Selasa, 21 Oktober 2014

OREO Dukung Ibu Sebagai Motor Pencipta Kebersamaan Keluarga

“Diputar … dijilat … dicelupin!”

Teman-teman pasti hafal banget sama slogan di atas, ya? Yap, slogan iklan apalagi kalau bukan biskuit OREO! Kalau ada stok OREO di rumah, ibu-ibu enggak bakal mati gaya, deh. OREO bisa jadi bahan bikin kue, es krim, atau milkshake. Tapi, cara makan OREO yang paling ngehiiitz adalah mencelupkannya ke susu. Yum! OREO merupakan biskuit terlaris abad 21 dengan pendapatan tahunan global lebih dari US$ 2 miliar. Sekitar 100 negara di dunia telah menikmati. Biskuit cokelat berkrim ini salah satu biskuit kesukaan keluarga saya juga, terutama anak-anak.



Begitu mendapat undangan talkshow OREO “Peran Ibu Sebagai Social Engineer Keluarga” di Obsat (15/10), Kebayoran Baru, Jakarta, saya langsung aja cung hadir. Ita Karo Karo Fernandez, Marketing Manager OREO Indonesia mengatakan, memang di setiap iklan OREO pasti digambarkan kebersamaan keluarga. Itu esensi iklan yang ingin diangkat OREO. Nah, siapa yang memiliki peran utama sebagai pencipta kebersamaan keluarga?

IBU!

Ya, ibu, tentu saja. Ibu ‘pengatur’ dan ‘pengingat’ seluruh anggota keluarga agar dapat memiliki waktu bersama. Istilah kerennya, ibu social engineer keluarga. *tsaaah* Berdasarkan survei Mondelez Indonesia pada 500 ibu di 3 kota, semua mengakui, kebersamaan itu penting. Sayang, hanya 40% dari mereka yang bisa mewujudkannya setiap hari.

Mari kita ulik dari sisi parenting ala psikolog anak, Efnie Indrianie. Secara psikologis, ada 2 hal yang memengaruhi tumbuh kembang anak. Pertama, faktor genetik (bakat, karakter, dll) 30%. Kedua, yang punya peranan lebih besar; lingkungan dan pola asuh. Lingkungan pertama pastinya keluarga. Tumbuh kembang anak akan optimal jika ada proteksi dan kasih sayang. Di sinilah kebersamaan dibutuhkan. Ibu yang berkarier di luar rumah bisa menciptakan kebersamaan yang berkualitas. Meski tubuh sedang capek, tetap komit membangun kebersamaan, menjadi pendamping, teman, dan pendengar yang baik bagi anggota keluarga. Saran Efnie buat ibu yang berkarier di luar rumah, peraturan dan nilai-nilai yang diterapkan kepada anak harus sama antara nanny, oma, opa, atau saudara lain yang membantu mengasuh anak. Jangan sampai berbeda-beda. Kalau berbeda, anak bakal bingung. Yang lebih parah, kepribadian anak bisa terpecah nantinya.       


Oiya, tahu tentang fenomena Together but Alone?

Hari gini Teman-teman pasti sering melihat sebuah keluarga jalan bareng atau makan bareng, tapi semua pada sibuk sama gadget masing-masing. Mungkin kita juga melakukannya tanpa kita sadari. Inilah yang disebut Together but Alone. Mari kita upayakan kebersamaan itu. Berikut beberapa peran ibu:
1. Ibu sebagai ‘jantung’ rumah
Apa yang terjadi jika jantung kita tidak ada? Wah, kebayang, kan, betapa penting peran ibu.
2. Ibu sebagai ‘cahaya’ dalam proses belajar mengajar
Ibu teman mengobrol dan tempat bertanya bagi anak-anak. Pertanyaan sederhana seperti, “Ma, kenapa ada siang ada malam?” pun kadang bikin kita gelagapan qeqeqe. 
3. Ibu sebagai guru sekaligus sosok pembelajar
Ibu kudu rajin update wawasan dan tahu perkembangan terkini. Jangan pernah berhenti belajar. Ini nyambung sama poin 2 tadi.
4. Ibu sebagai sumber kreativitas
Manfaatkan waktu bersama anak-anak supaya lebih bermakna. Misal, mengolah barang-barang bekas jadi barang yang bisa dipakai, dll.
5. Ibu sebagai koordinator dalam kehidupan berumah tangga
Siapa yang bertanya, “Hari ini les jam berapa?”, “Ayo, besok bangun pagi supaya enggak telat!”, “Mainannya dibereskan, ya.”? Ibu! Sekitar 90% inisiatif pekerjaan rumah datang dari ibu.


            Tidak dimungkiri, ibulah yang membantu ‘mengatur’ hubungan ayah dengan anak, nenek dengan anak, anak dengan teman, dst. Mengatur bukan dengan cara memaksakan, ya. Justru dengan kehangatan dan kelembutannya, ibu bisa melakukan semua itu. Ibu mampu memengaruhi hubungan antarkeluarga dan mengatur situasi.  

Untuk mendukung peran ibu sebagai social engineer keluarga, OREO mengadakan campaign Asyiknya Bersama. Bersama-sama memang asyik! OREO mengajak para ibu mengunggah foto momen kebersamaan keluarga via media sosial Twitter, Instagram, atau Path. Gunakan tagar #AsyiknyaBersama dan mensyen @ID_OREO.  Fotonya boleh welfie, pakai tongsis, timer, atau difotoin orang lain. Tolong diperhatikan, setiap bulan ada tema-nya. Unggah foto sesuai tema. Tema Oktober: OREO Fun Face, November: Cooking Together, Desember: Candid Moments. Psssttt … saya kasih bocoran. Fotonya akan lebih oke kalau bareng produk OREO! Gimana? Gampil, kan?


Hadiahnyaaah, Nyaaah? *diteriakin pake TOA*

Hadiahnya bikin ngiler dua ember! Ada paket OREO untuk 20 pemenang setiap minggu dan … jeng … jeng … jeng! Bagi 10 pemenang utama ada hadiah masing-masing liburan keluarga (ayah, ibu, dan 2 anak) di Hotel Aston Bogor plus berpetualang di Jungleland! Ayo, kapan lagi bisa memenangi hadiah liburan sekeluarga modal foto doang? Pemenangnya cukup banyak. Jadi, kesempatan menang juga besar, dong. Jangan sampai enggak ikutan! Nama-nama pemenang diumumkan Desember 2014. [] Haya Aliya Zaki


56 komentar:

  1. aaahhh... cateeettt! Ikutan, ah ^_^

    thx infonya, Mak

    BalasHapus
  2. Ihhhhh asyiik bangeett, jadi pengen ikutan

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Emang kenapa, Mak? *bantuin garukin* qiqiqi

      Hapus
  4. Pengen, tapi jarang ngumpul keluarga ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lombanya masih sampe December, Mel. Masih banyak waktu. Begitu ngumpul, langsung cetrek! :D

      Hapus
  5. Seorang ibu memang hebat pengendali rumah tangga... Baik buruknya perilaku anak tergantung didikan dan sentuhan hati seorang ibu...

    BalasHapus
  6. asyik bangettt ada Orea ngga bakal mati gaya

    BalasHapus
  7. Jiaaah...masih calon ibu nih kak, sukses ya buat ibu-ibu yang ikutan :)

    BalasHapus
  8. ingin, tapi nggak biasa bergaya didepan kamera rame-rame :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dong Mbak, demi liburan gratis. :v

      Hapus
  9. Sudah lupa rasa Oreo seperti apa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo pulkamp borong OREO, ya. :D

      Hapus
    2. Mohon doanya, Mak, semoga bisa pulang bulan depan :)

      Hapus
  10. Wuih menyenangkan seluruh keluarga hadiahnya. Apalagi ntu biskuit kegemaran anak-anak. Neneknya yang di Kalimantan Selatan sering mengirim. Ih biskuitnya bolak balik dari Jawa ke Kalimantan. Trus balik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jauhnya perjalanan biskuit ini, Mbak. :D

      Hapus
  11. Cateeettt...:D *grabakgrubuk cari tongsis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Difotoin sama orang lain juga boleeeh.

      Hapus
  12. anak-anak suka malu-malu kalau diajakin poto-poto deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anaknya diiming-imingi liburan seru, Mak. Kali aja jadi mau. :v

      Hapus
  13. wah, ikutan nih kayaknya mak, soalnya kumpul bareng anak-anak itu moment tiap hari kita, hehehe. tinggal tambahin oreonya aja nih kayaknya. makasih nih sharingnya. mau rajin ikutan kuis seperti Mak Haya, biar rejekinya ikutan Mak Haya (sering menang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, siapa tahu rezeki liburan haratis, Mak. :D

      Hapus
  14. Cateeett..... semoga bisa ikutan :)

    BalasHapus
  15. *noted* *siapin stok oreo di rumah* :D

    BalasHapus
  16. Ada yang bilang sama aku, Ibu itu madrasah buat anak-anaknya :)
    Tio suka banget sama Oreo, nanti mau ikutan ah. Thanks infonya, Haya :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Kakak. Sesuai ajaran agama, ibu adalah madrasah anak-anaknya. Tiyum dan peyuk buat Tio. :*

      Hapus
  17. woo..Oreo kesukaan anak-anakku. Semoga bisa ajak mereka foto bersama, Trus ikut lomba deh. Thanks ya, infonya :) Setuju bahwa Ibu adalah jantung buat keluarga.

    BalasHapus
  18. Oreonya OKE, Hadiahnya OKE, Mau foto2 juga OKE. Yang belum oke adalah kalau bareng anaknya tetangga boleh gak sih? (Ini serius lho)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mensyen @ID_OREO, Ris. Nanti mereka jawab.

      Hapus
  19. Ikut aah...Makasih infonya yaaa :)

    BalasHapus
  20. kalau yang sudah punya anak seprtinya gampang ya mak buat ikut lombanya.. Yang belum berkeluarga #ups, boleh ngga ya sama teman aja hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mensyen Twitter @ID_OREO. Nanti mereka jawab.

      Hapus
  21. Asyiiik.....nginep doank atau ada tiket PP Surabaya-Bogor dan uang saku?
    Semoga sukses dalam lomba ini
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menginap doang, Pakde. Tiket dan akomodasi tidak ditanggung. :D

      Hapus
  22. acara yang bagus^^
    iya yaa... hanya dengan makan cemilan bersama sudah bikin happy seluruh keluarga, rasanya 'dekat' juga...
    apalagi kalau cemilannya se-yummy oreo... uuhhh... enaaak...

    BalasHapus
  23. hadiahnya seruuuu, harus cari ide dulu nih, makasih infonya mbak

    BalasHapus
  24. Hadiahnya seru. Mau ikutan ahh :))

    BalasHapus
  25. makasih mak atas infonya, mudah2an bisa ikutan :D

    BalasHapus
  26. wah campaign dari oreo keren mbak haza hehe keren" asyiknya yah makan oreo sepuasnya hehe....

    BalasHapus
  27. hm, bener juga yah, ibu adalah engineer hubungan sosial keluarga. Noted. Dan lombanya juga *noted* hahahaha

    BalasHapus
  28. Ngintip foto peserta lainnya dulu. :D
    Sambil membujuk Ibuku biar mau welfie.

    BalasHapus
  29. Together but Alone ,
    whehe,,,, rata rata pasti ngalamin ini,.. :D

    wuidih,.. seru hadiahnya mbak,.. :)

    BalasHapus
  30. Waaah waaah...ibu sebagai Jantung keluargaa..setuju! Sebagai wanita karir, ke bersamaan yg berkualitas mmg penting bangeeet...btw, kalau ikut lomba nya pake oreo sini boleh ngg mak :)

    BalasHapus
  31. mendadak pengen Oreo plus dicelupin ke kopi *pulangkantormampiraaaah* #eh

    BalasHapus
  32. Betul sekali Ibu itu peran nya sangat utama dalam menyatukan keluarga, pengen ikutan ngontess juga....

    BalasHapus
  33. sekarang emang jamannya together but alone :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan