Sabtu, 06 Juni 2015

Launching DANCOW EXCELNUTRI+: Yuk, Beri Ruang kepada si Kecil untuk Bereksplorasi!

          Teman-teman yang tinggal di kota besar sering bingung enggak kalau pengin mengajak si Kecil main outdoor itu, mainnya ke mana? Semua lahan sudah menjadi tempat gedung-gedung pencakar langit. Suami saya yang lahir dan besar di Jakarta kadang ngomong begini sambil menunjuk sebuah lokasi, “Ini nih dulu tempat saya main layangan. Sekarang jadi gedung perkantoran.” atau “Dulu pohon-pohon di sini rimbun. Udaranya sejuk. Sekarang hutan pohon diganti sama hutan beton. Panas.” Hiks!

            Kalau pengin mengajak si Kecil main outdoor seru-seruan biasanya kudu keluar kota. Cari daerah yang benar-benar luas dan masih asri. Nah, pas melihat undangan launching DANCOW EXCELNUTRI+ di Mal Kota Kasablanka (30/5), saya senang banget! Bukan sekadar launching produk, Nestle DANCOW juga menggelar talkshow dan … arena bermain Ranch Adventure! Arena bermain berbentuk peternakan terbesar di Jakarta ini didesain untuk memberikan stimulasi pada semua panca indera si Kecil. Hmmm … bikin penasaran!



            Berhubung hanya Shafiyya (7 tahun) yang sudah libur, saya mengajak Shafiyya. Begitu melihat Ranch Adventure, dia langsung mupeng mancing! Mungkin karena area memancing yang paling kelihatan. Padahal, banyak area lain di Ranch Adventure yang enggak kalah seru! Saya janji akan menemani Shafiyya main di Ranch Adventure sampai puas jika dia mau menemani saya ikutan talkshow sebentar.

            Ok, deal?” tanya saya.
Deal!” jawab Shafiyya. “Bener, kan, enggak lama, Ummi?”
            “Insya Allah!” Saya mengangguk.

            Tidak tanggung-tanggung, Nestle DANCOW menghadirkan empat pakar medis sekaligus di acara talkshow, yakni Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG(K)., dr. Vinka Desria (Nutrition Advisor Manager PT. Nestle Indonesia), Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K)., M.Si., dan dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psi. Alhamdulillah, ilmu lagiii belajar lagiii. Betul kata Shahnaz Haque, sang bintang tamu acara, bahwa belum ada sekolah untuk orangtua. Kalau ada, mungkin semua orangtua akan mendaftar. Shahnaz merasa beruntung mengenal Dancow Parenting Center. Pakar-pakar medis di sana turut andil memberi wawasan saat Shahnaz membesarkan anak-anak. Bagi Shahnaz, orangtua yang baik adalah orangtua yang mau terus belajar di mana pun dan kapan pun.


Jasmin Lumanta Esoteric

Para narsum

             Materi awal, Dr. Ali menyampaikan tentang pentingnya 1000 hari pertama kehidupan. Mungkin materi ini tidak lagi asing di telinga kita. Berbagai kalangan aktif menggaungkan pentingnya 1000 hari pertama kehidupan. Katanya, 1000 hari pertama kehidupan menjadi penentu masa depan bangsa. Kapankah 1000 hari pertama kehidupan itu?

1000 hari pertama kehidupan adalah saat si Kecil berada 9 bulan 10 hari dalam kandungan (270 hari) hingga berumur 2 tahun (730 hari).

Selama hamil, Bunda wajib mengatur asupan nutrisi demi perkembangan otak janin. Fyi, otak janin mulai terbentuk sejak tiga minggu pertama kehamilan. Bahkan, menurut Dr. Ali, sebaiknya asupan nutrisi diatur sebelum masa kehamilan! Jangan berandai-andai, deh, “Aaah … nanti aja makan makanan yang benar kalau sudah hamil.” Mending gaya hidup sehatnya dimulai dari sebelum hamil. Selain mengganggu perkembangan otak, kurangnya asupan nutrisi pada periode emas bisa mengganggu daya tahan tubuh, kemampuan belajar, dll.

Faktanya, sekitar 80% sistem daya tahan tubuh kita terletak di saluran cerna (perut). Saat saluran cerna sehat, daya tahan tubuh pun kuat.
   Tadi Dr. Ali bicara tentang pentingnya asupan nutrisi terutama untuk otak. Kalau ini, ini isi presentasi dr. Vinka yang paling saya ingat. Jujur, saya baru tahu. Jadi, menjaga kesehatan saluran cerna itu sangat penting. Teman-teman pernah mendengar tentang “bakteri baik”? Bakteri baik dibutuhkan untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Sayur, buah, minyak ikan, susu, dan yoghurt, mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik. Jangan sampai bakteri jahat lebih banyak daripada bakteri baik. Berikut video bakteri baik melawan bakteri jahat. 

  
 
    “Bukan cuma nutrisi yang lengkap dan seimbang, si Kecil juga membutuhkan stimulasi yang beragam. Nutrisi ibarat hardware, sementara stimulasi adalah software-nya. Kalau software-nya bagus, si Kecil jadi anak yang cerdas dan kreatif,” lanjut Dr. Soedjatmiko.
Stimulasi bisa melalui belaian, pelukan, pujian, dsb. Memangnya si Kecil butuh pujian? Iya! Pujian merupakan penghargaan agar si Kecil lebih bersemangat. Jangan terlalu banyak mengoreksi. Biarkan si Kecil bereksplorasi. Kasih arahan-arahan ringan aja. Satu lagi, si Kecil adalah peniru ulung! Beri teladan melalui perkataan dan perbuatan. Siyap! Dicatet, Dok!

            Materi terakhir dan tak kalah menarik pastinya dari dra. Ratih. Menurut dra. Ratih, sering orangtua takut membiarkan si Kecil bereksplorasi. *tunjuk hidung* Si Kecil dikekepin melulu karena khawatir luka atau sakit. Padahal, saat si Kecil jatuh, dia akan belajar berdiri kemudian berlari. Kelak, saat si Kecil gagal, dia akan berusaha bangkit dan memperbaiki kesalahannya.
Taft love bagian dari true love. Tidak apa-apa jadi “orangtua tega”. Kasih kepercayaan kepada si Kecil agar si Kecil berani dan mandiri. Beri ruang kepada si Kecil untuk mencoba hal-hal baru,” papar dra. Ratih.
            Unik juga ya materi estafet kayak begini. Talkshow-nya tidak lama, tapi materinya padat berisi. Alhamdulillah Shafiyya duduk anteng karena bapak ibu dokter menyampaikan materi berupa gambar-gambar melalui layar televisi dan video. Talkshow selesai, kami pun ramai-ramai menuju Ranch Adventure. Yeay!


Denah Ranch Adventure
Rame!

            Di panggung Ranch Adventure, DANCOW EXCELNUTRI+ resmi launching ditandai dengan balon kuning dan putih yang berjatuhan di atas kepala kami. Meriah! “Nestle DANCOW terus berinovasi menyediakan kebutuhan nutrisi sesuai tahap tumbuh kembang anak. DANCOW EXCELNUTRI+ salah satu sumber nutrisi tepat untuk si Kecil. Si Kecil bebas bereksplorasi, namun fisiknya tetap terlindungi,” demikian penjelasan Jasmin Lumanta Estacio, Category Marketing Manager DANCOW Growing Up Milk PT. Nestle Indonesia.  




Siap-siap, sekarang waktunya main! Shafiyya mainnya di tempat-tempat ini, nih.

Fishing Area
            So pasti pertama kali Shafiyya memilih main di Fishing Area! Permainan ini mengajarkan si Kecil akan kasih sayang kepada makhluk hidup khususnya hewan. Selesai memancing, si Kecil boleh membawa pulang ikan yang mereka inginkan.   




Animal Peting
            Jangankan si Kecil, para orangtua pasti ikutan gemas melihat domba-domba gemuk hahaha! Saya sampai berulang kali meremas bulu-bulu domba ini. Mumpung enggak ada plang “Dilihat Boleh Dipegang Jangan”. *halah* Si Kecil bebas mengambil wortel dari dalam boks gede dan memberikannya kepada domba. Selain domba, berkeliaran kelinci yang lucu-lucu jugak!






Milking Cow
            Kalau yang ini sapi boong-boongan. Tapi … tapi … tetap aja seru! Lingkaran aerola sapi terbuat dari karet. Kalau dipencet, keluar air hehehe. Berasa lagi memerah susu sapi betulan. Permainan Milking Cow mengajarkan si Kecil menghargai hasil pangan dan tahu asal muasal susu yang dikonsumsi sehari-hari.




Poni Riding

Tuk tik tak tik tuk suara sepatu kudaaa ....

Hay Maze
Shafiyya masuk ke labirin jerami dan berusaha mencari jalan keluar sendiri. Permainan ini bisa melatih keberanian sekaligus mengasah kemampuan si Kecil memecahkan masalah. 




Gardening
            Siapa bilang si Kecil enggak boleh main kotor? Mau mengacak-acak tanah dan bercocok tanam? Ya hayuk atuh! Asal enggak lupa cuci tangan. Selesai main di sini, si Kecil dibawakan tanaman cabe. Asyiiik … pulang rumah tentengannya jadi banyak, deh!




Photo Booth

How do we look?

            Untuk para Bunda, Ranch Adventure juga ada area konsultasi. Tanya-tanya tentang tumbuh kembang si Kecil langsung sama ahlinya. Gratis!


Konsultasi gratis!

Sayang, Ranch Adventure ini cuma dua hari, yakni 30 dan 31 Mei 2015. Kapan-kapan boleh dong dibikin agak lamaan, terutama pas anak-anak liburan sekolah. Setuju enggak? ^^

Jadi, Bunda, beri ruang kepada si Kecil bereksplorasi, ya! Selama bereksplorasi, pastikan tubuhnya sudah terlindungi oleh manfaat asupan nutrisi. ^^ [] Haya Aliya Zaki

24 komentar:

  1. Shafiyya miriiiiip banget ya ama emaknya?
    Kalo di Jakarta bisa TOTAL gitu eventnya.

    Kapan hari ada di Sby, tapi enggak se-cihuy ini hiksss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Shafiyya mirip tetangga kan berabe, Mak. :)) Mudah-mudahan segera di Surabaya, ya. ^^

      Hapus
  2. Setuju banget sm usulmu, Hay. Lain x dilamain. Biar daku bs mampir juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Kalo dua hari kurang berasa ya, Nancy. :D

      Hapus
  3. Jadi ada binatang betulannya? Sayang ketinggalan eventnya..hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak. Paling gemes sama domba gemuk dan kelinci gondrong qeqeqe. Wah, padahal udah kuworo-woro di medsos. Next time kucolek langsung, ya. :)

      Hapus
  4. wah ada hewan-hewan dalam mal ya mbak keren & unik

    BalasHapus
  5. Waktu kecil susu dancow termasuk susu kesukaanku nih. Krn mnrtku sih gak amis rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk minum susu terus Mba untuk tabungan kalsium di hari tua. :)

      Hapus
  6. Duh, bayangin Gibe main di situ. Seneng kali pasti....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lain kali tak colek langsung deh kalo ada acaranya lagi Mak ya. :)

      Hapus
  7. Waaah, aku nggak tau ada acara ini. Pengen banget datang ke acara Dancow tapi telat info terus. Apalagi sampai sekarang Rexy masih minum Dancow. Setuju, Mbak. Mudah2an kapan2 ada acara kayak gini lagi. Biar bisa ajak Rexy ke ranch di dalam mall.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan lain kali bisa lebih lama ya, Nik. Jadi banyak kesempatan main di Ranch Adventure kayak gini.

      Hapus
  8. setuju, anak harus di beri ruang untuk eksplorasi di outdoor ...gak kotor ga belajar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba. Main kotor enggak apa-apa asal setelah itu bersih bersih. :)

      Hapus
  9. Saya baca detil ttg nutrisi, asupan utk anak. Bekal banget soalnya.

    Dan benar, acara ini materinya padat bgtt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat, Idah. Sehat terus Idah dan baby ya. :)

      Hapus
  10. Nutrisi jg harus ditambah dg pemberian stimulus y mak..bermain, kegiatan memerah susu sapi, dll..
    Acaranya kece bgd y mak..

    BalasHapus
  11. Udah baca dari atas sampe bawah trus sampe di kolom komen cuma pengen ngomong Shafiyya duplikat mbak haya banget yak. hahahahaha

    BalasHapus
  12. wah asik mba hasil tangkapan ikannya boleh dibawa pulang

    BalasHapus
  13. Aih keren ya. Insya Allah, mau ikutan ini juga, Mbak. Di Makassar tanggal 5 - 6. Ngintip di sini dulu :D

    Eh, anak sama ibu .... mirip banget :D

    Cuma boleh bawa satu anak ya, Mbak? Si Cemunal Munil gak dibawa?

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan