Selasa, 18 Agustus 2015

7 Serial Kartun Terbaik untuk Anak-Anak Versi Saya


            Namanya kartun, sepertinya cocok-cocok aja ya buat anak-anak. Tapi, sebenarnya tidak demikian. Pernah beberapa kali saya “kecolongan”. Anak-anak telanjur menonton serial kartun televisi yang kerap mengeluarkan dialog makian dan kalimat kasar. Penampilan tokohnya pun sangat saru. Contohnya, Mr. Bean Cartoon dan One Piece.
         Berangkat dari pengalaman tersebut, saya jadi lebih selektif memilihkan serial kartun untuk anak-anak. Saya percaya, semua media bisa menjadi pembelajaran yang positif selama kita bijak memanfaatkannya, termasuk serial kartun di televisi. Rait or rait? Berikut beberapa serial kartun (versi saya) yang oke doke ditonton anak anak, bahkan orangtua. 
1.  Upin & Ipin
Tahu apa yang pertama kali membuat saya kepincut sama Upin & Ipin? Jawabannya: bahasa Melayu! Mungkin karena saya berasal dari Kota Medan dan dibesarkan dengan bahasa Melayu, ya. Poin pertama yang saya tangkap dari serial kartun Upin & Ipin adalah pentingnya arti toleransi. Upin dan Ipin menjalin persahabatan apik dengan teman-teman mereka yang berasal dari bermacam suku, agama, dan ras. Semua karakter tokohnya istimewa. Serial kartun ini tayang setiap hari di MNCTV. Meski berulang-ulang diputar, kami sekeluarga tidak pernah bosan menonton. 
2. Pada Zaman Dahulu
          Belajar peribahasa itu enggak asyik? Eits, tunggu, tunggu, tunggu. Yang beranggapan begitu pasti belum pernah menonton serial kartun Pada Zaman Dahulu. Dikisahkan Aki senang mendongeng fabel untuk mengajarkan arti peribahasa kepada cucu-cucunya, Aris dan Ara. Aki selalu mengawali dongengnya dengan kalimat, “Pada zaman dahuluuu ....” Tokoh utama dongeng Aki adalah Kancil. Jangan salah. Kancilnya bukanlah kancil yang suka menipu demi mendapat ketimun, melainkan kancil yang bijak dan sering membantu kawan-kawannya. Anak-anak kita tak cuma belajar peribahasa. Teladan berbudi pekerti luhur menjadi pesan utamanya. Btw, jangankan anak-anak, saya dan suami aja “terbuai” sama dongeng Aki hahaha! Serial kartun yang juga berasal dari negeri jiran Malaysia ini tayang setiap pagi di MNCTV. 

Aki sedang mendongeng untuk Aris dan Ara

3. Boboiboy
            Satu lagi dari Malaysia (Animonsta Studios): Boboiboy! Boboiboy serial kartun kesukaan bungsu saya, Sulthan. Ceritanya tentang beberapa anak sekolah yang punya kekuatan super. Saya perhatikan, taktik Boboiboy dkk menangkap penjahat cukup simpel. Misalnya, Boboiboy mengepung penjahat yang sedang beraksi di bank dengan cara mematikan semua AC dan mengiming-imingi pakai es krim serta sirup dingin dari balik jendela. Lama-lama penjahat enggak tahan kepanasan dan pastinya ngiler dong. Ceritanya sangat menganak. Tayang setiap hari di MNCTV. Terus terang saya rada iri sama Malaysia. Kok ya bisa bikin macam-macam serial kartun yang ciamik kayak gini. Kita, kapan?
4. Syamil dan Dodo
            Saya tahu Syamil dan Dodo sejak Faruq masih balita (sekitar 8 tahun lalu). Kami membeli CD-nya di pameran buku di Jakarta. Syamil dan Dodo aselik produksi Indonesia. Tokoh utamanya dua bersaudara Nadia serta Syamil, dan Dodo (teman bermain Syamil). Pelajaran syariat Islam dan akhlak disampaikan melalui cerita sederhana yang menarik. Sesekali tingkah konyol Dodo mengundang tawa. Saya yang orangtua ikutan belajar, lho! Bulan Ramadhan lalu Syamil dan Dodo tayang setiap hari (subuh) di RTV. Bagus juga mengajak anak-anak menonton setelah selesai shalat subuh dan mengaji. 

Syamil dan Dodo

5. Curious George
            Karakter George diciptakan oleh Margret dan H.A. Rey. Ceritanya George ini monyet usil Afrika yang mengikuti “pria bertopi kuning” ke Amerika. Kelakuan George sering membuat orang-orang (dan binatang-binatang) di sekitarnya kesal. Pernah tuh George memporak-porandakan 1000 donat di dalam apartemen! *langsung puyeng* Hebatnya, pria bertopi kuning tetap sabar. George ibarat anak kecil yang sedang belajar mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya. Pria bertopi kuning ibarat orangtua yang tetap sabar memberi tahu dan menasihati. Kita bisa belajar dari pria bertopi kuning saat berhadapan dengan anak-anak. Satu lagi serial kartun yang bertema “menguji ketabahan” (wakakak) adalah Masha and the Bear. Betul? *langsung meringis remes ujung daster ngebayangin jadi bapak beruang* Curious George tayang setiap pagi dan sore di ANTV.
6. Charlie and Lola
           Charlie and Lola merupakan serial kartun asal Inggris yang diadaptasi dari buku cerita berjudul sama karya Lauren Child. Tayang setiap hari di tv kabel CBeebies. Charlie dan Lola kakak beradik. Charlie (8 tahun) kakak yang kreatif dan penyabar, sementara Lola (5 tahun) adik yang ceriwis dan selalu pengin tahu. Kadang-kadang pertengkaran kecil terjadi, tapi mereka akur kembali. Fyi, di dalam serial ini tidak ada tokoh orang dewasa. Males banget kan menonton cerita yang menggurui. Orang dewasa sering jadi sosok yang paling tahu ini itu. Berbeda dengan Charlie and Lola. Di sini anak-anak diajak memecahkan masalahnya sendiri. Teknik animasinya bergaya pepotong. Unik!
7. Sofia the First
          Hidup Sofia berubah seratus delapan puluh derajat ketika ibunya, Miranda, menikahi Raja Roland II dari Kerajaan Enchancia. Sofia yang gadis unyu unyu dari keluarga sederhana kini tinggal di istana dan belajar menyesuaikan diri menjadi putri. Senangnya melihat Sofia yang ramah, tulus, dan suka menolong. Sofia bukan hanya putri yang cantik wajahnya, tapi juga cantik hatinya. Serial kartun ini punya tampilan visual nan indah. Lagu-lagunya menghibur. Tayang Senin – Jumat pagi di MNCTV. Dan, jangan tanya siapa fans berat Sofia the First di rumah. Yaaa jelaslah ... Shafiyya! Mana namanya mirip-mirip hihi.


Nah, apakah Teman-teman punya rekomendasi lain selain 7 film kartun di atas? Oiya, ada yang tahu serial kartun Dora the Explorer tayang di mana sekarang? Katanya ada Dora remaja juga, ya? Ikutan share di sini, yuk! ^^ [] Haya Aliya Zaki

28 komentar:

  1. di antara tujuh kartun itu yang paling saya tonton hanya upin-ipin pas nemenin adik :)

    bicara soal kartun, saya dulu juga pernah buat postingan di k, soal candy-candy, sailro moon, dll...

    http://www.kompasiana.com/roelly87/lima-film-kartun-legendaris_551ae9ba813311800a9de289

    BalasHapus
  2. Kayaknya baru syamil, nadia yang paling baik

    BalasHapus
  3. Paling suka sama Upin Ipin. Mendidik dan menghibur. ^^

    BalasHapus
  4. Suka semua kecuali boboiboy..mungkin karena anakku cewek ya xikgu hehehe.... tapi klo boleh nambahin nadia kecil dulu seneng banget barney :)

    BalasHapus
  5. kesukaan anak-anak saya semua ini hihihi. Dan saya juga suka :D

    BalasHapus
  6. anak-anakku juga suka mak..tapi yang paling sering di sini ya kartun lokal sekarang. Boboboy ngg masuk kecuali via internet hehehe. AKu suka kartun klasik yang pesannya bagus :)

    BalasHapus
  7. Iyah, setuju, jadi ibu memang harus mau sedikit repot seleksi makanan jiwa anak-anak ya mbaa,
    kartun yang paling aku suka Upin Ipin deeh, toleransi yang diajarkan bagus

    BalasHapus
  8. Tiga teratas tuh nggak pernah hilang dari layar TV di sini. Trus aku sering ngeledekin Rexy, bilang: lepas tuuuuuu ... hahaha

    BalasHapus
  9. Wah... film film diatas favoritku ama anak anak mba..
    Aku suka nonton bareng anak anak juga hehehhe

    BalasHapus
  10. 3 nomor teratas itu ga pernah absen deh. Kl aku suka bgt sama "Padee jaman dahuluuuu...." *gaya aki

    BalasHapus
  11. PAscal & Alvin suka nonton juga mbak tapi nomor 6 & & mereka gak

    BalasHapus
  12. Favorit saya sama si kecil mah Sofia the first ka Haya.. Cerita tentang clover si kelinci sahabat sofia, cerita sesama saudara tiri sofia, terus dengan sahabat2 sofia yg sederhana. Itu yg paling disuka.. Hihi samaan ya ama Shafiyya kartun favoritnya...

    BalasHapus
  13. Syamil dan Dodo eang bagus mak, ilmu keislamannya mayan dalem. Ternyata udah lama serial itu ya. KAu nontonnya baru2 aja, dua tahunan lah kayaknya

    BalasHapus
  14. kalo aku tetep upin dan ipin... :) suka bangettt hehehe

    BalasHapus
  15. Asyeeek ... Upin Ipin ada di urutan pertama. *benerin jambul*

    BalasHapus
  16. kadang kalo lagi iseng suka lihat ipin upin hehehe,lucu mak^^

    BalasHapus
  17. Di lazada ada diskonan ga ya tipi tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung cuss aja ke website-nya. :)

      Hapus
  18. setuju kaka, aku juga suka nonton tuh filem :p :D

    BalasHapus
  19. anak-anak suka upin-ipin, syaamil dan dodo, entong dan keluarga somat heheh

    BalasHapus
  20. Aku sudah jarang nonton kartun mbak Haya, karena anakku sdh remaja... tapi kalau curious george aku masih tahu lah hehehe

    BalasHapus
  21. Anakku masih suka nonton Upin Ipin. Dulu Dora suka nonton juga, emang ada serial Dora remaja ya, di Tv mana? #eh kok balik nanya hihi :D

    BalasHapus
  22. Anakku suka nonton DIVA mba. Tiap pagi jam 6an di RTV. Itu bagus juga, ada belajar, bermain, sama ngajinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru tahu kartun DIVA. Makasih infonya, Shin. Kayaknya bagus. :)

      Hapus
  23. Daftar kita nyaris sama, Mbak. Dan yang teratas, Upin Ipin. Kami suka, kami suka :D

    BalasHapus
  24. No 1-5 sama Mak. No 6 belum pernah nonton dan No 7... Anak saya cowok sih jadi nggak suka hehe. Tapi saya suka karakternya Sofia. The best tetap Upin Ipin. Saya juga suka nontonnya. Kalau tinggal di kampung yg seperti itu, ga was was ngelepas anak main keliling kampung :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan