Selasa, 25 Desember 2012

Treasure Land: Wahana Baru Dufan yang Full Edutainment


Siapa yang tidak kenal Dunia Fantasi (Dufan)? Pusat hiburan terbesar di Indonesia yang dibuka pada tanggal 29 Agustus 1986 ini, menjadi salah satu tempat hiburan favorit keluarga. Macam-macam wahana yang ada di sana, mampu menyedot ribuan pengunjung saat liburan tiba. 

Senangnya, hari Minggu (23/12) lalu, saya mendapat undangan dari komunitas Kumpulan Emak2 Blogger untuk menghadiri acara launching wahana baru di Dufan yang bernama Treasure Land. Undangan ini sekaligus menjadi hadiah liburan yang istimewa untuk anak-anak saya. Alhamdulillah, kami, para bloggers, diperkenankan mengajak anggota keluarga masing-masing. 



Tepat pukul 10.00 pagi, kami tiba di Dufan. Wahana Bianglala menjadi wahana pertama yang kami naiki. Nikmatnya memantau aneka pemandangan kota Jakarta dari angkasa sambil merasakan embusan angin sepoi-sepoi. 


Foto: Amril Taufik Gobel




Setelah naik Bianglala, naik apa lagi, ya? Hm, sepuluh tahun yang lalu, saya ‘tergila-gila’ menaiki wahana seru Halilintar dan Kora-Kora. Namun, sekarang, tidak lagi hihihi. Mungkin karena ‘faktor U’ (baca: umur). Rasanya sudah tidak sanggup untuk sport jantung dan jejeritan heboh seperti dulu hihihi. Jadilah saya memilih naik wahana bareng anak-anak saja, antara lain Gajah Bledug, Istana Boneka, dan Carousel.

Pukul 12.30, saya dan teman-teman bloggers menghadiri jumpa pers di Hall Balai Kota, Dufan. Dalam kesempatan ini, Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol, mengemukakan, ”Setiap tahunnya, Ancol berusaha menghadirkan ‘kejutan-kejutan’ dengan inovasi terbaru. Ancol ingin pengunjung merasakan sensasi yang luar biasa ketika datang ke Dufan.”

Treasure Land sendiri merupakan wahana yang menyajikan cerita petualangan Mr. Smith, seorang arkeolog. Mr. Smith berusaha menghalau penjahat yang mengejar harta karun di sebuah daerah di pedalaman. 

Foto: www.ancol.com

“Treasure Land adalah salah satu cara untuk mengenalkan profesi arkeolog kepada pengunjung. Masih banyak yang belum tahu profesi yang menarik dan menantang ini.  Edukasi yang benar-benar soft dan pastinya menghibur,” lanjut Budi.

Agus Sudarno, General Manager Marketing PT. Pembangunan Jaya Ancol, menambahkan, “Untuk menyiapkan wahana ini, Ancol bekerja sama dengan Mirage Entertainment asal Amerika. Intinya, Ancol ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk berlibur karena di sini pun ada tempat hiburan yang fantastis dan biayanya lebih murah.”

Foto: Amril Taufik Gobel



Selesai jumpa pers, kami diajak makan siang, kemudian menonton wahana Treasure Land. Stunt men terlatih khusus didatangkan dari Amerika. Selain dialog dan adegan eksyen, pengunjung juga disuguhkan gerakan-gerakan tarian dinamis khas suku pedalaman. Perpaduan efek berteknologi tinggi seperti api, asap, air terjun, dan sound system canggih, membuat pengunjung merasa kalau hutan sungguhan ada di depan mata. Yang paling membuat saya tercengang adalah munculnya pesawat baling-baling betulan dan adegan salah satu anggota suku pedalaman yang berlari dengan badan terbakar. Wow! Oiya, sekadar informasi, efek api di panggung memang menghadirkan hawa panas sesaat, namun tidak perlu khawatir. Ini tidak berbahaya. Yang penting, jangan melewati tali pembatas keamanan yang ada.      


Selain Treasure Land, ada wahana baru lainnya, yakni Crazy Highest Longest Slide dan Epic Cable Park. Crazy Highest Longest Slide adalah wahana seluncur air tertinggi dan terpanjang di Indonesia. Sementara Epic Cable Park adalah wahana olahraga ski air yang populer. Pengunjung berdiri di atas wakeboard, kemudian ditarik oleh boat berkecepatan tinggi. Keseimbangan saat meluncur di air harus dijaga agar tidak jatuh. 

“Kedua wahana ini mengajarkan keberanian dan kebanggaan kepada anak. Dari keberanian dan kebanggaan akan lahir rasa percaya diri. Rasa percaya diri membuat anak-anak menjadi kreatif,” demikian penjelasan Budi. “Nah, Juli tahun depan bakal ada ‘kejutan’ lagi dari Ancol. Arena bermain, fasilitas menonton, restoran, dan tempat kongkow-kongkow bakal berada di dalam satu kesatuan park yang keren. Tunggu saja!” 

Setelah puas jalan-jalan di Dufan, menjelang magrib, saya dan keluarga pulang ke rumah. Liburan ke Dufan, memang bukan sembarang do fun! Tidak sekadar menyenangkan, anak-anak juga belajar banyak hal.

Oiya, bagi Anda yang ingin merayakan Tahun Baru secara meriah bersama keluarga dan teman-teman, silakan datang ke acara Pesta Kembang Api di Tiga Titik (Pantai Carnaval, Putri Duyung Cottage, dan Ecopark). Selain pertunjukan kembang api yang spektakuler, Ancol menampilkan pula hiburan artis-artis ternama ibu kota. Acara yang didukung dua stasiun televisi rangking atas ini rencananya akan dijaga oleh sekitar 2000 orang aparat keamanan/ [] Haya Aliya Zaki

15 komentar:

  1. agustus kmrin aku k situ blom ada .. :)

    BalasHapus
  2. Iya, ini baru launching, Mbak. :)

    BalasHapus
  3. Dufan bukanya siang dan gak tahan antriannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, kalau liburan biasanya ramai. :)

      Hapus
  4. Dari dulu Dufan memang selalu jadi favorit semua orang ya, Mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Nik. Mudah-mudahan kali lain kita diundang lagi main ke Dufan, ya. :D

      Hapus
  5. Membaca tulisan ini, jadi menggebu-gebu mengulang kenangan ke Dufan bersama keluarga tercinta. *mulai mengatur rencana ni. ;)

    BalasHapus
  6. Wah hahaha ... ayo Kak Wiek, jalan-jalan lagi ke Dufan. Banyak wahana baru. :D

    BalasHapus
  7. treasure land wahana baru tapi oke banget ya mbak, untung saya sama Nunik diundang jadi bisa nonton gratis deh....:)

    BalasHapus
  8. Iya, Mas. Efek-efeknya berteknologi tinggi, seperti beneran. :D

    BalasHapus
  9. makin keren aja nih DUFAN. Sy udah lama bgt blm ke Dufan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk, Ma, ke Dufan. Wahana barunya makin keren! ^_^

      Hapus
  10. Belum pernah *nyari gratisan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ... kalo belum ada yang gratis, yang bayar ndiri juga gapapalah. :)) Eh, katanya kalo liburan ada diskon gitu, Fit. Coba dicek aja. :D

      Hapus
  11. katanya ada banyak wahana baru ya....tolong sebutkan satu-satu dong mbak

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan