Senin, 06 Oktober 2014

5 Tip Menangkis Bahaya Sinar Matahari pada Kulit



Teman-teman suka sirik enggak, sih, lihat perempuan yang kulitnya sehat? Kenyal dan tampak segar, gitu. Umur boleh matang, tapi kalau kulit sehat, kita pasti kelihatan lebih muda. Betul? Kulit merupakan bagian paling luar dari tubuh. Kulit bisa menjadi parameter kesehatan seseorang. Biasanya, orang yang kulitnya sehat, tubuhnya juga sehat.

Kalau yang sehari-hari beraktivitas di luar ruangan bagaimana? Berjam-jam terpapar sinar matahari, apa mungkin mimpi punya kulit sehat? Apalagi, beberapa bulan belakangan ini matahari lagi garang-garangnya.

 Di acara launching produk Marina Body Essence UV White Extra SPF 30, di Gedung Tempo Scan Pasific, Jakarta (2/10), dr. Gloria Novelita, Sp.KK., menjelaskan banyak hal tentang bahaya sinar matahari pada kulit, termasuk cara pencegahannya. Pengin kulit sehat? Yuk, simaaakkk.

Seperti yang kita ketahui, sinar matahari memiliki beberapa spektrum, antara lain ultraviolet (UV). Yang berdampak pada kulit adalah radiasi dari UV. Berdasarkan panjang gelombangnya, UV terbagi 3: UVA, UVB, dan UVC.

Dari ketiga UV di atas, yang paling bahaya UVC. Untungnya, UVC tidak bisa melewati lapisan ozon kita. Yang bisa UVB dan UVA saja. Dampak radiasi UVB pada kulit segera (akut) dan dapat terlihat mata. Ini karena UVB hanya menembus bagian paling luar kulit. Contoh dampak, sunburn (kulit kemerahan), luka bakar, flek. Berbeda dengan dampak radiasi UVA yang baru kelihatan pas jangka panjang (kronis). Soalnya UVA menembus kulit sampai pada bagian dermis (dalam). Contoh dampak, penuaan dini. Radiasi UVA merusak ikatan kolagen (protein) pada kulit. Kulit jadi bercelah-celah. Inilah yang menimbulkan keriput sebelum masanya. Selain penuaan dini, risiko terkena kanker kulit juga mengadang. Hiiiy serem, ya!

Sebetulnya, kulit memiliki pertahanan alami, yakni melanosit (sel yang memproduksi melanin). Melanin adalah pigmen yang terbentuk ketika kulit kita terpapar sinar matahari. Sebagai orang Indonesia, kita beruntung karena memiliki melanin lebih banyak. Namun, waktu kita terpapar sinar matahari juga lebih banyak. Kalau kulit terus-menerus terpapar sinar matahari, melanin tidak mampu melindungi kulit. Kulit pun rusak. Berdasarkan riset kuantitatif Kadence terhadap 900 responden, 9 dari 10 perempuan Indonesia rata-rata terpapar sinar matahari 4 jam sehari. Fakta ini tidak berbanding lurus dengan penggunaan tabir surya secara rutin. Tanpa tabir surya, radiasi UV akan diserap langsung oleh kulit. 

Berikut tip menangkis bahaya sinar matahari pada kulit:
1. Hindari terpapar sinar matahari mulai dari pukul 10.00 – 16.00 wib. Kalau sinar matahari pagi, sih, dijamin bikin sehat. Jangankan orang gede, adek bayi aja disarankan dokter dijemur pagi-pagi, ya. 
2. Lapisi kaca jendela mobil atau bangunan dengan kaca film yang mampu menahan sinar UV. Jangan khawatir dikira banyak utang kalau kaca mobil dan ruangan kantor rada gelap.    
3. Pakai pelindung seperti payung, topi, dan kacamata hitam. Nah, pakai kacamata hitam bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi juga penting untuk kesehatan.


4. Oleskan SPF atau Sun Protection Factor (tabir surya) 30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah. Pakainya jangan pas udah kena sinar matahari. Tabir surya jadi kurang efektif bekerja.
5. Ulangi pemakaian tabir surya setiap beberapa jam. Enggak cukup sekali pakai, terutama bila seharian intens terpapar sinar matahari.

Memahami kebutuhan perempuan Indonesia, Marina menghadirkan produk Marina Body Essence UV White Extra SPF 30. Produk ini inovasi terbaru dari rangkaian Marina UV White yang diperkaya acai berry, 10x white yogurt boost, ekstra SPF 30 PA++.


Dokter Gloria melakukan percobaan pada buah apel. Teman-teman tahu apa yang terjadi ketika buah apel dikupas? Yap! Buah apel akan teroksidasi sehingga berwarna kecokelatan. Dokter Gloria mengoleskan ekstrak acai berry pada apel pertama yang sudah dikupas. Apel kedua tidak. Sekitar 10 menit kemudian, apel yang diolesi ekstrak acai berry tetap mulus dan kuning. Sementara, apel yang tidak diolesi acai berry kusam dan kecokelatan. 


Hm, acai berry itu apa, ya? Baru dengar, nih. Acai berry merupakan buah dari tanaman acai palm (Euterpe oleracea). Acai berry disebut juga superfruit karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Bahan aktif 10x white yoghurt boost menutrisi kulit agar sehat dan putih merata. Cleopatra dipercaya menggunakan yoghurt agar kulitnya bercahaya dan tampak muda. SPF 30 maksudnya SPF yang 30 kali lebih melindungi kulit dari bahaya UVB. Kandungan PA++ maksudnya PA (Protection Against UVA) 4 – 8 kali lebih melindungi kulit dari bahaya UVA. Berdasarkan percobaan dr. Gloria tadi, idealnya tabir surya memang diformulasikan bersama antioksidan. Saya suka banget sama harum Marina Body Essence UV White Extra SPF 30. Terus, cepat meresap ke kulit dan tidak lengket. Produk ini dilengkapi vitamin B3 dan E juga, lho. Komplet, deh. Selain body essence, Marina juga membuat hand and body lotion-nya.

“Kami memberikan pilihan sesuai dengan kebutuhan perempuan Indonesia,” kata Nina M. Yunianto, Marketing Director PT. Barclay Products.  

Pada kesempatan ini, artis sinetron Jessica Mila sharing tentang aktivitasnya yang kebanyakan di luar ruangan. Pastinya butuh tabir surya untuk merawat kulit. Marina tidak lupa memperkenalkan Irish Bella, artist endorser produk Marina Body Essence UV White Extra SPF 30. Kedua perempuan muda ini dianggap mewakili perempuan Indonesia yang selalu semangat dan memiliki kulit sehat meski aktivitas sehari-hari sangat padat.


Teman-teman, sejak tahun 2011 Marina punya program keren namanya Marina Beauty Days Out. Melalui program ini, perempuan Indonesia diajak tampil cantik dan melakukan perjalanan positif plus seru! Di Marina Beauty Days Out 2014, 5 orang peserta yang beruntung akan jalan-jalan ke … Jepang!


Huhuy! Asyiknya mengeksplorasi keunikan budaya Jepang dan fasilitas negaranya yang berteknologi tinggi! Melalui Marina Beauty Days Out 2014, perempuan Indonesia juga diajak melakukan aksi sosial berupa donasi buku. Setiap 10 pendaftar, Marina akan mendonasikan 1 buku untuk anak-anak tidak mampu. Sukses untuk semua program Marina! [] Haya Aliya Zaki


40 komentar:

  1. Aaaakk! Keren banget nih Marina..! Ada aksi sosialnya juga.
    Dan, semakiin keren karena udah diulas dengan mantap surantap oleh Mak Haya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk keren, aksi sosial juga jalan ya, Mbak. ^^

      Hapus
  2. hohoho....ke Jepang... itu beneran kak apelnya tetep mulus yang dikupas dan kari marina? waw...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, beneran. Apel yang diolesi acai berry tetap kuning, Dek. :D

      Hapus
  3. Wah Jepang .... (mata langsung berbinar)
    Cuzzz beli marina sekarang ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiakakakak dah kelar Agustus 2014, Mun. :))

      Hapus
    2. waduhh saking bersemangatnya sampe roaming ehhh maksudnya telat :p

      tapi kalo soal jepang, saya juga mau dong kalo ada edisi selanjutnya :)
      seneng bget sm jepang. apalagi klo bcara soal dekorasi ny .. keren dahh :)

      Hapus
  4. Sinar matahari di Hadhramaut lebih ganas lagi, Mak. Tapi itu khusus daerah tropis/lembap, kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dipake di mana-mana, setahuku. Ga disebutkan untuk daerah tropis, lembap, dst. :)

      Hapus
    2. Soalnya teman saya dulu ada yang bawa pelembap seperti itu, tapi katanya tidak cocok :)

      Hapus
    3. Karena di sini suhunya sangat panas dan kering. Saya saja jarang berkeingat, meski habis olahraga dan banyak minum air :D

      Hapus
  5. kalau buat pria, apa cocok juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cucok aja. Tapi, parfumnya baui dulu. Pria yang make cucok ga kira-kira. :v

      Hapus
  6. waahhh tips nya udah aku terapkan semua tuh mulai nomer 2 sampe nomer 5, mudahan aku ngga dianggap banyak utang dan gaya-gayaan dengan sunglasses ya Mak.... hehehe. BTW produk Marina yang ini keren dah, better kalo sekalian disertifikasi halal ya Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini produk baru, Mbak. Keamanannya sudah lulus uji di POM. Moga sertifikasi halal menyusul. :)

      Hapus
  7. Wah, mau coba ah Maria UV White yang baru. Saya suka naik sepeda siang-siang. Biar nggak item..xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ke mana naik sepeda siang-siang? :D

      Hapus
  8. Ini cocok buat pria dan wanita gak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok buat pria dan wanita. Semua bisa pake.

      Hapus
  9. harga Mak.. harga... ?? hehehe... under 20 ribu rp kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyeeesss under Rp20 ribu. Yang 180 ml harga Rp19 ribu. Yang 70 ml harga Rp10 ribu.

      Hapus
  10. Maaakk aq mau kaca mata itemnyaaaa *halaaahhh...
    Waa iniiii...penting nih punya pelindung kulit, biar gak gosong saat menggiring motor ke pom bensin terdekat xixixiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha kekar berkeringat item janganlah ya, Jeeeeng. :))

      Hapus
  11. Gimana caranya biar gak malas kasih lotion ke tubuh ya? haduuh emak rempong males banget ngrawat tubuh nih mak...makasih tipsnya mak...*nglirik lotion yang mangkrak coz gak pernah dipake :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya, sih, bagus pake losion setelah mandi, Mbak. Pori-pori tubuh sedang terbuka. Jadi, losion diserap baik. Abis mandi langsung samber losion. :D

      Hapus
  12. maaf ya... saya mau fokus ke blognya. lama gak kesini, waaah... pinky, suka deh, jadi fresh gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbok ya fokus di empunya blog, Mbak. *tebelin maskara* xixixi

      Hapus
  13. cucok tuh tipsnya, aku sering pake kacamata hitam ngga cuma gaya doang. Tapi demi melindunggi mata indah yang suka silauu lihat matahari wekekek eh jadinya beli kacamata hitam gaya juga biar bisa sekalian eksis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk mata indaaaah. :)) Pinjem kacamata yg kuning, Shin. :))

      Hapus
  14. Tips keren ini, mau kuterapkan ah dan wanginya mantap nih Marina, sejak remaja aku suka pakai ini :D

    BalasHapus
  15. heheee. menjaga kulit dari luar.. ya kita juga harus menjaganya dari dalam.. kaya di iklan ntu... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Boleh dibagi tipnya kapan-kapan, ya. ;)

      Hapus
  16. Buru2 menutupi kulit kusam q :)))

    Eh itu Jessica Nila yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, itu Jessica Mila, Mak Icoel. Fans, ya? :D

      Hapus
  17. wuihh keren acaranya dan produknya.

    BalasHapus
  18. Kalo aku tahunya acai berry untuk pelangsing mak Haya, qiqiqi.... jadi, sekarang segala jenis kecantikan menggunakan acai berr yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe baru tahu acai berry buat pelangsing. Tfs, Jeng.

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan