Minggu, 13 April 2014

[Film] Rio 2, Pesan Cinta Lingkungan dari Burung Makaw Biru


Judul: Rio 2

Pengisi suara: Jesse Eisenberg (Blu), Anne Hathaway (Jewel), Bruno Mars (Roberto), Jamie Foxx (Nico), Jemaine Clement (Nigel), George Lopez (Rafael), Kristin Chenoweth (Gabi)

Sutradara: Carlos Saldanha

Cerita: Carlos Saldanha

Didistribusikan: 20th Century Fox




Gegara dapat kesempatan nonton konser Bruno Mars di MEIS, Ancol, akhir Maret lalu, saya jadi rada-rada “terobsesi” sama penyanyi asal Inggris ini *tepok jidat*. Tenang … bukan terobsesi gimana-gimana, kok. Maksudnya, saya jadi semakin kesengsem dengan karya-karyanya, gitu.

Kebetulan, sudah sejak sebulan yang lalu saya mantengin info film Rio 2 yang wara-wiri di televisi kabel. Huaaa … ada Bruno Mars jadi pengisi suara Roberto! Roberto adalah debut karakter animasi pertama Bruno Mars. Bukan cuma Bruno Mars *kikir kuku* pengisi suara yang lain juga kece badai. Kudu nonton, nih! Selain itu, semenjak punya anak, film animasi kategori SU pasti masuk list pertama tontonan saya dan keluarga. Lupakan semua film superkeren kategori R dan D huhuhu. Kecuali, kalau lagi kencan berdua bareng suami. Bolehlah, yaaa.  

Film Rio 2 dibuka oleh riuhnya musik dan hebohnya tari Samba. Belum apa-apa, kami tertawa karena aksi konyol para binatang ketika menari. Kata Rio dari Rio 2 diambil dari nama salah satu kota di Brasil, yakni Rio de Janeiro. Bercerita tentang dua burung makaw biru, yakni Blu dan Jewel. Mereka memiliki tiga anak bernama Carla, Bia, dan Tiago. Oiya, ini trailer-nya.



Blu dan anak istrinya hidup bahagia di sebuah flat, di kota, bareng Tulio dan Linda, pasangan peneliti. Karena tinggal bersama manusia, keluarga burung ini jadi mengikuti kebiasaan manusia, terutama Blu. Mereka makan pancake buat sarapan, menonton televisi, dan mendengarkan musik melalui headphone. Ke mana-mana Blu tidak pernah lupa membawa tas pinggang berisi GPS, pisau lipat, sikat gigi elektrik, dan permen mint. Kadang Jewel sebal sama kelakuan Blu yang seolah tidak bisa lepas dari barang-barang manusia.

Suatu hari, Blu dan Jewel menonton berita di televisi yang menyebutkan bahwa populasi burung makaw biru masih ada di hutan Amazon, hutan tropis paling luas di dunia. Jewel ingin meninggalkan kehidupannya sebagai keluarga burung modern dan belajar menjadi burung sesungguhnya di habitat asli mereka. Awalnya Blu tidak setuju. Hutan Amazon terkesan menyeramkan. Namun, akhirnya, Blu menuruti keinginan Jewel. Dia sangat mencintai istrinya. Happy wife, happy life, begitu kata Blu selalu. Saya suka banget kalimat Blu yang satu ini haha! 

Perjalanan berjarak 2000 mil dari kota menuju hutan Amazon mulus-mulus saja. Rintangan justru muncul ketika Blu sampai di tempat yang baru. Dia sudah berusaha sekuat tenaga beradaptasi dengan kawanan burung makaw biru, namun sepertinya sulit sekali. Bahkan, Eduardo, pemimpin burung makaw biru yang tak lain adalah mertuanya sendiri, curiga Blu adalah seorang pengkhianat karena gaya Blu yang kekota-kotaan. Blu juga cemburu berat sama karisma sosok burung makaw biru dengan jambul dibelah dua. Siapa dia? Dialah Bruno Mars, eh, Roberto, teman masa kecil Jewel. Aih aiiiih … anak-anak saya ngakak abeeesss nonton aksi Roberto qeqeqe. Ini videonya.





Masalah bertambah ketika Blu tidak sengaja menginjak wilayah burung makaw merah. Dia terpaksa menerima tantangan dari pemimpin burung makaw merah demi menebus kesalahannya. Mau tahu tantangannya? Psssttt ... rahasia. Dijamin seru, deh. Yang lebih pahit, Blu juga mesti menanggung murka Eduardo! Tanpa Blu sadari, bahaya lain mengintai. Nigel, burung kakaktua yang celaka di film Rio (saya tidak nonton), ingin balas dendam.

Aaakkkk … masih ada satu masalah lagi! Masalah sebenarnya dan jauh lebih BESAR. Sekelompok orang jahat melakukan pembalakan liar di hutan Amazon, persis di tempat tinggal burung yang hampir punah ini. Nah, kekurangan film Rio 2, menurut saya, adalah banyaknya pesan yang ingin disampaikan. Tapi, jangan khawatir. Filmnya teteeeup asyik disimak. No problemo


Cukup, ya, cerita saya tentang film Rio 2. Nanti malah ditimpuk massa pula karena spoiler hohoho. Anak-anak bakal suka lagu-lagu dalam film berdurasi 101 menit ini, walau mungkin tidak sefenomenal lagu-lagu dalam film Frozen. Lagu favorit saya pastilah lagu Welcome Back yang dinyanyikan oleh Roberto qeqeqe dan I Will Survive yang dinyanyikan dengan pedenya oleh Nigel dan Gabi. 



CD lagu film Rio 2

Rio 2 bukan sekadar (benar-benar) menghibur. Pesan cinta lingkungan di dalamnya pantas diteladani. Tidak heran, film keren ini lahir dari tangan dingin Carlos Saldanha, yang juga sutradara film animasi Ice Age yang kesohor. Saya sampai merinding melihat adegan bersatunya burung makaw biru dan burung makaw merah melawan pelaku pembalakan liar. Berhasilkah mereka?


Carlos Saldanha (foto dari Kids TV Movies)

Tunggu apa lagi? Yuk, nonton Rio 2! [] Haya Aliya Zaki





20 komentar:

  1. hasyeeek... *berasa nonton bang Rhoma yak

    BalasHapus
  2. Aaah, jadi penasaran pengen nonton, tapi aku tahun info film ini dari Kpop News mak, karena di Korea dubing Bahasa Korea dan yang ngisi salah satunya member SNSD *penasaran*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, jadi pengin nonton Rio 2 rasa Korea, Mak. :D

      Hapus
  3. Saya juga belum nonton Rio 1 nya, Mbak. Dan langsung nonton Rio 2. Eh benar tuh, terlalu banyak pesan yang ingin disampaikan. Banyak cabang cerita juga. Yang tentang Burung Kakak Tua itu harusnya bisa diskip deh biar lebih fokus :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, setuju. :) Tapi, kalo ga ada Nigel, ntar ga ada yang nyanyi lagu I Will Survive. :))))

      Hapus
  4. Aaaarrkkk.....aku pengen bgt nonton Rio2 mak,baca ulasan mak Haya jd makin mupeng nih..hrs segera nonton nih ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, nonton, Mak. Mumpung weekend ini libur panjang. :D

      Hapus
  5. waahhh harus nonton, soalnya yg pertamanya nonton dan seruu mak. anak2 aj suka bgt film ini ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku Rio yang pertama malah belum nonton, Mak qeqeqe. Jadi pengin nonton juga. Kayaknya ada DVD-nya. ^^

      Hapus
    2. kalo menurut saya, lebih seru Rio yang pertama, lagu-lagunya juga lebih ear-catching yang Rio pertama... Saya suka lagu Fly Love-nya Jamie Foxx... ayo mak, cari DVD nya... gak bakal bosen nonton berkali-kali ^_^

      Hapus
    3. Huaaa ... siyap! Kayaknya beneran jadi beli DVD Rio pertama, nih. :D

      Hapus
  6. Belum liat yg ini mbaaa...tapi yg dulu liat seh...

    BalasHapus
  7. Ouwh itu toh Carlos Saldanha. Keren ya orangnya *salah fokus :)) wkwkwk Btw, udah nonton filmnya, anak-anak suka banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, eike juga salah fokus lihat mas-mas ganteng ini, Fit qeqeqe.

      Hapus
  8. Aku sih udah liat Rio1 sama Rio2, bagus semuanya koq.. keren abis deh pokok nya dan karakter di film Rio yg lucu lucu nggak bakalan bikin bosen nonton! Dan klo bisa semoga aja ada Rio 3!

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan