Kamis, 05 Juni 2014

Rafi Ridwan, Desainer Muda Indonesia dengan Karya Mendunia


It began with a dream
A dream that made alive
A dream that made me realize my potential
A dream that rises me up
To overcome my limitations
A dream that I will always chase

Bait demi bait kalimat penyemangat tersebut tertera jelas di layar besar di acara fashion show desainer muda, Rafi Abdurrahman Ridwan. Entah kenapa, mata saya berkaca-kaca membacanya. Mungkin karena beberapa menit sebelumnya saya menyimak konferensi pers Rafi dan ibunya, Shinta Ayu Handayani. Dari sekian banyak fashion show desainer ternama yang disponsori oleh Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2014 di Grand Ballroom Harris Hotel & Convention Kelapa Gading, Jakarta (18/5), saya memilih menghadiri fashion show Rafi. Fyi, Rafi adalah desainer termuda di Indonesia, bahkan di dunia. Kariernya dimulai pada usia 9 tahun. Kekaguman saya tidak berhenti sampai di situ. Saat konferensi pers, saya baru tahu. Selain masih muda, ternyata Rafi juga seorang tunarungu. Masya Allah!
Saya dan salah satu busana rancangan Rafi

Kini Rafi berusia 12 tahun. “Ada perbedaan antara karya-karya Rafi yang dulu dan sekarang. Dulu Rafi bermain dengan batik. Masih baru di dunia fashion, kesannya karya-karya Rafi ‘tabrak sana tabrak sini’. Sekarang Rafi menampilkan kain ikat. Karya-karyanya lebih matang dan terarah. Soalnya Rafi tambah rajin baca buku mode,” jelas Shinta tersenyum. Sementara, Rafi yang duduk di sampingnya, menatap wajah ibunya lekat-lekat saat ibunya berbicara.


Rafi dan ibunya, Shinta
Proses pengerjaan seluruh koleksi yang bertema Sirena del Sur (Pesona Putri Duyung dari Selatan), memakan waktu cukup lama. Soalnya Rafi melibatkan teman-temannya sesama difabel. Remaja berkacamata ini harus menyampaikan keinginannya sedemikian rupa kepada teman-temannya, kemudian baru dikerjakan. Hebat!   
Kenapa Rafi memilih tema Sirena del Sur?
Waktu kecil, Rafi melihat tokoh kartun Little Mermaid dan bertanya, “Kenapa putri duyung tidak pakai baju?” Lalu, Shinta meminta Rafi menggambar baju untuk putri duyung. Sejak itu, Rafi senang menggambar putri duyung dengan berbagai busana.
 Ketika salah seorang wartawan bertanya, “Siapa yang paling ingin Rafi desain busananya?”
Terpatah-patah Rafi menjawab, “Michelle Obama.”
Mendengar hal ini, Shinta menerangkan bahwa Rafi pernah curhat kalau orang luar lebih bisa menerima karya-karyanya daripada orang Indonesia sendiri. Contohnya, model terkenal berkebangsaan Amerika, Tyra Banks. Berkat Tyra, busana rancangan Rafi dikenakan para kontestan America’s Next Top Model cycle 20. Rafi juga berhasil memesona publik Australia dalam Melbourne Festival Indonesia 2012. Kelak, Rafi ingin keliling dunia menggelar fashion show tunggalnya. Semoga terwujud.  
  Acara fashion show dimulai pukul 16.45. Dr. Mari Elka Pangestu, Ph.d., Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, yang juga hadir saat konferensi pers, menerima tanda terima kasih dari Rafi. Beliau mengaku mengikuti perkembangan karya-karya Rafi dan mendukung penuh kiprah Rafi.     

Rafi dan Ibu Menteri saat konferensi pers
Satu per satu model berlenggak-lenggok di catwalk. Sirena del Sur mengangkat pesona kecantikan putri duyung yang dilebur dengan nuansa eksotisme Spanyol. Desainer kelahiran Jakarta, 20 Juli 2002 ini mengombinasikan kain ikat Bima dan tenun Troso. Aksen embroidery bermotif kerang dan kuda laut didesain sendiri oleh Rafi, lho. Cantiknya!





Fashion show 40 set busana wanita dibagi dalam dua sequence. Sequence pertama diisi busana-busana bernuansa kecokelatan. Para putri duyung seolah-olah sedang berada di dalam laut yang tenang.  Sequence kedua diisi busana-busana bernuansa merah dan jingga, simbol para putri duyung yang sedang menikmati indahnya langit senja dari tepi pantai. Meski tidak bisa mendengar dari lahir, karya-karya Rafi membuktikan bahwa suara sama indahnya seperti aneka warna.  



Saya dan Rafi 
Merangkak pukul 18.00, fashion show yang dihadiri sekitar 300 tamu ini pun usai. Terima kasih kepada B Blog Indonesia yang telah memberikan undangan JFFF 2014 Sirena del Sur by Rafi Ridwan. Pulang ke rumah, saya membawa banyak hikmah. Di balik anak hebat, tentu ada orangtua hebat. Salut buat Shinta. Beliau tampak begitu sabar menerjemahkan kalimat demi kalimat yang disampaikan Rafi saat konferensi pers. Pastinya beliau juga akan terus mendampingi sang buah hati meraih mimpi. Harapan saya, suatu saat Rafi berkenan merancang busana muslimah. Aamiin. Tetap semangat berkarya ya, Rafi! [] Haya Aliya Zaki

30 komentar:

  1. Subhanalloh... Rafi hebat! Semoga mimpi Rafi terwujud... Salut buat Ibu Shinta... *terharu

    BalasHapus
  2. Huaaaa, Rafi. Speechless, keterbatasan ga jadi halangan buat jadi seorang maestro. Sukses selalu, ya. Semoga jadi perancang dunia kebanggan Indonesia

    BalasHapus
  3. Aakkkk kerennnn.....sukses ya rafi...:") namae podo mbek anakku

    BalasHapus
  4. SUDAH PERNAH TAYANG DI TIVI MAK,,, SALUT DAN BANGGA SAMA RAFI... SEMOGA TERWUJUD IMPIANNYA :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di Kick Andy ya, Mak? Aku malah belum nonton. Jadi surprais rasanya. :)

      Hapus
  5. keren banget, begitulah bila remaja didukung untuk menekuni satu bidang di usia muda, ngga melulu dibebani pelajaran sekolah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prestasi juga bukan melulu dari akademis ya, Mak. :)

      Hapus
  6. jadi ikut berkaca2 juga...'Rafi semoga sukses ya nak

    BalasHapus
  7. Terharu membacanya. Postingan yang menyentuh dan menguak betapa di balik kekurangan umatNya, Allah memberikan satu kelebihan yang maha dahsyat. Semoga menang dalam kompetisi menulis. Do'a dari bunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allah Maha Adil. ya, Bun. Aamiin, makasih doanya, Bun. :)

      Hapus
  8. Merinding... :")
    Semoga Rafi selalu menajdi inspirasi para pemuda di Indonesia, bahwa kekurangan bukan halangan untuk meraih kesuksesan.
    Nice share Mak :)

    BalasHapus
  9. Saya megikuti American TOP Model sampai habis dan saya tahu memang Tyra Banks dan para finalis yang di Bali kemarin memakai busana hasil desain Rafi ini karena Tyra sendiri menyebutnya beberapa kali,

    AMAZING young designer, katanya.....

    Memang keren banget, mikir aja dari kapan dia belajar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya dari umur 3 tahun Rafi dah mulai suka corat-coret, Mak.

      Hapus
  10. Anak ini benar-benar membanggakan ya Jeng
    Alhamdulillah, banyak anak Idonesia yang prestasinya hebat bahkan sampai terkenal di mancanegara.
    Salut dengan Jeng Haya, rajin menghadiri acara2 seperti ini.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Pakde. Masih banyak anak-anak Indonesia yang berprestasi, bukan cuma cabe-cabean, buncis-buncisan, tomat-tomatan. Mudah-mudahan dengan membaca berita-berita positif ini, kita jadi tertular energi dan semangat positif. Makasih sudah mampir, Pakde. :)

      Hapus
  11. Setuju, pasti Rafi punya ibu yang hebat. Terima kasih sudah berbagi kisah inspiratif ini :)

    BalasHapus
  12. keren banget mak! saya pernah liat berita ttg rafi di tv. btw gambarnya diperbesar aja nih mak, imho, terutama gambar desain baju rancangan rafi. terus satu-satu aja, ga ditumpuk gitu. soalnya saya klik buat perbesar (buka di lapto) kok ga bisa ya. padahal saya pengen liat detail desainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk foto-foto keren fashion show, bisa cek di www.dennyirawan.photos, ya. :)

      Hapus
    2. Ralat: www.dennyirawanphotos.com

      Hapus
  13. dibalik kekurangannya ada talent yang sangat luar biasa ya Mbak ... asli keren (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes. Bakat, usaha, dan doa seiring sejalan. :)

      Hapus
  14. Saya surprise begitu tahu ternyata perancang ini adalah anak berusia 12 tahun dan seorang tunarungu, subhanallah mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tahu Rafi tunarungu pas konferensi pers, Mak. Benar-benar surprais.

      Hapus
  15. Raffi termasuk kecil2 punya karya, nih. Hebat!

    BalasHapus
  16. Raffi juga santun, Mak. Tanganku dan suamiku disungkem pas salaman sama dia. :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan