Jumat, 20 Februari 2015

[Resensi Kompas Anak] 25 Dongeng Lucu tentang Makhluk Misterius

Resensi ini dimuat di koran Kompas Anak rubrik Resensi (terbit setiap hari Minggu). Dikirim 13 Januari 2015 dimuat 15 Februari 2015. Yang senang baca buku anak, silakan menulis resensi maksimal 200 kata dan kirim ke kompas@kompas.co.id CC kompas@kompas.com dengan subjek e-mail: [Resensi Kompas Anak] + [Judul Buku]. Lampirkan naskah resensi dan scan cover depan buku. Jangan lupa tulis alamat lengkap, nomor telepon, dan nomor rekening di badan e-mail, ya. Honor Rp200 ribu saya terima 2 hari setelah tulisan dimuat. Yuk, coba kirim, yuk. 



Judul: Dongeng Misterius dari Lima Benua 1
Penulis: Widya Ross
Ilustrator: Amna Oriana dan Mira Widhayati
Tebal: v + 102 halaman
Penerbit: Kiddo

Malam ini boogeyman menyusup ke kamar Lisa Perrywinkle dan berniat menculiknya. Boogeyman adalah monster berbau busuk yang selalu mengincar anak-anak kecil. Hiiiy! Di luar dugaan, Lisa sama sekali tidak takut dengan boogeyman. Hebatnya, Lisa bisa mengalahkan boogeyman berkat rajin membaca buku hohoho! Hm, penasaran bagaimana caranya?

Pernah mendengar tentang Dokkaebi, makhluk dalam mitologi rakyat Korea yang terkenal jail dan bisa mengubah bentuk tubuhnya menjadi sapu atau wajan? Kejailan Dokkaebi menyebabkan warung mi ramen Pak Ramyeon tidak laku. Akibatnya, Pak Ramyeon tidak bisa lagi membiayai adiknya sekolah. Apa yang dilakukan Dokkaebi untuk menebus kesalahannya?

Alih-alih takut, kita malah terhibur dengan dongeng vampir, frankenstein, medusa, troll, dan makhluk misterius lainnya. Semua dongeng mengandung pesan moral tanpa menggurui. Selain itu, di setiap akhir dongeng kita mendapat pengetahuan umum tentang makhluk misterius yang diceritakan, seperti asalnya, bentuk tubuhnya, dan makanan kesukaannya. Ilustrasi buku ini lucu-lucu penuh warna! [] Haya Aliya Zaki, Tangerang


19 komentar:

  1. buku yang menarik ya maak...dan tokoh-tokoh yang ditampilkan juga familiar dengan anak-anak kita sekarang :)..mantap resensinya :)..cheers..

    BalasHapus
  2. Kurang baek gimana coba mak haya, udah ilmunya dikasih, tulisan resensinya pun juga dishare., makasih ya mak., jadi pengen blajar resensi deh :-)

    BalasHapus
  3. Aku kl pulang ke batam jg msh baca mjalh bobo yg ada dongengnya msk...adik aja bava dongeng. Mksh mak infonya^^

    BalasHapus
  4. Pengeeeennn... belajar dulu ya.. Nanti mulai buka2 koran Kompas yang di rumah.. :)
    Trimakasih Mak Haya.. :)

    BalasHapus
  5. bukunya sepertinya mengajak anak utk berimajinasi tinggi ya....

    BalasHapus
  6. Banyak belajar nih dr mbak Haya ^^

    BalasHapus
  7. Eh jadi penasaran sama bukunya, buku horor tapi malah menghibur

    BalasHapus
  8. Kalau mau resensi buku anak gitu harus buku sini atau luar boleh mbak? aku sering baca buku anak nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh buku sini atau luar. Tapi, kalau bisa, buku yang terbit 2 tahun terakhir, ya. :)

      Hapus
  9. Honornya lumayan juga, ya, Rp200 ribu. Hmm, masih belum bisa bikin resensi buku anak.

    BalasHapus
  10. boleh juga nih mbak haya. Berarti kalau aku baca buku punya anak-anak bisa ikutan meresensi ya.

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah bikin resensi buku anak. Mau coba aaah...

    BalasHapus
  12. Sesekali nyoba ah, habis baca buku banyak digeletak2in aja ;)

    BalasHapus
  13. dari dulu tuh udah kepikiran pengen nyoba ngirim tapi entah kenapa nggak pede kak.. tapi liat tulisan kak cikgu ini aku jadi pengen nyoba lagi :)

    BalasHapus
  14. terima kasih tipnya, Mak Haya. Perjuangan saya adalah harus belajar menulis pendek hehe

    BalasHapus
  15. belum pernah tembus kompas anak hiks..
    makasih tipsnya mbak haya

    BalasHapus
  16. aku dan nai suka bukunyaa....wah, selamat ya mba haya :*

    BalasHapus
  17. Bagus mbak ceritanya, jadi penasaran saya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan