Minggu, 15 September 2013

Trik Memenangi Online Competition Fun Days with Zespri Kiwi Fruit


(Foto : Dije)

Hari Jumat (13/9) saya ditelepon oleh Fimela Family untuk memastikan apakah saya bisa hadir pada acara puncak online competition Fun Days with Zespri Kiwi Fruit. Hadir pada acara puncak memang salah satu komitmen 50 orang finalis kompetisi  ini. Saya sudah tahu dari awal. Tentu saya menyanggupi. Selain itu, saya juga diminta mengajak satu orang pendamping. Saya memilih mengajak istri adik ipar saya, Mbak Fitri Firmansyah. Soalnya, pada pertengahan acara nanti ada cooking demo. Mbak Fitri senang sekali memasak. Pasti dia suka, deh, pikir saya. Gayung bersambut. Mbak Fitri bersedia ikut. Horeee!


Acara puncak Fun Days with Zespri Kiwi Fruit digelar hari Sabtu (14/9) di Birdcage Restaurant, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dress code Touch of Green membuat sejuk mata yang memandang. Di sana-sini nuansa hijau segar. Saya bertemu teman-teman sesama finalis lainnya, yakni Dwina Yusuf (saya tahu info lomba ini dari beliau), Ani Berta serta pendampingnya Martha, Mbak Ernawati, dan Mbak Fitri.

Pukul 11.15 siang, acara diawali dengan kata sambutan dari Santi Sierra, Editor in Chief Fimela Family. Oiya, buat yang belum tahu tentang Fimela Family, silakan main ke situsnya. Situs ini diperuntukkan bagi kaum wanita modern dan keluarga muda Indonesia masa kini.


Santi Sierra (kiri)

Santi menyampaikan kriteria penjurian online competition Fun Days with Zespri Kiwi Fruit ini. Peserta dinilai berdasarkan keaktifannya sharing tentang kiwi Zespri di media sosial. Yang paling utama adalah sharing pengalaman pribadi mengonsumsi dan sharing manfaat kiwi, bukan sekadar kopas teori dari web Zespri atau Fimela Family.

Finalis yang hadir disuguhi kiwi Zespri (foto: Fimela Family)

Selanjutnya, kata sambutan dari Yuyuh Sukmana, Marketing Development Manager – Indonesia, Zespri International. Beliau bercerita banyak tentang kiwi Zespri. Mulai dari penanaman, panen, sampai pendistribusian. Wow, banget! Quality control kiwi Zespri ini berlapis-lapis. Ada lebih dari 3000 petani kiwi di Selandia Baru. Selain harus tahu cara menghasilkan kiwi berkualitas baik, mereka juga harus paham administrasi. "Pengecekan demi pengecekan dicatat dalam formulir khusus untuk memudahkan pelacakan di kemudian hari," jelas Yuyuh.


Yuyuh Sukmana

Dokter Marya, Pakar Gizi RSCM, mempresentasikan tentang apa dan bagaimana gaya hidup sehat. Penduduk Jakarta cenderung memiliki mobilitas yang tinggi. Sebagian sudah melupakan pola makan yang seimbang. Parahnya, yang di-skip adalah kebiasaan mengonsumsi sayur dan buah. Idealnya kita harus mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah (3 porsi sayur dan 2 porsi buah) dalam sehari. Kiwi mencukupi kebutuhan nutrisi kita akan buah setiap hari. Kiwi memiliki banyak kelebihan dibandingkan buah yang lain. Nutrisi 1 kiwi sama dengan 5 buah apel dan 2 buah jeruk. Nutrisinya mengalahkan nutrisi 27 buah yang populer dikonsumsi. Masih banyak kelebihan kiwi lainnya. Penjelasan dr. Marya ini sangat bermanfaat. Kami jadi sadar pentingnya mengonsumsi sayur dan buah setiap hari.


dr. Marya (foto: Fimela Family)

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, acara puncak Fun Days with Zespri Kiwi Fruit dimeriahkan dengan cooking demo. Chef Chandra menampilkan 2 resep makanan berbahan kiwi yang enak-enak. Tidak heran kalau Dwina dan Mbak Fitri mejeng jadi asisten Chef Chandra. Duo emak cantik ini memang terkenal sebagai koki andal. Ihiiiirrr ....


Dwina
Mbak Fitri

Tibalah saatnya pengumuman pemenang. Alhamdulillah, saya meraih juara I! Hadiahnya? Kulkas 2 pintu merek Samsung, paket kosmetik Revlon, paket kiwi Zespri, dan payung. Asyiiikkk!  

(Foto : Ani Berta)

Kulkasnya belum nyampeee ....

Beberapa teman mengatakan bahwa saya hoki kalau mengikuti lomba-lomba menulis atau blog. Eeerrr ... saya rada garuk-garuk kepala mendengar kalimat ini. Saya aminkan saja, yak hihi. Hanya, bagi saya, kata hoki memberikan kesan untung-untungan, tanpa usaha atau perhitungan. Tapi, kalau menilik quote Thomas Alfa Edison bahwa keberuntungan adalah usaha yang bertemu peluang, oke, saya setuju. Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi trik memenangi online competition Fun Days with Zespri Kiwi Fruit.

1. Aktif di media sosial
Penilaian utama dari online competition Fun Days with Zespri Kiwi Fruit adalah keaktifan di media sosial Twitter. Thanks to Echa Catatan Si Cucuth yang sudah mengajarkan saya cara mengecek impressions melalui tweet reach. Pantas jika busui yang satu ini diberi gelar Ratu Tweet. Kalau impressions saya mulai turun, itu pertanda saya harus lebih aktif lagi nge-tweet. Saya membuat jadwal nge-tweet kira-kira 5-10 tweet sehari (belum termasuk RT dan reply teman). Penjelasan eike ini sudah benar belum, Chaaa? Seandainya belum, tulung dikoreksi yaaa qiqiqi.

2. Konten
Tentu saya nge-tweet bukan sembarang nge-tweet. Selain nge-tweet aktivitas makan kiwi (plus twit pic), saya juga nge-tweet tentang manfaat kiwi. Manfaat ini saya kaitkan dengan kandungan yang terdapat di dalam kiwi. Malam hari sebelum tidur, saya membuat catatan apa-apa saja yang akan saya tweet esok hari. Topiknya harus berbeda-beda. Misal, hari ini tentang manfaat kiwi meningkatkan stamina tubuh saya, esoknya tentang manfaat kiwi menyembuhkan sariawan suami, dst. Pastinya memang manfaat yang benar-benar saya rasakan. Sesekali saya nge-tweet tentang cara penanaman kiwi, panen, dan distribusinya. Baidewei, saya melihat ada peserta yang aktif-tif-tiiif sekali nge-tweet, tapi semua tweet-nya kopas mentah-mentah dari web Zespri dan Fimela Family, bukan share pengalaman pribadi. Ini bertentangan dengan keinginan juri. Dua minggu yang lalu, saat kami menerima stok kiwi untuk 2 minggu di kantor Fimela.com, pihak Zespri dan Fimela Family telah berpesan bahwa yang mereka butuhkan adalah share pengalaman pribadi. Kalau kopas dari web, semua orang bisa melakukannya bukan? Tidak perlu menjadi finalis atau mengonsumsi kiwi Zespri terlebih dahulu.

3. Poin lain
Kiwi tidak tahan panas. Kandungan vitamin C dan asam folatnya mudah sekali rusak oleh panas, apalagi jika dimasak. Penyimpanannya mesti di kulkas. Pihak Zespri dan Fimela Family juga pernah berpesan bahwa mereka tidak menganjurkan kiwi untuk dimasak jadi puding, kue, dan lain-lain. Cukup dimakan dengan cara cut and scoop, dijus, atau dipotong dadu. Saya menjelaskan hal ini dalam tweet-tweet saya, sekalian mengedukasi followers saya (halah, bahasanyaaa). Bukan cuma kiwi. Sebenarnya, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada semua buah, tidak tahan panas. Jangankan kena panas, saat dicuci saja, sudah ada yang hilang. Ini yang pernah saya pelajari waktu kuliah di farmasi dulu. Saya melihat beberapa peserta mengolah kiwi dengan cara dimasak. Saya tidak ikut-ikutan hehehe. Vitamin dan mineralnya jelas ada yang hilang. Yang didapat, efek mengenyangkan saja.

4. Nilai tambah 
Para finalis terutama diminta aktif di media sosial Twitter.  Saya pikir, kalau saya juga menuliskannya di blog, mungkin saya bisa mendapatkan nilai tambah. Melalui hashtag #ZespriFunDays, saya tahu bahwa 2-3 orang saja yang menulis di blog. Itu pun masing-masing cuma 1 postingan. Saya menuliskan 3 postingan di sini, sini, dan sini. Yang pertama postingan tentang jejak kiwi, yang kedua tentang cara mengonsumsi kiwi, yang ketiga sekaligus yang terpenting adalah tentang manfaat kiwi bagi saya serta keluarga.

Bagi saya, tanggal 14 September adalah tanggal yang istimewa. Ulang tahun Faruq dan ulang tahun pernikahan saya jatuh pada tanggal 14 September. Tahun ini, tanggal 14 September tambah istimewa karena berkat mengikuti event online competition Fun Days with Zespri Kiwi Fruit, saya jadi lebih rajin mengajak keluarga mengonsumsi sayur dan buah. Daaan ..., alamaaakkk ketiban durian, eh, kulkas runtuh juga xixixi.  [] Haya Aliya Zaki

37 komentar:

  1. Memanglah emak yang satu ini. Luar biasa mantepnya. selamat ya maaaak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Maaakkk. Wis, sama-sama mantaplah kita. Semua emak keren. :D

      Hapus
  2. Aku juga ditelepon untuk menghadiri undangan ini, Mak, tp ya biasalah emak rempong gak ada yg bantu ngasuh anak hiks.... jadilah kulkasku diambil Mak Haya #halah! *pentung.
    Selamat ya, Mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, yang jadi finalis awal ya, Ley? Ya wis, Leyla, kan, dah dapat kulkas LG. Ini gantian akulah, yaaa. :)) *dilempar bakiak*

      Hapus
  3. Ini yang membuat dirimu selalu berbeda, Haya. Dan, ini pula yang membuat juri nggak mungkin nggak milih dirimu sebagai jawaranya. Saluuut! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Kakanda. Aamiin. Jadi semangat, nih. :D

      Hapus
  4. ahai, mbak haya tipsnya asik-asik jos

    BalasHapus
  5. Betull mak...emang kudu kreatif juga kitanya :*

    Selamat ya mak...nanti aku mau nyobain kiwi juga deh...blm tau rasanya huehuehue

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kiwi bagus tuh, ntar nutrisinya ditransfer ke Raffi. :D

      Hapus
  6. Tipsnya wokeeey banget *aktifitas ngeblog jadi lebih bermanfaat, tambah pegnetahuan juga ketiban rejeki.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak. Alhamdulillah. Semangat! :)

      Hapus
  7. makasih tipsnya mbak Haya :D Jadi semangat buat ngetweet lagi :D

    BalasHapus
  8. wahh selamat ya mbak... terima kasih untuk tipsnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih. Sama-sama. Semoga manfaat. :)

      Hapus
  9. Nah lho, awas diruntuhi kulkas Mak..

    makasih tipsnya...

    BalasHapus
  10. semua memang butuh proses dan usaha ya mak. kak haya menjadi juara karena memang kakak pantas mendapatkannya. apalagi ketika melihat apa yang kakak lakukan.

    BalasHapus
  11. selamat mak...baru tahu ada situs fimela family, gak gaul xixixi...padahal hadiahnya bikin mupeng...btw, selamat mak haya...sukses terus ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mak Rina. Di-follow aja, Mak, twitternya. :) Mungkin nanti ada lomba lagi. :D

      Hapus
  12. tetep mau minta blush on.. hehe

    sukses terus ya mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi seneng pakai blush on ya, mak? :D Sukses juga buatmu. :)

      Hapus
  13. congritulation yah mak,

    kunjungan perdana :)

    BalasHapus
  14. Ikutan nyimak tips dan triknya ya Maaakkk...
    Selamat utk kemenangannya... Sungguh Mak Haya layak untuk menang. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak atas suportnya, Mak. Sukses buatmu. Semoga manfaat. :)

      Hapus
  15. Mak Haya emang pancen oye xixixi

    Ngemeng-ngemeng soal kiwi, setelah mencoba untuk pertama kalinya, aku langsung suka banget sama buah yang satu ini. Rasanya selain seger, juga enyaaak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak. Apalagi yang Green. Seger banget. :D

      Hapus
  16. Balasan
    1. Makasih, Mak. Aku sering mampir, lho, ke blogmu. Baca-baca review buku. Keren. :)

      Hapus
  17. Selamat ya mba...
    gimana caranya supaya suka kiwi ya mba... melihat warna kiwinya sih, menarik sekali, cuma rasanya yang masam yg bikin saya gak suka :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang Gold pasti manis, Mbak. Kalau yang Green, tergantung. Kalau beum matang betul, rasanya memang agak asam. :)
      Makasih dah mampir ya, Mbak. :)

      Hapus
  18. Budehay, ada namaku disebut aheeeee,, makasiy sharingnya yah bude, jempolan emang budeku INI. Jadi kulkasnya mejeng dimana skrg. Mau nitip pudding, hihihihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan