Selasa, 06 Mei 2014

Kata Baku


Saat mengedit, saya sering menemukan kata-kata tidak baku. Saya pribadi, supaya ingat dan tidak bolak-balik buka kamus, saya selalu menulis kata baku setiap ber-SMS ria atau nyetatus di media sosial. Jadi, saat menulis, kata baku otomatis sudah terekam di dalam kepala. Berikut daftar kesalahan penulisan kata baku yang sering saya temukan.


A
Adang, bukan hadang
Afdal, bukan afdol
Akta, bukan akte
Analisis, bukan analisa
Andal, bukan handal (diandalkan, bukan dihandalkan)
Antre, bukan antri
Anutan, bukan panutan
Asas, bukan azas
Atlet, bukan atlit (atletik, bukan atlitik)

B
Beker, bukan weker
Blakblakan, bukan blak-blakan
Bus, bukan bis (kendaraan bermotor angkutan umum yang besar, beroda empat atau lebih, dapat memuat penumpang banyak)

C
Camilan, bukan cemilan
Cecak, bukan cicak
Cengkih, bukan cengkeh
Cerek, bukan ceret
Cokelat, bukan coklat

D
Detail, bukan detil

E
Embus, bukan hembus
Entak, bukan hentak

F
Frustrasi, frustasi

H
Hafal, bukan hapal
Hipotesis, bukan hipotesa

I
Ijazah, bukan ijasah
Imbau, bukan himbau
Ingar-bingar, bukan hingar-bingar
Isap, bukan hisap
Izin, bukan ijin

J
Jeriken, bukan jerigen atau jirigen

K
Karier, bukan karir
Kaus, bukan kaos
Kualitas, bukan kwalitas
Kuitansi, bukan kwitansi
Kedaluwarsa, bukan kadaluwarsa atau kadaluarsa
Khawatir, bukan kuatir
Komplet, bukan komplit

L
Lemari, bukan almari
Lembap, bukan lembab

M
Malapraktik, bukan malpraktik atau malpraktek

N
Napas, bukan nafas
Nasihat, bukan nasehat
Nekat, bukan nekad
Nomor, bukan nomer

O
Objek, bukan obyek

P
Paham, bukan faham
Peduli, bukan perduli
Pikir, bukan fikir
Plinplan, bukan plin-plan
Praktik, bukan praktek
Provinsi, bukan propinsi

R
Respons, bukan respon
Rezeki, bukan rejeki
Risiko, bukan resiko
Ritsleting, bukan resleting atau ritsluiting
Roboh, bukan rubuh

S
Saksama, bukan seksama
Seberang, bukan sebrang
Sekadar, bukan sekedar
Selebritas, bukan selebritis
Sembap, bukan sembab
Serdawa, bukan sendawa
Silakan, bukan silahkan
Sontek, bukan contek (menyontek, bukan mencontek)
Sopir, bukan supir
Subjek, bukan subyek

T
Telanjur, bukan terlanjur
Telepon, bukan telfon atau telpon atau tilpun
Teknik, bukan tehnik atau tekhnik

U
Ubah >> mengubah (ubah), bukan merubah (menjadi rubah)
Utang, bukan hutang (utang piutang, bukan hutang pihutang)

W
Waswas, bukan was-was

Z
Zaman, bukan jaman

Ada yang mau menambahkan? Semoga bermanfaat! [] Haya Aliya Zaki

30 komentar:

  1. Terima kasih Jeng.
    Sangat bermanfaat bagi saya yang lagi senang-senangnya nulis.
    Ijin copy ya.
    Salam hangat dari Surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Semoga bermanfaat ya, Pakde. :)

      Hapus
  2. Keren mak,
    bikin kamus KBBI online yang lengkap dong mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makjang. Janganlah, Dek. Ada puluhan ribu kata kalau gitu. :)) Ini awak tulis yang sering orang-orang silap aja. :D

      Hapus
  3. Wow! Sampai mengirim pesan pun menggunakan bahasa yang baku, ya. Jadi pengin dapat sms dari seorang editor seperti Mak Aliya. He-he-he… *ngarep

    Sekadar (bukan sekedar) melengkapi senarai kata-kata di atas: asal usul (tanpa tanda hubung), karena "asal usul" adalah frasa, bukan kata ulang berubah bentuk/pengulangan salin suara; apa pun (dipisah); afdal, bukan afdol; amendemen, bukan amandemen; cabai, bukan cabe; detergen, bukan deterjen; kempis, bukan kempes; komplet, bukan komplit; karier, bukan karir, hipotesis, bukan hepotesa; mungkir, bukan pungkir (contoh yang benar: tak dapat dimungkiri); saksama, bukan seksama; selebritas, bukan selebriti; tampak, bukan nampak; stroberi, bukan strawberi atau strawbery; skuat, bukan skuad; silaturahmi, bukan silaturahim (jika acuannya adalah KBBI, tetapi dalam bahasa Arab keduanya benar); takhta, bukan tahta; telentang, bukan terlentang; ubrak-abrik, bukan obrak-abrik; ustaz, bukan ustad atau ustadz; dan lain-lain.

    Terima kasih telah berbagi melalui artikel di atas. Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyalaaah, kecuali lagi pengin pakai bahasa ghaol. :)) Oke, makasih tambahannya. Aku izin tambahi, ya. :)

      Hapus
    2. Dengan senang hati. Ternyata bukan hanya kata-kata garib yang galib salah dieja, ya.

      Hapus
  4. ternyata selama ini saya banyak salah dalam menggunakan kata baku....aduh benar2 error dech....
    keep happy blogging always..salam dari Makassar ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sekadar panduan, terutama untuk menulis buku. :) Makasih sudah mampir.

      Hapus
  5. Makasih postingannya Mak Haya. Izin save ya. :)

    BalasHapus
  6. Buat Mas N. Firmansyah, punten, jawaban My May Giveaway langsung di postingan My May Giveaway, bukan di sini. Mohon diulang. Makasih. :)

    BalasHapus
  7. Saya Sering bangeeeet keliru dalam penulisan kata Baku, makasih mak sudah berbagi :))

    BalasHapus
  8. banyak yg salah nih saya ternyata :( makasih mak..

    BalasHapus
  9. Saya banyak salah, nih. Bermanfaat banget. Makasih, Mak :)

    BalasHapus
  10. Terimakasih infonya mba.. Ternyata banyak sekali penggunaan bahasa saya yang salah. Salam kenal dari saya di Aceh. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Saya dari Medan. Makasih dah mampir. :)

      Hapus
  11. Terimakasih ilmunya, sangat bermanfaat. Saya mohon izin untuk mengkopi ya, Mbak Haya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan, Mak, Semoga bermanfaat. :)

      Hapus
  12. Mak Haya, 3 kata yang berikut seringkali membingungkan bunda dalam cara menulis:
    mempercayai atau memercayai
    mempedulikan atau memedulikan
    memprioritaskan atau memerioritaskan

    Makasih, Mak.Haya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi IV:

      - memercayai
      - memedulikan
      - memprioritaskan

      Begitu, Bun. :)

      Hapus
  13. Aduuuh.... udah lama nih gak main kata-kata baku. Buka-buka KBBI cuma kalo lagi dapet tugas ngedit aja. Selebihnya? Blaaaas deh. :(

    BalasHapus
  14. Hua . saya banyak kesalaha . makasih ya Mak sharingnya :)

    BalasHapus
  15. ini mantap banget, asik bookmark aja ahh..

    BalasHapus
  16. Kalau sering baca-baca yang beginiaaan, dijamin daaaah tambah ilmu yang bermanfaat

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan