Kamis, 25 Juni 2015

Adaro Grup Berbagi Bersama 1000 Anak Panti Asuhan di Bulan Ramadhan

“Manusia memang butuh uang, tapi uang bukan segala-galanya. Nama baik dan reputasi, itu yang utama.” - Garibaldi Thohir, Presiden Direktur PT. Adaro Energy Tbk.


            Senin (22/6) lalu saya dianugerahi “rezeki” yang tidak disangka-sangka, yakni mendapat undangan berbuka puasa dari Adaro Grup di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta. Buka puasa kali ini bukan buka puasa biasa, Teman-teman. Bayangkan, buka puasanya bersama 1000 anak panti asuhan! Di bulan Ramadhan pula! Masya Allah, kalbu saya sampai bergetar mengingat begitu banyaknya anak yatim piatu yang bakal hadir di sana.

Saya sengaja memakai baju putih karena biasanya acara seperti ini bernuansa putih-putih. Dugaan saya benar. Pukul 17.00 wib saya mendarat mulus di TKP dan mendapati anak yatim yang hampir semuanya berpakaian putih. Wajah mereka tampak berseri-seri. Ustaz Cepot sedang memberikan tausiyah tentang kewajiban menyantuni anak yatim sesuai yang tercantum di dalam Alquran. Tahu sendiri, kan, gaya Ustaz Cepot. Lucu dan gokil! Anak-anak pada ketawa geli aja jadinya. 


            Soal Adaro Grup a.k.a PT. Adaro Energy Tbk (Adaro), saya baru tahu. *kuper binti kudet* Adaro merupakan kelompok perusahaan energi di Indonesia yang fokus pada pertambangan batubara. Lokasi operasional perusahaan dengan Presiden Direktur Garibaldi Thohir atau akrab disapa Boy Thohir ini ada di Kalimantan Selatan. The power of googling menyebutkan bahwa Adaro pernah mendapat penghargaan International Apple Awards 2014 kategori Best Environment Practice. Wah, keren, ya! Berkat Sustainable Clean Water Program, Adaro dinilai bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Selain itu, Adaro masih punya macam-macam program sosial, antara lain mendirikan Tabalong Islamic Centre (TIC), program 1000 buku untuk anak-anak, dan pembangunan sekolah-sekolah.      

Bapak Boy Thohir tidak menyampaikan banyak kata saat sesi kata sambutan. Beliau kadung terharu melihat anak-anak panti asuhan tumpah ruah di ruangan. Pria berumur 50 tahun ini hanya memohon doa untuk ayahandanya yang sedang sakit.


Bapak Garibaldi Thohir (Boy Thohir) menyampaikan kata sambutan

Berdoa bersama sebelum berbuka puasa

Acaranya memang diniatkan full untuk anak-anak, maka setelah berbuka puasa dan shalat magrib, pertunjukan berikutnya adalah drama superhero! Meski yang ditampilkan superhero Iron Man, Batman, dan Hulk, pesan-pesan islami tetap disisipkan. Betapa girangnya anak-anak! Mereka yang tadinya duduk rapi, langsung pada berdiri antusias! ^^

Daaan … beruntung sekali kami! Bapak Boy Thohir dengan senang hati menyediakan waktu untuk ngobrol-ngobrol santai selesai acara. Sekali lagi beliau memohon doa untuk ayahandanya yang sedang sakit. Bagi saya, bisa mengobrol langsung dengan orang terkaya nomor 37 di Indonesia versi majalah Forbes ini merupakan momen yang sangat berharga. Beliau bukan hanya sukses sebagai pengusaha, melainkan juga sukses dalam berkeluarga. Saya selalu pengin tahu nilai-nilai kehidupan apa yang dianut oleh para tokoh sukses, salah satunya Bapak Boy Thohir.

            “Barusan saya iseng tanya kepada seorang anak yatim, kenapa ayam goreng yang dikasih buat buka puasa belum dimakan? Soalnya, saya lihat, dia hanya makan burger dan kentang gorengnya,” Bapak Boy Thohir membuka obrolan. “Terus, anak yatim tadi jawab, ayam gorengnya mau dikasih buat ibunya. Dada saya langsung sesak karena haru. Anak sekecil itu tetap ingat berbagi rezeki dengan ibunya meski dia jarang-jarang makan enak.”

            Menurut Bapak Boy Thohir, Adaro rutin mengadakan acara berbagi dengan anak yatim. Hidup harus seimbang dalam segala hal. Bekerja keras oke, berbagi jalan terus. Berhubung yang datang bloggernya perempuan semua (ha-ha!), Bapak Boy Thohir memberi wejangan seputar women values. Perempuan boleh pandai dan hebat setinggi langit, tapi jangan lupa kodrat, yakni sebagai istri dan ibu. Beliau memberi contoh, anak-anaknya tidak mungkin bisa berhasil tanpa andil istrinya yang begitu besar. Beliau sendiri pun tidak mungkin berhasil tanpa didikan sang ibu. Meski perempuan punya jabatan lebih tinggi atau gaji lebih besar daripada suami, perempuan kudu mesti harus  menghormati suami. Siyap! Setuju pake banget, Pak! ^^



Tuh, bloggernya cewek semua (foto milik: Ani Berta)

            Ketika ditanya tentang moto menjadi pengusaha sukses, jawaban Bapak Boy Thohir sangat “sederhana”. Sederhana, namun betul-betul mengena. “Manusia yang butuh Allah atau Allah yang butuh manusia?” Bapak Boy Thohir beretorika. “Jangan suka berniat, misalnya, kita akan memberi santunan untuk anak yatim seandainya usaha kita berhasil. Jangan, jangan seperti itu. Lha, kalau usaha kita gagal, kita enggak jadi menyantuni anak yatim, dong? Sikap kita itu seolah-olah Allah yang butuh kita. Padahal, sebaliknya, kita yang sangat butuh Allah. Berbuat baik ya berbuat baik saja.” Hayooo … siapa yang pernah kayak gini? *tepok jidat*  

Satu lagi wejangan dari Bapak Boy Thohir. Manusia memang butuh uang, tapi uang bukan segala-galanya. Nama baik dan reputasi, itu yang utama. Bapak Boy Thohir berhubungan dengan banyak klien, mulai dari perusahaan Cina, perusahaan Amerika, sampai perusahaan Australia. Tanpa kepercayaan, semua tidak akan berjalan baik. Bapak Boy Thohir memulai kariernya dari awal. Jadi, apa yang sudah dibangun selama ini harus benar-benar dijaga. Hm, saya langsung teringat quote pengusaha sukses Warren Buffet yang pernah saya baca: It takes 20 years to build a reputation and only five minutes to ruin it. Tuh, catet! Pedoman wajib buat blogpreneur juga, nih.




Selamat jalan ya, Adek-adek! ^^

Bapak Boy Thohir dan jajaran Adaro Grup *eh ada Iron Man juga!*

Sejam bersama Bapak Boy Thohir *kayak judul acara teve aja hihi* sepertinya tidak cukup, Teman-teman. Rasanya masih pengin banyak belajar dari sosok humble ini. Tapi, waktu sudah menunjukkan pukul 20.30 wib. Kami harus bergegas pulang. Tugas sebagai istri dan ibu sudah menanti. Makasih untuk undangannya, Adaro, khususnya Bapak Boy Thohir! Semoga kami-kami termasuk manusia yang bisa memetik pelajaran dari setiap kejadian. Aamiin. [] Haya Aliya Zaki




16 komentar:

  1. Ayam Goreng, betapa si Anak sayang banget kepada Ibunya ya, Mbak.

    Acara yang begitu menyentuh. Banyak yg menginspirasi.

    BalasHapus
  2. Ikutan haru dengan sikap si yatim yang menyimpan ayam goreng utk ibunya, betapa mulia hatinya yaaa... Subhanallah...
    Beruntung sekali kalian ah, bisa iftar bareng Bapak Boy Thohir, sosok yang aku kagumi banget ituh! :)

    BalasHapus
  3. Subhanallah...terharu banget sama anak kecil itu.. anak segitu aja tau cara mencintai bundanya ya kak moga2 mereka tumbuh jd anak sholih/sholihah :)

    BalasHapus
  4. keren bangett ya pak bos adaro ini mba, sejam bersama beliau banyak pelajaran berharga yang didapat, termasuk buat yang baca liputan mba di blog, nuhun :*

    BalasHapus
  5. Duduk bersama mereka sll membakar semangat utk banyak "Berbuat"... kesempatan keren.mbak! :)

    BalasHapus
  6. Subhanallah...pasti seneng ya ada diacara ini apalgi ikut berpartisipasi...

    BalasHapus
  7. luu pastinya ya apa yang disampaikan ustadz cepot

    BalasHapus
  8. Wuih acaranya seru. Aku juga baru tahu tuh Adaro Grup.
    Btw, aku ternyata belom follow blogmu yang cetar ini. Izin follow, ya Cikgu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih. Aku udah folbek ya, Nia. :)

      Hapus
  9. Berbagi dnegan anak yatim di bulan Ramadhan..semoga mendatangkan keberkahan ya mbak.. Aku juga baru tahu tentang Adaro Group padahal tokohnya termasuk orang terkaya di Indonesia ya.. Moto hidupnya oke untuk dicontoh.

    Reputasi memang penting makanya aku suka jaim #ehhh :D

    BalasHapus
  10. Berbagi kehangatan, berbagi kepedulian, rasanya senang ya mba.
    Moto hidup bung Boss Adaro keren yaa

    BalasHapus
  11. Baru tau soal Adaro Grup hehe. Nice post mba :)

    BalasHapus
  12. asiknya kopdar sambil meliput sambil buka bersama :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan