Sabtu, 05 Juli 2014

Masa Depan Bangsa Ada di Ujung Jari Kita!

“Bad officials are the ones elected by good citizens who do not vote.” – George Jean Nathan

Duluuu hanya laki-laki yang memiliki hak pilih dan dipilih dalam politik. Perempuan butuh waktu dan pengorbanan yang tidak tanggung-tanggung untuk mendapatkannya. Berangsur-angsur perempuan mendapatkan hak ini, tapi terbatas pada mereka yang berpendidikan saja. Alhamdulillah, akhirnya, pada pemilu pertama di Indonesia tahun 1955, perempuan benar-benar berhak ikut memilih dan dipilih. Yeay! Kini, pada tahun 2014, negara kita kembali mengadakan pemilu. Sebagai perempuan, saya tidak akan menyia-nyiakan hak pilih yang sudah susah payah diraih para pejuang perempuan dulu. Meski tidak ikutan riuhnya debat copras-capres di media sosial, insya Allah saya ikut pemilu 9 Juli 2014 nanti. Yakin enggak golput? Kenapa?


Selfie pada pemilu lalu


Yang jelas, alasan pertama yang di atas tadi. Yang berikutnya, golput bikin kerugian materi. Bayangkan, kertas suara yang sudah dicetak sedemikian banyak terbuang percuma. Berapa duit ituuuh? *naluri emak-emak irit terusik* Dengan bersikap golput, tanpa kita sadari, kita telah memberikan kesempatan kepada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk berbuat curang. Saya pernah mendengar beberapa kasus di TPS tempat teman saya mencoblos. Kertas suara milik pemilih golput, dicoblos sesuai kepentingan oknum-oknum tersebut. Saya jadi ingat waktu masih bekerja di perusahaan retail. Setiap kasir yang bertugas wajib memberikan struk kepada customer, baik diminta maupun tidak. Ini untuk mencegah kasir berbuat curang. Kesimpulannya, kecurangan terjadi bukan hanya karena ada niat, tapi juga kesempatan. Syereeem!  
      
       Nah, kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Memilih capres-cawapres memang bukan perkara gampang. Selain mengikuti nurani, kita harus punya wawasan seluas-luasnya tentang  mereka yang akan kita pilih. Untuk referensi, kamu bisa baca informasi di Campaign.com.



Campaign.com
     Campaign.com adalah website yang fokus menjalankan kompetisi dan kampanye online. Kompetisi dan kampanye online semakin digemari karena penyelenggaraannya mudah, tidak keluar banyak tenaga, dan lebih murah. Kebetulan, ‘kompetisi onlineis my middle name bhihihi. Berdasarkan pengalaman, kadang suka bingung ikutan kompetisi online. Saya harus membuka macam-macam website untuk ikut sebuah kompetisi online. Atau, kudu pakai laptop dan browsing. Lumayan rempong. 
             
Good news, berkat Campaign.com, ikutan kompetisi atau kampanye online jadi lebih gampil. User bisa ikutan melalui mobile message seperti WhatsApp, Line, BBM, KakaoTalk, WeChat, dan lain-lain. Sejak Oktober 2013, lebih dari 9000 user terdaftar dan telah mengumpulkan 21000 entries. Ada sekitar 650 Superfans (sebutan untuk pemenang Campaign.com) dari 100 lebih event di Campaign.com. Mau, dooong, jadi Superfan!

Kompetisi dan kampanye online yang sedang berjalan di Campaign.com saat ini ada macam-macam. Contoh, kompetisi online #WorldCup2014. Teman-teman tinggal upload foto dengan atribut sepak bola yang kamu punya dan tebak tim negara yang akan jadi juara World Cup 2014. Seru! Ada kompetisi online #RamadhanFitri. Tinggal upload foto bertema Ramadan atau Lebaran. Aih, ayo bongkar-bongkar folder fotonya. Dan, pastinyaaa … pastinyaaa … ada kampanye online capres-cawapres kita, yakni Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK. Upload foto dukunganmu untuk #1ndonesiaPrabowoHatta atau #JokowiJKuntukIndonesia sekreatif mungkin. Dapatkan hadiah menarik! Pssstt … siapa tahu kamu bisa jadi Superfan kampanye online ini! Masa kampanye online 16 Juni – 6 Juli 2014. Buruaaan!


#1ndonesiaPrabowoHatta

#JokowiJKuntukIndonesia

Kembali ke informasi kiprah capres-cawapres. Kamu bisa membacanya di Campaign.com #Pilpres2014, termasuk progres dukungan. Mulai dari Facebook, Twitter, website resmi, sampai berita seputar capres-cawapres disajikan komplet! Apakah kamu memilih Prabowo yang katanya tegas dan mampu membuat Macan Asia kembali bangkit? Atau, pilih Jokowi yang katanya jujur, sederhana, dan merakyat? Semua terpulang kepada nurani dan wawasan yang kamu punya. Pilih yang menurutmu terbaik.    


Campaign.com #Pilpres2014   
 Sudah memilih, tapi ternyata pemimpin yang dipilih tidak amanah dan tidak menepati janji. Bagaimana, dong? Yaaa … setidaknya kita sudah berusaha, bukan? :) Tidak ada yang salah sama sekali dengan berusaha. Justru Allah berjanji akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum tersebut mau berusaha. :)

Jadi, siap menyambut pesta demokrasi 9 Juli 2014 nanti? Yuk, SAY NO TO GOLPUT. Masa depan bangsa lima tahun ke depan juga ada di ujung jari kita, para perempuan! Selamat menggunakan hak pilih! [] Haya Aliya Zaki

17 komentar:

  1. meluncur ke web nya ah... :D

    BalasHapus
  2. sama, meluncur ke webnya juga...

    BalasHapus
  3. Oo ada toh web itu..kesana deh

    BalasHapus
  4. Kalo pemimpin yangkita pilih ternyata melenceng di tengah jalan,kita wajib mengingatkan Mak :)

    BalasHapus
  5. setuju banget sama postingnya ini mbak ;) segera meluncuuuurrr hehehe

    BalasHapus
  6. Keren! Pengin ikutan ah. Makasih sharenya ya BuTor. :)

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah. Saya sudah menggunakan hak pilih saya pada hari Jumat (4/7) lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Yang di luar negeri udah pada duluan, ya? :)

      Hapus
  8. Mudah-mudahan yang terpilih bisa memenuhi janjinya yah, Mbak. wah, coba menuju webnya, menarik nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, harapan kita semua. Kalaupun lupa, kita sama-sama mengingatkan, seperti kata Mbak Titi. :)

      Hapus
  9. say no to golput pastiiii mak...dan alhamdulillah aku sudah memilih :)...salam kangeeen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Tangerang hari ini, Mak. :) Doakan aman dan damai. Salam kangen juga. *peluk*

      Hapus
  10. kayaknya menyenangkan kompetisi via campaign online ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak. Bisa via WA, Kakao Talk, dll. Ga rempong harus buka laptop dulu.

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan