Minggu, 24 Maret 2013

TMII sebagai Museum Terbesar Inspirasi Peradaban Bangsa


 Hari Minggu tanggal 24 Maret 2013 adalah hari yang saya tunggu-tunggu. Bagaimana tidak? Saya dan rekan-rekan Blogger Reporter Indonesia (diketuai Hazmi Srondol) janjian kopdar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Kopdar kali ini bukan tidak memiliki misi. TMII bekerja sama dengan Indosat dan Blogger Reporter Indonesia bersinergi mensosialisasikan informasi seputar acara yang digelar dalam rangka menyambut ulang tahun TMII yang ke-38 tanggal 20 April 2013 nanti.




Kami bertemu di Museum Indonesia TMII tepat pukul 08.30 pagi. 



Setelah melihat-lihat keindahan isi Museum Indonesia, kami menaiki bus menuju Museum Asmat. Di sinilah acara digelar. 

Dari luar, saya terkagum-kagum melihat tampilan Museum Asmat. Atapnya dibikin seperti rumah adat Suku Asmat. 


Belum lagi bagian dalam museum. Sejarah suku Asmat terpampang lengkap. Baju khas, senjata unik,  sampai patung perahu yang bercerita tentang Perahu Arwah, kepercayaan suku Asmat bahwa setiap orang yang meninggal akan pergi ke Negeri Safan, juga ada di sana. 


Saya beruntung bisa bertemu dengan Pak Caing. Beliaulah yang sehari-hari bertugas merawat benda-benda yang ada di dalam museum. Kata Pak Caing, benda-benda di dalam museum rutin dibersihkan. Jadi, pengunjung merasa nyaman berada di museum dan pasti berniat untuk datang kembali. 


Pukul 10.00 pagi, acara dibuka oleh kata sambutan Bapak Arief Joko, Koordinator Museum TMII. Menurut Bapak Arief, Museum Asmat baru mengalami revitalisasi sejak Oktober 2012 lalu. Museum adalah inspirasi peradaban bangsa. Di dalam museum, kita bisa menikmati “cerita” sejarah perjalanan bangsa. Di museum TMII ada kereta Bung Karno, Alquran terkecil, rekaman bencana tsunami Aceh, dan lain-lain.

Pihak TMII sangat memahami hal tersebut. Oleh karena itu, TMMI membuat 18 museum sebagai warisan buat anak cucu. Bahkan, menurut Pak Arief, TMII disebut-sebut sebagai tempat yang memiliki museum terbanyak di dunia. Keren!

Bapak Arief Djoko
Indosat mendukung penuh program TMII, terutama dalam pencanangan Augmented Reality Miniature Park yang sebelumnya bernama Taman Mini Cyber Park. Seperti yang kita tahu, di zaman serbadigital ini, kita tak terlepas dari aktivitas di media sosial. Bersama Indosat dan anggota Blogger Reporter Indonesia, informasi berharga ini disebarluaskan. Seperti yang disampaikan Hazmi Srondol, harapannya, khalayak akan semakin mencintai dan melestarikan budaya negeri ini.

Hazmi Srondol

Alhamdulillah, acara berlangsung sukses. Berkat Indosat superwi-fi, penyampaian informasi melalui Twitter dan blog bisa diakses dengan cepat dan mudah. Berada di dalam ruangan atau di luar ruangan, tidak masalah. Sinyal bisa dinikmati di mana saja. Mantap!

Acara ditutup dengan makan siang dan ramah-tamah. Oiya, jangan lupa untuk ikut memeriahkan ulang tahun TMII. Banyak acara digelar pada bulan Maret dan April 2013.  Ada pergelaran kesenian dari berbagai daerah, pameran kerajinan khas daerah, launching film baru, festival kuliner, dan masih banyak lagi. So, jangan sampai terlewatkan, ya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan