Minggu, 23 November 2014

Aksi Peduli OBH Combi di Berbagai Kota di Indonesia

Ketika flu dan batuk, kita perlu antibiotik (mitos atau fakta?)
Jawab: mitos. Antibiotik membasmi bakteri, bukan virus. Sementara, flu disebabkan oleh virus. Jadi, percuma saja minum antibiotik saat flu. Yang lebih parah, antibiotik malah bisa membunuh bakteri ‘baik’ yang membantu melawan infeksi, yang akan membuat virus flu memburuk.

Olahraga merupakan obat terbaik untuk menyingkirkan virus flu
(mitos atau fakta?)
Jawab: fakta. Sistem kekebalan tubuh dan virus dipengaruhi oleh olahraga. Untuk itu, lakukan latihan ringan selama 30 menit. Langkah ini ini baik untuk memindahkan darah ke seluruh tubuh dan juga menggerakkan sel darah putih.

Flu dapat diredakan dengan makan sup ayam (mitos atau fakta?)
Jawab: fakta. Hasil penelitian di University of Nebraska Medical Centre menemukan bahwa sup ayam memicu reaksi perlawanan terhadap flu dengan cara menghambat pergerakan neutrofil. Neutrofil merupakan sel-sel darah putih yang bekerja merangsang pengeluaran lendir atau ingus. Untuk mendapatkan efek antiperadangan, sebaiknya tambahkan bawang putih dan sejumlah sayuran ke dalam sup ayam.

            Teman-teman, informasi mitos atau fakta tentang flu tadi saya baca di Mitos atau Fakta di www.mycombination.co.id. Mitos atau Fakta merupakan website yang dibuat OBH Combi untuk menggali pengetahuan seputar mitos kesehatan. Dari dulu saya memang suka membaca soal mitos atau fakta, termasuk penjelasannya secara medis. Jangan sampai salah kaprah teruslah, ya, apalagi soal kesehatan. Kesehatan bukan perkara sepele. ‘Tul enggak?




            Website Mitos dan Fakta adalah satu satu bentuk kepedulian OBH Combi dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia. Selain website tersebut, masih banyak lagi aksi peduli OBH Combi yang lain. Pada acara konferensi pers CSR (Coorporate Social Responsibility) OBH Combi tahun 2014 di PT. Combiphar Office, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta (10/11), disampaikan bahwa OBH Combi tak lupa melibatkan kaum muda dalam misi mereka. Kaum muda diminta untuk menyumbang aneka ide demi taraf kesehatan Indonesia yang lebih baik. Sejauh ini sudah ada 3500 ide kreatif yang masuk. Wow! Berikutnya, pembagian 100 ribu masker di 4 kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. “Tujuannya untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pemakaian masker, terutama saat batuk. Kami membagi-bagikan masker di commuter line, bus transjakarta, kampus-kampus, dan perkantoran,” kata Weitarsa Hendarto, VP Consumer Health  & Wellness PT. Combiphar.




Buat ibuk-ibuk seperti saya, OBH Combi juga punya kampanye Thank You Mom for Make Me Care yang diadakan oleh www.ibudanaku.com (komunitas ibu yang kini terdiri atas 17.315 anggota). Melalui kampanye ini, www.ibudanaku.com mengajak para ibu untuk mengajari anak-anak berbagi kebahagiaan kepada orang sekitar. Keren! Selain belajar untuk nilai akademis sekolah, anak-anak pun harus peduli kepada teman-teman mereka yang kurang beruntung. Yang mau bergabung di komunitas IbudanAku, silakan mampir ke website-nya. 




           Selama ini pastinya peran media tidak bisa dianggap sebelah mata. Maka, PT. Combiphar dan OBH Combi mengadakan lomba Karya Tulis Jurnalistik OBH Combi 2014 sebagai bentuk apresiasi. Edukasi bukan hanya didapat dari rumah, sekolah, atau lembaga-lembaga keagamaan, melainkan juga dari tulisan di ruang publik. Penilaian karya berdasarkan dari tata bahasa, kekuatan tulisan, dan literatur. Dari sekitar 40 naskah yang lolos seleksi, dipilih 4 pemenang. Pemenang 1 Happy Amanda Amalia dari Investor Daily (Gaya Hidup Tak Sehat Bisa Memicu Batuk), pemenang 2 Eko Supriyanto dari Tribun Jogja (Jangan Anggap Enteng Batuk!), pemenang 3 Eni Kartina dari Media Indonesia (Jangan Abaikan Batuk, Obati Segera!), pemenang 4 Wayan Diananto dari Tabloid Bintang (Kenali Penyebab Batuk Sebelum Memilih Obat yang Tepat). Selamat kepada pemenang lomba Karya Tulis Jurnalistik OBH Combi 2014!




Harapan saya, ke depannya mungkin OBH Combi berkenan mengadakan event yang sama untuk para blogger mengingat blogger adalah ‘the future teacher’. Zaman sekarang masyarakat mencari ragam informasi melalui internet. Tulisan para blogger mulai dijadikan semacam ‘referensi’. Ditunggu! ^^




Konferensi pers yang berlangsung selama 2 jam ini berakhir pukul 14.00. Sekali lagi, selamat kepada semua pemenang! Sukses untuk semua program PT. Combiphar dan OBH Combi, ya! [] Haya Aliya Zaki





25 komentar:

  1. Di kampung halaman saya masih banyak mitos yang masih dipercayai berkaitan dengan kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya suka baca-baca supaya mitos ga berlanjut hehehe.

      Hapus
  2. selamat dan sukses yang Aksi Peduli OBH Combi nya semoga perhatian swasta kepada anak-anak dan penyakit batuk semakin merakyat,hingga Indonesia Sehat deh

    BalasHapus
  3. wah bener dong ya saya,kl kerasa nggak enak bodi apalagi kl mau flu dll buru2 gerakin badan,emang kadang enak sih...suami juga gitu,kl dah mau mampet buru2 jogging ditempat hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalo pas lagi sakit, mending istirahat dulu kali, ya. :)

      Hapus
  4. aduh aku harus olah raga lagi nih biar fit selalu ya mbak :) selain olah raga kalau suamiku untuk mempertahankan daya tubuh dia puasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren! Puasa juga bikin body fit ya, Mbak. :)

      Hapus
  5. aktivitas di bawah sinar matahari juga bisa membantu mengurangi jumlah virus flu loooh. saya biasanya kalau pilek, jemur badan. yaaa feek sampingnya jadi belang, sih >.< tapi lumayan daripada ngobat. terus perbanyak minum air putih, terutama yang hangat.

    OBH combi ini isinya gak terlalu 'keras', cocok untuk kita biar gak resistan sama obat^^

    BalasHapus
  6. kalau ada event di Jogja aku mau ikutan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan segera ada di Yogya ya, Mbak Ida.

      Hapus
  7. Salut nih sama perusahaan yang punya program CSR keren, apalagi melibatkan komunitas :)
    Setuju, blogger dilibatkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, blogger berperan banget sebagai penyampai berita di zaman digital ini ya, Kak. ;)

      Hapus
  8. Obat ini andalannya si abng bgt mak... murah meriah tp manjur bgt :p

    BalasHapus
  9. Obat ini andalannya si abang banget mak... murah meriah tapi manjur ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obat sejuta umat ini kayaknya ya, Mun. :)

      Hapus
  10. Kegiatan yang keren mak untuk pendidikan kesehatan. Kita memang harus menjadi smart patient dengan mencari info-info kesehatan yang bermanfaat. Sayangnya masyarakat memang kadang cerroboh, sakit flu saja langsung membeli antibiotik. Belum lagi kalau tidak sesuai dengan aturan minum.
    Blognya saya follow ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi sebagai ibu ya, Mbak. Kita kudu menggali informasi sebanyak-banyaknya, terutama soal kesehatan. Makasih udah follow blog saya. Saya juga udah follow blog Mbak. :)

      Hapus
  11. Acarnya menarik juga ya kalau dari cerita artikel ini. Sudah lama nih produk produk semacam OBH COmbi ini jarang mengadakan even di kota Pontianak. Semoga dilain kesempatan bolehlah pihak OBH COmbi mengadakan even serupa di kota Pontianak. Kalimantan Barat. Acaranya seru bangedddss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penginnya aksi peduli kesehatan seperti ini bukan hanya di Pulau Jawa. Moga tahun depan diadakan di Pontianak, Pak.

      Hapus
  12. Makasih buat share mitos dan faktanya ya Jeng. Iya nih, untung aja aku hampir ndak pernah minum obat saat flu. Lama kelamaan malah paling jarang terkena flu di rumah.
    Flu kan obatnya istirahat, minum yg banyak dan makaaaannn.... *elus2 tas pinggang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kudu makan yang banyak pas sakit, Jeng. Kalo kayak kita, biarpun sakit, makan tetap lahaaabh, ya. *elus-elus wartel 4 pintu* hahaha

      Hapus
  13. obat batuk andalan saya nih, Mak. Biasanya langsung pules kalau udah minum OBH :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan