Kamis, 12 Februari 2015

Bosan dengan Mal di Jakarta? Terus, Main ke Mana?

Jakarta, kota metropolitan nomor wahid di Indonesia, identik dengan pusat belanja a.k.a malnya. Betul enggak, Teman-teman? Jika kita berkunjung ke Jakarta entah untuk perjalanan dinas atau berlibur, biasanya enggak jauh-jauh dari ngemal. Bosen juga, ya?

Sebagian besar orang yang melakukan perjalanan dinas ke Jakarta dan memiliki waktu luang, lebih memilih tinggal di hotel daripada menghabiskan waktu di mal. Nah, daripada tidur melulu di hotel yang ada di Jakarta saat perjalanan dinas, enggak ada salahnya mengunjungi beberapa tempat wisata ini.

1. Kota Tua Jakarta

Foto milik: fotologic.me

Kota Tua Jakarta atau Batavia Lama (Oud Batavia) merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Kota yang terletak di sepanjang Sungai Ciliwung ini menawarkan eksotisme arsitektur Belanda. Banyak yang berpendapat jika Kota Tua Jakarta mirip dengan kondisi kota di Amsterdam sehingga kota ini memiliki julukan “Mutiara dari Timur” atau “Ratu dari Timur”.

Menikmati keindahan bangunan Kota Tua Jakarta dapat dilakukan sambil bersepeda onthel. Sepeda onthel telah disediakan di tempat persewaan. Di sini Teman-teman akan menemukan banyak sekali spot foto cantik antara lain di Pelabuhan Sunda Kelapa, Taman Fatahillah, Stasiun Jakarta Kota, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, dan Syahbandar (Uitkijk Post). Jadi, jangan lupa kamera saat berkunjung ke sini. Hare gene, selain jeprat-jepret pemandangan, selfie is a must-lah, yaaa. ^^

2. Taman Ismail Marzuki

Foto milik: wikimedia.org

Taman Ismail Marzuki terkenal sebagai wadah seni dan budaya di Jakarta. Taman ini sering digunakan sebagai lokasi teater atau pagelaran seni dan diskusi buku. Taman Ismail Marzuki memiliki balai pameran, gedung arsip, galeri, bioskop, dan enam teater modern. Di sini juga terdapat planetarium yang cocok banget sebagai pusat edukasi anak. Wah, pas, nih, ke sini kalau dinas sambil bawa keluarga.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Foto milik: queenoftheeast.com

Museum Seni Rupa dan Keramik beralamat di Jalan Pos Kota No 2, Jakarta Barat. Museum ini berdiri di atas bangunan tua yang dibangun Belanda pada 1866 – 1870. Pada 1976, gedung ini diresmikan oleh Presiden Soeharto sebagai Gedung Balai Seni Rupa Jakarta. Pada 1990 gedung ini berubah nama dan fungsi sebagai Museum Seni Rupa dan Keramik. Di dalam Museum Seni Rupa dan Keramik terdapat beragam koleksi benda seni rupa. Mulai dari keramik, patung, totem dari kayu, sketsa, dan batik lukis. Keramik di museum ini merupakan warisan peninggalan dari berbagai negara.

4. Kepulauan Seribu

Foto milik: jakartatraveller.com

Jika Teman-teman mencintai alam, Kepulauan Seribu adalah tempat yang layak dikunjungi ketika berada di Jakarta. Di Kepulauan Seribu banyak macam kegiatan air yang bisa dilakukan seperti naik banana boat,  jet ski, diving, dan pastinya berenang. Untuk mencapai lokasi Kepulauan Seribu, kita hanya perlu ke dermaga Ancol, kemudian berkendara dengan speed boat.

5. Kemang Food Festival

Foto milik: blogspot.com

Ini dia tempat wisata para pencinta kuliner, Kemang Food Festival! Letaknya di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan. Tempat ini sering menjadi destinasi anak nongkrong di malam hari. Beberapa outlet makanan yang dapat kita nikmati antara lain Nasi Bakar Kemang, Roti Bakar Eddy, Naga Sushi, Raja Bubur, dan Opis Kebab. Woohoo … makanan enyak-enyak kumpul semua di sini. Kemang Food Festival buka mulai pukul lima sore hingga tengah malam.

Itu tadi lima destinasi wisata selain mal yang dapat Teman-teman kunjungi di Jakarta. Masih banyak lokasi lainnya yang enggak kalah menarik seperti Museum di Tengah Kebun, Museum Layang-Layang, Taman Mini Indonesia Indah, dan lain-lain. Tuh, jalan-jalan ke Jakarta enggak harus ke mal, kan? []


Artikel ini ditulis oleh teman saya, Ardi. Yuk, perkaya wawasan dan jalin silaturahim dengan sesama blogger.

26 komentar:

  1. kalo TIM itu langganan saya nyaris tiap pekan :)
    untuk no 5 belom pernah lagi sejak nobar piala dunia...
    nah yang no 3 pengen banget ke sana.

    BalasHapus
  2. Kepulauan Seribu, dari dulu belum kesampaian mau main ke tempat ini :D
    Jakarta, destinasi wisatanya gak melulu jalan ke mal yah mak..

    BalasHapus
  3. Belum pernah ke kepulauan seribu.Pengiiin...

    BalasHapus
  4. Belum pernah ke semuanyaaaa :(((

    BalasHapus
  5. Dari yang disebutkan di atas cuma pernah ke yang disebutin di bawah yang nyempil itu... Taman Mini. Itu pun cuma lewat doang naik mobil trus foto2 bentar :D Ancol enggak disebut ya :D

    BalasHapus
  6. Hampir tiap hari lewat TIM tapi ga kepikiran mampir :). Hahha

    BalasHapus
  7. Huaaaa... Udah lama pengen banget ke kota tua, jalur kesini pake apa aja, yah?

    BalasHapus
  8. ternyata msh banyak obyek wisata di jkt yg blm aku samperin.. huhuuu

    BalasHapus
  9. Aaah Pulau Seribu yang belum kesampaian :(
    Selalu susah dapet izin orang tua kalo mau kesana hiks

    BalasHapus
  10. Aku ingin banget ke Kepulauan Seribu :D
    Yuk rame2 ke sana.....

    BalasHapus
  11. Saya malah belum pernah sekali pun ke mal Jakarta. Seperti Negara Yaman, di ibu kotanya juga ada Kota Tua Sana'a.

    BalasHapus
  12. Pengen banget ke kepulauan seribu...tp gatot trs... :)

    BalasHapus
  13. Aku pengen ke museum tengah kebun..kayaknya asri sambil foto2 disana :")

    BalasHapus
  14. Pengen ajak anak-anak ke TIM...sipp siip..Inshaa Allah kalau mudik inii...

    BalasHapus
  15. nah itu museum keramik, kayaknya tertarik

    BalasHapus
  16. saya baru dua bulan di jakarta nih mak, belum berani kemana2 sendirian.. sampe sekarang monas aja belum tau.. hihi moga2 suatu hari bisa menjelajahi semua tempat ini :)

    BalasHapus
  17. Iyaa asyikk y cikgu jln2 ke kota tua ata tmii...
    Meski krucils di rmh doyannya ke mall lg mall lg...
    Hadeeuuhhh

    BalasHapus
  18. Semua di atas, yang belum Kep.1000, masih tinggi gelombang nih, entar klo panas pengen ke sono

    BalasHapus
  19. Postingannya pas nih, aku lagi senang jalan2 di luar mall. Dan, penasaran sama museum seni rupa. Kapan2 main ke sana, ah.

    BalasHapus
  20. Kota tua menjadi sarana liburan keluarga yang banyak peminatnya

    BalasHapus
  21. Pulau seribu kayaknya pilhan terbaik deh

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan