Kamis, 25 April 2013

KidsFfest, Alternatif Hiburan yang Mendidik untuk Anak-Anak dan Remaja


Story telling is such a wonderful world. It comes from our imagination, through our pens, onto paper, into a book, and in some great minds ... it becomes a movie!

Beberapa hari yang lalu saya diundang oleh Superkids Indonesia untuk menonton film Miss Minoes di blitzmegaplex Pasific Place, Jakarta, dalam rangka acara KidsFfest. Saya happy banget, dong. Apalagi, nontonnya bareng Shafiyya. Yeay! Jadi semacam kencan gitu, deh, sama anak perempuan centil satu ini hihi. Eeerrr, tapi ... sebenarnya saya sendiri baru kali ini mendengar tentang acara KidsFfest. Kamu juga pengin tahu? Berikut sedikit ulasannya.



KidsFfest adalah Festival Film Internasional Anak-Anak dan Remaja yang didirikan oleh Nia Dinata. KidsFfest menghadirkan film-film dari Indonesia dan berbagai belahan dunia seperti Belanda, Jepang, Italia, Norwegia, serta Brazil. Secara konsisten, KidsFfest hadir setahun sekali demi memberikan alternatif hiburan yang mendidik bagi anak-anak, remaja, dan keluarga Indonesia. Tahun ini, KidsFfest memasuki tahun yang ke-5. Tahun ini, untuk kali pertama, KidsFfest memperkenalkan film-film dokumenter tentang anak-anak Indonesia yang kehidupannya begitu unik, lucu, dan menyentuh. Dan, tahun ini pula, semua film KidsFfest dapat dinikmati secara GRATIS! Catet!


 
“Kami senang sekali bisa bekerja sama dengan KidsFfest di tahun 2013. Semoga tahun depan bisa bekerja sama lagi,” kata Ade Sri Purwaningsih, Advertising and Business Development Manager Superkids Indonesia. Superkids Indonesia adalah situs keren yang ditujukan untuk anak-anak berumur 6-12 tahun dan para orangtua. Situs ini memuat artikel pengetahuan umum, kesehatan, gaya hidup, info event menarik, dan games.

Ade Sri Purwaningsih (kiri) dari Superkids Indonesia

Pukul 16.30 pemutaran film Miss Minoes yang berasal dari negara Belanda ini dimulai. Shafiyya sudah enggak sabaaarrr ...! :)))) 

Tiket film Miss Minoes

Miss Minoes adalah kucing betina berwarna putih yang menjelma menjadi gadis cantik gara-gara salah minum ramuan. Dia membantu Tibbe, wartawan yang kariernya hampir hancur karena selalu gagal menulis berita bagus. Berkat Miss Minoes, karier Tibbe terselamatkan. Miss Minoes menjadi informan rahasia dari berbagai peristiwa dan Tibbe tinggal menuliskannya. Mau tahu dari mana Miss Minoes mendapatkan semua informasi tersebut? Tentu saja dari teman-temannya sesama kucing! Mulai dari kucing tetangga, kucing milik penjual daging, sampai kucing milik wali kota.   
Kekonyolan demi kekonyolan muncul akibat ulah Miss Minoes yang tidak tahan setiap mencium bau ikan hmmm ... sedap ... hihi. Singkat cerita, Miss Minoes melihat sesuatu yang tidak beres dari sosok paling dermawan di kota, yakni Mr. Eleemet. Mr. Eleemet yang dikenal sangat baik dan pemurah, ternyata menyimpan niat busuk. Dia menghalalkan segala cara supaya bisa memperluas pabrik parfum miliknya. Hanya Miss Minoes, Tibbe, dan para kucing yang mengetahui hal ini. Sedihnya, tidak ada satu pun warga kota yang memercayai mereka. Apa akal?
Miss Minoes, Tibbe, dan para kucing  bekerja sama memecahkan kasus. Pastinya, cerita ini berakhir bahagia. Shafiyya senang menonton film Miss Minoes. Dia tertawa geli melihat Miss Minoes, gadis cantik yang bisa melompat cepat ke atap rumah dan mengendus-ngendus seperti kucing! Nah, Shafiyya memberi penilaian yang paling atas tentang film ini.

Shafiyya suka banget!

Film Miss Minoes memang berbahasa Belanda, tapi jangan khawatir. Ada teks bahasa Inggris dan bahasa Indonesianya, kok. Selain di blitzmegaplex Pasific Place, KidsFfest juga diadakan di 21 Cineplex, Piazza Open Air, Gandaria City, Jakarta. Ada 16 film panjang bertaraf internasional dan 20 film panjang dan pendek karya asli anak Indonesia yang ditayangkan. Seru!
Bukan cuma pemutaran film, di KidsFfest pula ada Kompetisi Film Pendek, Workshop Acting (pengajar Rizky Akbar Wicaksono), serta Workshop Film Making. Semuanya ditujukan buat anak usia 10-15 tahun. Peserta bakal dikasih sertifikat, lho!
Oiya, saya juga melihat Pameran Karya Anak-Anak Jalanan berupa kerajinan tangan dan lukisan (anak-anak usia 7-17 tahun) dari komunitas Ciliwing Merdeka.  

Berfoto bersama sebelum pulang

Acara yang berlangsung tanggal 17-21 April 2013 ini diselenggarakan oleh Yayasan Kalyana Shira. Teman-Teman yang tidak ingin ketinggalan info tentang KidsFfest tahun depan, bisa mengunjungi http://www.kidsffest.org/. [] Haya Aliya Zaki

11 komentar:

  1. duh sy ketinggalan terus event ini. Mudah2an tahun depan bs ikutan nonton :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya aku posting tulisan ini hari Sabtu, Mak. Jadi, teman-teman punya kesempatan nonton di hari Sabtu dan Minggu. Tapi, kebanyakan nak-nik nak-nik, baru bisa posting sekarang. :( Insya Allah tahun depan Kidsffest ada lagi, Mak Myra. :)

      Hapus
  2. Shafiyya seneng banget yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang, Fita. Apalagi, pas lihat Miss Minoes lompat sana-sini kayak kucing. :)))))

      Hapus
  3. Ehm kenapa, Mak Titi? *menatap penuh selidik* :P

    BalasHapus
  4. baguuss banget liputannya, informatif mba.. jadi kepengen (baca: sangat!) mo ikutan eventnya nanti bareng bocah2.... taun depan yaaa T_T

    BalasHapus
  5. Makasih, Jeng Devi. Insya Allah tahun depan KidsFfest hadir lagi. :)

    BalasHapus
  6. aih, jadi kepingin..Syukurlah kalau hadir tiap tahun. Masih ada kesempatan

    BalasHapus
  7. Insya Allah setiap tahun KidsFfest hadir, Mak Ety. Tungguin, ya. :)

    BalasHapus
  8. oh,,anakku pasti seneng nntn film kucing,,iiih tp d kotaku gk da acara2 kyk gni mba,,jauuuuh,,*mingsek-mingsik*

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan