Kamis, 01 Januari 2015

Catatan Pahit Manis 2014

Tahun 2014 tahun penuh warna, terutama terkait dunia blogging. Saya ingat betul, tepat pergantian tahun 2013 ke 2014, saya masih berjibaku mengutak-atik laporan Prenagen buzzing competition. Sementara, suami dan anak-anak tengah mendengkur halus di kamar hotel. Orang-orang heboh tiup terompet, saya heboh memikirkan tweet reach, menghitung twitpic, tweet, dll, hahaha. Seru!
Bete merayakan tahun baru 2014 dengan cara seperti itu? Tidak, sama sekali tidak. Saya melakukannya setelah suami dan anak-anak tidur, setelah kami asyik jalan-jalan dan main seharian. Jadi, saya tidak ‘mencuri’ waktu kebersamaan kami. Saya mencintai semua yang saya lakukan. Saya pun yakin kerja keras pasti berbuah manis.  
Februari 2014, saya mengambil keputusan cukup berat. Saya memilih berhenti sebagai dosen di akademi kesehatan di Jakarta. Pekerjaan ini sudah saya lakoni selama 8 tahun. Dulu Abah ingin sekali saya menjadi ahli kesehatan, entah itu dokter atau farmasis. Saya menurut, kuliah Farmasi dan bekerja sebagai dosen. Sekarang saya merasa passion saya tidak lagi di situ. Saya cuma ingin menulis dan menulis. Kalaupun mengajar, ya, mengajar tentang dunia menulis. Saya sampaikan hal ini kepada Abah dan beliau bisa mengerti. Alhamdulillah. Ridho Allah ridho orangtua. Dukungan dan doa orangtua saya damba untuk ‘keberuntungan’ saya menapaki hidup. Mungkin karena latar belakang saya farmasis, saya tidak menemui kesulitan berarti saat membuat tulisan-tulisan bertema kesehatan. Tahun 2011 buku Fight Love Hope tentang penderita kanker, terbit. Saya dan teman-teman menulis buku itu untuk menyemangati para penderita kanker di Indonesia. Saya juga pernah memenangi lomba menulis Keajaiban Sentuhan Medis dan macam-macam lomba blog bertema kesehatan.     


Masih seperti mimpi kalau ingat saya pernah menjadi Ketua Panitia Srikandi Blogger 2014 oleh komunitas Kumpulan Emak Blogger. Acara ini sukses terselenggara berkat kerja sama tim hebat. Blogger-blogger dari berbagai penjuru hadir, bahkan dari luar negeri. Tamu puas, sponsor senang. Makasiy semuanya!
 Tahun 2014 saya akui saya masih ketagihan ikut lomba blog. Berbagai hadiah saya menangi, mulai dari voucher belanja ratusan ribu rupiah sampai gadget seharga belasan juta rupiah. Bagi saya, kemampuan bisa terasah dengan mengikuti lomba. Sah-sah saja ngeblog karena berharap hadiah. Berkompetisi secara jujur dan sehat. Halal. J Insya Allah saya selalu menyisipkan nilai-nilai manfaat untuk pembaca, bukan sekadar asal menyanjung-nyanjung produk sponsor lomba. J
September 2014, tepat 5 tahun saya bangkit dari keterpurukan. Sebuah peristiwa di bulan September 2009 sempat membuat saya jatuh ke titik NOL. Tiga bulan saya meratapi diri. Januari 2010, saya tersadar. Tidak ada yang bisa menolong selain Allah dan diri saya sendiri. Saya harus fokus pada keluarga dan anak-anak. Mereka membutuhkan saya. Dan, saya berutang budi kepada … dunia menulis! Semua energi negatif saya olah menjadi energi positif dengan produktif menulis; baik di diari terkunci, media cetak, dan blog. Dunia menulis saya tekuni sejak 1996, tapi maknanya sebagai ‘penolong’ baru benar-benar saya rasakan saat itu. Jadi, kalau ada yang bertanya kapan saya berhenti menulis, mungkin jawabannya hanya setelah ruh terpisah dari raga. Bagaimana mungkin saya berkhianat, sementara dunia menulis telah menolong saya sedemikian rupa?
Pada bulan September 2014 juga saya beserta dua teman blogger, Ani Berta dan Shintaries, membentuk Fun Blogging. Fun Blogging ini semacam cikal bakal startup kecil-kecilan kami bertiga nantinya. Semoga kami tetap menjadi tim yang solid, saling mengisi, dan passionate. Baideweeeiii, gara-gara Fun Blogging, kami jadi mejeng di Detik TV hahaha! Enggak bakal bisa lupaaa! Makasiy banget kepada teman-teman yang udah mau nonton.

Foto milik Shanti

Hal yang menyenangkan berikutnya, profil saya tampil di tabloid Nova, tepat di Hari Blogger Nasional, 27 Oktober 2014. Dua minggu sebelumnya Mas Henry, wartawan tabloid Nova, menelepon, mau wawancara. Bingung saya, dari mana beliau tahu tentang saya? Kata beliau, sih, dari internet. Blog saya dianggap cocok dengan visi dan misi tabloid mereka. Masya Allah. Saya yakin blog ibuk-ibuk lain banyak yang lebih bagus, tapi kali ini saya yang ketiban rezeki. September - Oktober 2014 saya diberi amanah menjadi juri beberapa lomba blog. Terima kasih banyak kepada pihak-pihak yang telah mengajak bekerja sama. Semoga silaturahim langgeng. Jangan kapok, yaaa. J




Desember 2014 saya diberi ujian sakit. Berminggu-minggu pendarahan dan hipotensi. Di rumah saya lebih sering terbaring. Mata berat, kalau diikuti pengin bobok melulu. Saya mengandalkan jasa ART untuk cuci gosok mengepel (kerja dari pukul 07.30 – 10.00 wib). Faruq sudah bisa bantu momong adik-adiknya. Alhamdulillah, suami juga mau membantu melakukan pekerjaan domestik.  
Dokter menganjurkan (pake banget) saya untuk olahraga. Jadi, resolusi 2015 saya adalah rutin olahraga hahaha! Serius, saya pengin sehat. Surprais, di sela-sela sakit, saya ditelepon Mbak X (namanya masih rahasia hehehe) bahwa blog saya lulus review. Ceritanya, sekitar Oktober 2014, Mbak X menelepon, “Apakah Mbak Haya bersedia blognya di-review oleh klien kami? Klien kami butuh blogger untuk ke Singapura, meliput rumah sakit di sana.” Wah, saya langsung jawab mau sambil guling-guling, dong. Saya tunjukkan labels Kesehatan di blog saya. Mbak X juga bertanya saya rikues fee berapa. Untuk fee, saya enggak mengajukan mihil-mihil, sewajarnya aja. Bagi saya, pengalaman paling berharga. Hasilnya, kata Mbak X, tiket pesawat dan akomodasi ditanggung. Surprais lagi, ternyata, fee dari klien Mbak X tiga kali lipat lebih tinggi daripada yang saya minta. Alhamdulillah yaa Rabb. Allah bekerja dengan cara-Nya. Tidak pernah saya duga akan begini jalannya. Mohon doa ya, Teman-teman. Mudah-mudahan lancar. Aamiin.        
  Semoga semuanya lebih baik lagi di tahun 2015. Blog dan media sosial ladang berbagi. Kesenangan dan materi efek samping semata. Apa pun itu, saya ingin selalu melakukan yang terbaik, sepenuh hati, semampu saya. Winners focus on winning. Losers focus on winners. Think like a champion. Selamat tahun baru 2015! [] Haya Aliya Zaki



49 komentar:

  1. Background kita ternyata sama mbak, tapi aku jarang nulis tentang kesehatan.. :D Tahun 2014nya mbak Haya penuh warna dan pencapaian ya mbak... Semoga lekas sehat dan prima dan Mudah2an tahun 2015 makin berkah , makin banyak rejeki ..dan makin menginspirasi ^^.

    BalasHapus
  2. Banyak kejadian seru di 2014 ya, Mak. Saya juga pengen konsisten olahraga nih, Mak. Abis kalau lagi rajin ya rajin. Kalau lagi males ya males. Susah banget buat konsisten. Semoga 2015 kita sama-sama bisa konsisten hihihi

    BalasHapus
  3. merinding baca postingan ini. Selamat mak, semua kerja keras dan kikhlasan akan dihargai oleh didi sendiri, pihak lain maupun di maya Allah.
    saluut. Semoga mak Haya Sehaat...goodluck Mak. Aku padamu.

    BalasHapus
  4. Waaaa selamat ya maaakk.
    di tengah sakit, ada kabar gembira. bisa ke spore gretong dehhhh.
    aku suka quote Mak Haya di pragraf terakhir.

    Selamat tahun baru 2015 mak hayaaa :)

    BalasHapus
  5. Alhamdulillaaah dunia menulis memberi banyaak manfaat buat kehidupan Mak Haya {}
    semoga semakin sukses yaa mak ^^

    Btw, engg itu yg funblogging 2015 salah ketik ya mak :D

    BalasHapus
  6. Huhuhuu jatuh bangun itu bermakna banget ya mbaa
    Selalu bangga dan senang lihat semua pencapaian luar biasa mba haya
    Semoga tahun depan lebih baik dan lebih berkah ya mba, amiinn

    BalasHapus
  7. Lah, pernah sakit tho. Kok saya nggak dengar. yang saya ketahui malah panen hadiah terus.
    Olahraga lah Jeng, jalan cepat cukup deh 5x seminggu biar tetap ayu, segar dan bugar.
    Sehat dan sukses selalu ya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah... Yuk Mak, resolusi utk hidup lebih sehat, saya temenin ya.. Hehe. Kebetulan saya juga punya resolusi yg sama utk tahun2 mendatang.. :)

    BalasHapus
  9. Ikut donk cikgu jalan-jalannya xixixi ...selamat yaaaa ^_^

    BalasHapus
  10. Winners focus on winning. Losers focus on winners. Think like a champion. - Quote of The Yeaaarrr!! :))

    BalasHapus
  11. Ahh, kak Haya menginspirasi sekali, senang ketemu dgn kakak di dunia blogging ini. Semoga selalu sehat, terus menginspirasi dan keep sharing ya kak, :)

    BalasHapus
  12. Keren, Haya. Jadikan kegagalan sebagai cambuk untuk meraih keberhasilan.
    Tiada hasil besar tanpa usaha dan kerja keras, dan Haya sudah membuktikan.
    Terus berbagi, terus menulis, tetap istiqomah. Bangga sama kamu <3

    BalasHapus
  13. kerren bangetttt emak yg satu inni....sehat2 selalu ya mak,kapan2 ajak aku ke singapore gratis ya xixixixixxi......
    sukses untuk mak haya^^

    BalasHapus
  14. Masya Allah...luar biasa pencapaiannya...sukses selalu dan teruslah menginspirasi, Mak...selalu sehat ya...senang bisa mengenalmu...*peluk dari jauh...

    BalasHapus
  15. Setuju, dalam menulis, Mak Hay keliatan selalu berusaha membagi ilmu dan info. Bukan hanya sekedar agar blog nggak diselimuti sarang laba-laba. Thanks for inspiring, Mak Hay. Btw aku baru tau ternyata dirimu Farmasis hehehe. Kemane ajee gueee :v

    BalasHapus
  16. Selamaaat Mak Haya.Semua perjuangan berbuah maniss...

    BalasHapus
  17. Dibalik kesuksesan selalu ada kerja keras. Mak Haya memang pantas untuk sukses. :))

    BalasHapus
  18. Wahh...bertaburan prestasi dirimu mak. Malah baru tau kalau jatuh sakit. Aku bacanya kabar baik terus ttg mu... sukses selalu mak... sehat sellau juga ya.

    BalasHapus
  19. Salut & terharu mendengar cerita Mba Haya. Lekas sembuh dan sehat Mbaaak dan semoga Allah memberi hal2 keren lagi di tahun baru ini ^_^ v

    BalasHapus
  20. Luar biasa mbak Haya. Dirimu sangat menginspirasi. Dirimu juga termasuk salah satu teman mayaku yang super duper ramah dan baik hati.
    Sungguh kebaikan yang berbuah manis. tetaplah menginspirasi mbak.
    Selamat untuk mbak Haya, semoga sukses dengan resolusi olahraganya, semoga sukses untuk semua rencana

    BalasHapus
  21. Saya percaya passion kita terhadap sesuatu akan membantu di kala suka dan duka. Berhubung senang jalan-jalan, kalau dikasih kesempatan jalan2 ke Singapur seperti Mbak Haya, saya akan jingkrak2 pula. Selamat ya Mbak :)

    BalasHapus
  22. Luar biasa. Suka baca postingan ini. Semoga selalu sehat Mak Haya....

    BalasHapus
  23. Ikut guling-guling mak dengan pencapaian mak Haya, semoga bisa mengikuti di tahun 2015 ;)

    BalasHapus
  24. Subhanallah kerennya cikguku ini ... merubah semua energi negatif menjadi positif, bahkan disela-sela sakit masih semangat berbagi. Kereeennn!!! You are truly my number one idol mak .... terima kasih sharing dan caringnya mak :)
    semoga sehat selalu ya mak :)
    (jangan lupa oleh2 nya dari Singapore heheh)

    BalasHapus
  25. Wah selamat ya mak, mau ke Singapur nih. Semoga semakin sukses di th 2015. Selamat tahun baru mak Haya sekeluarga :)

    BalasHapus
  26. Selamat tahun baru, dengan berkurangnya jatah umur kita, semoga kita bisa makin dekat dengan Allah, makin ditambah iman dan taqwa, dan segalanya makin bertambah kebaikan.
    Salut sama mak Haya yg terus konsisten menulis dan berhasil byk mendapatkan apresiasi, selamat ya mak

    BalasHapus
  27. Selamat yaa mak, mak Haya itu inspirasiku,, kereenn,, selamat tahun baru, kalo ke Singapure, jangan lupa oleh2 nya ya..

    Desember yang sakit, semoga setelah sembuh, mak Haya sehat selalu yaaaaa..

    BalasHapus
  28. Haya..., dirimu luar biasa! Ga nyangka lho jika dirimu pernah terpuruk, lebih luar biasa lagi, dirimu mampu bangkit dan bermanuver begitu luar biasa pula! Salut denganmu, Hahay! Sukses terus yaaa! Sukak banget baca artikel ini. :)

    BalasHapus
  29. Selamat Tahun Baru 2015 ya. Semoga di tahun 2015 ini kita semuanya diberikan kemudahan dari Allah SWT dalam mencapai cita cita dan asa yang belum terealisasi di tahun sebelumnya. Amin Amin Ya Robbal Alamin

    Assyiik yg mau jalan jalan ke Luar Negeri hiheieiheie
    huasyeeeeeeeeeeeeeekkk

    BalasHapus
  30. Mak Hayaaa..., salut utk segala pencapaiannya selama ini. Memang jika kita menjalani sesuatu dengan kesungguhan, kita akan mendapatkan hasil yang setimpal.
    So... selamat jalan2 ke Singapore Mak. :)

    BalasHapus
  31. Menulis itu jiwa, ketika jiwa menuangkan sepenuh cinta, maka seluruh alam akan mendekatimu. Mba Haya, selalu sehat dan bahagia, yah :)

    BalasHapus
  32. Pencapaian hebat Mak Haya, selamat, semoga tahun 2015 lebih sukses. Terus berbagi ya. Terimakasih atas banyak ilmu yang telah kau bagi.

    BalasHapus
  33. setiap bulan menang lomba ya mbak :) semoga tahun depan mendapatkan penapaian yang luar biasa juga

    BalasHapus
  34. Semoga sehat dan dilancarkan perjalanannya ke S'pore ya, Hay. Semua yang Haya dapat buah dari apa yang Haya berikan. Nikmatilah.... ;)

    BalasHapus
  35. Prestasinya luar biasaaa!
    Kita kopdar pertama pas SB kmrn yò, mbak. :D

    Met tahun baru, yaa. Sukses menyertai Mbak Hyya.

    BalasHapus
  36. wah uni baru tahu, jika tahun ini Haya juga mundur dari dunia kampus...:) sama berarti pilihan kita ya..

    semoga selalu sehat dan semakin kinclong di tahun 2015 ya haya....:)

    BalasHapus
  37. Dirimu inspirasiku Sist :D
    Tak ada yang bisa kuungkapkan dengan segala talentamu selain "Keren" !
    Tetap semangat dan berbagi tak pernah henti.

    BalasHapus
  38. Mak Haya ini salah satu blogger yang menginspirasi. Banyak belajar darimu, Mak

    BalasHapus
  39. Selamat tahun baru dan berpikirpositif :)

    BalasHapus
  40. Eh? Di pikiranku tuh Mbak Haya itu lulusan Bahasa Indonesia =,= Jadi aku baca about me siapa itu lulusan jurusan Bahasa Indonesia *kebalikbalik hihihi* Tahun 2015 semoga makin keceee Mbaaa, makin banyak rezeki :") Btw nice quote yang paling bawaaah cukaaakkk...

    BalasHapus
  41. wahh, luar biasa. selamat atas prestasinya!

    BalasHapus
  42. Barakallah mbak, semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan supaya bisa lebih banyak lagi berbagi.

    BalasHapus
  43. Barokallah, Mbak Haya. Baru tahu kalau Mbak Haya itu pernah jadi dosen, sudah 8 tahun pula, dosen kesehatan pula. Berkah sakitnya luar biasa ya, Allah kasih rejeki berlimpah setelah sakit. semoga tahun 2015 dikaruniai kesehatan dan rejeki yang cukup. Aamiin..

    BalasHapus
  44. wahhh keren Mak..semoga inspirasinya terus bisa menular ya mak...emak kreatif yang senang berbagi..Insya Allah rezeki berlimpah..Aamiin..

    BalasHapus
  45. Saya suka sekali dengan tulisan kamu yang berani mengedepankan manfaat. Bukan hanya menyanjung produk sponsor saja.

    BalasHapus
  46. Buah ketekunan dan kerja keras adalah kesuksesan ya. Mak Haya keren sangatlah kalau kubilang. Segala sesuatu di dunia ini memang gak ada yang sia2 ya.
    Sehat dan sukses selalu ya mak :*

    BalasHapus
  47. Tidak ada yang bisa menolong selain Allah dan diri saya sendiri, suka banget sama kalimat ini mbak. Saya juga mulai ngikutin blog mbak ni, inspiratif banget ^^ salam kenal ya mbak sebelumnya. untuk resolusinya, seperti biasa kesehatan selalu jadi resolusi paling terkenal, semangat mbak! :D

    BalasHapus
  48. semoga resolusi 2015 terwujud ya cikgu, dan suskes bwt ke singapurnya...
    amiinn

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan