Senin, 14 September 2015

5 Tip Hemat Ala Ala saya

           “Lho, sekarang ongkirnya jadi Rp18 ribu, Mba? Biasanya Rp15 ribu,” tanya saya ke mba-mba yang di kantor pengiriman paket.
         “Iya, dolar lagi naik, Bu,” jawab si mba-mba datar. Si mba-mba datar, saya cuma bisa menatap dompet dengan nanar.
           “Telur sekilo Rp28 ribu, Mba?” Saya melotot melihat harga telur di monitor kasir.
        “Soalnya dolar naik, Bu,” jawab mba-mba kasir kalem. Si mba-mba kasir kalem, dompet saya sukses melempem. Mendadak sendu membayangkan masa-masa di mana telur masih Rp16 ribu sekilo huhuhu.

           Hampir semua barang naik, tapi gaji enggak naik-naik. Paling banter yang gajian naik ke pohon rambutan. Semakin garang harga dolar semakin berasa dampaknya buat keuangan sehari-hari. Berikut beberapa tip hemat ala ala saya.

1. Catat barang-barang yang akan dibeli
Tip ini lumayan bisa mengontrol pengeluaran. Komitmen sebelum berangkat, saya harus taat binti patuh sama catatan belanjaan. Tahu sendiri, kan, kalau udah sampai di pasar apalagi supermarket. Semua tampak menggiurkan pengin dimasukin ke keranjang. Tambahan pula yang diputer di sana itu lagu-lagu slow. Ratjoen. Eh, beneran, lho. Berdasarkan penelitian, mendengarkan lagu-lagu slow saat belanja bisa membuat kita tambah betah keliling-keliling dan tertarik mengambil macam-macam barang enggak penting dari rak. Bagaimana kalau naksir barang di luar catatan belanjaan? Biasanya saya tidak langsung membeli. Saya pulang ke rumah dan pikir-pikir lagi selama beberapa hari. Kalau masih kepengin berat, yaaa ... berarti ... berarti .... *intip celengan* *ups!*




2. Makan sebelum belanja
 Pesan Mama, jangan sekali-kali belanja dalam keadaan ... lapar! Pasti nanti semua pengin dibeli dan dilahap jadinya. Lebih baik makan dulu di rumah sebelum berangkat. Kalau bawa anak, anaknya juga kudu dikasih makan ya, Teman-teman. Kalau tidak, anak pasti rewel minta dibeliin makanan. Mending makanannya mengenyangkan. Ini cuma bikin perut PHP alias diberi harapan palsu. *halah*

3. Sebisa mungkin jalan kaki
           Ke sana naik ojek, ke situ naik becak. Sebisa mungkin sekarang saya kurangi. Kalau jarak sekitar satu km, lebih baik jalan kaki. Hemat ongkos transpor. Badan keringatan sekalian olahraga. Huhuy!

4. Bikin kegiatan seru di rumah
 Kegiatan lain yang agak dipangkas adalah nonton di bioskop. Sebagai gantinya, kami membeli film di iTunes. Lebih hemat dan bisa ditonton berulang-ulang sama keluarga, para keponakan, dan anak-anak tetangga. Seru juga nonton di rumah! ^^ Kegiatan lain? Masak bareng anak-anak! Di luar dugaan, ternyata anak-anak pada antusias, terutama Shafiyya. Biarpun dapur berantakan, hati sama-sama senang!

5. Berburu barang diskon
           Coba lebih jeli cari barang-barang yang dibutuhkan, tapi yang diskonan. Fyi, diskon bukan pas Lebaran dan Tahun Baru aja. Seperti kali ini Lazada Indonesia lagi punya program diskon hingga 80% bernama Lazada Showroom mulai dari 15 – 17 September 2015. Tiga hari! Iya, cuma tiga hari! Produknya mulai dari mainan bayi, perlengkapan olahraga, sampai televisi. Teman-teman blogger pengin lihat parade gadget potong harga? Inilah saatnya! ^^ Dengar-dengar, ongkos pengiriman gratis! Belanja di Lazada gampang karena kategori produk rapi berdasarkan brand, fungsi, dan urutan harga sesuai isi kantong. Banyak pilihan pembayaran. Pelayanannya pun cepat.





Oiya, ikutan juga kuis di fanpage facebook Menang Bersama Lazada!. Tinggal tulis brand favorit di Lazada dan cerita tentang pengunaannya sehari-hari. Komen dengan likes terbanyak akan mendapatkan hadiah produk brand favorit tersebut. Siapa tahu beruntung!





      Jangan lewatkan kesempatan belanja dengan diskon besar-besaran di Lazada Showroom, ya! Ini cerita hemat saya hari ini. Semoga membantu. Kalau tidak, maafkan saya, ya. :)) Bagaimana dengan cerita hemat Teman-teman? [] Haya Aliya Zaki

37 komentar:

  1. mbak mbak beli tisu? g hemat dong..pake lap aja :D
    besok mau besok..beliin aku yaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bener itu. Besok-besok pake lap, jangan tisu qiqiqi.

      Hapus
    2. tisu merk apa yg paling hemat?

      Hapus
    3. Tisu yang bisa dipake bolak-bolak dijemur kering terus dipake lagi berkali-kali bwahahaha.

      Hapus
  2. Bener banget itu Kakaa... makan dulu sebelum belanja itu PHPin perut.. otak kepingin beli makanan tapi perut menolak, alhasil belanjanya jadi cepat... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, betul itu. Jadi pas belanja ga pengin macem-macem. :p

      Hapus
  3. kebayang nggak mak, kan mau belanja makan dulu,, terus ke supermarketnya jalan kaki.. sampe sana udah lapar lagi dan haus... hehehe

    oke mak tipsnya. waahh hari ini yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak jangan salah menyimpulkan ah wakakak.

      Hapus
  4. Wah tips yang bermanfaat ini..
    walaupun cowok kadang saya juga boros :D

    BalasHapus
  5. Mbak Haya makan sebelum belanja itu penting banget. Tapi kok yaaaaa. Dikasih info soal belanja di ujungnya? Hahaha. Jadi tergoda dueeeh... :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belanjalah barang diskonan sesuai kebutuhan ihiy. :D

      Hapus
  6. Ya ampuuun, aku harus bilang adikku nih. Soalnya dia suka beli gadget di Lazada *blingbling*

    BalasHapus
  7. yang mencatat daftar belanjaan dulu rutin saya lakukan. Tapi lama-lama udah gak bikin lagi karena udah hapa apa aja yang mau dibelanjain. Biasanya itu-itu aja. Tapi kalau untuk makan kadang gak saya lakuin. Karena kalau belanja bulanan sama dengan jalan-jalan juga buat saya. Jadi sekaian makan di luar hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending makan kenyang sekalian, Chi. Tapi kalo cemal cemil ga jelas, repot juga hihihi.

      Hapus
  8. Aku klo belanja bulanan skrg jarang sm suami, mau hemat malah boros secara doi malah ngambil makanan mulu bahahahaha *istri pelit*

    BalasHapus
  9. Yg susah itu ga makan setelah belanja apaalagi kalo bawa nadia.. udah tau aja klo abis belanja lgs.. "kita makan dimana ma?" Klo jawab makan dirumah lgs mutung :p

    BalasHapus
  10. xixixixi...iya juga ya,sebelum belanja harus makan dulu,kalo nggak pasti melipir ke foodcourt hahaha

    BalasHapus
  11. Bu, belanjanya sendiri aja? Mau saya temenin gak? Kayaknya keranjangnya masih kosong tuh :D

    BalasHapus
  12. Modis ye buu.. Modal Diskon, wehehe :D

    BalasHapus
  13. Makan sebelum belanja itu bener banget. saya sudah lama sekali menerapkannya. Bukan hanya saat mau belanja aja, tapi saat mau family hang out ke mana pun, tetap makan dulu kenyang-kenyang di rumah, bhahahaaa...

    BalasHapus
  14. Dicatat tips-tipsnya, Haya.,Memang harus pintar2 ya sekarang mensiasati situasi supaya tetap survive di situasi yang serba tak menentu. Kalau memang niatnya nggak makan di luar aku juga biasanya berangkat dalam keadaan kenyang, membeli juga yang benar2 diperlukan. Jalan kaki yang masih agak susah hehehe. *dasar pemalas

    BalasHapus
  15. Nah kalo berburu diskonan online kadang bikin dompet kempes juga mbak Haya. Maunya beli satu barang diskon, eh terus lanjut kemana-mana :D

    BalasHapus
  16. bener tuuuh kalau belanja pas lapar bakalan gelap mata hihihi

    BalasHapus
  17. Wajiiibb deh mantengin berbagai promo yaa. Kudu jeli memanfaatkan aneka diskon :)

    BalasHapus
  18. Huwa, si kakak bikin pengen belanja di Lazada ajah, hahahaha.... klo luar jabodetabek kayaknya ongkir gak free ya kak, hahahaha... kejauhan kali ya? Tips belanjanya cucok kak, setuju apalagi yg nomor 5 hihi ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu ya, Dek. Apa karena jauh. Tadi Kakak beli henpon buat Faruq, free ongkir. Mayan mumpung diskon 50% pulak henponnya.

      Hapus
  19. udah saya maafin kok mbak biar kata lebaran masih jauh :)
    #eaaaa

    eh kayaknya menarik, coba ke fp lazada ah...

    BalasHapus
  20. Belanjanya jangan di supermarket besar yang semua barang-barang ada, alhasil malah liat barang yang lain, laper mata, dan ambil. Pas bayar sih ngga berasa soalnya tinggal gesek, pas cek saldo baru deh pengen nangis ntar, haha. Mending di supermarket yang agak kecilan atau malah minimarket biar fokus sama barang yang mau dibeli, hihi. Jangan lupa screening yang paling murah dari sesama jenis barang yang ada...

    BalasHapus
  21. Kalau dengen yg diskon diskon. Anteneku langsung naek, deh. Emak emak banget...hihihi.

    BalasHapus
  22. kayanya harus di catet deh bener kalo mau belanja, aku aja kalo udah belanja suka ga sesuai dugaan, niat beli ini, pas dateng jadi beli segala macem. Oh ya belanja elektronik ke lazada kayanya harga nya pada terjangkau ya, banyak discount lagi

    BalasHapus
  23. makan sebelum jalan bener banget, kadang aku pergnya jam 10 udah ada di mall supaya jam 12 pulang makan di urmah hahaha irit bin pelit

    BalasHapus
  24. Nomor 5, setujuuuuu banget! Buruan emak-emak itu....

    BalasHapus
  25. Lazimnya malah setelah belanja belanji kayak wajib makan. :D

    BalasHapus
  26. Setuju bgt dan memang sdh jd prinsip saya klo belanja kudu dlm keadaan kenyang. Gak menjamin gak melenceng dr daftar, tp plng ngak gak kalap2 bgt liat makanan ☺️

    BalasHapus
  27. kalau saya sih biasanya diskon tuh .. kalau ada diskon baru belanja :D kalau antri ya resiko belanja lagi diskon promo :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan