Selasa, 30 September 2014

Ketemu Selma di myBCA


Teman-teman seangkatan saya mungkin masih ingat serial televisi jadul Time Trax. *tutup muka ketahuan umur*. Itu, lho, yang pemeran utamanya detektif ganteng Darien Lambert, detektif masa depan yang mampu menembus waktu. Enggak ketinggalan hologram ceriwis, tapi lugu: Selma. Ingat? Haha! Itu dia!

Ketika memasuki area myBCA di Gandaria City Mall lantai UG, Jakarta Selatan, mendadak saya merasakan suasana di film Time Trax. *sedikit lebay* Eh, tapi beneran, lho. Berbagai perangkat elektronik berteknologi terkini memenuhi area myBCA. Sistem video banking-nya seru! Nasabah seperti sedang bicara runtut dengan si 'canggih Selma'. Guess what, semua perangkat elektronik di myBCA bisa diakses secara self-service bukan hanya oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak!

myBCA di Gandaria City

Sebagai ibu-ibu yang sehari-hari sudah superduper rempong dengan urusan domestik, pastinya saya happy happy yeay dengan kehadiran myBCA. Kenapa, eh, kenapa? By the way, sebenarnya myBCA itu apa, sih?

myBCA adalah layanan istimewa dari Bank BCA untuk kaum urban. Urusan perbankan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah yang bermacam-macam, termasuk ibu-ibu tiga anak kayak saya hag hag hag. Belum lagi kondisi ibu-ibu kantoran yang harus bekerja nine to five setiap hari, yang notabene sulit meluangkan waktu untuk pergi ke bank. 

Sebenarnya, myBCA di Gandaria City sudah ada sejak tanggal 28 Agustus 2013. Di myBCA Ciputra World Surabaya malah sudah ada sejak April 2013. Tapi, namanya waktu itu masih Electronic Banking Center. Wah, kudet saya. Entah sudah berapa kali saya main ke Gandaria City Mall, baru tahu ada fasilitas keren ini. Mesin Tahapan Xpresi BCA yang dikenal dengan  mesin Video Banking Kiosk baru launching tanggal 20 Agustus 2014. Nama ‘Electronic Banking Center’ pun berubah menjadi ‘myBCA’.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, myBCA berbeda dengan bank cabang biasa karena enggak ada mbak-mbak atau mas-mas teller dan customer service yang melayani langsung. Semua pelayanan memakai mesin. Begitu masuk, saya disambut oleh mesin informasi digital. Melalui mesin informasi digital, saya mencari tahu aneka informasi perbankan, seperti promo kartu kredit BCA, rekening koran, pinjaman, dll.

Tempo hari saya mencoba pelayanan informasi simulasi KPR. Masukkan harga rumah, misal, Rp500 juta. DP minimal 30% dari harga rumah. Pilih jangka waktu berapa tahun. Setelah itu, kita bisa ancer-ancer jumlah cicilan per bulan. Informasi selanjutnya dikirim via e-mail untuk dibaca-baca di rumah. Jangan khawatir, meski mesin informasi digital bisa dipakai oleh semua orang, privasi nasabah tetap dijaga.

Untuk anak-anak, pilih menu informasi digital khusus untuk anak-anak. Tampilan animasinya lucuk-lucuk dan dilengkapi musik! Anak-anak pasti senang. Dijamin enggak bosen menunggu orangtuanya yang sedang bertransaksi. Oiya, informasi digital juga tersedia di iPad. Kalau nasabah ingin privasi saat klak klik info, pilih fasilitas informasi digital di iPad myBCA.    

Faruq mencoba mesin informasi digital

iPad myBCA
Selain mesin digital informasi dan ATM, di myBCA ada mesin Flazz. Ini kali pertama saya melihat mesin Flazz. Mesin ini bisa untuk beli kartu Flazz dan juga untuk top up saldo kartu. Biasanya kalau mau top up saldo Flazz, saya pakai mesin ATM Non-Tunai. Mesin Flazz juga ada di Menara BCA di Thamrin dan Stasiun Gambir.




Berikutnya, mesin Halo BCA. Biasanya kalau mau tanya sesuatu, kita menelepon Halo BCA 500888. Betul? Kali ini, cukup angkat gagang telepon (tidak perlu pencet nomor) di mesin Halo BCA dan bicara langsung dengan customer service melalui video call. Mudah, ya?



Fasilitas lain yang ditawarkan di myBCA adalah membuka rekening tabungan Tahapan Xpresi. Fyi, dulu Tahapan Xpresi hanya untuk remaja, tapi sekarang bisa untuk semua umur, termasuk anak-anak. Tahapan Xpresi tidak memiliki buku tabungan. Setoran awalnya hanya Rp50 ribu. Murah banget dibanding jenis tabungan lainnya yang setoran awalnya rata-rata Rp500 ribu. Biaya administrasi hanya Rp5 ribu per bulan. Namun, biaya pembuatan kartu Rp25 ribu (biasanya Rp15 – 20 ribu). Sedikit lebih mahal, gpp. Fungsi kartu ATM (disebut Paspor Xpresi) sama, yakni untuk transaksi di ATM dan debit BCA.



Mumpung main ke myBCA, saya sekalian bikin rekening Tahapan Xpresi. Di dalam ruangan Tahapan Xpresi ada mesin video banking, saya enggak perlu memegang gagang telepon untuk video call seperti di mesin Halo BCA. Mbak-mbak cantik (punten, lupa namanya, selanjutnya saya sebut Mbak Cantik saja, ya) langsung menyapa melalui monitor. Ada dua monitor di dalam ruangan. Meja saya juga berfungsi sebagai monitor.



Untuk WNI berusia > 17 tahun, persyaratan membuka rekening adalah KTP dan NPWP. Untuk anak-anak; kartu pelajar, akta kelahiran, dan KTP orang tua. Pembuatan rekening anak didampingi oleh orangtua.

Pembukaan Tahapan Xpresi tergolong mudah. Saya cukup menyerahkan setoran awal sebesar Rp100 ribu. Lalu scan KTP dan NPWP, dan menjalankan beberapa step yang dilakukan di mesin video banking.



Lalu, tibalah saat membuat Paspor Xpresi. *uhuk* Paspor Xpresi lain daripada yang lain. Desain dan warnanya dipilih sesuai selera. Foto kita juga bisa dipakai sebagai desain kartu, lho. Tapi, setelah berpikir, menimbang, dan memutuskan *halah*, saya memilih desain kucing aja. Kalau foto selfie saya mejeng di kartu, saya takut tambah terkenal bwahahaha! *lari ditimpuk mesin brankas*

Ta-daaa! Ini dia Paspor Xpresi saya! Meski proses buka rekening di myBCA ringkas dan instan, hasilnya so pasti tetap oke. Sekadar info, limit transfer sesuai kartu ATM BCA silver (Rp15 juta). Tapi, kalau pakai internet banking limitnya bisa sampai Rp100 juta. Kebetulan saya sudah punya KeyBCA dari tabungan Tahapan yang lama, jadi saya tinggal menambah koneksi KeyBCA saya aja. Saldo minimum yang ditahan Rp10 ribu.




Nah, buat teman-teman yang ingin membuka tabungan Tahapan Xpresi, monggo datang ke myBCA Gandaria City Mall. Selain di Gandaria City Mall Jakarta, myBCA ada di Ciputra World Surabaya. Semoga myBCA segera hadir di kota-kota lainnya. Hopefully segera di Medan, kota kelahiran saya.

Kabar gembira untuk kita semua, yang membuka tabungan Tahapan Xpresi BCA bakal dapat hadiah jam apik (selama persediaan masih ada). Kalau ditekan, jam bercahaya warna-warni. Faruq langsung meminta jam ini untuk ditaruh di kamarnya.

“Alarmnya buat bangunin aku salat Subuh, Mi!” kata Faruq riang. Alhamdulillah, sip, Nak!



Rencananya, saya akan membukakan tabungan Tahapan Xpresi untuk menyimpan THR yang didapat Shafiyya beberapa kali Lebaran. Kebetulan Faruq sudah punya rekening bank.

        Nah, solusi keceh urusan perbankan untuk ibu-ibu kayak kita sudah ada. Kita bisa melakukan semua transaksi perbankan di myBCA setiap hari (termasuk weekend), mengikuti jam buka mal. Tapi, untuk buka Tahapan Xpresi bisa mulai dari pukul 10.00 – 20.00. Rasakan sensasi self-service perbankan dan ketemu Selma ala film Time Trax hahay. Pelayanan myBCA memang disesuaikan dengan gaya hidup kaum urban sekarang. Silakan menikmati kemudahan dan manfaatnya! [] Haya Aliya Zaki

38 komentar:

  1. wihh keren ya, di bandung ada ga , belum pernah lihat, atau saya kudet juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru ada di Gandaria City Mall Jakarta dan Ciputra World Surabaya. Semoga kota lain menyusul, terutama Bandung. :)

      Hapus
  2. yah kok kucing..tp imut sih kok kucingnya, jadi pgn punya, pasang foto narsis, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, kapan lagi punya kartu yang ada foto narsis dewe. :))))

      Hapus
  3. lihat foto ruangan Tahapan Xpresi lagi di sini, jadi ngakak karena saya gagal menjinakkan tempat duduk dari tinggi ke posisi nyaman saya dududk. Alhasil, saya duduk ketinggia dan nggak nyaman banget dan akhirnya minta tolong officernya buat menjinakkan tuh bangku :D

    di myBCA ini yg bikin saya excited itu, sekelas bank BCA lho kok bisa buat inovasi yang "mempermudah orang membuat rekening tanpa prosedur ketat banget" soanya saya pernah pengalaman gagal buat rekening BCA bertahun-tahun lalu :D

    Teknologi perbankannya ciamik pula, terutama ruangan bikin rekening itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kursinya ketinggian atau gimana, Mas Ahmed? :D Betul, sekarang urusan jadi makin mudah Berkat myBCA. :)

      Hapus
  4. Wuih asik nih kalo shaffiya punya tabungan Xpresi BCA. Ngga kalah keren ama anak gaul ya mak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi pastu seru pas dia lagi milih model Paspor XPresi-nya. :D

      Hapus
  5. Kartunya gambaaarrrr kucinggggg ♡♡♡♡♡
    Mau mauuu bikinnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo sesama fans kucing kita bikin Paspor XPresi kucing xaxaxa.

      Hapus
  6. Mak Haya - baca feature ini serasa ngeliat Faruq sedang bikin ATMnya sendiri!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe anak-anak pastinya seneng banget ya ada fasilitas informasi digital untuk mereka. :)

      Hapus
  7. myBCA inovasi paling keren untuk urusan perbankan, pokoknya keren banget :D
    Faruq itu udah besar banget ternyata ya....wih udah pinter bikin sendiri akun bank nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa Faruq sekarang kelas 6 sama kayak Sekar, Ani. :D

      Hapus
  8. widih keren udah kayak robot2 di Jepang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaap, salut sama BCA yang terus berinovasi. :)

      Hapus
  9. bedanya si selma ini orang asli yah mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga tembus pandang ya, Mas hag hag hag.

      Hapus
  10. itu kucingku si max #oot.
    Btw canggih ya mak, kalau gaptek perlu bimbingan kali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam buat Max dari si Oren, kucingkuuuw. :v

      Hapus
  11. Balasan
    1. Belum ada. Baru di Gandaria City Mall Jakarta dan Ciputra World Surabaya. Semoga Yogya menyusul.

      Hapus
  12. Asyiikk... kalo di Bandung ada nanti saya mau nyobain bikin Xpresi pake video banking, tapi mau nyalon dulu biar terkenal :D

    BalasHapus
  13. ish,,kucingnya lucu *lospokus*

    Semoga mesin flazz BCA bisa tersebar seperti ATM BCA :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah. Penonton sabar ya xixixi.

      Hapus
  14. Wow, keren! Mupeng bikin ah.
    Btw, itu yg lagi nelepon tampak samping, manis ya? *mulai gagal fokus* :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembaran Mona Ratuliu itu bwahahah.

      Hapus
  15. Khusus masyarakat urban saja, ya? Harus jauh-jauh pergi ke kota dulu berarti, he-he.

    BalasHapus
  16. Selain di Gancit, ada di mana lagi, kak?

    BalasHapus
  17. Eyaampun itu canggih banget ya, berarti dulu nonton time trax, sekarang udah bener2 seperti di time trax. Tapi iya BCA canggih punya, saya suka walaupun belum jadi nasabah :D canggihnya tuh limit saldo bisa sampe 10ribu minimal *ketauan medit :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ini kembaran Mak Irits, ya. :p

      Hapus
  18. myBCA emang keren ya mbak,,aku juga udah punya loh paspor dgn gambar selfieku,,,eh,,salah foto aku dan suami,,,,hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasyeeek kalo dibawa ke mana-mana, jadi inget si dia terus. :D

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan