Sabtu, 22 November 2014

UDoctor, 'Dokter Pribadi' yang Selalu Siaga

“Gara-gara macet, enggak jadi ke dokter, deh! Jam praktiknya udah lewat!”
“Jam ketemuan sama dokternya bentrok terus. Duh, gimana, ya?”
“Di sini lokasi puskesmas dan praktik dokter jauh ….”

Pernahkah Teman-teman mengalami kejadian seperti itu saat akan pergi ke dokter? Mungkin hampir semua menjawab pernah, ya. Kalau mentok, paling banter saya curhat ke Mama. Beliau memang bukan dokter atau perawat, tapi sering pengalaman orangtua saya jadikan acuan dalam melakukan sesuatu. Kebetulan Mama juga senang membaca buku-buku bertema kesehatan. Ini yang saya perhatikan sejak saya kecil. Klop, deh.

Nah, zaman ghaoel di dunia maya, saya jadi lumayan apdet sama informasi kesehatan. Tinggal mampir ke portal kesehatan, follow Twitter para dokter, atau  baca-baca sharing teman-teman grup medsos. Informasi ini jadi bahan diskusi saya sama Mama. Topik kesehatan merupakan topik yang tidak pernah habis kami bahas. Lumayan jadi penyambung silaturahim saya dan Mama yang terpisah antarpulau.    

Oiya, bicara soal portal kesehatan, saya menemukan portal kesehatan UDoctor. UDoctor adalah salah satu Digital Healthcare Telkom yang hadir untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia dalam rangka mendukung program Indonesia Sehat 2015.




Pertama kali mampir ke UDoctor, kotak chat langsung pop up di sebelah kanan. Kesempatan, dong. Saya tanya-tanya ke dokternya. Semua pertanyaan dijawab sigap-gap-gap. Saya langsung menyanyi ekstrak buah manggis ke Mama. Eh, maksudnya langsung berbagi kabar gembira ini ke Mama!

Apa aja yang bisa didapat dari UDoctor? Penasaran?

Cek Gejala Penyakit
Apa gejala penyakit yang Teman-teman rasakan belakangan ini? Sakit kepala? Lemas? Berat badan turun? Kita bisa cek gejala awal penyakit di sini. Ada pilihan kategori Anak dan Dewasa. Kita dipandu untuk klak klik petunjuk sesuai gejala yang dirasakan.



Tip dan Gaya Hidup Sehat
Daripada baca artikel enggak jelas, mending baca artikel tip dan gaya hidup sehat di UDoctor. Yang paling saya ingat, artikel tentang mitos kesehatan. Stop menelan mentah-mentah informasi yang tidak masuk akal. Semakin sering membaca artikel-artikel di UDoctor, saya jadi termotivasi untuk menerapkan gaya hidup sehat. 

Dokter Jaga
Saya kurang tahu persis jumlah dokter yang bertugas di UDoctor. Setiap Senin - Jumat kita dilayani mulai pukul 08.00 – 17.00 wib. Bisa melalui chatting, voice call, dan video call. Teman-teman yang pernah konsultasi di UDoctor, pasti terkesan dengan jawaban para dokter. Jawaban selalu runtut-detail-informatif sesuai dengan yang kita butuhkan. Hanya, kotak chat sedikit mengganggu karena bolak-balik pop up meski saya sedang tidak chatting dengan dokter. Mungkin bisa diperhatikan oleh pihak UDoctor bagaimana baiknya. Demikian juga pelayanan via akun Twitter @UDoctorID #dokteronline. Adminnya ramah dan responsif menjawab pertanyaan.



Rekam Medis
Biasanya rekam medis hanya disimpan oleh dokter, kan? Di UDoctor, kita bisa memasukkan data-data penting seperti berat badan, tekanan darah, alergi, riwayat penyakit, dll. Rekam medis sederhana ini bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Sharing Pengalaman
Kita bebas sharing pengalaman seputar kesehatan. Contoh, sharing tip agar bibir lembap, tip merawat kesehatan kulit, tip agar tidur lebih nyenyak, dll. Berbagi hal berguna sekalian diskusi dengan member lainnya. Tambah wawasan tambah teman. Seru, kan? 




Masih banyak manfaat lainnya. Catatan, semua manfaat di atas GRA-TIS! Gratis? Iya! Enggak cukup sampai di situ. Semua member berhak mendapatkan hadiah-hadiah menarik dengan cara mengumpulkan poin. Mulai dari daftar jadi member, sharing pengalaman, sampai menulis komentar pun dapat poin! Butuh payung, jam tangan, atau tablet? Yaaa … tinggal kumpulkan poin sebanyak-banyaknya, terus redeem!



 Konsultasi kesehatan di UDoctor pastinya TIDAK ADA pemeriksaan fisik. *ya iyalaaah namanya juga konsultasi online* Jadi, tidak ada pula tindakan klinis yang dilakukan oleh dokter. Kalau gejala terus berlanjut, silakan Teman-teman ke praktik dokter umum untuk pemeriksaan fisik.

Makasih udah bantu ummiku, UDoctor! ^^

Perlu diingat, lho, UDoctor hadir bukan untuk menghapus peran dokter umum. UDoctor hanya mendukung pelayanan kesehatan yang mudah dan cepat sebelum kita ke tempat praktik dokter umum. Berasa punya dokter pribadi yang siaga hihihi. Modalnya koneksi internet doang. Ayo, manfaatkan semua akses informasi yang tersedia lengkap di UDoctor. Jangan malu untuk curhat dan berbagi! [] Haya Aliya Zaki

19 komentar:

  1. Makasih infonya yh mak..aku udah daftar jadi member

    BalasHapus
  2. Bunda belum jadi member. Btw membaca postingan ini Bunda menemukan tambahan kosakata yang selama ini selalu Bunda ragukan penulisannya: orangtua (biasanya Bunda tulis: orang-tua0 dan lembap (biasa Bunda tuliskan 'lembab;).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pakai 'orangtua' untuk sebutan ayah dan ibu, sementara 'orang tua' untuk orang yang udah tua, Bun. Yap, di KBBI tertera 'lembap', bukan 'lembab'. :)

      Hapus
  3. Sekarang semuanya lbh mudah ya mak..kl sakit dikit lgsg tny ke mbah gogel mskipun meraba2 tp skrg kyknya tnya ke udoctr,lgsg dijawab sm pakarnya..tfs mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, di zaman digital semua serba-online, ya. :)

      Hapus
  4. wahhh baru tau mbak Haya ada kayak ginian hehe jadi ngirit budget yah kalo mau periksa edisi irit BBM yuk hehe... bookmark ya mbak mantap

    BalasHapus
  5. mak, pointnya saben hari beda beda ya, itu buat dapat hadiahnya harus dalam sehari ngumpulin poin sebanyak itu? soalnya kemarin aku udah ngumpulin poin sekitar 120an eh besoknya balik lagi ke 60

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, kok bisa berkurang? Tempo hari poinku 140. Pas tadi kubuka dasbor juga tetap 140. Ga berkurang, Mak. Coba tanya via Kotak chat atau mensyen Twitter.

      Hapus
    2. Mba Agustinadian mungkin bisa ditanyakan ke adminnya, bisa di screenshoot kronologisnya

      Hapus
  6. Asyiknya....udah konsultasi dokter gratis, bisa dapat poin rewards pula :)
    Efektif sekali ya, bisa dari mana saja kita check up, dokternya juga ramah2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, sambil menyelam, minum air. Ya dapet info kesehatan ya dapet poin buat redeem hadiah. :))

      Hapus
  7. Kayaknya perlu nih, soalnya tubuh saya sensitif. Sedikit-sedikit sakit, sedikit-sedikit meriyang.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung daftar jadi member aja, Ris. :)

      Hapus
  8. Wah.. makasih infonya mak..
    Mau nyoba juga

    BalasHapus
  9. Wah, situs yang menarik nih, khususnya buat teman-teman di Yaman yang (kadang) kurang cakap memahami perkataan dokter-dokternya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, cocok itu. Semoga bermanfaat, ya. :)

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan