Kamis, 30 April 2015

Yuk, Melek Hukum Bersama Hukumpedia!

Di postingan Blogger Harus Melek Hukum saya sudah cerita tentang kasus copas yang menimpa saya. Sebenarnya, urusan hukum tidak selalu yang “berat-berat”. Contohnya, kasus copas itu tadi. Jangan berpikir hukum itu cuma seputar kasus kecelakaan akibat ulah anak artis atau mafia pajak Gayus Tambunan atau pembunuhan seorang PSK di kos-kosan. Wew. Tanpa kita sadari, sehari-hari kita bersentuhan dengan hukum. Mengendarai motor di trotoar? Bakal berurusan dengan hukum. Nilep permen sebiji di supermarket? Bakal berurusan dengan hukum. Menghina orang lain melalui medsos? Bakal berurusan dengan hukum. Hukum ada di mana-mana dan mengatur semuanya.

Sebagai blogger, saya bersyukur mengenal Hukum Online dan Hukumpedia. Kalau saya punya wawasan hukum, saya jadi punya “rem” untuk diri saya sendiri dari melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

Apa perbedaan Hukum Online dengan Hukumpedia? Nah, Hukumpedia sebenarnya bagian dari layanan Hukum Online. Yang bisa berkontribusi di Hukum Online hanya reporter Hukum Online. Sementara, di Hukumpedia, siapa saja bisa berkontribusi. Konten tanpa filter! Yang penting, tulisan bukan copas dan bukan berbau SARA.

Hukum Online

Hukumpedia

Jadi, Hukumpedia ini semacam portal yang mengakomodasi kebutuhan warga tentang informasi hukum. Bahasa yang digunakan juga bukan “bahasa dewa” yang njelimet bikin mumet lama-lama pembaca kabur karena empet. Insya Allah awam bakal mengerti, deh. Kategorinya macem-macem. Ada Pidana, Bisnis dan Ekonomi, Kenegaraan, Kekayaan Intelektual, Humaniora, dll. Berhubung saya baru kena kasus copas, saya langsung klik kategori Kekayaan Intelektual qeqeqe. Eh, nemu artikel menarik berjudul Tip Mencari Gambar yang Halal di Internet. Isi artikelnya tentang pemilik foto yang melepaskan hak cipta dari karyanya dan karyanya itu diberikan kepada masyarakat. Foto-foto ini halal untuk kita pajang di blog kita. Info yang bermanfaat banget! Oiya, sekarang, kan, juga lagi rame tuh soal pro-kontra hukuman mati. Teman-teman monggo baca artikel-artikelnya di Hukumpedia atau komen-komen kasih opini. Menarik, Hukumpedia memiliki Klinik Hukum buat curhat-curhat soal hukum. Topiknya beda-beda. Kebetulan hari ini topik Klinik Hukum adalah Ketenagakerjaan.

Ingin berkontribusi di Hukumpedia? Gampang! Ada 4 tahap, yakni Registrasi, Aktivasi E-mail, Verifikasi Akun, dan Lengkapi Data Diri. Kalau mau posting artikel, kita bisa memasukkan maksimal 3 kategori. Yang mau mendaftar atas nama komunitas, bisa, lho. Nanti postingan artikelnya atas nama komunitas tersebut.



Teman-teman Hukumpedia bakal dapet peringkat. Mulai dari peringkat Tamu, Pemula, Penulis, dst. Tergantung jumlah artikel yang diposting. Kalau sudah posting sekian artikel, kita bisa direkomendasikan ke peringkat paling tinggi, yakni Penasihat. Benefitnya antara lain, diundang ke seminar-seminar atau pelatihan-pelatihan dan bisa mendapat akses khusus untuk ke Hukum Online.

Sekali sekala Hukumpedia mengadakan kompetisi artikel, foto, dan video. Beberapa waktu lalu ada kompetisi artikel bertema Curhat Cinta. Meski ngomongin cinta-cintaan, teteuuup ada bau-bau hukumnya juga. Tak disangka peminatnya banyak sekaleee. Maklum, banyak yang galau qeqeqe. Pemenang kompetisi bakal dapet Lencana. Unik, ya? Tiap bulan dan tiap tahun ada pemilihan konten terbaik. Pemilik konten terbaik bakal mendapat hadiah merchandise dari Hukumpedia.


Saya dan teman-teman blogger di Indonesia Jentera School of Law (foto milik: nurterbit.com)

Gimana? Tertarik belajar hukum bersama Hukumpedia? Iya, dong, ya. Paling tidak, jadi member pasif dulu. Baca-baca artikelnya buat tambah wawasan. Yuk, melek hukum bersama Hukumpedia! Yuuuuk! [] Haya Aliya Zaki


6 komentar:

  1. Oooo. Baru tahu saya Mbak sudah follow hukumpedia lumayan lama. Makasih infonya ya Mbak Haya

    BalasHapus
  2. hmm..baru tau nih ada portal hukum, sip sip nanti di ceki2 :)

    BalasHapus
  3. Wah... makasih banyak infonya Mak. Ilmu aku jadi tambah terus :)

    BalasHapus
  4. Tentang cinta-cintaan ternyata bisa berkaitan dengan hukum juga ya mbak

    BalasHapus
  5. Aku belom paham banget, Kak.. Nantik lah diregistrasi dulu ya. :D

    BalasHapus
  6. Rujukan penting buat yang sering berkutat atau tertarik dengan hukum nih..ada kliniknya juga yaaa..

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan