramuan minyak hati ikan cod yang lebih sedap di lidah. Jadilah produk berupa emulsi yang enak! Saya memilih memberikan Scott’s Emulsion rasa jeruk kepada Shafiyya. Kadang-kadang suplemen ini dimasukkan ke makanan kesukaannya, seperti yoghurt atau roti bakar. Jangan khawatir, manfaat kandungan suplemen tidak bakal berubah, kok. Sekali lagi, Scott’s Emulsion hanya suplemen alias bukan pengganti makanan. Makanan bergizi tetap diusahakan diberikan kepada anak-anak kita ya, Teman-teman.

Yoghurt
1 sdm Scott’s Emulsion
100 – 125 ml (1 pot) yoghurt rasa apa aja
Campur Scott’s Emulsion ke dalam yoghurt dan sajikan


Roti Bakar Keju
1 sdm Scott’s Emulsion
1,5 sdm mentega kacang atau selai cokelat
2 iris roti, dibakar
Campurkan Scott’s Emulsion dengan mentega kacang atau selai cokelat
Oleskan campuran ini pada roti bakar secara merata
Taburi keju


Anak-anak lebih membutuhkan pengalaman baru ketimbang mainan mahal. Aktivitas yang menyenangkan, baik untuk perkembangan otak, dan membuat tubuh bugar, salah satu contohnya. Sudah sepantasnya kita sebagai ibu memberikan nutrisi yang terbaik untuk mendukungnya.


A daughter is just a little girl who grows up to be your best friend. Honestly, Shafiyya is more than my best friend. She is my other half. [] Haya Aliya Zaki


Scott's Emulsion Facebook

41 komentar:

  1. wah,bisa dibuat campuran camilan anak ya mak..saya baru tahu lo^^

    BalasHapus
  2. ya ampun itu pinang tak berbelah banget deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bwahahaha saking miripnya tak berbelah ya. :p

      Hapus
  3. Saya suka banget bacanya Mbak Haya. Terasa hangat postingannya. Pengen juga punya anak yang bisa jadi sahabat Mbak. Btw dulu jaman kecil saya juga minumnya Scott's ini. Etapi dicampur juga sih sama yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Dani. :) AKu dari kecil minum Scott's yang masih botol kaca gede. Inget banget gambar di kemasannya orang bule lagi manggul ikan hehehe.

      Hapus
  4. Shafiyya mirip banget sama kakak, serius.. Hehehe

    Millie minum Scott's Emulsion juga :)

    BalasHapus
  5. Aku baru tau scoot emulsion bisa dicampur ama makanan kak, mantap, bisa dicoba nih kak :)

    BalasHapus
  6. duplikat bangeet shafiyyaa...
    anak2 kurang suka aroma n rasa ikannya itu mbak.. cara ngakalinnya dicampur gitu kali yaa *noted

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicampur makanan kesukaannya bisa, Phi. :)

      Hapus
  7. Mirip banget sama Mbak Hayaa.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal kami bukan putri yang tertukar. :))

      Hapus
  8. Ehh.. gak amis ya mak? Anakku minum scott juga tapi ya gitu deh.. gak tahan dengan amisnya. Padahal udah yg rasa jeruk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicampur makanan kesukaannya Mba Ade. Kayak contoh di postinganku ini.

      Hapus
  9. waktu zaidan jg dulu vitaminnya ini mba..ternyata bisa jd campuran olesan roti jg ya, baru tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul betul betul. Sehat terus ya Zaidan.

      Hapus
  10. Waah aku suka dapat harga murah Scoot dari tempat suami kerja Mbak. Iya sih merangsang anak jadi banyak makan.

    BalasHapus
  11. Aku juga pake mba...tapi belum pernah dimakanan biasanya dipake buat minum biasa
    Coba ah

    BalasHapus
  12. Bisa juga nih dicoba kasi Scott's kalau vitaminnya Rayyaan sudah habis.

    BalasHapus
  13. Mirip mba Haya banget ya. Oh ya Chantika juga minum vit Scott's Emulsion ini loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minum yang rasa apa, Lis? Salam buat Chantika. :)

      Hapus
  14. plek..plek mirip banget sama Mbak Haya ya. aku pernah pakai sih mbak dulu buat Pascal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo inget LIdya, aku pasti inget Pascal. :D

      Hapus
  15. bagai pinang dibelah kapak.

    sampai 20an aku masih minum scott lho mba heheh...

    BalasHapus
  16. waktu kecil saya minum juga anak saya sih rencana saya kasih juga tapi belum cukup umurnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam buat ananda, Mba. Semoga sehat selalu. :)

      Hapus
  17. Itu juga yang jadi keinginan bunda ketika punya cucu laki-laki 1, 2, 3, eee...4 juga lelaki, pengennya masih bisa produktif tuh anak-anak biar kasih bunda cucu perempuan. Tapi Allah cuma menganugrahkan cucu laki-laki buat bunda 4 orang. Alhamdulillah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, jagoan keren semua cucunya ya, Bun. :D

      Hapus
  18. Waaa, Shafiyya samaan dengan Tante :) minum scott emulsion

    BalasHapus
  19. ini yg dulu minyak ikan itu bukan mb?
    waktu kecil di cekokin itu.. waduh masa bahasanya di cekokin :D

    ish.. liat shafiya, jadi pengen anak cewek nanti..
    share tipsnya mb xixix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipsnya: diputer, dijilat, dicelupin wkwkwk.

      Hapus
  20. she really looks like youuuu mbaaa :)...suplemen ini termasuk legendaris juga ya..dari jama dulu soalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa udah lama banget suplemen ini, Mba Indah. :)

      Hapus
  21. Cantiknyaaaa Shafiyya :)
    Duh, jadi pengen beli juga scott's emulsion buat Kayla & Fathir niiih :))

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan